10 Tips Traveling Nyaman saat Menstruasi

May 05, 2019


Traveling saat Menstruasi pasti akan membuat kita kurang nyaman.  Traveling, kadang harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh yang kerap letih. Menstruasi, haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Jadi intinya, Menstruasi hal normal yang terjadi saat akhir baliq untuk perempuan.

traveling saat menstruasi
Traveling Nyamat saat Menstruasi 



Traveling saat Menstruasi paling tak enak, saya rasakan saat harus traveling ke Beijing. Meskipun kota Metropolitas, namun  Negeri Tirai Bambu justru terkenal akan toilet umumnya yang SANGAT JOROK!.

Saya ngak perlu jelaskan detail, tapi  intinya sudah menjadi hal yang lumrah kita harus menyiram 'kotoran' pengguna toilet sebelumnya. Mengerikan banget, apalagi saya tengah Menstruasi. Rasanya....tidak nyaman, tapi tetap harus menjaga kebersihan organ intim dong.

Berkaca pada pengalamn buruk di Cina, saya banyak membaca, bertanya dan memahami bahwa ternyata banyak hal yang kita harus lakukan untuk memastikan traveling nyaman saat menstruasi. Ini dia 10 caranya!


Traveling saat Menstruasi? 
Baca 10 Tips ini !


1. Gunakan Pembalut yang Nyaman

Biasanya saya menggunakan pembalut yang tidak terlalu tebal sehingga nyaman bergerak. Saat malam hari tiba, gunakan pembalut yang lebih lebar di bagian belakang.


2. Rajin mengganti pembalut

Saat traveling rasanya malas kalau harus ganti pembalut. Hati - hati, kuman akan menyebar dalam bentuk bakteri jadi pastikan kamu mengganti pembalut minimal 3 kali sehari. Rasakan saja, saat sudah tidak nyaman ( biasanya maksimal 5 jam)  segera ganti pembalut dengan yang baru. Jangan ditumpuk ya sis, tapi diganti dengan pembalut bersih.


3.  Bawa obat pereda sakit saat menstruasi

Keluhan menstruasi pada setiap orang berbeda, bila memang kamu sering merasa sakit berlebihan pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum trip dimulai dan bawa obat pereda sakit khusus datang bulan.


4. Hindari makanan yang terlalu pedas dan asam

Entah mengapa, makanan terlalu pedas membuat saya kerap sakit saat mentruasi jadi saya berupaya menghindari makanan yang terlalu asam dan pedas.


5. Banyak minum air putih

Hal kecil tapi penting. Saat kita banyak minum, kita akan sering ke Toilet untuk memastikan kondisi pembalut apakah sudah harus diganti atau belum.


6. Bawa celana dalam lebih atau cadangan

Selalu baca celana dalam cadangan. Kadang saya bawa celana kertas khusus traveling, khusus saat Menstruasi saya hanya bawa bahan katun. Saya selalu bawa sabun bubuk sachet, cuci celana dalam saat malam hari, jemur di bawah AC atau di bagian yang terkena angin di hotel. Ringkes ya Mbak Turis.


7.  Lakukan peregangan badan agar otot dan peredaran darah lancar

Otot pegel, kaki cepet capek sudah jadi hal lumrah saat datang bulan. Selalu peregangan sebelum trip dimulai. Malam hari, angkat kaki keatas tembok untuk melancarkan peredaran darah.


8. Jaga Mood

Saat menstruasi seringnya perempuan mengalami PMS. Jadi pastikan selama traveling, mood kamu terjaga dengan baik.


9. Istirahat bila letih

Saat menstruasi, perempuan kebanyakan merasakan cepat lelah dan letih. Jangan memaksakan diri dan tahu kapan kamu akan berhenti.


10. Basuh organ intim kita dengan cairan khusus pembersih. Jangan basuh pakai air ya sis!

Meskipun tengah menstruasi saat traveling, kita tetap harus menjaga organ intim kita loh.  Tahukah kamu, kalau  tanggal 28 Mei nanti merupakan Hari Kebersihan Menstruasi 2019!.

Aksi Nyata dalam Hari Kebersihan Menstruasi 2019


Beruntung banget saya bisa hadir bersama Blogger dan Influencer dalam edukasi sekaligus sosialiasi tentang Hari Kebersihan Menstruasi 2019. Talk show yang digelar di Balai Kartini ini terselenggara atas kerjasama Kementrian Kesehatan RI didukung Mundipharma Indonesia.

traveling saat menstruasi
Narasumber dan MC


Hadir sebagai narasumber Direktur kesehatan Keluarga Kementrian Kesehata Ri dr Erna Mulati, M.Sc, CMFM. Educator and Trainer Mundipharma dr Mery Sulastri. Head of Brand Strategy & Category Development Mundipharma Indonesia Adi Prabowo.

Kementrian Kesehatan RI menurut dr Erna sudah melakukan sosialisasi dimulai dari bangku sekolah melalui gerakan UKS dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ).

Sosialiasi dipusatkan pada pengetahuan tentang pentingnya menjaga organ intim perempuan. Lebih dari seribu sekolah dan para Ibu juga telah mendapat Buku Saku "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi".

Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena jumlah bakteri buruk di area kewanitaan bertambah dengan tingginya tingkat keasaman pH pada darah yang dikeluarjan. Untuk itu, kebersihan area kewanitaan harus lebih diperhatikan ketika menstruasi.


Yuk Rajin membersihkan organ intim! 


travelinv saat menstruasi
Bersihkan organ intim dengan cairan khusus 


Bukan hanya saat menstruasi, tapi kita harus menjaga kesehatan kewanitaan dengan baik. Namun memang, saat menstruasi harusnya kita harus menjaga kebersihan organ intim karena risiko infeksi meningkat.

Educator and Trainer Mundipharma dr Merry mengingatkan harus mengganti pembalut 4-6 jam sekali. Perempuan harus mewaspadai ancaman tersembunyi seperti infeksi jamur, bau tak sedap sampai peradangan pada area kewanitaan.

Jadi bersihkan area kewanitaan dan jaga kebersihannya terutama saat menstruasi. Ingat, jangan basuh pakai air. Tapi pakai cairan khusus pembersih kewanitaan seperti Betadine Feminine Hygiene!

Jaga kebersihan organ intim dengan Betadine Feminine Wash 

traveling saat menstruasi
Betadine Feminine Wash 



Betadine Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari-hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan.

Untuk sehari - hari, Betadine Feminine Wash dilengkapi dengan prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari - hari.

Untuk Menstruasi, Betadine Feminine Hygiene dilengkapi Povidone - Iodine yang memiliki spectrum luas dan mampu mengembalikan kadar flora normal dalam waktu 2 jam.

traveling saat menstruasi
Traveling nyaman saat Menstruasi dengan Betadine 


Betadine Feminine Wash selalu ada dalam tas saya saat traveling, terutama yang kemasanya berbentuk Tisu. Bahan Tisunya dibuat ramah lingkungan, jadi akan melebur saat terkena air. Praktis dan bikin kita jadi mudah karena tong sampah di beberapa negara susah banget carinya. Masukin flush toilet pun ngak masalah karena tisunya akan luruh dan hancur saat terkena air.

Kini, traveling saat menstruasi tetap nyaman dengan Betadine Feminine Wash.  Langkah pun kian bebas, gerak kian gesit karena kita tahu kesehatan dan kebersihan organ intim bersih dan sehat. Yuk, jalan - jalan lagi !


Liebe,

Turis Cantik

40 comments:

  1. Enak gak enak, sih traveling pas mens. Paling gak, bawaan ringan karena mukena ditinggal.

    ReplyDelete
  2. Hi kak aku baru tau produk ini lho, emang sih kalo traveling pengennya pas ga haid ya biar seger hahah apalagi kalau mau haid suka gerah n pengen makan oedes mulu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhha iya kl mens pengenya kenapa makan pedes yak

      Delete
  3. Aku risih kalau lagi ngebolang eh pas lagi means. Iya, benar harus membersihkan daerah kewanitaan ya dengan betadine

    ReplyDelete
  4. Aku paling sebel mbak kalau mau traveling malah mens, kaya mau kiamat rasanya, soalnya kalau lagi mens perutku ga bisa diajak kompromi, maunya tiduran trs ahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhha iya cuma saya kdng tanggalnya suka ngk pas mbak, jd kdng kena apes pas lagi trip malah datang bulan.

      Delete
  5. Beneran Mba, aseli kalo pas traveling "dapet" itu sesuatu, bisa moody dan bikin risih. Apalagi kalo pas hari pertama dapatnya hmmm... nggak nyaman banged.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rasanya memang ngak nyaman bnht ya, apalagi kl mood tiba2 drop.

      Delete
  6. aku setelah melahirkan anak kedua belum dapat haid mba huhuhu, jadi inget waktu ke Bangka dapat haid dan emang kudu siapin celdam lebih serta sering ganti soalnya paling ga enak kalau tembus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah durasinya udh berapa lama mbak, kl lewat masa nifas harusnya udh haid lagi setauku deh. Coba konsul lg ke dokter.

      Delete
  7. Andalan aku nih kak kalau pergi-pergi bawa Betadine Feminine Wash yang tissue. Emang kalau lagi dapet itu ribet banget sih, aku sebisa mungkin kalau bukan perjalanan dinas selalu milih tanggal yang jauh dari tanggal haid hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kl tanggalnya pas enak yak, ini ku tanggal suka meleset.

      Delete
  8. aku pake ini jugaaa. pas ke jepang kmrn bawa yg model tissue basah nya. yg liquid khusus menstruasi aku pake hanya kalo haid. hari2 normal pake betadine yg botol ijo :). nyaman sih memang kalo betadine ini. aku ga mau sembarangan kalo pembersih wanita. mnding yg udh punya nama aja :D.

    btw, serius looh aku baru tau ada hari kebersihan menstruasi hahahahhaha.. sbnrnya gmn cara menentukan tgl uyk merayakan hari2 spesial ini ya. perasaan zaman sekolah dulu tgl2 yg diinget ga banyak2 amat dan kebanyakan ttg pahlawan ato pendidikan :D. skr banyak yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku juga baru tahu ada hari kebersihan menstruasi hehehe.

      Delete
  9. Wah nice info nih kak kalo aku traveling ajak temen yang lagi PMS. Daripada ngerusak mood yang lain kan bahayaa wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhhha kdng lagi pms mood bisa berantakan kak

      Delete
  10. Hem, thanks infonya bisa di rekomendasikan ke Pasangan nih

    ReplyDelete
  11. Banyak minum air putih, itu penting banget! Terus, iya selalu menjaga kebersihan itu penting.

    ReplyDelete
  12. kemasan betadine feminine hygiene skr jadi lebih cantik :)

    ReplyDelete
  13. saya punya anak gadis, penting nih infonya untuk dia.. makasih ya...

    ReplyDelete
  14. Nice info bagi traveler yg sedang menstruasi. Banyak air putih selain pas menstruasi , pas biasa juga perlunbanget

    ReplyDelete
  15. Wah, saya baru tahu kalau lagi menstruasi ternyata ganti pembalutnya sesering itu ya.


    Untuk usaha pencegahan, mungkin bisa rajin berolahraga. Jadi rasa sakit yg muncul saat menatruasi bisa sedikit berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas biar terhindar dr bakteri.

      Delete
  16. Iyuuh pembalut ditumpuk. Ada ya yang melakukan itu? Memang risih sih kalua pas travelling juga mens. Tapi santai aja yah, yang penting persiapkan segala sesuatunya. Jangan lupa bawa koran atau plastik bungkus untuk membuang pembalutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak, kdng mereka males dan buru2 jd ditumpuk.

      Delete
  17. aku illfill banget kalau di toilet umum cewek2 buang pembalut bekas pakainya nggak dibungkus..., balut pakai tissu yang banyak kalau lupa bawa koran atau plastik..

    dari kecil aku diajari ibuku pantang banget deh kalau pembalut bekas sampai terlihat orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sama aku juga dicuci dulu baru buang.

      Delete
  18. Aku sebisa mungkin menghindari travelling saat mens. Tapi kalo terpaksa, y tetep dijalani dengan gembira. Yang penting tetep menjaga kebersihan organ kewanitaan. Biasanya malah aku lebih milih pake disposable panty kalo lagi mens. Kebalikan ya kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kl pakai yg disposable aku malah jd ngak nyaman mbak

      Delete
  19. Wah ada tisu hygienenya juga ya betadine, aman ya mba buat bersihin organ intim? Yg pasti klo traveling aq bawa pembalut ganti yg banyak di tas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada bentuk tisu malah lebih enak dibawa traveling

      Delete
  20. Di sini pun juga ada kok yang kek gitu, toilet umumnya nggak banget buat diceritakan.. Jadi kapok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beberapa tempat masih ada yg super jorok yak

      Delete

Powered by Blogger.