Traveling Pertamakali ke India

November 03, 2019

Traveling pertamakali ke luar negeri pasti bikin deg-degan. Semua persiapan sudah maksimal, tapi kadang masih timbul khawatiran. Apalagi traveling pertamakali ke India yang dikenal sebagai tempat yang rawan tingkat kriminalitas. 


Menurut saya sih, itu hal normal dan wajar. Pertamakali dalam semua hal, memang kadang membuat kekhawatiran berlebihan, tapi pas sudah menjalani sih asik aja.

Traveling pertamakali ke india
Pertamakali Traveling ke India



Rasa yang sama juga saya alami saat traveling pertamakali ke India. Tahu sendirikan track record negara yang satu ini, tingkat kriminalitas tinggi hingga iklimnya yang tak bersahabat membuat traveling di India mungkin terasa berat bagi sebagian orang. 


Tapi ternyata, pas menjalaninya sendiri ternyata khawatir saya berlebihan. Iya memang, kendala banyak tapi kalau semua hal mulus letak petualangannya dimana? Toh setiap perjalanan akan menggoreskan petulangan baru. Ya itu sih kalau saya. 


Tulisan ini saya tulis dengan harapan kamu tak perlu khawatir berlebihan saat traveling pertamakali ke India.


BACA JUGA



Panduan Traveling Pertamakali Ke India 



1. Jaga Diri dan Jaga dompet

Pakai pakaian yang sopan adalah salah satu cara menjaga diri. Kemanapun berada menurut saya, adab dan sopan santun harus tetap dijaga. 

Dompet kalau bisa isinya ngak dibawa semua, misalnya kartu anggota gym simpan saja di rumah. Bawa isi dompet seperlunya saja, paling penting kartu ATM. Jadi, saat membutuhkan tinggal gesek di mesin ATM. Relatif aman kok tarik uang via ATM di India.


2. Jangan mudah percaya orang baru dikenal

Dimanapun jangan mudah percaya orang lain yang baru kita kenal saat traveling. Khusus untuk traveling ke India, perlu diingat bahwa berhati-hati juga termasuk untuk polisi. 

Dalam beberapa lokasi, saya justru hampir tertipu oleh oknum polisi. Semua hal tentang India adalah orang yang akan mencari keuntungan dari ketidaktahuan kita. Mulai dari bertanya tentang rute jalan tapi diminta uang, foto bareng diminta uang. So be carefull!

Traveling pertamakali ke india
Tetap nyaman saat traveling pertamakali ke India 



3. Hati-hati WIFI Gratis 

Meskipun wifi gratis lancar di hotel, hati-hati membuka sandi email atau transaksi keuangan online.

India dikenal sebagai negara dengan peretas online hingga hacker yang handal, sudah menjadi hal yang umum hacker mengambil sandi saat kita menggunakan wifi gratisan.



4. Jaga kesehatan 

Kondisi kesehatan harus prima sebelum melakukan perjalanan ke negara dengan iklim extreme seperti India. 

Banyak minum air putih dan jaga makanan juga cukup penting, tak semua orang tahan dengan cuaca panas. Kadang kepala terasa sakit saat panas menyengat mulai hadir saat siang hari.


BACA JUGA 




5. Buat itinerary yang lengkap


Agar waktu trip lebih efisien jangan lupa atur itinerary dengan lengkap. Spot wisata di India tersebar di berbagai wilayah dengan jarak tempuh yang jauh. Misalnya Taj Mahal ada di Agra, Qutub Minar ada di New Delhi sementara spot lain ada di Jaipur.

Pastikan kamu punya itinerary yang pas. Kalau saya paling suka Golden Triangle untuk menyusun itinerary India, di mulai di New Delhi, Agra, Jaipur trus balik lagi deh ke New Delhi.


Traveling pertamakali ke India mu pasti sukses dan lancar deh, kalau mengikuti panduan saya diatas. Tak perlu khawatir atas apapun, traveling kan tentang tantangan. Kadang hal tak terduga yang terjadi akan membuat perjalananmu lebih bermakna. Selamat memuali traveling pertamakali ke India.


Liebe,

Turis Cantik

20 comments:

  1. Wah serem juga ya kalau polisinya aja ikutan nipu..

    ReplyDelete
  2. Jangankan di India, di negara sendiri aja saya menghindari wifi haratis hehehe. Memilih tethering saja kalo kefefet. Btw, benar adanya ya, break our own fear otherwise stigmanya akan melekat terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl di Indonesia ngak separah di india kak wifi, kl di hotel msh relatif aman. Tapi transaksi keuangan better memang ngak ya.

      Delete
  3. wah aku ketagihan banget ke India hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak shinta enak ada temennya hehhehe

      Delete
  4. pernah denger nih tentang india yang banyak hacker nya, tp gak nyangka juga sih ya polisi nya tipu tipu, ckckck

    ReplyDelete
  5. Sebelum memulai traveling memang harus siapin segala sesuatu. Biar traveling jadi nyaman

    ReplyDelete
  6. Kejadian juga sama Saya. Maksa motoin abis itu minta uang. Kesal. Pdhal ga minta tolong. hhahaa

    ReplyDelete
  7. Bgian wifi gratis itu memang agak seram ya
    Temen aku pernah kena soalnya
    Pulang dari India, rekeningnya dibobol huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh ngeri banget mbak, jangan sampe deh aku kejadian kyk gitu

      Delete
  8. saya belum punya nyali pergi ke India. Tapi India kelihatannya eksotik yah ... Mudah2an next time kalau hati sudah mantab bisa ke sana. Thanks panduannya, mbak.

    ReplyDelete
  9. Buat saya yang berani solo traveling itu hebat. Soalnya saya gak bakal berani. Apalagi ke India begini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ngak berani kalau solo trip mbak, jadi pakai travel

      Delete
  10. Wah, ngeri banget ya berarti kita mendingan pakai paket mobile data aja. Jangan wifi gratisan gitu ntar di-hack hhhmm.. Mb Mutia hebat deh traveling ke India untuk yang pertama kalinya. Iya, paling penting pastinya menjaga kesehatan ya biar liburannya makin oke dan bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak udh masuk list tempat wisata sejak lama.

      Delete

Powered by Blogger.