10 Makanan yang Wajib dicoba Saat di Jepang

November 08, 2018

10 makanan wajib dicoba di Jepang 


Makanan enak selalu menjadi prioritas saya saat traveling ke tempat baru. Saat tahu akan ada trip ke Tokyo, Jepang saya pun mulai membuat daftar makanan atau minuman apa yang harus saya coba di Jepang.


Saya malah sudah sejak awal berniat akan mengurangi budget belanja dan mengalokasikan dana lebih untuk wisata kuliner. Dari sekian banyak makanan yang saya coba di Tokyo, 10 makanan ini menjadi favorit saya. Kamu juga wajib coba 10 makanan ini di Tokyo.

10 Makanan Enak di Jepang


1. Sushi

Sushi makanan paling favorit di Jepang

Sushi ikan salmon


Sushi Roll isi sayuran


Sushi adalah makanan khas Jepang yang harus kamu coba di negara asal. Rasanya sayang kalau tidak mencoba makan sushi, sambil berdiri sesuai dengan kebiasaan orang jepang yang makan sushi di pinggir jalan atau gank sempit.

Kalau tak suka sushi dengan ikan segar, kamu bisa pilih sushi roll dengan isi sayuran. Bedanya, tidak ada chili powder dalam piring Sushi karena rasa pedas wasabi juga sudah cukup bikin lidah terbakar.

2. Sashimi

Sashimi dari ikan segar

Salmon Bowl isian salmon dan nasi 


Sashimi adalah potongan ikan segar yang dinikmati dengan kecap asin dan wasabi. Saya datang ke Tsukiji Fish Market untuk menikmati ikan segar yang baru ditangkap dari laut pagi itu.

Tak berbau amis dengan rasa ikan segar yang 'pecah' di mulut. Hal yang saya suka juga adalah meskipun judulnya pasar ikan, tempat ini sangat bersih dengan wangi ikan yang tidak amis. Sayangkan kadang ada tulisan ' No Photo' untuk turis, mungkin penjual males juga kalau ikannya hanya di foto tanpa dibeli.


3. Ramen


Ramen jepang punya potongan mie yang tidak terlalu tebal seperti ramen ala Jepang di Indonesia.Restoran ramen yang enak biasanya penuh dengan antrean orang yang mengular. Kamu harus makan antre, selesai makan langsung bayar tanpa ngobrol sana - sini karena banyak orang antre untuk mendapatkan kursimu.

Ramen halal di Jepang jumlahnya juga sangat sedikit, jangan asal makan ramen tanpa logo halal karena kuah ramen memang biasnya mendung kaldu babi.



BACA JUGA



4. Belut Panggang 


Belut panggang dengan daging yang empuk dan gurih


Saya sebenarnya agak geli dengan belut tapi ngiler banget saat lihat belut panggang di Tsukiji Fish Market, Tokyo. Coba punya temen kok enak, beli lagi satu tusuk habis itu saya tergila - gila dengan belut panggang. Bumbunya meresap sempurna, bikin perpaduan bumbu dengan daging belut yang lembut 'pecah' banget rasanya di mulut.

5. Nasi Kari Jepang 

Nasi kari Jepang dengan ayam katsu


Curry Rice atau nasi kari Jepang berbeda dengan nasi kari India yang lebih pedas dan berbumbu tajam, meskipun bahan utamanya hampir sama. Nasi India umumnya agak keras , sementara nasi Jepang lembut. Jadi, cobalah nasi kari Jepang. Paling tenar namanya Coco House, tapi saya coba restoran lain yang halal.

Pilihan nasi kari ada yang dengan ayam katsu, daging, cumi, hingga sayuran. Paling enak menurut saya dengan ayam katsu.

6. Onigiri

Onigiri di Sevel 


Onigiri adalah nasi pulen dengan isian daging atau ayam yang berbentuk segitiga dan dibungkus rumput laut kering.

Paling enak dan murah ada di sevel, kalau mau agak lebih enak di food court banyak pilihan. Buat kamu yang traveling dengan biaya rendah, bawa bekal onigiri cukup bikin kenyang.


BACA JUGA


7. Kibi Dango


Kibi Dango di Asakusa Temple


Kibi Dango terlihat seperti moci dengan taburan kacang kedelai tumbuk dan ditusuk sate. Saya pertamakali menemukannya di Asakusa Temple.  Kibi Dango terbuat dari tepung beras ketan jadi rasanya lebih lembut dari mochi. Ukurannya kecil, satu bungkus dapat lima tusuk.

8.  Bento Box

Bento Box dengan isi yang lengkap


Penyelamat saat uang sudah mulai menipis adalah membeli Bento box untuk makan siang. Isinya banyak dan lengkap, harganya kisaran 2000- 3000 yen. Beli agak sore jelang malam biasanya ada potongan harga loh. Lumayan kan buat berhemat.

9. Takoyaki


Takoyaki di Jepang rasanya lebih lembut dan gurih. Enaknya luar biasa, bikin nagih banget apalagi kalau masih panas. Saya paling sering beli Takoyaki, tapi lupa fotonya hahahaha baru inget pas udah habis.


BACA JUGA  




10. Silk Ice Cream

Silk Ice Cream rasa Labu


Silk Ice Cream, ada di berbagai tempat di pinggir jalan di Tokyo. Padahal angin berhembus kencang di awal musim gugur, tapi makan es krim kayaknya enak banget. Silk Ice Cream punya berbagai rasa yang masuk kategori tak biasa, mulai dari rasa wijen, ketan hitam, kentang hingga ubi.

Pastikan kamu punya budget khusus untuk wisata kuliner di Jepang. Terlebih, 10 makanan diatas wajib kamu coba saat di Jepang. Selamat jalan-jalan dan makan-makan.


Liebe,
Turis Cantik



Keep In Touch With Turis Cantik!



  TWITTER  *  INSTAGRAM   FACEBOOK PAGE  - Youtube




32 comments:

  1. Walopun banyak banget restoran jepang di indonesia tp kalau belum makan di tempat asalnya kayaknya blm puas ya mbak turis. Aku juga suka bgt yakoyaki mbak, mudah2an bisa makan takoyaki di tempat asalnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya memang agak beda sih mungkin krn perasaan saya aja ya, atau pas lapar hehehe

      Delete
  2. penasaran sama silk ice cream...

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaaak rasanya juga macem-macem dari yang biasa sampai yang agak aneh hehehe

      Delete
  3. Onigiri tuh, makanan untuk turis hemat. Makan satu aja, terus minum air banyak-banyak.

    ReplyDelete
  4. baca ini satu persatu bolak-balik menelan ludah mbak huhuhu, takoyaki meskipun gak suka trus keinget pak suami yg doyan bangeet sama camilan satu ini. Sekali lahap bakalan langsung abisss tak bersisa kalo makan wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  5. pilihan aq silk ice cream, hihihi tapi yah kalo ke jepang gak makan sushi rasanya sayang banget, walopun kalo disini gak doyan-doyan banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, kalau ke jepang ngak lengkap tanpa makan sushi hehehe

      Delete
  6. Yg bikin aku agak kecewa cm takoyaki :p. Thn lalu di osaka aku beli, apalagi dgr2 takoyaki di osaka terkenal banget. Tapiiii, bbrp stan takoyaki dicoba, dan rasa2nya selalu ada sedikit jahe, sementara aku ga suka jahe hahaha. Teksturnya memang lebih lembut, dgn isian gurita yg lbh gede. Tp rasa jahenya aku ga kuat. Akhirnya suami juga yg ngabisin. Dia mah doyaaaan banget :). Kamu ga cobain dagdaging2nya ya mba? Nomor 1 lah aneka daging di sana. Yg bikin aku slalu mau balik ke jepang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang ada rasa jahenya dikit ya

      Delete
  7. Dari dulu pingin nyoba sashimi tapi belum sanggup mbak.. hahaha.. kalo belut mah udah pernah nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krn mentah ya, emang awalnya agak ngeri hihihi

      Delete
  8. Uwaaaaa belum keterutuan sampe sekarang mbaak mau main ke Jepang, semoga bisaa terealisasi tahun depan nanti, Pengen coba takoyaki langsung dari asalnya hehehe salam kenal mbak yaaa ~~

    ReplyDelete
  9. Ya ampuuun...saya sampai gak bisa menahan air liur menetes ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhhaha saya nulisnya juga bikin lapar

      Delete
  10. Insya allah aku mau ke Jepang lagi tahun depan. Rencananya mau jalan-jalan santai sambil kulineran. Ngga kayak sebelumnya yang terlalu tourism oriented dan shopping, hehehe. Favoritku itu onigiri, bento 7-11, matcha ice cream, dan Nissin Cup rasa Tom Yum (halal) yang bumbunya lebih nendang ketimbang versi Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iya nissin cup udh coba tapi yg sea food, kapan2 coba ah yang tom yum

      Delete
  11. Waah ingin banget nyoba takoyaki asli Jepang! Selama ini selalu bikin tapi pake udang (yah namanya Ebiyaki dong yak, bukan Takoyaki lagi hehehe..).

    Blognya keren banget Mbak ;)

    -Amalina

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhaha malah keknya lebih enak ebiyaki tuh mbak

      Delete
  12. semua pengen aku coba, kecuali sashimi hahahhaha kalau sashimi cuman salmon bole deh, tapi kalau yg lain ngga mau, meskipun sashimi di Jepang katanya fresh banget aku pass deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ku pertamakali coba sashimi juga agak ngeri

      Delete
  13. Bedanya Sushi di Jepang dan Indonesia gimana kak? Lebih enak kah? Heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah sama aja cuma lebih fresh aja

      Delete
  14. nomor 4,7-10 malah belum nyobain.. Masih pingin kesana lagi eh, mau nyobain makanan lainnya..

    ReplyDelete
  15. Terima kasih buat bocoran infonya, Mbak. Kayaknya, supaya saya nggak shock dengan kultur makanan di Jepang, sebelum ke Jepang saya mau tamatin menu di Hanamasa dulu deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhaha hanamasa emang enak bnget ya

      Delete
  16. OMG Onogoro sevel dadalah andalan! Enak banget. Jadi kangen pengen beli iniiii......

    ReplyDelete
  17. Pengen banget nyobain ramen di tempat asalnya, tapi cukup susah ya nemu yang halal mbak? huhuhu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.