Menyusuri Selat Bosporus Naik Kapal Ferry

December 29, 2019

Selat Bosporus adalah sebuah selat yang memisahkan turki bagian Eropa dan Asia. Membelah selat dengan panjang 30 km, seakan kita menyelami bekas jejak kejayaan Istanbul di masa lampau. 


naik ferry di selat bosporus
Wisata di Selat Bosporus,Turki 


Menggunakan kapal Ferry adalah salah satu cara paling tepat menyusuri Bosporus. Mau sewa ferry pribadi atau bayar peorang bisa dilakukan sesuai kebutuhan. 



Lihat apa dari Bosporus? 


Dua sisi pinggir selat Bosporus membelah bagian Asia dan Eropa Turki. Kamu bisa melihat jejak banyak istana Romawi di sisi bagian Eropa, sementara kamu bisa melihat guratan bangunan dan sisa bekas istana desain ala kesultanan Usmani di sisi bagian Asia. 


wisata+sejarah+selat+bosporus+turki
Napak tilas kejayaan Istanbul 


Istanbul kini penuh sesak dengan penduduk, kamu juga bisa melihat permukimam warga dari kejauhan. 


Saat menaiki Ferry di Bosporus kamu juga akan melintasi 2 jembatan besar. Jembatan prrtama adalah Jembatan Bosporus dan Jembatan Fatih Sultan Mehmet. 2 jembatan ini penting karena mobilitas penduduk menggunakan jembatan ini untuk melintasi Asia dan Eropa. 


BACA JUGA




Harga Sewa Ferry di Bosporus 



Harga sewa naik ferry kisaran 15 Turkish Lira perorang tergantung besar kapal ferry yang digunakan. Kisaran jarak tempuh 1 jam.

Bila ingin menikmati suasana malam hari, kamu juga bisa naik ferry dengan kisaran harga diatas 20 - 30 Turkish Lira. Tentunya, pemandangan akan lebih dramatis saat malam hari dengan kerlap kerlip lampu.

Sewa kapal bisa dilakukan di dermaga, cukup bayar ke petugas bila ingin naik bersama rombongan lain. Bisa juga menggunakan kartu akses moda transportasi Istanbulkart.

Kebetulan karena saya ikut tur jadi sudah disiapkan dan dipesan sebelumnya. Tapi bila ingin pesan ferry private, kamu harus pesan satu atau dua hari sebelum perjalanan. 

Kapal Ferry terdiri dari dua bagian. Bagian bawah untuk nahkoda, toilet dan tempat makan. Kamu juga bisa beli aneka makanan dan minuman di bagian bawah.

Bagian atas adalah tempat kita akan duduk dan menikmati pemandangan.


BACA JUGA 



Nyaman Naik Ferry di Bosporus 


Sebagai negara 4 musim menurut saya pemandangan paling cantik naik ferry di Bosporus adalah musim semi dan gugur. 

Namun, saat saya datang di awal musim gugur. Cuaca di Turki masih peralihan sehingga anginnya kencang tapi suhu tak terlalu dingin. 


kapal+ferry+di+selat+bosporus+turki
Dermaga selat Bosporus,Turki


Hal yang perlu diperhatikan saat naik kapal ferry adalah musim apa saat kamu akan naik. Dari situ, kamu bisa memilih apa sih yang harus dibawa. 

Hal yang perlu dibawa menurut saya adalah jaket atau syal karena angin bertiup sangat kencang. Kacamata hitam, pakai sun block, topi lebar dan sepatu yang nyaman.


Naik kapal ferry melintasi selat Bosporus adalah keharusan saat kamu liburan ke Turki. Pesona Bosporus lebih lengkap bisa kamu tonton di video Youtube Turis Cantik ini ya.






Liebe,

Turis Cantik




12 comments:

  1. Pemandangan di sini emg keren. Saya cmn liat dari tepian Istanbul aja memandang ke arah seberang sisi Asia.

    ReplyDelete
  2. ini salah satu yang aku suka, anginnya sembribit (soalnya selalu kesana waktu cuaca masih dingin). paling suka pas kapal lewat di rumeli hisari-bentengnya muhammad al-fatih yang segede gaban. langsung mikir gimana caranya ngebangun benteng segede itu cuma 4 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngantuk sepanjang jalan hahahah

      Delete
  3. Belum pernah ke Turki... :( Saya enggak terbiasa naik kapal ferry sih, tapi kalau ke Turki sepertinya wajib ke sini ya mbak. Penasaran dengan selat yang jadi bagian dari sejarah besar Turki dan Peradaban Utsmani. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak harus si mbak cuma kl mau liat semua dlm satu waktu bisa naik ferry

      Delete
  4. wah, kalau malam lebih mahal yaa.. kalau saya sih kayanya lebih demen siang hari, lebih suka pemandangan siang daripada malam :)

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkn krn kalau malem lebih kerlap kerlip ya

      Delete
  5. Jadi kalau nyeberang naik ini, bisa sekaligus lintas benua dong ya? Hihihi. Di kapal apaqa ada guide yg menjelaskan sejarah sejarah, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak ad mbak yg jelasin hahahha. Paling bisa baca2 aja tapi dr bangunannya juga keliatan sih yg kita lewati apa.

      Delete
  6. Aku udah 3 kali ke Istanbul dan setiap dateng ke sana selalu naik kapal atau nongkrong di Boshporus. Doyan aja liat kehidupan di pinggir Boshporus.

    Jadi pengen balik Turki lagi huhuhu....

    ReplyDelete
  7. ah keren sekali mba pengalamannya, semoga tahun ini aku bisa kesana

    ReplyDelete

Powered by Blogger.