Buat Penderita Masalah Punggung, Ini Tips Agar Tetap Nyaman Selama Penerbangan

June 19, 2018

Nyaman naik pesawat tanpa masalah punggung


Traveling menggunakan pesawat terbang dalam waktu yang lama, kadang membuat saya kerap kali menderita masalah punggung. Namanya juga faktor Umur, ngak bisa bohong deh. Usia, dapat diibaratkan seperti dua sisi mata koin. Di satu sisi seiring bertambahnya usia, tubuh mulai menampakkan gejala degeneratif. Beberapa organ tubuh mulai menampakkan masalah yang belum pernah diderita sebelumnya, misalnya gangguan di beberapa daerah tubuh seperti punggung dan leher.

Di sisi lain, seiring bertambahnya usia bertambah pula kesibukan dan tanggung jawab yang menuntut mobilitas tinggi. Termasuk harus sering bepergian jarak jauh menggunakan pesawat. Salah satu bentuk kondisi degeneratif yang umum diderita adalah sakit atau nyeri punggung. Berada dalam penerbangan yang memakan waktu panjang disertai nyeri punggung, merupakan pengalaman yang menyakitkan. 

Namun, tahukah kamu ternyata ada cara-cara untuk menghindarinya loh?. Simak deh,  tips-tips berikut untuk pengalaman terbang bebas rasa sakit.

1. Riset maskapai yang akan kamu gunakan


Sebelum memilih maskapai yang Akan gunakan, sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan perihal legroom dan keramahan awak kabin terlebih dahulu. Legroom menjadi salah satu poin penting karena legroom yang sempit akan membuat posisi duduk Anda tidak natural, sehingga berdampak pada nyeri punggung.

Beberapa maskapai seperti Singapore Airlines menyediakan legroom yang cukup lega meskipun untuk kelas ekonomi sekalipun. Selain itu, ada baiknya kamu memilih penerbangan dengan total waktu tempuh yang paling singkat untuk mengurangi tekanan pada punggung Anda.



2. Pilih kursi terbaik


Kursi adalah teman kamu selama penerbangan. Oleh karena itu, kamu  harus cermat dan cerdas dalam memilih di mana kamu akan menghabiskan waktu terbang kamu . Pilihan terbaik bagi penderita nyeri punggung tentu saja kursi first class atau business class yang didesain sempurna untuk kenyamanan penumpang. Namun bukan berarti berada di kelas ekonomi tidak akan memberikan kamu kenyamanan.

Pilih tempat duduk yang nyaman di atas pesawat

Kamu bisa memilih posisi duduk saat melakukan online check-in atau check-in di awal waktu,  sehingga kamu dapat menentukan sendiri di mana sebaiknya kamu  duduk. Bagi punggung bermasalah, sebaiknya kamu pilih kursi yang terletak di emergency exit row atau setidaknya kursi di dekat lorong.

3. Lakukan peregangan


Duduk dekat lorong atau di emergency exit row, selain memberikan legroom tambahan, juga memberikan keleluasaan kamu untuk dapat beranjak dari kursi kamu. Duduk dalam waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan pada tulang punggung bagian bawah kamu. 

Untuk meredakan tekanan tersebut, maka sebaiknya kamu bangkit dari kursi untuk sekadar berjalan atau melakukan peregangan setiap 30 menit sekali. Selain itu, melakukan peregangan juga baik untuk peredaran darah sehingga kamu tidak akan merasa kesemutan selama penerbangan.

4. Taruh barang bawaan di bagasi


Semakin sedikit barang yang kamu bawa ke kabin, maka semakin nyaman penerbangan kamu. Apabila kamu membawa banyak barang bawaan seperti koper atau beberapa bingkisan oleh-oleh, sebaiknya disimpan di bagasi pesawat saja. 

Kamu hanya perlu membawa perlengkapan esensial seperti perangkat elektronik, obat-obatan, penutup mata, atau neck pillow. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan serangan nyeri punggung saat menurunkan atau menaikkan koper dari kompartemen di atas kepala kamu.

5. Persiapkan obat


Apabila nyeri punggung kamu semakin terasa hebat selama penerbangan maka sebaiknya kamu mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. 

Saat ini cukup mudah untuk mendapatkan berbagai obat pereda nyeri yang bukan hanya bekerja cepat, tetapi juga tidak mengakibatkan perih di lambung. Ada baiknya kamu memberi tahu kepada awak kabin untuk membantu memonitor kondisi kamu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pilih maskapai dengan pelayanan awak kabin yang prima.


Saya yakin kalau kamu mengikuti beberapa saran diatas, sakit atau nyeri punggung saat lama di pesawat terbang tidak akan kamu alami. Setidaknya, kamu bisa nyaman selama penerbangan tanpa gangguan nyeri punggung. Selamat jalan-jalan tanpa nyeri punggung ya.


Liebe,
Turis Cantik 



Keep In Touch With Turis Cantik!




10 comments:

  1. kl aq sakit punggung juga aq bakal sering2 cari travel fair buat traveling.. hihihi biar dpt kelas bisnis harga kelas ekonomi..
    mohon maaf lahir bathin mbak turis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah bisa aja mbak, minal aidin juga ya mbak maya ;)

      Delete
  2. Kalo aku naik pesawat cari yg tiketnya terjangkau mba xixi.....Biar ga sakit punggung, tips di atas memang membantu.

    ReplyDelete
  3. Wah, emang ya kalau mau lebih nyaman naik yang bisnis tapi hehe. Tipsnya sangat membantu, biar punggung gak sakit saat lagi terbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii iya kalau naik ekonomi juga bisa enak asal jangan berjam-jamn banget mbak

      Delete
  4. Selain maskapai aku juga suka lihat jenis pesawat nya sama jarak antar kursi biar duduk selama penerbangan bisa nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak trik paling enak memang atur jarak kursi.

      Delete
  5. wahahaha ini aku banget nih mba, jadi kalo mau naik pesawat riset bener-bener maskapai yang bakal dipilih. kalo cuma 1-2 jam, legroom terbatas sih nggak masalah #pejuangangkot tapi kalo buat long-haul.... mulai deh tuh riset ekstensif hahaha. seringan sih kalo mau long-haul beli dari minimal 6 bulan sebelumnya. daripada sedih 8 jam nyeri punggung ya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah kena punggung mau traveling juga jadi kendala benget ya mas

      Delete

Powered by Blogger.