5 Tips Aman dan nyaman Traveling Naik Bus

February 21, 2019

Traveling naik bus ? Kenapa tidak! Pernah dengar ngak trend baru paket wisata ke Bandung termasuk di antar jemput naik bus travel. Menurut saya sih, cara ini memecahkan solusi banget. Kamu bisa santai, tinggal duduk, menikmati tempat wisata, tidur dan bawa asik aja saat macet di jalan tak lama sudah sampai di depan pintu rumah lagi.

Traveling naik bus siapa takut? foto: pixabay



Pernah ngak sih kamu naik bus saat traveling? Enak loh, tak perlu mikirin rute atau tak perlu merasakan kaki pegal akibat nyetir mobil sepanjang hari.

Duh...membayangkannya aja sudah lelah hati ya. Saya dan keluarga paling sering wisata ke Bandung. Lokasinya dekat, tempat wisatanya banyak, makanannya enak pokoknya banyak hal yang cocok dan klik di hati tentang wisata di Bandung. 


Akibat sudah sering bolak balik Bandung dengan mobil pribadi, hingga naik kereta dan pesawat terbang kini kami lagi gandrung naik Bus ke Bandung. Pilihan naik bus ke bandung terutama bus shuttle juga banyak banget, bisa dipilih sesuai budgetmu saja. 

Asik banget loh naik Bus ke Bandung. Buat saya, faktor utama memilih bus adalah keamanan dan kenyamanan. Kalau  bus sudah terasa aman baik kesiapan armada, perangkat keselamatan sampi kru bus yang handal, pasti deh kita akan merasa nyaman saat naik bus travel. 

Nah, kalau kamu juga punya rencana wisata ke Bandung menggunakan bus, baca dulu deh 5 tips aman dan nyaman traveling naik bus berikut ini


Naik Bus saat traveling, perhatikan 5 hal penting ini !



Traveling dengan moda transportasi apapun termasuk bus, kita tetap harus teliti memperhatikan hal yang sebetulnya mungkin terkesan ringan tapi penting untuk memastikan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Apalagi, kalau kamu naik bus dalam perjalanan yang lumayan jauh.

1.  Teliti memilih armada bus


Hal paling penting adalah memilih armada bus yang baik dan terpercaya. Armada bus, baik bus shuttle atau AKAP sekarang kan banyak sekali, kamu bisa menyesuaikan dengan budget tapi pastikan mereka punya pelayanan baik.  

Saran saya, gunakan jasa armada bus yang memang sudah terbukti punya sopir yang handal, bus yang bersih dan layanan perbaikan bus 24 jam. Bus pilihan juga harus memiliko standart keamanan berkendara yang baik misalnya penggunaan sabuk pengaman hingga peralatan kelengkapan alat keselamaatan yang tersedia lengkap. 


2. Perhatikan jam keberangkatan 


Armada Bus biasanya pasti punya jam keberangkatan, ada bus shuttle travel yang berangkat setiap jam sekali. Tapi, ada juga yang berangkat di jam tertentu. 

Perhatikan jam keberangkatan armada bus yang kamu tuju, cocokkan dengan jarak tempuh atau perkiraan pukul berapa kamu sampai di tujuan. Intinya, pastikan kamu tidak sampai di tujuan larut malam. 

3. Pilih kursi bagian tengah


Saya tidak pernah memilih kursi bus paling depat atau paling belakang, percayalah kepala bisa pusing karena hentakan paling terasa di depan dan belakang bagian bus. 

Saya pernah membaca literasi tentang mengapa duduk dalam bus lebih enak di tengah. Duduk ditengah paling aman karena manuver bus akan terasa lebih ringan karena bagian tengah tidak terdapat roda bus. Jadi, saat bus berbelok atau harus melewati polisi tudir bagian tengah paling ringan terasa goncangan. 


4. Jaga barang bawaan 


Bus punya tempat penyimpanan yang agak minim. Banyak bus bagus punya tempat penyimpanan tersendiri yang dijaga Kernet Bus. Tapi kalau bawaanmu banyak, agak ribet juga ya.

Bawa barang secukupnya saja ya karena dengan begitu kamu bisa lebih enak menjaga barang bawaanmu. 


5. Jangan beli tiket pada calo


Jaman sekarang sih, rasanya jarang ada orang beli tiket di calo, kecuali saat kepepet tak dapat tiket bus untuk mudik. Tak usah beli di calo Sis, beli aja di ecommerce misalnya seperti Traveloka yang menjual tiket bus dengan banyak tujuan dan pilihan arma bus termasuk juga harga yang bisa disesuaikan dengan budgetmu. 

Belum lama ini saya beli tiket shuttle bus Daytrans Bandung juga via online. Menurut saya beli tiket moda transportasi apapun termasuk bus, jauh lebih enak via online. 

Traveling naik bus kini semakin aman dan nyaman setelah kamu memahami tips yang sudah saya ulas diatas. Semoga bermafaat dan selama jalan - jalan!.


Liebe,


Turis Cantik

22 comments:

  1. kalau pergi jalan-jalan naik bus ingat waktu zaman sekolah deh mbak turis, apalagi waktu sma perpisahan kita ke jogja naik bus duh kenangan banget deh, kalau sekarang udah gak pernah lagi pergi jalan-jalan naik bus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhhaa iya klau traveling naik bus paling pas mudik atau pas jaman study tur sekolahan ya.

      Delete
  2. Sekarang emang enakan beli tiket bus by online yah, apalagi kalau ada promo yah mantabs deh.

    ReplyDelete
  3. Tentang tempat duduk, benar tuh. Saya pernah kebagian duduk di bangku kedyaua dari belakang, duh gak enak banget. Kalo lewat jalanan yang gak rata berasa naik sado/bendi. Mana cepat mual pula sayah.

    Makanya memang harus pesan secepatnya,yah biar bisa milih tempat duduk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhha iya kl di belakang ngak bisa tidur

      Delete
  4. Naik bus itu enak kalau rame-rame. Kayak gak berasa aja sudah sampe hehehehe.

    ReplyDelete
  5. dulu sering ngebus Semarang-Jogja pp.
    tapi lama-lama entah kenapa jadi agak takut naik bus.
    mungkin karena efek trauma naik kopaja ama metromince Jakarta yang busuk dan sopirnya ajrut-ajrutan trus berkali-kali diturunin di tengah jalan.
    padahal sekarang bus antar kota udah pada bagus-bagus ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhhaa iya kalau metro mini mah mengerikaaan

      Delete
  6. Entah kenapa setiap perjalanan, selalu suka duduk dekat jendela. Armada bus sekarang mah sudah bagus dan pelayanan lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang lebih enak dkt jendela mbak

      Delete
  7. Kalau naik bis aku sukanya didepan mbak turis, kalau bisa belakang sopir, dekat jendela, itu udah posisi paling enak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener enak juga posisi itu, cuma depan suka bau sopirnya hahhha

      Delete
  8. Thankyou tipsnya mbak. Saya kepengen ajak anak jalan naik bus tapi mikir-mikir takut dia nggak nyaman. Tapi ada tips ini jadi nggak terlalu khawatir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap mbak, semoga bermanfaat ya.

      Delete
  9. Aku sih udah biasa banget naik bus. Tapi aku sukanya duduk di depan, lho. Di belakang sopir, gitu. Lebih nyaman duduk di depan karena duluan sampainya, wkwkwk ...

    Tapi naik bus perlu dipertimbangkan juga soal rutenya. Kalau sudah melalui jalanan yang kemacetannya parah, oh tidak! Ganti transportasi lain, deh. Meskipun kalau soal istirahat, lebih nyenyak bobo di bus ya daripada di kereta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bus skrng banyak yang kursinya super nyaman buat tidur

      Delete
  10. jujurnya aku punya pengalaman yg ga terlupakan naik bis pas di Aceh, yg bikin aku agak geli an ama bus mba :D. kalo skr bus di aceh udh cakep banget, bersih, nyaman. tp duluuuu, ya allah... masih keinget banget pas diajak jalan ama tante naik bis, ke daerah Bireun. sktr 1 jam an dr tempatku. dan bis nya model metromini. Lebih parah. namanya Bireun express. di dalam udh kayak kaleng sarden, tempat duduk rapet, dan aku berdiri. trus, yg bikin nyaris histeris, pas aku liat di lengan kursi penumpang ada BEKICOT yg sdg nempel. OMG, sejak itu sih, aku pilih2 banget naik bis hahahahah. itu moda transport paling trakhir yg bakal aku pilih. Tapi kalo bis nya sekelas kayak bluebird bis, white horse, ato bus2 jaraj jauh di malaysia, singapore, aku mau bangettt. krn memang bersih dan kabinnya juga nyaman.

    Yg di Indo, aku blm prnh naik lg :D. mungkin nanti.. kalo ke bandung, kayaknya ttp lbh seneng KA nya hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhha aku jg prnh naik dari medan ke aceh tapi busnya sudah bagusan sih

      Delete
  11. Dewasa ini saya malah nggak bisa naik bis karena gampang mabuk darat. Kayaknya sih posisi kursinya yang nggak bener dan manuver sopirnya yang mau ngajakin setor nyawa bareng2 hahahhaa.. Tapi kalau naik transjakarta gak kenapa2 :')))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhhaha iya itulah sebabnya harus pilih yg bener perusahaan jasa busnya.

      Delete

Powered by Blogger.