Taj Mahal Elegi untuk Mumtaz Mahal

April 22, 2019


Taj Mahal adalah sebuah monumen sebagai musoleum yang dibangun Kaisar Mughal Shah Jahan untuk istrinya Mumtaz Mahal. Taj Mahal menurut Wikipedia Indonesia terletak di Agra India, masuk dalam satu dari 7 keajaiban dunia dengan adi karya arsitektur rancang bangun yang luar biasa indah. 

taj mahal india mumtaz mahal
Taj Mahal musoleum untuk Mumtaz Mahal



Berbalut sari merah, sejumlah perempuan Hindustan bergegas melepas alas kaki untuk memasuki Taj Mahal. Kaki - kaki berbalut alas kaki berkain tipis berlarian diatas hamparan marmer putih yang hangat tertepa mentari. 

Hari itu memang istimewa,  setahun sekali selubung makam Mumtaz Mahal diperlihatkan untuk umum. Biasanya wisatawan hanya dapat melihat bagian atas makam Mumtaz. Namun hari itu, kami semua dapat melihat dibalik besi penutupnya. Sayang tak boleh ada jejak dalam bentuk foto atas momen itu.

Taj Mahal memang magis, megah dan anggun di tengah pusat kota Agra yang tandus Taj Mahal seakan menjadi oase.

Bagunan itu berdiri kokoh selama ratusan tahun dengan konstruksi bangunan simetris paling sempurna terutama bila kamu memandangnya dari kejauhan. Bukan bangunan biasa, tempat ini adalah sebuah makam untuk mengenang seorang perempuan bernama Mumtaz Mahal.

Siapa Mumtaz Mahal?


Siapa perempuan bernama Mumtaz Mahal yang mampu membuat seorang pria mengerahkan seluruh jiwa raga untuk membangun bangunan semegah Taj Mahal?.

Arhumand Banu adalah nama asli Mumtaz Mahal seorang permaisuri kaisar Mughal Shah Jahan. Mumtaz digambarkan sebagai sosok perempuan yang taat pada suami hingga ajal menjemputnya saat melahirkan anak ke 14nya.

Dilahirkan di Agra, India pada April 1593 , Mumtaz Mahal berwajah persia dengan hidung bangir dan sudut mata sempit.  Dalam berbagai literasi, saya pernah membaca Mumtaz dikenal sebagai perempuan cerdik dan cerdas. Ia mahir bermain catur dan paham akan stategi perang. Mumtaz memang berbeda dengan perempuan berdarah biru lainnya, itulah sebabnya ada rasa cinta membekas hingga akhir hayat untuknya.

Sang Kaisar Mughal digambarkan dalam sejumlah literasi, cukup depresi pasca kematian istri ke tiganya itu. Akhirnya selama 22 tahun Taj Mahal pun dibangun. 
Taj mahal seungguhnya adalah makam Mumtaz Mahal sekaligus sebuah musoleum untuk mengenangnya. 


BACA JUGA :


Harus pakai baju apa di Taj Mahal?



Selayaknya pergi ke sebuah pemakaman, kenakan pakaian sopan dan tertutup. Kamu akan mendapatkan penutup alas kaki berbentuk kain tipis untuk melapisi sepatu atau sandalmu.

taj mahal india mumtaz mahal
Kenakan pakaian dengan warna terang 

taj mahal india mumtaz mahal
Pakailah pakaian yang sopan di Taj Mahal 

taj mahal india mumtaz mahal
Taj Mahal dari gerbang utama 


Taj Mahal memiliki marmer putih yang akan memantulkan cahaya, bila matahari telah menyingsing. Untuk keperluan foto gunakan warna Bold yang terang misalnya merah atau kuning terang.

Menggunakan Saree pakaian tradisional India akan menjadi nilai plus. Namun sejak awal, memakai Saree bukan opsi untuk saya. Membeli Saree yang biasanya dijual kisaran satu jutaan rupiah perbaju hanya akan membuang uang, toh saya juga tak akan lagi menggunakannya.

Namun kamu bisa membeli Saree modern yang kainnya telah dijahit dan dirancang untuk pakaian sehari-hari. Pilihan lainnya, belilah kain panjang bermanik dan berwarna terang untuk diletakkan sebagai selendang. Fotomu akan lebih semarak.

Barang bawaan di Taj Mahal


Memasuki Taj Mahal kamu tak boleh banyak bawa barang. Barang seperti Tripod tidak diperbolehkan dibawa masuk karena khawatir akan merusak lantai marmer yang berusia ratusan tahun itu.

Berikut adalah barang yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam Taj Mahal :

1. Tripod

2. Makanan

3. Rokok

Boleh bawa barang apa saja ke dalam Taj Mahal

1. Tongsis. Ternyata selfie stick dan monopod boleh dibawa masuk. Semua peralatan foto boleh masuk asal tidak memiliki 'kaki' sejenis Tripod.

2. Telpon seluler

3. Kamera Mirrorless atau DSLR

Saat masuk ke dalam Taj Mahal kamu akan diberikan botol air mineral dan kain penutup alas kaki. Bawa saja tas kecil, agar proses pemeriksaan petugas tidak memakan waktu lama.


BACA JUGA:


Harga Tiket Taj Mahal


taj mahal india mumtaz mahal
Taj Mahal penuh pengunjung 

taj mahal india mumtaz mahal
Bagian atas Taj Mahal 


Harga tiket  masuk Taj Mahal 1.100 Rupee atau kisaran Rp 250 ribu untuk pengunjung internasional. Tiket gratis untuk anak dibawah 15 tahun.

Sejak pertengahan tahun 2018, harga tiket masuk Taj Mahal memang naik. Otoritas setempat menyebut, jumlah pengunjung yang terus naik setiap tahun membuat perawatan akan konstruksi bangunan harus ditingkatkan.

Bayangkan, setiap tahun ada jutaan orang yang mengginjakkan kaki di atas marmer berusia ratusan tahun itu. Sudahlah menjadi hal beralasan, bila kini pengunjung yang masuk ke musoleum utama dibatasi maksimal 3 jam saja. 


Jam Operasional Taj Mahal


Taj Mahal dibuka pukul 06.00 - 18.00 waktu setempat. Kedatangan terakhir pukul 15.00 karena pintu utama untuk kedatangan akan ditutup di pukul 3 sore.

Taj Mahal buka setiap hari kecuali hari Jumat. Setiap Jumat, Kompleks Taj Mahal akan digunakan untuk sholat jumat berjamaah. Masjid ada di sebelah kiri Taj Mahal, kamu juga bisa sholat disana bila waktu sholat telah dimulai. Bila bukan waktu sholat, Masjid akan ditutup untuk umum.

Taj Mahal banyak disebut orang sebagai lambang cinta. Lebih dari sebuah perlambang kesetiaan cinta, buat saya Taj Mahal adalah sebuah elegi, ratapan kesedihan atas kehilangan seseorang. 

Datanglah ke Taj Mahal dan rasakan kehangatan marmernya saat menyentuh kakimu, disanalah kamu akan merasakan  elegi panjang akan kehampaan dan kehilangan. Seakan merasakan kesedihan Kaisar Mughal akan kepergian Mumtaz Mahal.


Liebe,

Turis Cantik

40 comments:

  1. Aku mengikuti kisah Arjuman Banu dan Shah Janan ini dari beberapa buku
    Dan terkagum-kagum pada besarnya cinta sang raja pada istrinya
    Tapi kalau mengingat bahwa mereka memang sudah saling jatuh cinta sejak masa remaja, beragam intrik yang melingkupi perjalanan mereka, gak heran sih ketika mereka ternyata malah makin saling cinta setiap menghadapi 'gangguan"

    Sayangnya kisah sih di ujung perjalanannya
    Begitu Taj Mahal selesai dibangun, Sang Raja tak bisa menikmatinya karena berada di penjara akibat perebutan kekuasaan anak-anaknya

    Apapun itu, Taj Mahal memberi banyak pelajaran
    Bangunannya megah banget ya. Luar biasa untuk ukuran bangunan yang berusia ratusan tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mbk ternyata tahu banyak. Harus ke Taj Mahal berarti mbak heheheh

      Delete
  2. wahh sungguh beruntung sekali Mumtaz Mahal ini mbak

    ReplyDelete
  3. Bangunan ratusan tahun yang cantik ya mbak, tapi kayak ada rasa hampa ya..rasa sedih kehilangan. Walau pada akhirnya kita juga harus pulang. Tapi bukti cinta Raja pada Mumtaz sangat melegenda sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Legenda berbalut cinta dan kesedihan.

      Delete
  4. Wah..pengunjungnya banyak sekali ya mbak. Pantes kalo pemeliharaannya harus hati-hati sekali karena bangunannya juga sudah berumur ratusan tahun. Tapi apa pernah direnovasi ya mbak?

    ReplyDelete
  5. kak, makam sultannya sendiri di sebelah mana..
    lupa2 ingat sejarahnya, apakah bareng Mumtaz atau dibuatkan mausoleum lain oleh anaknya,
    cuma ingat makam Sultan nggak semegah makam Mumtaz ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sultan dimakamkan disebelahnya mbak. Jadi ada dua makam di dalam.

      Delete
  6. Pertama masuk ke sini asli deg deg an bangef, ternyata memang lbih megah dr gambaran di foto foto luar biasa teknik pembuatannya, kebayang jaman dl bgmn ya pekerjanya. Dibawa nya bahan bangunan dengan gajah gajah, seandainya manusia punya ilmu melihat ke masa lalu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang harus lihat sendiri baru bisa merasakan kemegahannya.

      Delete
  7. Ya Allah...cantiiik... Semoga suatu saat kubisa melihatnya langsung. Aamiin..

    ReplyDelete
  8. dan aku jd penasaran pgn browsing sejarah mba mumtaz ini ;). berharap kali ada gambaran / lukisan dirinya. dulu aku kira taj mahal ini mesjid. sampe heran, kenapa dianggab keajaiban dunia.tp ternyata ini makam yaaa.. Kyknya memang ga lengkap sih kalo ke india tp ga kesana :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di wikipedia cuma beda2, terlebih beda bnht sama dibuku yg dikash travel guide. Hanya saja bukunya ketumpahan kopi, mana blom sempet foto uhuhuhuh.

      Delete
  9. Menakjubkan banget Masuk Taj Mahal ini. Ga cukup sejam buat menikmatinya. Tiket agak Mahal juga sepadan lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ip lebih murah kl beli di indo, terusan ke agra fort juga. Beda cepek dah.

      Delete
  10. Ke India rasanya kurang lengkap ya kalau belum ke Taj Mahal.
    itu mbak Mumtaz nya meninggal karena melahirkan anak ke 14??
    Ya Allah banyak amat anaknya.
    tapi bukti cinta suaminya besar banget ya. Sebegitu sayangnya sama istrinya yang cerdas itu.

    Btw, saya dengar katanya Taj Mahal bukannya mau ditutup sementara untuk perawatan ya? katanya bakal agak lama ya? Apa saya yang telah updater berita lagi soal itu?
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu dua thun lalu mbak, skrng udh boleh masuk tapi jam dibatasi.

      Delete
  11. Iya ya, kalau dipikir, bangunan Taj Mahal lebih kepada elegi patah hati karena ditinggal pergi untuk selamanya, alih alih dibangun atas tanda cinta.

    Semoga kapan kapan saya bisa berkunjung juga ke sana.

    ReplyDelete
  12. Wah, baru tahu bangunan ini dibangun dari cinta yang sangat besar dan butuh waktu sampai 22 tahun.

    Suka sekali cara menceritakan tentang Taj Mahal ini. Semoga ada kesempatan juga untuk saya melihat bangunan dengan dasar cinta ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga one day bisa berkunjung ya

      Delete
  13. pengen ke sanaaa :( ku pernah tau taj mahal katanya dilihat dari segala sisi bentuknya bakal sama, dan baru kepikiran di jaman segitu udah bisa ngerancang bangunan serumit dan seindah ini. amazeee

    ReplyDelete
  14. Komplit nih infonya. Aku simpen dulu untuk catatan kalo ke Taj Mahal ya mbak. Thank you.

    ReplyDelete
  15. ini satu-satunya banguunan di Indoa yang pingin kulihat. gara-gara pas masih SD keseringan baca 7 keajaiban dunia. hihihihi

    ReplyDelete
  16. Sedih ya kisahnya, lambang cinta dan kehilangan seorang raja, cantik sekali bangunannya...

    ReplyDelete
  17. Wah senengnya mbak turis udah merasakan kehangatan marmer di Taj Mahal, mudah2an aku juga bisa kesana hehehe

    ReplyDelete
  18. Kak izin simpen ini link bila sewaktu2 Chaya perlukan ya...

    Baca ini jadi nostalgia betapa pengorbanan dan besarnya cinta suci Kaisar Mugal untuk Mumtaz masih bisa dirasakan sampai sekarang dengan melihat Taj Mahal ya kak..

    ReplyDelete
  19. Bangunan yang sangat indah. Tetapi, sebetulnya menyimpan cerita sedih di baliknya. Bahkan rajanya sekalipun tidak ikut menikmati bangunan ini setelah selesai. Jadi sedih membayangkannya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.