Agra Fort Pesona Benteng Merah India

November 20, 2019

AGRA FORT PESONA BENTENG MERAH INDIA - Agra Fort adalah benteng perlindungan terbuat dari batu berwarna kemerahan yang terletak di Agra, India. Agra Fort masuk dalam warisan dunia UNESCO sebagai saksi kejayaan penguasa Mughal di Hindustan.

Benteng agra fort di india
Benteng Merah Agra Fort India 


Mentari bersinar terik di penghujung hari saat saya menjejakkan kaki di benteng pertahanan dengan dinding berbatu merah itu.


Lebih dari sebuah benteng pertahanan, Agra Fort biasa disebut istana berdinding. Di sinilah penguasa Mughal pernah menyesapi setiap jengkal dinding batu merah yang kian luntur dimakan usia itu.


Hanyalah ksatria sejati yang berdiri paling depan di benteng pertahanan, begitu mungkin para kesatria Mughal berpikir. Tinggal dibalik dinding pertahanan bukanlah kebiasaan umum, biasanya kaum darah biru bersembunyi dalam istana megah di tengah hutan agar tetap aman dari serangan lawan. 


Itulah sebabnya, dinding Agra Fort dibangun dengan sangat tinggi dan kokoh. Dari semua cerita tentang India, saya merasa Agra Fort kaya akan rancang bangun yang dibangun dengan 'rasa' karena setiap jengkal penuh makna.


BACA JUGA:




Ada Apa di  Istana Agra ? 



Agra Fort menjadi salah satu benteng paling penting di India. Keberadaannya bukan sekedar sebagai benteng pertahanan tapi juga tempat penguasa Mughal memerintah sekaligus bertempat tinggal.

Istana agra di india


Sejumlah nama penguasa Mughal yang pernah tinggal di Agra Fort adalah Humayun, Akbar, Jehangir, Shah Jahan dan Aurangzeb. Sebagian pintu di tempat ini ditutup, kabarnya banyak jalan rahasia bahkan di bawah tanah yang digunakan untuk tempat persembunyian.


Agra Fort sangat luas, tapi sebenarnya tak semua spot dapat didatangi wisatawan. Di balik dinding merah itu, ada istana yang menjadi bagian penting dalam pemerintahan Mughal kala itu.

4 bagian penting yang harus kamu datangi saat menjejakkan kaki di Agra Fort adalah 4 bagian ini :



1. Dewan-i-am



Ada apa di agra fort india
Dewan-i-am Agra India 

Bagian ini adalah lokasi pertama yang akan terlihat setelah kamu memasuki benteng utama Agra Fort. Dahulu, tempat dengan pilar melengkung ini berfungsi sebagai tempat pertemuan misalnya saat ada penobatan atau acara seremonial lainnya. 


2. Anguri Bagh


Istana agra di india
Taman bunga dalam Istana Agra 


Tempat ini adalah area terbuka berisikan hamparan bunga. Mungkin lebih tepat bisa disebut sebagai taman bunga dalam istana arga. 



3. Muthamman Burj


Istana agra di india
Indahnya istana Agra dari kejauhan 


Tempat ini adalah sebuah pavillion dengan rancang bangun unik dipenuhi dengan marmer. Marmer dibanyak istana memang digunakan untuk menandakan kekayaan dan kekuasaan. 

Bagian istana Agra ini memiliki pilar tinggi yang melengkung khas Mughal.


4. Shees Mahal

Bagian ini biasa disebut The Glass Palace. Menurut saya Shees Mahal adalah bagian terindah dari istana Agra. Seluruh bagiannya mulai dari dinding bagian bawah hingga atap dilapisi kaca berbentuk mozaik. 

Menurut Guide saya, kita harus melihat ke atas dengan gerakan cepat sehingga kaca terlihat seperti kerlip bintang di langit.


BACA JUGA:


Harga Tiket Masuk Agra Fort 


Banyak orang hanya mau foto dari depan gate utama Agra Fort. Memang pemandangan dari depan sudah kece berat. Kendalanya hanya banyak orang bila siang sudah menjelang, panasnya terik banget, belum lagi menurut saya tempat ini pengemis agresifnya super banyak.


Istana agra india
Spot paling kece di istana Agra 



Saran saya, jangan hanya foto di depan masuk aja ke dalam. Bayarnya murah kok hanya 400 Rupee kisaran 90ribu rupiah aja kok. 


Kamu juga bisa beli pass ticket untuk Taj Majal dan Agra Fort dengan harga yang lebih murah. Bisa beli online di Indonesia atau beli langsung di tiket box saat di Taj Mahal. 


Benteng Agra buka setiap hari dimulai dari pukul 6.30 pagi hingga 19.00 malam waktu setempat.


Agra Fort atau benteng Agra adalah salah satu spot wisata penting yang harus kamu datangi saat traveling di India.

Masuki dan resapi setiap jengkal sejarah dalam dinding kasar bebatuan merah itu. Maha karya rancang bangun  Mughal yang sangat indah. Jangan lupa mampir ke Agra Fort benteng merah di India yang penuh pesona. 



Liebe,

Turis Cantik












39 comments:

  1. Bentengnya keren sekali Mbak. Beda dengan benteng di Indonesia yang tujuannya sebagai benteng pertahanan. Ini memang sekaligus istana.
    Hanya soal pengemis harusnya pemerintah sana ambil tindakan ya, Mbak. Soalnya agak menganggu turis yang datang juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas pengemisnya kasian tapi terlalu agresif menurutku

      Delete
  2. India tempatnya bangunan-bangunan dengan arsitektur yang khas ya Mbak, semoga bisa ke Agra Fort deh suatu saat nanti. Makasih sharenyaa Turisss cantikkk!

    ReplyDelete
  3. seneng banget liat foto2nya. baca temen2 yg pada ke india, aku rasanya belum berani kalo ga pergi ke sana sama suami hihihi

    ReplyDelete
  4. Ah, Mbak ini. Kenapa Shees Mahal nggak ada fotonya. Sebenarnya saya malah penasaran dengan dinding mozaiknya. Bangunan kuno India banyak yang indah, ya. Saya pengin ke India, tapi belum dapat ilham mau pergi ke mana aja...(plus masih menyusun budget).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di postingan sebelomnya mbak. Kebetulan fotonya udh saya hapusin krn memory kepenuhan

      Delete
  5. selalu kagum sama bentuk bangunan-bangunan di India, traditional nya dapet dan megahnya juga dapet gitu..

    ReplyDelete
  6. Setiap sudut Agra Fort ternyata mempesona sekali ya Kak, nggak heran banyak traveller penasaran berkunjung kemari. Selain nilai sejarah, juga ada nilai estetikanya :D

    Regards,
    Dee Rahma

    ReplyDelete
  7. Keren banget Mbak udah sampai India. Aku pengen banget kesana tapi takut sama scam hehe sama baca sana-sini banyak ha kurang menyenangkan selama di India. Cakep banget tempat wisatanya.

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, ini salah satu benteng yang pengin banget saya jejaki sejak baca sejarah India. Selain sarat dengan sejarah, benteng ini menjadi salah satu benteng terindah di India.

    ReplyDelete
  9. Mba turis koq ga pake baju sari fotonya? Pasti mirip gadis india deh 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak suka aku mbak krn ngak bakalan kepake lagi

      Delete
  10. Bentengnya keren banget
    Aku selalu takjub sama bangunan lama yang masih berdiri kokoh seperti ini
    Kelihatan banget dulu itu dibangun dengan serius dan gak ada korupsi pastinya ya hahaha

    Warna benteng ini cakep sekali
    Khas India yang cerah

    ReplyDelete
  11. Wah baru tahu kalau Agra Fort masuk dalam warisan dunia UNESCO. Nambah pengetahuan nih. Tempatnya juga bagus, kalau dari setengah 7 sudah buka, jadi bisa mengunjunginya sedari pagi ya, Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas buka pagi jadi enak kalau mau lama di sini.

      Delete
  12. Salut akutuh dengan upaya pemerintah India menjaga bangunan bersejarah ya. Soalnya selain rumit. Jumlahnya banyak banget.

    ReplyDelete
  13. Minat wisatawan makin tertarik ke sini ya karena banyak situs sejarah yang bisa dipelajari. Pesona benteng merahnya makin pas karena kakaknya juga pakai tunic merah, jadi makin menawan.

    ReplyDelete
  14. Agresifnya seperti apa, Mbak? Maksa-maksa gitu, ya? Suka kasihan ya kalau lihat pengemis. Tapi, kalau agresih, bikin takut juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngejar-ngejar mbak, sampe dapet duit baru berhenti.

      Delete
  15. Pemandangannya bagus ya, kebayang zaman dulu kayak gimana suasananya, penasaran dengan interior bagian dalam istananya deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrng ditutup mbak bagian dalamnya sebagian.

      Delete
  16. Aku pas disini hampir kena scam org jualan buku foto. Dia nawarin 100, turun 50, turun 10. Karena kasian mau dibeli. Eh taunya minta $10 ga maulah. Mosok buku gituan ditawar100 dollar, duh bukunya biasa aja. Dikejar2 deh sampai mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa iya aku tau tuh tukang bukunya

      Delete
  17. Ternyata seperti ini ya isi di dalam Agra Fort. Saya pernah baca novel tentang Taj Mahal iya dulu diceritakan Syah Jehan suami dari Mumtaj Mahal itu tinggal di Benteng ini setelah istri yang dicintainya ini meninggal.

    ReplyDelete
  18. di India memang warisan bangunan zaman kerajaan dulu bagus-bagus banget, aku takjub banget warnanya juga indah. Sayang orangnya itu ya, kudu ati-ati banget

    ReplyDelete
  19. Entah mengapa lihat benteng Agra Fort ini, langsung teringat adegan nyanyi dan nari2 India difilm Bollywood. Semoga diberi kesempatan bisa kesini langsung. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang banyak film india syutingnya di sini mbak

      Delete
  20. mupeng liat fotonya mut

    ReplyDelete

Powered by Blogger.