Hawa Mahal Istana Jendela Angin di Jaipur

August 26, 2019

Hawa Mahal adalah sebuah istana di Jaipur, India. Istana ini memiliki 953 jendela yang biasa menjadi tempat Ratu dan Putri kerajaan melihat festival.  Kini Hawa Mahal menjadi ikon utama destinasi wisata di Jaipur. Banyak wisatawan menyebut Hawa Mahal Istana Jendela Angin.

hawa mahal istana jendela angin jaipur
Hawa Mahal destinasi wisata ikonik di Jaipur, India 


" Itu dia, Hawa Mahal istana jendela angin !" tutur saya sumringah saat melihat semburat cat merah jambu yang pucat di ujung mata. Hawa Mahal seakan menjadi Oase di tengah jantung kota Jaipur yang penuh sesak, lengkap dengan debu bertebaran yang menyesakan paru-paru. 


Tak terbayangkan tempat berpijak saya saat ini adalah kawasan istana, padahal kini penuh dengan bangunan pasar dan antrean pengemis jalanan yang cukup agresif. 


Tahan dirimu untuk mengeluarkan kamera atau ponsel, nikmati saja jejeran ratusan jendela itu. Tak pernah terbayangkan bila dari sudut sempit jendela angin itulah, wajah - wajah putri bangsawan akan terlihat. 


Guratan ukir di setiap jengkal jendela sangat indah, India memang tahu benar membuat ukiran gaya rancang bangun yang eksotis. Terlebih, mereka pun memilih warna yang tak biasa, merah jambu !. 


BACA JUGA



Hawa Mahal dan kisah dibalik jendela angin 



Datanglah ke bagian belakang Hawa Mahal berbeda dengan tempat lain, pintu utama memasuki tempat ini ada di belakang bukan di depan. Jadi, jangan hanya melihatnya dari depan karena kisah sebenarnya ada di balik ratusan jendela itu. 

hawa mahal wisata jaipur
hawa Mahal tanpa depan 

hawa mahal istana ratusan jendela
Salah satu jendela bagian atas hawa Mahal

hawa mahal ikon kota jaipur
Pemandangan dari salah satu jendela hawa Mahal.



Cukup membayar kisaran 45 ribu rupiah, kamu bisa menjejakkan kaki memasuki dimensi lain dari kehidupan para ratu dan putri, kerajaan Dinasti Rajput Kachwaha.


Dari balik sebuah jendela angin kecil lah, Ratu dan Putri darah biru Dinasti Rajput Kachwaha menatap dunia luar. Apa rasanya, memiliki keturunan bangsawan tapi seakan harus terpenjara dalam istana mewah dan hanya mampu meneropong dunia luar, hanya dari balik jendela ? 


BACA JUGA


Mengapa Hawa Mahal dibangun?  



Menurut Wikipedia, Hawa Mahal dibangun atas permintaan dari Maharaja Sawai Pratap Singh.

Pada masa itu, Raja Rajput  menjalankan peraturan bahwa wanita tidak diizinkan terlihat di muka umum karena bisa menjatuhkan martabatnya. 


Oleh sebab itu, Sang Raja membuat para wanita itu tetap tinggal dalam rumah dan tidak bertemu dengan orang asing.

Jendela Angin akan terbuka lebar, saat ada festival digelar sehingga para Ratu dan Putri dapat melihat keluar dari balik jendela yang tinggi, tanpa terlihat orang lain.


BACA JUGA



Rancang Bangun Hawa Mahal



Hawa Mahal, dirancang oleh Lal Chand Ustadengan mengadopsi disain mahkotaDewa Kresna, dewa utama agama Hindu. 

hawa mahal istana jendela angin di jaipur

hawa mahal istana jendela angin di jaipur

hawa mahal.istana jendela angin di jaipur

hawa mahal istana jendela angin di jaipur



Memiliki ketinggian lima puluh meter, Hawa Mahal dilengkapi ratusan jendela kecil dan atap melengkung dengan ukiran menggantung. Banyaknya jendela yang dibangun, berguna untuk menjaga ruangan agar tetap dingin.


Bangunan megah ini memiliki puncak dengan lima kamar. Bagian atas dihuni Ratu atau bangsawan dengan kedudukan tertinggi dan paling rendah ada di bagian paling bawah. 


Bagaimana Cara Masuk ke Hawa Mahal?  



Seperti saya bilang di awal tulisan ini,  Hawa Mahal memiliki pintu di bagian belakang bangunan.  Kamu hanya perlu menyusuri Bazaar Chandpol alias jejeran pertokoan di sisi kanan atau kiri Hawa Mahal. 

hawa mahal istana jendela angin
Hawa Mahal jelang senja 


Sebenarnya, tak ada jam buka dan tutup, hanya saja tidak disarankan memasuki saat  mulai gelap. Maklumkan, India agak tinggi kriminalitas jadi paling sore jam 5.30 kamu sudah harus pulang. Toh, saat gelap tak ada yang terlihat bagus di tempat ini. 

Saya tahu, kamu pasti iri kan lihat foto kece saya di Hawa Mahal hehehe. Nantikan postingan berikutnya ya, saya akan kasih tahu spot kece di Hawa Mahal termasuk angel, dimana dan kapan kamu harus motret untuk dapatkan foto terbaikmu. 

Tak lengkap mendatangi India tanpa mengunjungi Hawa Mahal di Jaipur. Hawa Mahal istana jendela angin dengan guratan sejarah dalam cat merah jambunya yang kian memudar.




Liebe,

Turis Cantik 



38 comments:

  1. Pengen bangett ke India. Sudah masuk di bucket list tp belum terealisasi. Semoga bisa segeraaa

    ReplyDelete
  2. Salah satu bucket list aku ke India, terutama Jaipur ini. Doain semoga bisa kesampaian ya mbaa!

    ReplyDelete
  3. Mbak...keren banget, pengen banget ke India tapi aman gak sih. Disana mudah transportasinya gak. Enakan backpacker atau ikut open trip gitu. Hehehe baru berkunjung udah banyak nanyanya. Sukses mbak...keren jalan2nya. Binkin ngiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau backpacker untuk first timer tidk disarankan mas. Kl ada jasa open trip mending ikut itu aja biar aman.

      Delete
  4. MasyaAllah bagus banget arsitekturnya, indah untuk dikagumi, indah untuk diabadikan. Makasih sudah "ngajak" jalan-jalan kesana melalui tulisan ini, mbak 😍.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kapan-kapan saya ajak jalan lagi ya hehehehd

      Delete
  5. cantik bngettttt. dibanding taj mahal ya mba, aku lbh suka hawa mahal ini. jauuuh lbh kliatan 'mahal' nya hahahah. tp beneran kliatan megah banget sih.. salut ama arsiteknya :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hawa mahal memang lebih menarik mbak, hanya agak jauh sih lokasinya.

      Delete
  6. Cantik banget mbaaak....ingin ku ke sana. Semoga bisa ke sana :)

    ReplyDelete
  7. Keren ihh! Mau dong dibisikin tips dapet gambar bagus di spot ini.

    ReplyDelete
  8. MbAaak...cantik banget ya Hawa Mahal. Bangunan megan dengan ratusan jendela. Kirain tadi dari jauh jendelanya besar. Ternyata pas difoto dari dekat kecil ya. Jadi sepertinya cuman cukup buat melongokkan kepala aja ya mbak. Jadi bayangin kehidupan Putri bangsawan India jaman dulu yang gak punya kebebasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jendelanya makin ke bawah makin kecil mbak

      Delete
  9. Kerrrreeeenn! Oh gitu ya ternyata di India angka kriminalitasnya tinggi hhmm...kudu waspada hati2 bingits dong :) Bangunan Hawa Mahal ini sungguh teramat cantik dan kelihatan kokoh sekali. Kepengen juga ah suatu hari nanti mampir ke sini dan fotoan kayak mbak Muthia. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tingkat kriminalnya tinggi di India

      Delete
  10. Kak, envy bener gie wkwkwkwk. Pertama liat ini ini di timeline IG dan cantik banget seakan memasuki dunia lain gitu yaaa....nggak sabar nunggu lanjutannya, semoga one day bisa ke sana jugaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu cerita selanjutnya ya ngie

      Delete
  11. Kereeen banget. Klo di Indonesia ada lawang sewu di India ada hawa mahal :D

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah India. Salah satu negara yang pengen banget buat saya kunjungi, khususnya ke Manat hehehe. Semoga bisa ke sini someday ☺.

    Terima kasih ulasan cantiknya mba. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak, mkasih udh mampir

      Delete
  13. Saya pikir judulnya "Hawa Mahal", karena literally hawa/suasana yang dirasakan di sana mahal/berasa kaya wkkwkw. Owalah ternyata namanya memang "Hawa Mahal"

    Beberapa teman yang ke India saya lihat di IG selalu menyempatan berkunjung ke sini. Tempatnya instagrammable dan memesona memang, plus harga tiketnya yang cukup murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhaha iya mahal artinya mahkota mbak

      Delete
  14. Waaah cantik banget fotonya. Hawa Mahal, bangunan dengan ratusan jendela. Aku suka sama bangunan2 di India. Khas banget gitu. Tapi mengingat angka kriminalitas disini yang tinggi (apalagi ke perempuan), jadi insecure gitu kalau pergi sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memng tdk disarankn kl solo trip mbk

      Delete
  15. Bangunannya cakep, detailnya bagus banget, dan cerita di baliknya seru.
    Hawa mahal ini semacam istana rasa penjara buat perempuan bangsawan pada masanya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak istana putri bangsawan

      Delete
  16. Gak kebayang sih ya mbak, para perempuan jadi bangsawan tapi terkurung di belakang jendela. Dibalik keindahan dan cantiknya Hawa Mahal ada cerita tersendiri ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngak enak jg kek terpenjara ya

      Delete
  17. Bangunannya cakep tapi mungkin karena efek baca ceritamu Mbak, jadi sesak lihatnya, jendela-jendela kecil untuk mengintip dunia luar..sedih yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kcil dan sempit bngt jendelanya

      Delete
  18. Kereeen....itu biar dapet foto dari depan, di cafe atau gmn mbak. Soalnya aku pernah liat foto orang tapi dari jalanan bawah dan bangunannya jadi mendongak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entr ada tulisan khususnya mbak hahhbh

      Delete
  19. Kurang panjang tulisannya mbaaaa...hahha

    Ga bisa terbayangkan anak2 bangsawan khususnya perempuan nggak bisa melihat dunia luar dengan bebas ya kan.. Kudu liat dr jendela. Eh tapi dengan begitu kita jadi bisa menikmati bukti sejarah itu di masa kini. Ah jadi pengen ke India saya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhha nhak perlu panjang2, takutnya yg baca bosen mbak

      Delete

Powered by Blogger.