Persiapan Traveling ke Luar Negeri, Perhatikan Hal Ini

November 27, 2018


Persiapan penting saat traveling


Baru pertama kali ke luar negeri? Deg-degan pasti ya. Tapi sebenarnya kamu nggak perlu khawatir dengan pengalaman pertama bepergian ke luar negeri. Dengan persiapan yang matang, acara traveling ke luar negeri pasti akan lancar dan tanpa hambatan.

Sebelumnya, perhatikan dulu hal-hal yang harus dipersiapkan sejak sebelum berangkat. Selain tiket dan penginapan, beberapa hal berikut ini tidak boleh sampai terlewat biar acara travelingmu lancar nantinya.

Persiapan Penting Traveling ke Luar Negeri 


Paspor dan Visa


Paspor dan visa jangan sampai lupa! 

Paspor adalah identitas paling penting selama kamu berada di luar negeri. Siapkan paspor sejak beberapa waktu sebelum berangkat, dan pastikan masa berlaku paspor kamu masih lebih dari enam bulan dari rencana keberangkatan.
Selain itu jangan lupa untuk mengurus visa. 

Ingat, tidak semua negara memberlakukan bebas visa atau visa kedatangan bagi turis dari Indonesia. Kenali dulu negara tujuan kamu dan siapkan visa sejak jauh hari untuk negara yang memerlukannya.


Pesan Penginapan Sejak Sebelum Berangkat


Pastikan kamu sudah memiliki tempat tujuan begitu tiba di negara tujuan. Selain pesan hotel, kamu juga bisa menyewa dormitory, apartemen atau menyewa rumah melalui internet.

Beberapa negara mensyaratkan turis untuk memegang bukti pemesanan penginapan sebelum mengurus visa. Jadi sebaiknya pesan penginapan sejak jauh hari, atau bersamaan dengan pemesanan tiket pesawat.

Tukar Uang Sampai Pecahan Kecil


Meski sekarang sudah zamannya cashless, namun tidak semua negara bisa menerima kartu kredit atau debit yang kamu miliki. Karena itu, menukarkan uang sejak dari Indonesia adalah salah satu hal penting. Tukarkan hingga pecahan terkecil untuk mempermudah transaksi kamu selama di sana.

Vaksinasi Bila Diperlukan


Sebelum berangkat, cek dulu kondisi cuaca dan juga wabah penyakit yang sedang menjangkit di negara tujuan. Dari sini bisa diputuskan, apakah kamu perlu vaksinasi sebelum berangkat atau tidak. 

Beberapa vaksin seperti meningitis dan flu tetap diperlukan meski negara tujuan tidak terjangkit virus. Dan bila diperlukan, tidak masalah untuk melakukan vaksin lain untuk mencegah penyakit.

Ikut Asuransi Perjalanan


Meski tidak wajib, namun mengikuti asuransi perjalanan tidak ada ruginya. Karena kamu tidak akan pernah tahu, apa yang akan terjadi selama di perjalanan, terutama di luar negeri, ketika tidak banyak teman dan saudara yang bisa dihubungi untuk membantu.

Siapkan Paket Internet 


Paket internet jangan lupa. foto:pixabay


Hal penting selain paspor dan visa yang harus diurus sejak sebelum berangkat, kamu juga harus mempersiapkan paket internet. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur roaming di ponsel.

Setelah pengaturan roaming selesai, kamu bisa membeli paket data internet di luar negeri seperti layanan yang ditawarkan Telkomsel. Beli paket internet luar negeri dari Indonesia adalah langkah paling mudah untuk tetap terhubung dengan internet selama di luar negeri.

Banyak kelebihan yang didapatkan jika kamu membeli paket internet luar negeri Telkomsel dari Indonesia. Salah satunya adalah kemudahan pembelian paket data, dan juga kepastian harga. 

Paket roaming data dari Telkomsel bisa diaktifkan di Indonesia, atau bisa juga diaktifkan di negara tujuan. Kamu pun bisa memilih rentang waktu penggunaan roaming data dan kapan diaktifkannya ketika membeli paket internet luar negeri dari Telkomsel di Traveloka.

Dengan paket data yang selalu aktif, kamu tidak akan kesulitan mencari alamat, menghubungi keluarga dan melakukan banyak hal lainnya selama di luar negeri. Dengan sinyal Telkomsel, terhubung di mana saja dan kapan saja tidak jadi masalah.


Liebe,
Turis Cantik



Keep In Touch With Turis Cantik!




  TWITTER  *  INSTAGRAM   FACEBOOK PAGE  - Youtube




16 comments:

  1. Cucuok dah ini tips nya, apalagi buat bepergian lama dan jauh ^^

    ReplyDelete
  2. Dari dulu kepengen ke luar negeri belom ke sampean hehe, bisa aja sih cuman malesnya bikin Pasport ngantrinya ituloh di kantor imigrasinya harus pagi" buta supaya dapat antrian awal

    ReplyDelete
  3. Iya Mbak..beli paket internet luar negeri ternyata lebih murah ya daripada beli simcard baru di negara yang kita datangi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak, kl dulu jaringanya jelek kl skrng malah kok bagus bngt deh

      Delete
  4. Bener banget. Juga harus siapin universal adaptor, biar bisa ngecharge hape di manapun.

    ReplyDelete
  5. Bener nih, kalau cuma beberapa hari mending beli paket roaming aja daripada beli simcard baru, jatoh nya jadi sama aja, trus sayang aja gitu udah nya dibuang 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kl simcard musti hp yg dual card juga.

      Delete
  6. simpan ah tipsnya, tadinay mau awal desember tp dicancel kok takut gara2 lion jatuh

    ReplyDelete
  7. Noted dan makasih tipsnya. Meskipun blm ke LN dlm waktu dekat, etapi siapa tau ya sy mendadak holide ke LN aamiin.. wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Makasih tipsnya mbak. Pengalaman saat keluar negeri pertama kali kami nyasar dan nggak beli paket internet, parah banget, hiks. Alhamdulilla perginya 'cuma' ke KL dan ada bus Go KL yang free wifi. Alhasil nyari map menuju hotel diatas bus, wkwkwk.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.