Pengalaman Naik Asiana Airlines ke Korea Selatan



Sesuai Budget, kalau bisa paling murah!. Begitu motto saya dalam mencari tiket pesawat terbang. Tapi kalau murah, makanannya ngak enak, ruang kabinnya sempit sementara harus berjam-jam di atas pesawat...wahh tak usah ye!. Dalam trip terakhir ke Korea Selatan, Mbak Turis kebetulan menggunakan Asiana Airlines yang terbilang harganya  cukup ekonomis dengan pelayanan yang maksimal. 

Saya pernah dengar dari teman, kalau Asiana Airlines makanannya enak, cocoklah dengan lidah orang indonesia. Abis saya kan makannya banyak, kalau sampe perut bunyi kriuk..kriuk karena lapar, kasian Babang tamVan yang duduk di sebelah dong ah. 

Kabarnya lagi, Kabinnya pun lega karena menggunakan Airbus 330 dan harganya cukup terjangkau. Yuk mari, simak pengalaman saya naik pesawat Asiana  Airlines ke Korea Selatan.

Sebenarnya sih, maskapai penerbangan paling hitz di Korea Selatan adalah Korean Air. Lah iya, namanya aja pakai embel-embel negara asal, udah pasti maskapai andalan. Cuma, harganya ngak andalan buat saya karena mahal. Tipe traveller kayak saya, ngak mampu kalau naik Korean Air. Bisa aja sih, kalau untung lagi ada promo, tapi  saat saya butuh tiket ke korea, lagi ngak ada promo. Sementara, saya udah ngak tahan mau ketemu Oppa ganteng di Korea. Pokoknya, Maskapai mana aja deh diambil yang penting angkat koper.




Setelah cari-cari referensi, pilihan saya pun jatuh pada Asiana Airlines. Sebelum saya jabarkan kenapaaaa sihh, saya pilih naik Asiana?. Kenalan dulu deh dengan maskapai penerbangan asal Korea selatan yang sudah hampir 30 tahun mengudara. 


Tentang Asiana Airlines


asianaairlines/instagram

asianaairlines/instagram


Asiana Air merupakan maskapai penerbangan asal Korea Selatan yang merupakan anggota Star Alliance. Biasanya hanya penerbangan dengan fasilitas, jam terbang dan kualitas baik yang menjadi anggota. 

Untuk penerbangan domestik Asiana terhubung dengan Gimpo International Airport. Artinya kamu bisa naik Asiana kalau mau ke kota lain di Korea misalnya ke Jeju atau ke Busan.

Sementara untuk jalur internasional terhubung dengan Incheon International Airport.




Fasilitas Dalam Kabin






Akupuntur yuk! 


Saya menggunakan Airbus 330 dari Jakarta menuju Seoul menempuh sekitar 7 jam dari Jakarta.  Sesuai dengan kapasitas jenis pesawat, kabinnya terdiri dari 3 baris. Biasa lah lega dan Acnya kenceng. 

Kamu akan mendapatkan bantal kecil, ear piece dan selimut. Please yang jangan dibawa pulang :). 

Layanan tv dan musik tersedia tapi ngak ada colokan USB kayak di Emirates atau Qatar. Lumayan kan buat charging hand phone kalau ada colokan kabel data USB. Filmnya, lumayan banyak terutama film box office Korsel. Lagunya lumayan banyak, Alhamdulillah play list sepanjang masa saya ada. Backstreet Boys! :) 

Sesaat setelah pesawat siap landing, kamu akan dipandu untuk mengikuti akupuntur ala Korsel melalui layar tv di depan mu. Titik akupuntur agar tidak lelah atau mengalami Jet Lag akibat penerbangan. Lumayan lah, biar rileks dikit.

Toiletnya bersih karena dibersihkan di tengah penerbangan. Tersedia sikat gigi, odol hingga lotion alias pelembap ala Korea.





Makanannya di Asiana Airlines


Menu sarapan Omelette

Menu sarapan Bubur jamur ala Korea

Bimbap nasi campur ala Korea 


Saat menuju Seoul, saya dapat satu kali makan besar dan satu snack atau kudapan. Snack berupa sandwich diberikan 30 menit setelah pesawat lepas landas. 

Kebetulan saya tiba di Seoul pagi hari, jadi makanan yang diberikan adalah menu sarapan. Pilihannya Omelet atau sejenis bubur. Saya pilih Omelet, tapi saya perhatikan hampir semua Oppa dan Onnie di pesawat pesannya bubur jamur. 

Saat kembali ke Jakarta, saya juga mendapatkan sandwich dan pilihan menu makan malam berupa Bimbimbap, sejenis nasi campur Korea. Saya kebetulan udah makan Bimbap di pinggir jalan Seoul and i love it,  jadi pilihan saya itu. Oh ya, pilihan lainnya adalah ayam..duh bosen amat makan ayam mulu. 

Bimbapnya enaaaaak banget. Tak perlu khawatir bingung campur aduk nasinya, ada kertas panduannya. Duhh enak bangeet deh. 


Kisaran Harga Pesawat Asiana ke Korea 



Lalu, berapa sih tiket pesawat naik Asiana Airlines dari Jakarta ke Seoul. Kalau kamu beli jauh-jauh hari atau lagi promo akan jauh lebih murah. Saya beli kisaran harga 5jutaan.  

Bagasi 32 kg  maksimal untuk penumpang kelas ekonomi. 32 kg bagi dua ya, tidak bisa dalam satu koper. Triknya, kamu bawa dua koper! Satu koper 23 kg, satu koper lainnya 9 kg sisanya. 

Maksimal produk liquid 60ml. Aerosol hingga power bank tak boleh masuk bagasi or cabin ya. Tentang Power bank aturan baru di awal tahun 2018 nih. 

Kalau kamu ada rencana ke Korea Selatan Asiana Airlines bisa jadi pilihan maskapai penerbangan dengan harga terjangkau dan pelayanan prima.

Selamat jalan-jalan!

Liebe,
Turis Cantik



Keep In Touch With Turis Cantik!

 

  TWITTER  *  INSTAGRAM    FACEBOOK PAGE  - Youtube



DISCLAIMER: Tulisan merupakan pengalaman penulis. Bukan sponsored post dengan pihak maskapai. Review merupakan bentuk kepuasan pelanggan atas fasilitas yang diberikan maskapai penerbanyan ybs.



38 comments:

  1. Makannya pun khas korea banget yaa, huhu semoga kapan-kapan bisa ke Korsel aamiin :D

    ReplyDelete
  2. Makanannya kayak enak semua yaa, wkwkwk aku jadi pingin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah aku selalu sedia sambal sachet kalau ngak enak tinggal cocok sambal hahaha. Tapi enak semua sih menurutku mbak.

      Delete
  3. Pengeen cobain juga.... :)
    Saya jarang naek pesawat nih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke korsel enak naik ini mas :)

      Delete
  4. Aku kira sodaranya airasia. Adikku ya ada akupunturnya,pengen nyobain bimpapnya

    ReplyDelete
  5. makanannya kok kayaknya enak ya mba hihi

    ReplyDelete
  6. Kak mut itu solo traveling ya pas ke Korea? Ku kira open trip. Kok seru ya ada panduan akupunturnya 😂

    Makanannya banyak pula itu.. Berarti aku kalo ke Koriyah gabisa bawa power bank. Okelah nanti disana ku mau minta dibeliin aja sama Oppa Sung Hoon 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl power bank keknya berlaku di beberapa maskapai penerbangan internasional termasuk asiana ini. mungkin msh bisa kl yg kecil atau dayanya ngk besar.

      Delete
  7. Duh jadi pgn ikutan jejaknya solo Traveling Ke Korea.....

    ReplyDelete
  8. Mbak, aku prefer naik full service airline kalau perjalanan lebih dari 3 jam. Demi kenyamanan aja sih dan ngga mati gaya, hehehe.

    ReplyDelete
  9. Baru tau ini maskapai Korea ya ternyata. Kayaknya pilihan yang oke juga buat penerbangan lama, tapi kalau dari Jakarta adanya ke Incheon doang ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak hanya ke korea kok mbak bisa ke negara lain juga.

      Delete
  10. keren ya ada fasilitas akupuntur juga. benar2 dimanjakan.

    ReplyDelete
  11. bimbap nasi campur ala korea, hehe,,, yang saya lihat kok kayak salad plus nasi ya mbak,

    kapan2 deh kalau main ke korea, saya ke luar negeri aja ga pernah XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya krn saya hanya sadur dr bahasa inggrisnya mixed rice.

      Delete
  12. nah ini bingung, kemarin promo travel fair ada singapore airline dgn harga kisaran segitu, lalu garuda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda kelas mbak dua itu kelasnya premium kl hargnya kek asiana berarti lg murah.

      Delete
  13. kapan ya bisa ke korea , duh pingin

    ReplyDelete
  14. Itu 5 juta belum PP yah mba? Seru banget di pesawat diajak akupuntur.. hihihi.. :D Dan makanannya pun keliatan enak yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. PP mbak, saya pertama ke korea jg segituan. kmren prgi ke open trip kisaran agak mahal dikit tp ngak mahal2 bngt juga mbak.

      Delete
  15. Sekarang ini ya mba, mindsetku udh mulai berubah :p. Baru2 ini aja sih. Kalo yg dulu srg incer promo budget airlines, skr udh lbh ngincer promo fullservice airline hihihihi... Usia ga bisa boong. Mulai mencari kenyamanan drpd hrg murah hahahahaha..

    Kemarin aku cari tiket ke je0ang utk jan 2019, sayangnya asiana ga sesuai ama budgetku :p. Jd akhirnya aku booking Malaysia Airlines utk traveling thn depan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kl yg full service walaupun promo aku tetep ngak mampu duitnya hehehe. Tapi kl jalan ama keluarga biasanya emang ngk ambil yg low cost flight demi kenyamanan.

      Delete
  16. Wah aku baru tau kl powerbank sekarang ngga bisa lagi masuk kabin, noted deh mba turis :D sekarang budget airlines banyak yg bagus2 dan servicenya ngga kalah sama premium arilines jadi rangorang kek kita yg demen halan2 lebih terakomodir keinginannya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas 27.000 yg dilarang, coba cek berapa besaran power banknya. dibawah itu masih boleh hehdhdh

      Delete
  17. belom pernah cobain naik asiana air, tapi dari foto-foto di cabinnya kayanya untuk ukuran harga yang ekonomis ini nyaman banget deh. next coba deh kalo ada rute yang pake asiana air :")

    ReplyDelete
  18. mbak mau tanya, naik pesawat itu ada transitnya ga ya kak? terus mesen tiket nya dimana ya kak? (maaf saya masih newbie kak ㅠㅠ)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli di travel agency tapi kl kek di traveloka juga ada kok. Kalau asiana ke seoul yg saya beli ini langsung, ada juga yg transit di KL tergantung pilihnya yang mana. Asianan juga bisa dibeli di official website resminya.

      Delete
  19. setuju mbak. saya baru minggu lalu terbang ke korea pakai asiana OZ761. Mantap dan puas. Anak saya yang kecil diberikan mainan dan buku mewarnai utk diperjalanan. Puas saya naik Asiana Airlines

    ReplyDelete

Powered by Blogger.