Wisata Kuliner di Turki

December 10, 2019


WISATA KULINER TURKI - Turki punya banyak wisata kuliner yang enak. Mayoritas orang Turki beragama Islam, jadi menemukan makanan halal bukanlah hal yang sulit.

Berbekal beberapakali ke Turki, saya menilai makanan Turki sebenarnya agak terasa hambar dan kurang pedas untuk lidah orang Indonesia.

wisata kuliner turki
7 Kuliner wajib di Turki 



Mungkin tidak semua orang  Indonesia suka pedas, tapi semua rasanya suka makanan yang terasa berbumbu. Nah, sebagian masakan Turki bumbunya menurut saya kurang sedap.


Itulah sebabnya, bekali diri dengan sambal kemasan atau taburan cabe kering agar makanan kian terasa sedap. Pas lah dengan selera saya kalau berbumbu dan pedas.


Makanan Turkey menurut saya didominasi oleh Yoghurt, Keju dan taburan buah zaitun. Cocok sih buat yang diet. Dari sekian banyak makanan dan minuman yang saya coba saat traveling di Turki. 5 list berikut ini adalah 7 makanan dan minuman yang wajib dicoba saat di Turki.


BACA JUGA




7 Makanan dan Minuman Wajib Coba di Turki



1. Turkish Delight


Turkish Delight adalah manisan khas turki yang terdiri dari campuran gula dan tepung. Biasa disebut Lokum.


turkish delight di turki
Turkish Delight manisan khas Turki

Dahulu Turkish Delight tak punya banyak rasa, kini manisan ini punya banyak sekali isian dan rasa. Paling aneh saya pernah menemukan rasa bunga mawar lengkap dengan taburan mawar kering. Ajaibnya, rasanya super enak.



2. Ice Cream Turki

Hal paling dikenal tentang Ice Cream Turki selain rasanya adalah cara penyajiannya yang bikin kesel.

Penjual Ice Cream biasanya menggunakan pakaian tradisional, saat memberikan Ice Cream kita akan dibuat kesal dengan aksinya.

Jangan kesal ya, ketawa aja karena memang lucu sih.

Biasanya Ice Cream Turku dijual dengan beragam rasa, paling enak rasa buah. Mirip dengan Gelato di Italia, Ice Cream Turki juga tidak mudah meleleh.



3. Jus Delima

Menikmati jus delima segar di Turki juga adalah hal yang harus dinikmati. Buah delima di Turki berukuran lebih besar di bandingan di Indonesia.


jus delima turki
Nikmatnya Jus Delima di Turki 


Jus diperas menggunakan alat pemeras tradisional yang terbuat dari besi. 

Rasanya asem, manis plus sedikit pahit. Harganya kisaran 30 ribu Rupiah untuk segelas jus delima berukuran gelas besar.



4. Simit

Simit adalah roti khas Turki yang berbentuk melengkung. Garing di luar, empuk di bagian dalam lengkap dengan taburan wijen diatasnya.


simit roti khas turki
Simit enak dan murah 


Cemilan yang paling saya cari kalau ke Turki adalah Simit. Harganya murah kisaran 4ribu rupiah. Ukurannya besar jadi bisa menahan lapar cukup lama saat harus backpackeran dan menghemat uang.


Makannya langsung digigit, dicocok ke kopi atau mentega adalah cara favorit saya menikmati Simit. Menemukan penjual Simit puj tak sulit, hampir di jalanan kota banyak yang jual terutama di Istanbul.



BACA JUGA




5. Kebab

Kebab di Indonesia biasanya dibungkus kulit Tortilla. Di Turki, saat kita menyebut kebab adalah daging yang ditusuk sate, berukuran besar dan dibakar.

Beda kan pengertiannya. Ternyata daging berbungkus kulit tortilla di Turki disebut Shawarma.

shawarma kuliner khas turki
Shawarma dagingnya sudah diiris tipis 

Kebab kuliner khas turki
Kebab punya potongan daging lebih besar 



Hidangan ini sudah sering dinikmati di Indonesia, itulah sebabnya saat ke Turki cobalah makan Kebab.

Kebab biasanya berupa daging sapi, daging domba hingga daging ayam. Disajikan dengan salad sayuran, sepotong roti dan cabai hijau dibakar sebagai penambah cita rasa pedas.



6. Kopi Turki

Turki dikenal dengan sajian kopinya. Disajikan dalam gelas atau cangkir kecil dengan kopi yang kental.

Hal yang unik tentang kopi Turki sebenarnya bukan pada jenis kopinya tapi cara pengolahannya. Kopi Turki dibuat dengan memanaskan kopi di atas pasir panas hingga memanaskannya dalam sebua teko kecil bernama Ibrik.



7. Teh Turki 

Begitu juga dengan teh Turki yang masuk dalam klasifikasi teh hitam. Disajikan dalam gelas kecil. Meskipun kecil, orang Turki bisa minum bergelas-gelas teh. Bentuk gelasnya yang melengkung akan membuat bagian tengah tetap panas.


teh hitam khas turki
Merk teh hitam Turki kesukaan saya 


Sebenarnya masih banyak makanan dan minumana Turki yang wajib dicoba. Tapi buat saya, 7  daftar diatas merupakan favorit yang selalu saya cari saat liburan ke Turki.

Wisata Kuliner di Turki sangat menyenangkan, pastikan bawa uang lebih untuk sekedar menikmati lembutnya daging kebab dan menyeruput kopi Turki di musim dingin. Selamat jalan - jalan di Turki !



Liebe,

Turis Cantik


8 comments:

  1. Pengen liburan kesana juga :.) semoga kesampaian. Thanks fo sharing mbaa

    ReplyDelete
  2. paling suka dondurma/es krim sama simit.
    aku selalu ngiler kalau lewat mamang yang jual dondurma. pasti beli walaupun lagi musim dingin. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya makan es emang paling enak kl dingin jd lebiu terasa dinginnya.

      Delete
  3. turkish delight pernah liat di film narnia,, ahaha..

    ooh jadi kebab yg di Indo selama ini salah ya? :D pantes sih di beberapa gerai kebab, walau namanya kebab tapi di pilihan menunya namanya shawarma.. :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas aku juga selama ini salah hehehe

      Delete
  4. Wow, Turki salah satu destinasi impian aku niih. Ternyata macem-macem jg ya makanannya, yang roti wijen itu sepertinya menarik, aku pernah liat yg sejenis itu di yunani, sama kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang paham mbak krn saya blom ke yunani hehehe. Kyknya beda. Di jerman jg ada mirip gini, tapi nama dan rasanya beda.

      Delete

Powered by Blogger.