Pengalaman naik Malindo Air ke India

April 13, 2019

Pengalaman naik Malindo Air ke India, menjadi pengalaman pertama saya naik maskapai bertarif rendah berbasis di Malaysia itu. Awalnya harapan saya besar untuk bisa merasa nyaman, tapi ternyata saya kena apes harus mengalami delay hingga 4 jam dari New Delhi ke Kuala Lumpur. Sudah pernah naik Malindo Air?  Saya akan ulas tuntas fasilitas dan pengalaman saya naik Malindo Air ke India dengan transit satu kali di Kuala Lumpur.


pengalaman naik malindo air ke india
Traveling ke India naik Malindo Air 


Malindo Airways adalah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Malaysia. Maskapai ini merupakan perusahaan patungan antara MalaysiaNational Aerospace and Defence Industries (NADI) (51%) dan Lion Air dari Indonesia(49%).


Nama 'Malindo' berasal dari nama negara masing-masing: Malaysia dan Indonesia. Begitu kira - kira penjabaran wikipedia tentang Malindo Air. Itulah sebabnya, Malindo Air tak punya banyak destinasi ke negara lain selain cakupan Indonesia, Malaysia, Thailand, India hingga Nepal. Penumpang Malindo pun kebanyakan memang orang Indonesia atau Malaysia.

Malindo Air juga menyediakan jarak tempuh dekat antar kota - kota di Malaysia. Sehingga, Malindo Air bisa jadi solusi  bila ingin traveling pindah kota di Malaysia dengan menggunakan pesawat terbang. 

Fasilitas di Kabin Malindo Air


Dalam perjalanan dari Jakarta menuju New Delhi, saya satu kali transit di Kuala Lumpur. Jarak tempuh dari Jakarta kurang lebih 2 jam, disusul transit 4 jam dan melanjutkan perjalanan menuju Delhi dengan jarak tempuh 5 jam.

pengalaman naik malindo air ke india
Bagian kabin Malindo Air 

pengalaman naik malindo air ke india
Fasilitas TV di kabin pesawat

pengalaman naik malindo air ke india
Jarak kursi Malindo Air 


Malindo memiliki tiga jenis pesawat dan kali ini saya menaiki Boeing 737-900 ER. Menurut saya pesawat ini memang cocok untuk jarak tempuh dekat hingga sedang, karena konfigurasi kursinya 3-3 untuk kelas ekonomi dan 2-2 untuk kelas bisnis.

Mungkin karena Malindo masuk dalam low budget airlines, saya tidak mendapatkan fasilitas apapun kecuali satu kali snack dan satu kali makan berat. Fasilitas seperti sikat gigi, sandal atau selimut sama sekali tidak ada.

Pesawat kecil seperti Boeing 737-900 ER memang biasanya hanya memiliki dua toilet untuk kelas ekonomi di bagian belakang pesawat. Jadi pilihlah kursi agak tengah, agar tak bolak - balik terlalu jauh hanya demi ke toilet.

Jarak antar kursi masih lumayan jauh kok, jadi kamu masih bisa selonjoran kaki dengan nyaman. Jarak kaki kurang lebih 81 cm dan 114 cm, lumayan lah ngak sempit banget. Sayangnya tidak ada bantalan untuk kepala di bagian atas kursi. Saran saya bawa bantal khusus leher untuk di kabin, lumayan pegel juga tidur tanpa bantal di atas pesawat.

Pendingin ruangan alias AC memang agak panas saat pertamakali kita masuk. Tapi tenang saja, saat pesawat telah lepas landas AC akan dingin kok.

Monitor untuk hiburan layar tv juga tersedia, sayangnya tidak disediakan earphone sehingga kamu harus gunakan punya pribadi atau menonton tanpa suara. Pilihan filmnya lumayan baru dengan subtitle hanya tiga bahasa yaitu inggris, melayu dan indonesia. Ternyata fasilitas TV hanya ada pada tipe pesawat Boeing 737-900 ER loh. 

Layar TV memiliki colokan USB yang memungkinkan kamu untuk charging hand phone. Asal sudah dalam flight mode ya :).


BACA JUGA



Makanan di Malindo Air


Tiket yang dibeli sudah termasuk satu kali snack dan satu kali makan berat. Snack berupa dua pilihan roti, gurih dan manis. Roti ala pizza dan brownies dihidangkan dalam kotak karton berwarna pink. Minumannya hanya air putih, kopi dan teh. Makanan berat, saya mendapatkan nasi dan ayam kari.

pengalaman naik malindo air ke india
Snack dan makan malam 


Pilihan vegetarian juga ada berupa tahu kari dan nasi. Mungkin karena destinasinya adalah India, jadi makanan berat yang disajikan adalah kari.

Makanannya lumayan enak, karinya juga punya bumbu yang gurih dan pedas. Daging ayamnya lembut. Untuk ukuran kari sih rasanya ringan banget karinya, jadi semua bisa makan.


Kebersihan Toilet Malindo Air


pengalaman naik malindo air ke india
Toilet di kabin pesawat


Fasilitas Toilet Malindo Air sangat standart. Tanpa pewangi sejenis cologne atau sabun pembersih wajah seperti maskapai low buget lainnya tujuan Eropa.

Lumayan bersih kok dan rutin dibersihkan pramugari di tengah perjalanan.


Aturan Bagasi dan Kabin Malindo Air


Bagasi penumpang kelas ekonomi maksimal 15 kg gratis dengan satu tas ke dalam kabin dengan maksimal 7 kg. Ukuran koper atau tas masuk kabin 56 cm x 36 cm x 23 cm.

Sementara kelas bisnis, barang bawaan bagasi mencapai 30 kg gratis dengan aturan kabin sama dengan kelas ekonomi.


Pengalaman Delay Malindo Air


Pesawat saya dari New Delhi seharusnya take off pukul 22.00 malam. Namun bayangan cepat sampai tanah air musnah, saat petugas bandara bilang kalau pesawat saya akan delay 4 jam. Padahal saya harus mengejar pesawat dari Kuala Lumpur ke Jakarta.

Delay 4 jam, Malindo pun memberikan makan dan minum gratis pada penumpang di sebuah restoran di bandara. Rasanya, saya ngak nafsu makan karena sudah lewat tengah malam. Makanannya pun lagi - lagi kari.

Pelayanan akibat delay sebenarnya cukup sigap, hanya saja saat harus ganti pesawat ke Jakarta dari Kuala Lumpur prosesnya lama banget. Entah apa yang bikin lambat. Sehingga, saya terpaksa down grade naik Lion Air menuju Indonesia.


BACA JUGA



Berapa harga tiket Malindo Air?


Tiket pesawat PP Jakarta - New Delhi rata-rata dipatok seharga dua jutaan rupiah. Menurut saya harganya sangat terjangkau sih.

Tergantung juga kamu liburannya di saat peak atau low season. Saya pernah lihat sih, harga Malindo saat low season ke India hanya 900ribuan. Tapi waktu transitnya lama.

pengalaman naik malindo air ke india
Malindo Air di Kuala Lumpur 


Setahu saya, Malindo memang akan selalu ganti pesawat di Kuala Lumpur. Bila kamu mau naik maskapai lain ke India, pilihannya lumayan banyak kalau mau yang direct bisa naik Garuda Indonesia.

Malindo Air bisa menjadi salah satu alternatif maskapai penerbangan yang bisa kamu gunakan ke India. Menurut saya tarifnya lumayan murah, fasilitasnya cukup baik kok. 

Hanya saja, mungkin karena satu affiliasi dengan Lion Air yang Raja Delay. Saya rasa Malindo Air akan masuk dalam pilihan akhir maskapai penerbangan yang jadi pilihan.  Saya males banget membayangkan delaynya, buang waktu banget.

Semoga, pengalaman naik Malindo Air ke Indi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin liburan murah ke India. Selamat jalan -jalan! 


Liebe,
Turis Cantik








44 comments:

  1. Wah ... Makasih review-nya, Mbak. Beberapa kali melihat Malindo Air di dalam jadwal penerbangan saat check in tapi aku agak ragu. Fasilitasnya lumayan lah, ya. Paling nggak ada in flight entertainment yang nggak bikin mati gaya karena perjalanannya lumayan lama. Soal delay, kalau sebentar sih aku santai. Tapi kalau sampai empat jam gitu lumayan capek juga ya nunggunya. Apalagi tengah malam yang bikin kita jadi masuk angin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cuma aku baru pertamakali naik pesawat internasional delay lama kel gini dah.

      Delete
  2. jujurnyaaaa,krn ada nama si lion air itu, akupun mikir banget mau naik ini mba :D. kalo memang ada pilihan lain, rasa2nya aku lbh milih yang lain.. udh terlalu trauma ama lion dan segala macam turunannya wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhha lagian singa suruh terbang ya susah yaaaak

      Delete
  3. Thank mbak buat reviewnya, jadi tau ada Malindo Air jg, maklum gak pernah ke LN hehe
    klo domestik Malindo Air blm ada penerbangannya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl domestik indonesia ada jakarta dan bandung tp tujuan luar negeri.

      Delete
  4. Boleh nih mut, ada tv lagi. Gw ke jeddah malah gak ada tv scara terbang 9 jam hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada tv nya, tapi beberapa rusak al. Ini gua agak beruntung tvnya nyala hahaha

      Delete
  5. Wah makasi reviewnya mbak
    Beberapa kali lihat Malindo air, baru tau kalau dia satu manajemen dengan Lion Air. Tapi ngeliat fasilitasnya, kayaknya lumayan juga sih untuk ukuran pesawat low budget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan mbak ekonomi full service

      Delete
  6. Ternyata harga tiketnya terjangkau ya. Dengan fasilitas yang termasuk lumayan juga. Tapi kalau sampai delay memang bikin sebel ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mungkin saya lg kena delay aja ngak terlalu sering sih.

      Delete
  7. Lucu dan unik namanya Malindo. Malaysia Indonesia. Simple.
    Katanya banyak traveller backpackers ke India atau Thailand menggunakan maskapai ini. Memang bagus dan terjangkau ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Bangkok memang murah banget sih mbak pakai Malindo

      Delete
  8. hihi iya, pastikan sebelum naik pesawat bawa Usb buat ngecas, mayan banget kan. Sama earphone kabel buat nonton tipi, karena ga nyediain headphone kayak garuda. Untuk entertainment systemnya sebenarnya lebih enak touch screennya dibanding garuda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha iya mas, kdng suka ngak ada tuh colokan usb.

      Delete
  9. Ih,, murah banget ternyata terbang ke India ya mbak. Pantes, belakangan temen2 banyak yg main ke India.
    Artikel ini aku noted, siapa tahu butuh pilihan utk liburan ke India next trip.

    ReplyDelete
  10. 2 jutaan? Murah ya. Mahalan ke kampung saya di Kupang. Ahahaha


    Bete banget sih kalau delay sampe 4 jam gitu. Lama banget.

    Meskipun namanya Malindo, tapi cat pesawatnya itu Lion banget ya. Kirain akan berbeda dengan lion :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhha iya skrng ke indonesia malah lebih mahal tiket pesawat dr pd ke luar negeri.

      Delete
  11. Murah juga ya dua juta pp. Ada TV nya lagi. Pesawatku yg ke India skrg tutup. HihuhHihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garuda ya? peminat dikit mungkin ya

      Delete
  12. Wah, aku jadi tau nih Malindo Air. Duh senengnya halan2 ke India �� Mb Mutia keren deh dandanan ala India gitu hihihi..plus nari2 ���� Asik ada tv nya dan gratis 30 kg bagasi yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak lumyn bagasi gratisnya msh lumayan besar

      Delete
  13. hmm cocok untuk yang pengen liburan murah dengan waktu luang yang cukup banyak. kayaknya cocok ke aku deh. apalagi aku jarang rewel, hahaha

    ReplyDelete
  14. Saya kayaknya kudet banget nih, Mbak. Baru tau kalau Malindo itu kerjasama Malaysia dan Indonesia. Kirain maskapai Indonesia punya. Baru tau juga kalau pemiliknya Lion.

    Sebetulnya, saya belum pernah dikecewakan sama Lion. Tetapi, kalau mengingat cerita banyak orang yang kapok dengan maskapai ini dna terkenal dengan delaynya, bikin saya jadi gak heran kalau Malindo pun delay hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhha..saya jg baru tahu ini mbak. Baru pertamakali naik juga.

      Delete
  15. Delay itu emang ngeselin ya mba, mau dikasih snack dan makanan juga tetep aja sayang waktu... Untung ada in-flight entertainment ya mba Mut, jadi bisa ngurangin bosyen di perjalanan... :D

    ReplyDelete
  16. Belum pernah naik Malindo Air. Tapi review ini lengkap banget. Thanks Mbak Muti.Btw baru tau Malindo gabungan nama Malaysia Indonesia. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak, semoga bermanfaat ya.

      Delete
  17. Mayan juga Malindo Air utk alternatif penerbangan lowbudget ya kak Mut. Biasanya ini maskapai selalu saya skip. Cuma pernah sekali pakai ini dr Subang ke KL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, lumayan banget dah kl mau yg murah tapi ngak murahan servicenya.

      Delete
  18. Wah, tiket ke India ternyata cukup affordable juga dengan Malindo. Nggak heran, mulai banyak traveler yang memilih India sebagai tujuan wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memng wisata murah di India. Cuma musti bareng orang sih, kl solo trip perjuangan bngt.

      Delete
  19. Thanks buat review yah,Malindo okt ini bs dpt harga 900 an ke Penang PP to td ragu Ama Malindo ini emang Krn Lion air nya itu bikin ragu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi kadang ngak delay juga mbak

      Delete
  20. Sis, kalo dari penang ke jkt naik malindo air kan transit di KL, dari KL-JKT naik lion air, kenapa kena biaya bagasi semua yach ? Penang-KL kena biaya bagasi juga sis? memang gratis ya 15kg ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15 kg itu gratis untuk kelas ekonomi mbak. kl transit dimana aja ngak bayar dua kali kok bagasinya, kan hanya transit.

      Delete
  21. Halo. Saya berencana terbang ke Phuket, Thailand menggunakan Malindo akhir bulan Juli, apakah gratis bagasi 15 kg untuk kelas ekonomi masih berlaku, ya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada perubahan untuk penerbangan internasional ttp gratis, tapi untuk lebih jelas bisa cek di laman resmi malindo.

      Delete
  22. Wah aku baru mau naik nihhh ...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.