Vaksin Influenza Untuk Traveling

November 29, 2019


VAKSIN FLU UNTUK TRAVELING - Apa sih persiapanmu sebelum traveling ? Itinerary hingga isi koper sudan siap, tapi pernahkah kamu mempersiapkan fisik dengan melakukan vaksinasi ? 


Salah satu vaksinasi yang penting dilakukan oleh pejalan alias Traveller adalah Vaksin Influenza. 

Tahukah kamu bila traveller punya resiko tinggi akan penularan Influenza ? 



Mbak Turis berkesempatan mendapatkan informasi lengkap tentang pentingnya Vaksin Influenza untuk Traveling dalam Talk Show bertajuk " Bebas Flu Saat Traveling " dengan narasumber utama dr Suzy Maria Sp PD Satgas Imunisasi Dewasa PB PABDI.

Lalu mengapa Traveller perlu melakukan Vaksinasi Influenza sebelum perjalanan dimulai ?

Menurut dr Suzy mobilitas yang tinggi, imunitas rendah dan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai kondisi membuat Traveller sangat rawan terkena virus Flu. 





Saya sih setuju, saat Flu menyerang bukan hanya gejala pilek tapi juga disertai dengan sakit kepala hingga meriang. Amit - amit deh kalau sampai sakit saat traveling, tak perduli seberapa rapi kamu menyusun itinerary semua akan berantakan saat Flu menyerang. 


Meskipun terkesan penyakin ringan, sesungguhnya dalam 40 % kasus yang ada, Influenza harus mendapatkan penanganan khusus yang cukup serius. Influenza menyebar dengan sangat cepat, lalu bagaimana penyebaran dan bagaimana virus Flu dapat menyerang Traveller seperti kita ?


Traveller dan Ancaman Virus Flu 


Sesungguhnya, siapapun dapat terserang Virus Flu. Namun kadang, bukan kita yang sakit tapi orang yang tak kita kenal misalnya saat ada penumpang Flu yang naik pesawat satu kabin dengan kita. 




1. Droplets 

Tahukah kamu bila saat kita bersin, akan mengeluarkan 20.000 droplet ke udara yang dapat menular dalam jarak 1.8 meter ?

Influenza memang dapat cepat menular karena terpapar melalui udara. Itulah sebabnya, selalu gunakan masker hidung dan mulut untuk mencegah menulari orang lain saat kita tengah Flu. 

2. Kontak langsung 

Virus Influenza dapat bertahan di permukaan selama 48 jam. Jadi imunitas tubuh harus kuat. 

Coba, siapa yang tahu kalau kursi kereta yang kamu duduki sebelumnya ada bekas sisa bersin orang lain ? 

3. Virus Flu menyebar melalui udara


Hal paling sulit dihindari adalah saat virus menyebar lewat udara. Virus Influenza menyebar cepat melalui udara, jadi langkah paling baik adalah melakukan beberapa hal di bawa ini untuk memastikan kamu terhindari dari Virus Flu terutama saat traveling. 


Cara Mengecah Virus Influenza




Cara paling mudah untuk mencegah Influenza adalah dengan melakukan vaksinasi. Kamu bisa melakukan vaksinasi di rumah sakit umum atau rumah sakit swasta. 

Harganya kisaran 300 ribuan untuk vaksinasi lengkap dan bisa dilakukan 2 minggu sebelum keberangkatan dan  hingga maksimal 2 tahun pasca vaksinasim 


Mudahkan, pastikan kamu vaksin Influenza sebelum traveling ya.


Liebe,

Turis Cantik

7 comments:

  1. Ya Allah aku mah ga kepikiran musti vaksin dulu sebelum traveling. Tp bener juga ya mbak, kl traveling itu kan kondisi badan pasti capek jd virus-virus gampang menyerang. Siap mbak, untuk next traveling InsyaAllah saya akan vaksin flu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ternyata vaksin penting sebelum traveling

      Delete
  2. Ahaha... selama ini belum kepikiran untuk vaksinasi influensa. Ada rencana pergi, nih, tapi baru aja suntik booster hepatitis B. Hmm... harus cek dokter nih, bisa vaksinasi flu atau nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak kl vaksin sekaligus banyak, krn kan beda fungsi

      Delete
  3. Setuju banget nih buat vaksin influenza sebelum traveling. Badan jadi lebih fit juga nggak gampang sakit. Jadi, jalan-jalan lebih asyik juga karena nggak ada drama flu terus gak enak badan.

    ReplyDelete
  4. wih keren nih infonya! iya paling nyebelin deh kalau sakit waktu lagi travelling, kayaknya bisa di tangkis nih dengan vaksin

    ReplyDelete

Powered by Blogger.