Cek KLIK sebelum beli Obat dan Makanan

September 12, 2019

CEKKLIK BADAN POM - Jujur saja, dulu saya konsumtif dalam membeli produk perawatan kulit dan kecantikan. Kadang hanya karena alasannya lucu saya seakan lupa melihat kandungan produk. Pernah juga, beli make up karena harganya murah ternyata produk yang dibeli palsu.

cek klik bpom
CekKlik di Aplikasi BPOM Mobile 


Pernahkan kamu melakukan cek mendalam sebelum membeli produk baru baik obat, makanan hingga kosmetik? Saya sempat mikir bagaimana ya saya bisa tahu produk yang saya beli ini asli, terdaftar, punya komposisi produk yang ngak macem-macem? Untungya sekarang ada CekKlik yang bisa langsung di cek melalui aplikasi di ponsel.

Hey..beneran belum pernah dengar tentang CekKlik? Aih..kamu kemana aja, nih Mbak Turis kasih tau ya tentang CekKlik.


CekKLIK itu apa? 


CekKlik adalah kepanjangan dari Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Kedaluwarsa. CekKlik merupakan kampanye Badan Pengawas Obat dan Makanan ( Badan POM ) untuk mensosialisasi masyarak atas pentingnya melakukan cek produk sebelum membeli.


Belum lama ini, Mbak Turis bergabung dengan blogger lainnya untuk ambil bagian dalam sosialiasi kampanye Badan POM, CekKlik.


cek klik obat makanan
Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito

Talk Show bertajuk  “Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan Yang Aman” ini menghadirkan narasumber  yaitu Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito, Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementerian Perdagangan, Ojak S. Manurung, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi; dan Wakil Ketua Umum DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) DKI Jakarta, Faturrahman dan Ussy Sulistiawaty Artis. 

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyebut CekKlik merupakan sosialisasi BPOM agar konsumen lebih cerdas dalam memilih produk obat dan makanan yang aman bagi kesehatan.


Pelaporam atas produk tanpa ijin edar paling banyak dilaporakan konsumen pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Ketua YKLI Tulus Abadi menggarisbawahi pentingnya masyarakt untuk lebih cerdas mengecek kualitas produk sebelum membeli.

Jangan sampai hanya karena kemasan terlihat bagus, seolah kita melupakan hal penting lainnya tentang kualitas obat atau makanan yang akan kita konsumsi.

Untuk itulah, kampanye CekKlik harus disambut positif. Untuk konsumen yang suka belanja online tentunya mengecek produk adalah hal yang penting terutama apakah ijin edarnya sudah ada atau belum.


Kampanye ini juga diharapkan dapat m embangun awareness masyarakat untuk selalu memilih, membeli, dan mengonsumsi produk Obat dan Makanan yang aman, melalui kampanye Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) serta Aplikasi BPOM Mobile (2D barcode).


Aplikasi BPOM Mobile


Agar proses CekKlik lebih mudah, kini sudah ada aplikasi BPOM Mobile. Aplikasi ini memudahkan kita untuk melakukan pengecekan produk Obat dan Makanan yang terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk. Aplikasi BPOM mobile dapat diunduh melalui Google Play dan App Store.

aplikasi bpom mobile
Aplikasi BPOM Mobile 

cek klik obat makanan
Cek Bar Code Produk 

sosialisasi cek klik bpom
Jangan lupa CekKlik sebelum belanja

Informasi yang didapatkan dengan memindai 2D barcode antara lain: Nomor Izin Edar dan/atau nomor identitas produk yang berlaku, nomor bets atau kode produksi, tanggal kedaluwarsa, dan nomor serialisasi.


Sekarang, setiap membeli produk baru saya langsung cek bar codenya. Informasinya sangat detail dan mudah dilakukan, kan tinggal scanning.


Nah, bila kamu memiliki keluhan atau pelaporan terhadap produk obat atau makanan yang dibeli, laporkan melalui  contact center HaloBPOM 1500533 atau mendatangi langsung ke Kantor Badan POM di seluruh Indonesia.

Manfaatkan aplikasi CekKlik saat membeli obat dan makanan, agar kita dapat jaminan semua produk yang kita gunakan bukan produk abal-abal.


Liebe,


Turis Cantik


24 comments:

  1. Bersyukur bisa mampir ke blog mba Mut nih baru tahu loh aplikasi CekKLIK ini, jujur juga aku kadang beli-beli aja ga pernah cek-cek padahal serem juga ya jangan-jangan produknya udah kadaluarsa juga alhamdulilah ini keren banget membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak skrng better cek aja krn lebih mudah

      Delete
  2. Wah iya banget kudu jeli nih Kalo sial makanan minuman. Asli memudahkann banget nih BPOM Mobile ya MBA. Ga Perlu galau galau lagi saat membeli produk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya skrng aku kemana2 tinggal scanning aja hahahHa

      Delete
  3. Saat ini kalau mau beli obat atau makanan memang harus teliti dan hati-hati ya. Aku baru tahu kalau ada aplikasi BPOM mobile setelah baca postingan dari Kak Turis Cantik ini.

    ReplyDelete
  4. wow keren banget aplikasinya kak
    brb install

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk, skrng lebih enak ya kl belanja mas

      Delete
  5. Waah info penting nih mba turis. Kebiasaan klo belanja suka ga ngecek kemasan. Yg diliat harga murah doang eh tau tau expired nya udah deket. Kan zonk ya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh hati2 mbak jangan sampe zonk

      Delete
  6. Haaaa...sama aku juga suka begitu klu beli sesuatu males ngecek. Untung ya sekarang dah ada aplikasinya jd lbh memudahkan dan ga pake lama.

    ReplyDelete
  7. Lebih praktis ya mbak, tinggal unduh aplikasinya bisa cek kadaluwarsa juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak lebih enak deh kalau belanja

      Delete
  8. saya yang termasuk selalu cek kemasan, Mbak. terutama kedaluarsanya. Tapi kalau cek satu-satu pas belanja, menghabiskan wakru juga ya hehehe. Makanya sekarang dipermudah nih, jadi cepat dan praktis. Kita juga jadi tau, kualitas barang yang kita beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah cocok neh pakai aplikasi ini

      Delete
  9. Kadang aq suka lupa untuk cek kemasan karena merasa sudah aman. Tapi ternyata salah besar ya ka. Duh, jadi menyesal sendiri karena gak selalu teliti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga besok2 bisa lebih teliti cek produk ya kakak cantik

      Delete
  10. Wahh untung gw mampir kesini mut, penting banget ini infonya

    ReplyDelete
  11. Keren ya sekarang ga perlu khawatir lagi,secara sudah ada aplikasi yang mendukung ya mba tur. Infonya good bangettt☺

    ReplyDelete
  12. Daku pernah lagi pengen baca mendalam beli obat atau produk gitu, kalau teliti banget suka ada yang ngeliatin, mungkin dia penasaran yak sebenarnya apa yang tengah daku lakukan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhhhahaha bisa jadi memng penasaran

      Delete

Powered by Blogger.