Itinerary 5 Hari di India Golden Triangle

April 18, 2019
Itinerary 5 hari di India ini, sengaja saya susun setelah menilai ternyata pilihan melewati rute Golden Triangle adalah rute paling baik keliling 3 kota penting di India.  Kota penting wajib dikunjungi di India adalah New Delhi, Jaipur dan Agra biasanya, rute wisata ini disebut Golden Triangle karena letak tiga kota ini membentuk segitiga bila kita menggaris titik tiga kota itu di atas sebuah peta. Bila kamu tertarik mengunjungi India, saya sarankan menggunakan rute ini karena kamu haya membutuhkan 5 hari saja untuk melihat tempat wisata menawan dan penting di India. Berikut adalah itinerary 5 hari di India Golden Triangle.  


itinerary 5 hari di india


Rute Golden Triangle India 


Garislah titik kota New Delhi, Agra dan Jaipur di selembar peta. Niscaya  kamu akan menemukan segitiga kecil dihamparan wilayah India. Perjalanan awal di India diawali dengan rute paling favorit bagi pejalan, terutama yang baru pertamakali ke India yang disebut Golden Triangle. 

itinerary 5 hari di india golden triangle
Rute Golden Triangle India / pinterest


Dimulai dari New Delhi, saya menempuh 4 jam perjalanan jalur darat menuju Kota Tua Agra. Disanalah Taj Mahal berada. Dari Agra perjalanan 6 jam dimulai menuju The Pink City Jaipur. Pejalanan berakhir di New Delhi dengan jarak tempuh 7 jam dari Jaipur. 


Jadi, secara garis besar rutenya adalah New Delhi - Agra - Jaipur - New Delhi. Kali perdana ke India membuat badan saya letih karena lama di perjalanan, tapi letih sepanjang perjalanan terbayar setelah melihat betapa magis dan eksotisnya sisa istana dan bangunan bersejarah lainnya di India. Setiap jengkal tahan yang terlewati terbayar dengan semburat surga bagi mata dan jiwa. 


Hari Pertama di India 


Kali pertama disapa New Delhi 


itinerary 5 hari di india golden triangle



Pesawat Malindo Air menikuk tajam di landasan paju bandara Indira Gandhi, New Delhi pertanda kami sudah tiba di India. 

Sudah lewat tengah malam saat kami tiba, namun bandara masih penuh sesak dengan manusia. " Welcome to India " suara hangat pemandu wisata menghampiri sambil mengalungkan untaian bunga di leher saya. 

Hari pertama, saya menginap di New Delhi sebagai tempat transit saja. Saya akan kembali di hari terakhir untuk menjelajah ibu kota India ini. Mungkin karena tiba di malam hari saya hanya bisa melihat sekeliling dari balik bus dan jendela kamar. 


Kota ini penuh sesak dengan kendaraan dan lalu lalang manusia. Kebanyakan adalah pria yang nongkrong di jalan. Hotel tempat saya menginap bernama Classic Diplomat dengan kamar lumayan namun sepertinya berada di kawasan sejenis Tanah Abang. 

Berjalan di malam hari buat perempuan mungkin bukan hal yang biasa bagi orang India sekalipun. Itulah sebabnya, saya hanya melihat pria di jalan. Hari pertama ibarat sapa pertama karena saya hanya sight seeing keliling hotel di Delhi tentunya ngak sendirian. 

Hari Kedua di India 


Menyapa Taj Mahal 



itinerary 5 hari di india golden triangle


Pagi belum menyingsing saat saya dan rombongan Open Trip, sudah menggeret koper dan memindahkannya ke mobil sewaan. Pagi itu, kami bergegas menuju Agra. Perjalanan akan menempuh jarak 4 - 5 jam.


Agra adalah tujuan utama destinasi wisata India karena disanalah Taj Mahal berada. Agra biasa disebut kota tua sarat sejarah karena sesungguhnya dimasa kesultanan Mughal berkuasa, Agra adalah pusat pemerintahan. 

Hamparan persawahan gandum yang tandus menjadi pemandangan sepanjang jalan dari Delhi menuju Agra. Debu tertiup angin di tengah musim panas yang panjang kian membuat perjalanan ini terasa lebih lama dari jarak tempuh sesungguhnya. 


Tempat wisata yang harus dikunjungi di Agra adalah Taj Mahal dan Agra Fort. Taj Mahal merupakan salah satu keajaiban dunia yang tentu harus masuk dal destinasi tujuan. Sementara Agra Fort adalah sebuah benteng sekaligus tempat tinggal beberapa sultan di masa Mughal.

Jelang petang saya kembali bergegas ke kota selanjutnya yaitu The Pink City Jaipur. 


Hari ketiga di India 


Jaipur Tanah Para Raja 


itinerary 5 hari di india golden triangle



Hawa Mahal adalah lokasi pertama yang saya sambangi saat tiba di Jaipur. Jaipur terasa lebih semarak dengan warganya yang terlihat lebih ramah pada turis. 

Jejeran jendela dengan cat dinding berukir khas Hawa Mahal terasa mentereng di pusat kota Jaipur yang penuh sesak dengan kendaraan dan toko souvenir. 

Berbekal 200 rupee, masuklah ke dalam Hawa Mahal kompleks istana ratu dan putri di masa kerajaan bermukim. Hanya dari bilik jendela kecil mereka melihat sekeliling. Buat saya Hawa Mahal bukan istana tapi sebuh penjara. 

Warna merah jambu pucat termakan usia membuat Hawa Mahal terlihat eksotis dari semua sisi. 


Hari Ke Empat di India 



Menjejaki Istana Para Raja 


itinerary 5 hari di india golden triangle


Setelah sarapan di hotel saya kembali bergegas naik bus travel untuk menuju Rajasthan yang berjarak 11 kilometer dari pusat kota Jaipur. Rajasthan bermakna tanah para raja karena disanalah Istana Amer dan benteng pertahanan dibangun. Termasuk juga kota tua Amer. Kini istana dan benteng biasa di sebut Amber Fort dan Amber Palace. 

Pakailah sepatu yang nyaman dan topi lebar karena jalan menanjak menuju istana. Ditambah lagi  terik matahari yang kian silau karena posisi istana ada di puncak perbukitan. 


Rasanya butuh seharian penuh untuk bisa menyusuri semua jejak sejarah dalam benteng dan istana. Semua terasa magis dan indah. India benar-benar tahu bagaimana membuat istana megah dengan detail yang membuat decak kagum. 

Malam harinya, saya harus meninggalkan Jaipur untuk bergegas ke New Delhi sebagai pemberhentian akhir dari trip India kali ini. 



Hari Ke Lima di India 


Potret Kusam New Delhi 


itinerary 5 hari di india golden triangle



Jalan berdebu, cara berkendara khas Coboy dan udara yang panas terik memang identik dengan New Delhi di musim panas yang panjang kala itu.  Bila kamu menilai jalanan di Jakarta penuh Coboy yang punya 9 nyawa, datanglah ke Delhi karena pengendara di sini mungkin punya 12 nyawa.


Belok kanan seenaknya, tanpa kasih sign, tak ada ekspresi bersalah dan bunyi klakson di India adalah telelotet yang biasa dipakai truk di Pantura.  Banyak mengelus dada dan bersabar adalah hal paling utama menghadapi 'ganasnya' jalanan di Delhi, terlebih saya merasa beruntung karena tak perlu naik kendaraan umum saat di India. 


Hari terakhir di India saya akan menjelajah New Delhi. Pemberhentian pertama adalah Qutub Minar. Bangunan tinggi selalu menjadi ikon sebuah negara, sebut saja Menara Eiffel di Paris hingga Tokyo Tower di Negeri Sakura, nah di India ada Qutub Minar.


Menghabiskan sebagian waktu di Qutub Minar, pemberhentin selanjutnya adalah India Gate yang berada di pusat kota. Tak lengkap juga tak ke India tanpa ke Lotus Temple yang terkenal sebagai replika Opera House Aussie ala India. 

Ah...tak terasa hari terakhir di India terlewati dengan sempurna. Bahkan, saya sempat keliling kompleks Istana Perdana Menteri dan kantor parlemen. 


Itu dia Itinerary 5 hari India Golden Triangle ala Turis Cantik. Detail tempat yang didatangi termasuk makanan apa yang dimakan, budgeting hingga tips traveling di India akan ditulis di postingan berikutnya ya. 

Saya berharap Itinerary 5 hari di India ini bisa jadi gambaran buat kamu yang ingin traveling ke India. Percayalah, India jauh lebih menyenangkan dari cerita buruk tentang negara ini yang kamu pernah baca atau dengar :). Selamat jalan - jalan! 


Liebe,

Turis Cantik
















60 comments:

  1. aku jujurnya ya mba, bukan masalah kota indianya yg semrawut ato karena banyak ce2 turis yg menjadi korban perkosaan ato pelecehan di India, tp lbh krn transport umumnya yg msh blm bgs, cara mengemudi yg gila2an :D. mabok darat yg aku takutin hahahaha.. Tadi setelah perhatiin petanya, trus aku nyari Mumbai di mana, ternyata masih di bawah jaipur yaaa... plan ke india nanti, aku mau bawa anak2 juga soalnya, jd rute memang ga bisa dipaksain banget. tp seeprtinya jaipur mau aku masukin. bangunannya megah2 gitu, dan kalo liat peta ga terlalu jauh juga dr mumbai. delhi nth napa aku msh blm tertarik sih.

    ini saking pgnnya ke mumbai setelah nonton filmnya kmrn, aku sampe liat traveloka dan utk nov 2019 thai airways lg promo murah bangettt.. uwaaahhh sampe galau td. booking ato ga hahahaha.. jkt-mumbai pula rutenya. nasib cuti udh fix utk traveling lain -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sewa mobil travel di sono krn ngak nyaman transportasi umumnya apalagi kl bawa anak. Liat musim jg yak krn mereka iklim extreme, panas ya berlebihan, ujan ya sampe banjir segala. Saranku januari sampe februari di musim panas yg masih belom peak bngt jd ngak sampe 39 suhunya.

      Delete
  2. Aku jadi mupeng ke India mba Muth. Trus Jaipur ya, pesona nya sungguh memukau. Kebayang banget aku nih sama kondisi transportasi di New Delhi ini

    ReplyDelete
  3. Wuih. Incredible India. Saya selalu salut tuh dengan orang kita yang liburan ke India. Karena katanya disana banyak scam. Tapi keren euy, pengalamannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak kok asal kita hati2 aja, sama aja dg di indonesia.

      Delete
  4. Keren banget mbak liputannya semoga pengalaman ini bisa dijadikan reverensi bagi siapapun.... mantep....

    ReplyDelete
  5. Baru tahu nih sebutan golden triangle buat 3 kota di India itu. Kalau saya di India paling penasaran sama kashmir pastinya dan mumbai. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kashmir agak dingin, mumbai jauh bngt kl dr delhi soalny.

      Delete
  6. Taj Mahal

    pengen Banget ke sana

    ReplyDelete
  7. Selalu penasaran sama Taj Mahal, rame banget ya mba keliatannya. Untuk tiket masuk disana sekitar berapa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nnti aku bikin tulisan terpisah mbak biar lebih detail

      Delete
  8. Ternyata cantik, ya. Kemarin-kemarin aku nggak ada keinginan tuh ke India. Bayangannya ya gitu, nggak ada tempat-tempat indah. Tapi kalau ada istana-istana cantik sih aku suka banget karena memang suka sama bangunan bersejarah. Kalau soal makanan gimana, Mbak? Ditunggu ya ulasan kulinerannya, hihihi ... Makasiiih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak, lagi disusun nih hehehehe

      Delete
  9. nenek moyang saya masih ada keturunan india, anak-cucunya sama sekali gak pernah ke India. Mudah2an saya yang pertama kelak ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus dtng ke India klau begitu hihihi

      Delete
  10. India, negara yang nggak kepikiran buat saya datengin dengan cara backpacker. kebayang bakalan stres soalnya. hahahha
    kayaknya open trip boleh juga nih, atau pakai biro travel gede sekalian, biar tinggal duduk manis, nggak mikir takut ditabrak sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ngak deh kl backpackeran ke India sulit banget rasanya.

      Delete
  11. Menarik ya. Di beberapa blog saya baca, pejalan mematahkan isu mengenai ketidakamanan (India seharusnya berterima kasih kepadamu, Mbak karena sudah bantu menyuarakan :)).
    Oya, saya penasaran dengan makanannya. GImana pengalamannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak krn cukup menyenangkan trip ke India.

      Delete
  12. seneng liat suasana jalan2 di india. moga pankapan bisa ke sana kalo udh pensiun nanti, aamiin :)

    ReplyDelete
  13. 5 hari sudah bisa keliling 3 kota di India ya, Mbak. Dan keunggulan India adalah bangunan-banguannya. Pengin ke sana sih, hanya mungkin bisa ikutan trip jadi lebih aman.
    Soal pengendara punya 12 nyawa, saya sering lihat banyak videonya, Mbak. Termasuk naik motor lepas tangan dua hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh naik motor lepas tangan, ngeri juga yaaakk

      Delete
  14. Terlepas dari segala kesemrawutan India, tetapi saya suka melihat bangunan-bangunan yang biasa dikunjungi wisatawan. Suka melihat ornamen-ornamennya yang cantik dan kelihatan memiliki nilai seni tinggi

    ReplyDelete
  15. Keren mba.. selalu pengen ke India karena keeksotisannya. Ini solo traveling mba? jujur aku belum berani kalau kesana sendirian karena infonya tingkat kriminalitasnya cukup tinggi. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak sendiri mbk, sya jg ngak berani kl solo trip.

      Delete
  16. Aku mupeng ke Jaipur gara-gara lihat fotonya Raisa, haha.
    Tapi noted banget Mba untuk Itinerary ini, siapa tahu rezekinya menjejak di India segera tiba, aku jadi nggak blank banget, pasti bakal buka lagi postingan ini, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku paling bagus justru Udaipur mbak, cuma agak jauh bnget itu lokasinya.

      Delete
  17. Lima hari saja sudah banyak cerita yah kak, gimana kalau bisa dikasih kesempatan seminggu bahkan satu bulan, hemm, cantik India

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Fen. Sayangnya cuti saya ngak cukup untuk ke kashmir dan udaipur.

      Delete
  18. Semrawutnya transportasi , ini diantaranya yang bikin suamiku ogah diajakin ke India hahaha. Juga beberapa hal minus lainnya
    Padahal penasaran juga
    Karena kami biasa jalan berempat sama anak-anak , jadi keknya kasian mereka..kalau kita yang tua sih oke aja mungkin
    Ya udah tunggu anak-anak gede aja...atau nanti ke sana berdua. Semoga:)
    Thanks itin nya , Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhaha iya emng bkn pusing kl naek transportasi umum di sana.

      Delete
  19. Perjalanan 5 harinya epic banget, tempat2 yg ikonik dan khas negeri India di jejaki. Ya..ampun ngeliat potret2nya aja saya suka, semoga kelak bisa ke sana juga dari yg selama ini hanya bisa lihat dari balik layar kaca

    ReplyDelete
  20. Berarti adegan2 semrawutnya lalu lintas India di film2 yg pernah aku tonton itu beneran ya ? Di Jakarta aku masih suka naik Kopaja (klo lagi gak sama anak) dan suka senep abis turun dari Kopaja. Ngebutnya Kopaja itu ajigile. Gimana klo naik kendaraan umum di India yak hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara bawanya serampangaan sih sopirnya tuh

      Delete
  21. Mbaaaakkkkkk... Aku pengen banget ke India dan sedang maju mundur gini buat melakukan traveling ke India. Soalnya kata temenku kalau mau traveling ke India yang enak tournya mahal banget lalu ku langsung jiper, Hahahahahaa... Semoga aku ada kesempatan buat traveling kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emng kl tur mahal mbak, lebih mahl dr pd sendiri.

      Delete
  22. pengen banget ke India apalagi banyak travel blogger yang udah pada kesana, cewek-cewek pada berani-berani sih, mbak Muth kemarin sendiri yah? mau tau dong kalao boleh budgetnya berapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkiraan 12 - 13 jutaan udh all in mbak.

      Delete
  23. Iya aku pun merasa ngeri ke India karena banyak cerita negatif. Tapi melihat bangunan kerajaan tempo dulunya, eksotis banget ya. Jadi berasa terlempar ke drama kerajaan khas India.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya worth it sih kalau lihat bagusnya lokasi wisata di India

      Delete
  24. Hahaha mantap nyawanya 12 �� penataan kontennya keren mba, suka banget deh, bakal terinspirasi sama artikel ini deh aku �� kayanya sgala tantangan ngadepin situasinya India itu yg bikin traveling ksana juga makin menarik ya

    ReplyDelete
  25. Kota tua Agra, Jaipur dan Rajashtan sepertinya jauh lebih menarik daripada delhi ya wkwkwkwk. Pengen pakai saree dan pura2 jadi putri kerajaan mughal pepotoan di Taj Mahal, Hawa Mahal dan Amer.

    ReplyDelete
  26. Wah India beneran Incredible ya mba. Kalau udah pernah ke sana, ada rasa ingin balik lagi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak kyaknya sekali aja cukup hahhh

      Delete
  27. Huwaaaaaa pengen juga ke India, bagiku India memiliki kebudayaan yg unik dan khas yah kak, apalagi bangunan2nya. mantabbbb

    ReplyDelete
  28. Wah India ternyata keren yaa mbak. Semoga saya bisa kesana kelak. Apalagi di Taj Mahal. Aamiin

    ReplyDelete
  29. Pengen banget ke Jaipur aku .. tapi kok ternyata ceritanya sedih ya mbakkk

    ReplyDelete
  30. Uiih.. India, belum ada dalam list kami sebelumnya. sekarang jadi sebuah diskusi keluarga untuk memasukkannya juga dalam list. Terima kasih guidenya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.