Qutub Minar Saksi Kejayaan Islam di India

June 25, 2019

Qutub Minar adalah menara tertinggi di India yang merupakan salah satu bagian dari Masjid Quwwat-ul-Islam yang digunakan oleh Muazin untuk mengumandangkan azan. Menatap menara tinggi Qutub Minar dan menjejaki kompleks sekeliling menara itu, terasa kilas balik ke masa kejayaan islam di Hidustan.  Terbuat dari batu merah yang tak luntur di makan jaman, Qutub Minar menasbihkan diri sebagai menara batu merah tertinggi dunia. 

qutub minar kejayaan islam di india
Qutub Minar dari kejauhan 

qutub minar kejayaan islam di india
Bagian bawah Qutub Minar 




Dari kejauhan, kuncup merah bata itu sudah terlihat 'mentereng' dengan warna merah batanya. Di abad ke 12 Masehi saat masa kejayaan Sultan Qutbidin Aibak dari puncak pilar inilah kumandang adzan akan terdengar sebagai pertanda dimulainya ibadah sholat. 

Kini, menara tertinggi di India itu tak lagi digunakan, tak ada juga wisatawan yang bisa menaikinya karena konstruksi batu merah dinilai sudah tak lagi kuat karena dimana usia.



BACA JUGA : 



Saksi kejayaan Islam di India 


Qutub minar adalah kompleks pusat kegiatan sekaligus penyebaran agama Islam di India. Berpusat di New Delhi, Qutub Minar menurut saya adalah destinasi wisata yang harus kamu datangi bila datang ke India. Qutub Minar tercatat sebagai menara batu bata tertinggi di dunia dengan ketinggian 72,5 meter.


qutub minar kejayaan islam di india
Jalan utama menuju Qutub Minar 

qutub minar kejayaan islam di india
Ramai dengan wisatawan lokal 



Tempat ini bak oase dari jaman kesultanan dengan bentuk rancang bangun yang magis. Seakan setiap sudut tempat ini tak berhenti membuat saya berdecak kagum. Menurut pemandu wisata, tempat ini dahulunya merupakan sebuah kuil Hindu yang dihancurkan untuk dibangun kompleks penyebaran Islam.

Itulah sebabnya, bila kamu perhatikan seksama masih ada detail kuil Hindu di pilar atau dinding. Misalnya Lonceng yang berada di pilar, lonceng merupakan simbolik yang ada di kuil Hindu.

qutub minar kejayaan islam di india
Kompleks Qutub Minar

qutub minar kejayaan islam di india
Kaligrafi Arab di dinding 

qutub minar kejayaan islam di india
Lonceng sisa kuil Hindu

qutub minar kejayaan islam di india
Pilar Qutub Minar yg instagramable 



Qutub Minar lebih dari sekedar monumen tapi merupakan bukti bahwa Islam pernah hadir di tanah Hindustan. Di dalam kompleks Qutub Minar ini ada Masjid Quwwat-ul-Islam yang kini separuh bagiannya sudah rusak. 

Masjid Quwwat-ul-Islam ini adalah masjid tertua di Delhi setelah Islam menguasai India. Pembangunannya sendiri dimulai satu tahun setelah pembangunan Qutb Minar. Masjid ini juga sering disebut Masjid Jami’, Masjid Qutb, atau Masjid Besar Delhi.


BACA JUGA:


Tips Mengunjungi Qutub Minar


qutub minar kejayaan islam di india
Sudut kece di Qutub Minar


1. Kenakan baju berwarna putih akan lebih pas dengan bebatuan batu merah di Qutub Minar. Saya salah kostum dengan memakai baju warn merah menyala. Sepertinya baju saya sudah hampir mirip dengan warna batu merah di dinding pilar Qutub Minar. 


2. Gunakan topi. Tempat ini minim pepohonan jadi pastikan gunakan penutup kepala seperti topi atau syal. Pastikan juga kulit sudah terlindungi tabir surya. 


3. Mulai perjalanan napak tilas dari depan menuju ke kiri dan berakhir di sisi kanan. Tips ini diberikan pemandu wisata saya yang menyebut pembangunan tempat ini di mulai di bagian kiri menuju kanan, sehingga kita dapat melihat perkembangan pembangunan tempat dengan lebih seksama. 


4. Perhatikan barang bawaan, banyak pencopet menyamar jadi pengemis di depan gerbang masuk dan keluar jadi berhati-hati lah.


Harga Tiket dan jam buka Qutub Minar


Qutub Minar buka setiap hari mulai pukul 07.00 pagi hingga 19.00 malam. Harga tiket masuk Qutub Minar untuk wisatawan asing 200 Rupee atau kisaran Rp 40.000. Saat masuk kamu akan diberikan koin sebagai tanda masuk, pastikan jangan hilang karena koin harus dikembalikan lagi di pintu keluar. 


Bila menyempatkan ke New Delhi, Qutub Minar harus didatangi karena punya banyak spot foto yang sangat 'Instaworthy'. Pastikan juga kamu melihat detail bangunan dengan detail yang bukan sekedar foto-foto aja, karena kenangan wisata juga harus mengisi rongga hati bukan hanya menambah koleksi fotomu. Selamat menjejak di Qutub Minar!  


Liebe,


Turis Cantik






16 comments:

  1. Mba, bagus kok ini pakai baju warna merah disini. Malah kliatan menonjol. Baru tahu juga aku kalau di India juga ada tempat yang menjadi awal kejayaan islam India :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin krn itu pas matahari terik mbak jd agak bright yak heheheh

      Delete
  2. Saya baru tau tempat wisata ini kak, tapi meurutku baju kakak tetep kontras karena merahnya nyala banget, tfs kak pengen deh ke India

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merah bisa jd piihan wrna juga ya berarti kak

      Delete
  3. bangunannya unik ya, aku suka banget dengan arsitektur, jadi kalau lihat bangunan cantik itu rasanya wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok berarti dateng ke sini mbak

      Delete
  4. sering banget jadi lokasi film india nih. aku kira di eropa loh.
    keren ya artistik dan baru tahu kalau itu menara sejarah bekas mesjid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kebetulan ngak prnh nontn film ini hehehe, oalah biasa jadi lokasi film Ya.

      Delete
  5. Cantik bangetšŸ˜ sukaa.. Baru tau ada destinasi di India yg cantik selain taj mahal šŸ¤£. Thanks mba sudah berbagi informasi

    ReplyDelete
  6. Ah, baju merah terang juga oke. Malahan kalau putih mungkin akan terang banget karena matahari bersinar terang. Keren banget menaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran dah kl wrna putih hasil fotonya lbh menonjol

      Delete
  7. keren banget ya menaranya.
    baru tau aku kalau ada menara ini & kisah sejarah di belakangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau datang ke India harus didatangin neh.

      Delete
  8. Saya ikut nyimak ya mbak , pendatang baru . Salam kenal buat semua sahabat bloggers

    ReplyDelete

Powered by Blogger.