TAYTB Fest Edukasi Keuangan Kekinian

November 02, 2019

Ngomongin keuangan pasti bikin kepala saya mendadak pusing, pipi panas hingga alis turun naik akibat tak paham atau memang kedengerannya kok 'Ngeyelimet' banget ya. Padahal, literasi tentang pentingnya investasi, bagaimana mengelola keuangan yang baik hingga berapa modal awal kalau mau bikin usaha adalah bagian dari keuangan yang penting diketahui. 


taytb edukasi keuangan kekinian
Spot paling kece di TATYB Fest 


Coba tanya anak Milenial jaman sekarang, jarang ada yang paham bener-bener tentang sistem kelola keuangan mereka. Padahal banyak anak muda yang kini bekerja di bisnis kreatif yang menghasilkan uang, meskipun bisnis sampingan yang dikerjakan sambil sekolah atau kuliah. It's a good thing bahwa kaum Milenial kini menempati pilar penting penopang ekonomi bangsa. Tapi sayang, jarang ada yang 'melek' tentang keuangan. 


Itulah sebabnya TAYTB Fest hadir untuk mengenalkan edukasi keuangan dengan konsep Milenial banget. Konsep ngak kaku yang lebih inovatif dan kekinian. Saya sudah mampir loh ke TAYTB Fest. Sumpah, acara satu ini beda! 


Apa Yang Istimewa di TAYTB


TAYTB adalah singkatan dari Tak Ada Yang Tak Bisa ! Edukasi keuangan berbalut spot kekinian ini bertajuk " Acara kekinian yang bikin Cuan ". Cuan adalah istilah para trader dan investor pasar modal yang artinya Untung. Diambil dari bahasa Cina. 


TAYTB Fest juga merupakan upaya Bank OCBC NISP untuk mendukung pemerintah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Indonesia. 

Bank OCBC NISP menilai bahwa salah satu indikator Sumber Daya Manusia unggul adalah 
generasi yang memiliki literasi dan inklusi finansial yang baik. Oleh karena itu, berbagai program dilakukan untuk memastikan generasi muda Indonesia memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik, salah satunya TAYTB Fest ini.


taytb fest edukasi keuangan

taytb fest edukasi keuangan untuk milenial

taytb fest edukasi keuangan

taytb fest edukasi keuangan untuk milenial


Event ini Menghadirkan  9 instalasi  edukasi yang instagramable dan 70 tokoh inspiratif Indonesia dalam 40 seminar kelas, 


Acara TAYTB Fest ini menghadirkan berbagai kegiatan inovatif dan kekinian, antara lain:

1. Inspirational Theatre (31 Oktober – 1 November 2019)

Kegiatan edukasi yang dibalut instalasi seni ini menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang seperti atlit, aktor, penyiar, entrepreneur dan para expert dari Bank OCBC NISP, mulai dari Hotman Paris, Lizzie Parra, Rio Dewanto, Alan Budikusuma, Susi Susanti, Daniel Mananta Cak Lontong dan Gofar Hilman serta pembicara inspiratif lainnya.


2. Whimsical Playground (31 Oktober – 3 November 2019)

Sembilan (9) instalasi instagramable di mana pengunjung dapat belajar keuangan dan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa melalui instalasi-instalasi keren dari Bank OCBC NISP.


3. Experiential Hall (31 Oktober – 3 November 2019)

Penawaran menarik untuk solusi dan layanan dari Bank OCBC NISP juga hadir di sepanjang acara.


4. Fun(d) Market (31 Oktober – 3 November 2019) 

Pengunjung bisa melakukan investasi reksa dana mulai dari Rp.100.000,-.


5. Omah Fair (31 Oktober – 3 November 2019)

Penawaran rumah dengan cicilan mulai dari Rp1 juta.


6. Rooftop Cinema (31 Oktober – 3 November 2019)

Pengunjung dapat pengalaman baru menonton berbagai film seru di rooftop sambil nikmatin sunset.


7. Hype Market (31 Oktober – 3 November 2019)

Bazaar produk-produk yang sedang hype dengan promo menarik.


8. #TAYTB Musical Stage (2 – 3 November 2019)

Alunan musik dan nyanyi bareng ICINC Star, Dekat, Oom Leo, dan musisi favorit lainnya


Kelas Inspirasi di TAYTB Fest


Hal paling menarik di acara ini menurut saya adalah kelas inspirasi. Kelas ini berisikan orang-orang hebat yang berbagi ilmu tentang kiprah mereka di bidang masing-masing. 

Narsum ( kiri - kanan ) Parwati Surjaudaja Presiden Direktur Bank Ocbc Nisp, Ariel Nayaka penyanyi Rap, Yayan Ruhian Aktor 


Pembicaranya mulai dari atlet, penyanyi hingga pejabat publik. Saya berkesempatan ngobrol dan menerima ilmu dari Parwati Surjaudaja Presiden Direktur Bank Ocbc nisp, Ariel Nayaka Rapper  dan Yayan Ruhian aktor. 

Tema besar dalam kelas yang saya ambil adalah Tak Ada yang Tak Bisa, cocok kan dengan tema besar TAYTB Fest 

Berawal dari Banker biasa Ibu Parwati Surjaudaja menyebut dirinya selalu berupaya melakukan terbaik dalam hal apapun, bila menemukan hambatan jangan menyerah dan terus mencoba. Proses menuju kesuksesan adalah hal paling krusial bukan hasil akhir, karena hasil pasti akan baik bila kita menghargai prosesnya.


Sementara Ariel Nayaka mengaku sempat down karena merasa banyak kekurangan dan tak biasa bersaing di musik Rap yang didominasi orang asing. Terlebih mengawali karir di Amerika Serikat dan sempat mengalami Bullying di sekolah, membuat dirinya semakin down. Beruntung Ariel berhasil menggali potensi dari musik. Kegigihannya untuk tetap sabar dan berkarya pun akhirnya menuai hasil. 

Siapa tak mengenal Yayan Ruhian, aktor dan pesilat yang mulai merambah Hollywood. Yayan menyebut, dirinya yang otentik adalah kunci suksesnya. Tak baik membandingkan diri dengan orang lain karena hanya membuat kita putus asa. Banyak dan terus belajar, tetap humble dan ambil setiap kesempatan yang ada. Beneran deh, seneng banget ikutan kelas ini dan ketemu orang-orang inspiratif seperti mereka.


TAYTB Fest digelar di Tribrata, Darmawangsa Jakarta mulai tanggal 31 Oktober - 3 November 2019. Htm Rp 108.000 menurut saya sepadan dengan literasi keuangan yang kamu dapat, bisa belanja, bisa makan di beberap stall makanan hingga foto di spot instagramable. 

Kini belajar tentang keuangan lebih asik kan. Ingat, literasi keuangan penting loh bukan sekedar mencari Cuan atau keuntungan saja. Memahami pola keuangan dan mengaturnya dengan baik pasti akan memastikan masa depan kita aman terutama yang berurusan dengan keuangan.


Jangan lupa mampir ya ke  TAYTB Fest !


Liebe,


Turis Cantik


More about this event : instagram/taytb.fest

2 comments:

  1. Aduh beneran senang sekali yah bisa tahu lebih awal acaranya ini jadi milih kelasnya juga yang emang dipengen walaupun semuanya bagus juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kelas inspirasinya narsumnya bagus2 semua ya

      Delete

Powered by Blogger.