Dana THR Ditabung atau Dihabiskan?

June 04, 2018


Tunjangan Hari Raya atau biasa disebut THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan perusahaan menjelang hari raya keagamaan, wajib juga dibayar tujuh hari sebelum hari raya kegamaan. Buat saya atau kamu para pekerja, THR ibarat dana tambahan yang cukup untuk kebutuhan hari raya. Setelah dana sudah di tangan, bagaimana kamu menggunakan dana  THR? Ditabung atau dihabiskan?. 

Dana THR ditabung atau dihabiskan?



Dana THR di Tabung?


Alokasi tunjangan hari raya, biasanya satu kali gaji pokok kita sebagai karyawan, bila sudah di tangan sebenarnya pandai-pandainya saja  kita saja mengelolanya. Kalau saya, biasanya sebagian dana digunakan untuk sedekah, selebihnya lagi ditabung. Saya kebetulan meskipun sudah berkeluarga tidak punya budget khusus saat lebaran. 

Kebutuhan seperti membeli baju baru, kue lebaran tidak ada dalam list pengeluaran hari raya saya. Saya juga tidak mudik karena tak punya kampung halaman, jadi budget untuk ini pun nol persen.  Nah, berbeda dengan kamu yang punya kantong budget yang harus diisi saat lebaran, lebih baik memang rencanakan alokasi danamu dengan baik. Prioritaskan pada hal yang penting, selebihnya kalau bisa ditabung. 

Dana THR Harus dihabiskan?  


Sebagian orang lainnya memilih menghabiskan  THR karena berpikir dana ini adalah alokasi dana tambahan di luar gaji setiap bulannya. Intinya hal yang prioritas sudah dibayarkan misalnya utang atau kewajiban dana keluar, nah selebihnya terserah kamu mau di tabung atau dihabiskan.  Asal kamu jangan sampai berakhir seperti Keluarga Surya. Sudah tahu tentang keluarga Surya? 


Web Series Keluarga Surya 


Pemain keluarga Surya dan perwakilan Sun Life Financial Indonesia 


Keluarga Surya adalah web series, sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang sengaja dibuat oleh Sun Life Financial Indonesia. Bergenre komedi situasi, video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat. 

Berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, melalui 8 kisah Keluarga Surya, menurut Shierly Ge Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia, Sun Life  ingin menyampaikan pesan pada keluarga muda Indonesia tentang pentingnya perencanaan keuangan, pentingnya pola hidup sehat dan penetapan strategi untuk masa depan lebih baik. 

Diperankan oleh aktor dan aktris muda bertalenta yaitu Edo Borne sebagai Ayah Surya, Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, Bima Azriel sebagai Fajar dan Sandrinna Michelle sebagai Cahaya - rangkaian kisah Keluarga Surya dapat disaksikan melalui kanal resmi YouTube Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Financial ID).

Episode pertama Keluarga Surya adalah tentang THR Lebaran,  seperti hampir sebagian keluarga lainnya saat dana THR sudah ditangan keluarga muda ini pun memanfaatkannya untuk beli baju baru, jam tangan baru hingga perkakas rumah tangga baru. 

Tapi, ternyata saat uang THR habis ada yang harus dikorbankan...ayoo apaaa ya?! Kalau penasaran langsung mampir ke Youtube Sun Life yang tautannya saya kasih di bawah postingan ini. 


Kampanye #LebihBaik Sekarang 


Elin Waty Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia

Shierly Ge ( kiri ) - Elin Watty ( kanan )


Blogger dan para pemain Keluarga Surya 


Berkaca pada keluarga surya yang ternyata tidak pandai merencanakan hingga mengelola dana tunjangan akhir tahunnya, tahukah kamu kalau kita juga kadang mungkin belum paham bagaimana mengatur rencana keuangan kita, padahal hal ini penting banget loh. 

Kamu tidak sendiri, karena berdasarkan data  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2017 menunjukkan, bahwa indeks literasi asuransi di Indonesia masih menjadi tantangan terbesar bagi industri asuransi jiwa. 

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2016 menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi baik terhadap industri asuransi relatif rendah. 

Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76%, turun dari survei pada 2013 yaitu 17,84%. Sementara itu, tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81%. Artinya, dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi. 

Kondisi ini lah yangmendorong PT Sun Life Financial Indonesia untuk terus giat mengedukasi masyarakat, khususnya keluarga Indonesia tentang pentingnya mencapai kemapanan finansial, salah satunya melalui kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang. 

Elin Waty Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesiamengungkapkan bahwa selama  23 tahun beroperasi di Indonesia, Sun Life telah mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan aspirasi masa depan yang mereka impikan. Tentunya kami ingin semakin banyak  masyarakat yang juga merasakan manfaat dari perencanaan keuangan yang cermat untuk mencapai kemapanan finansial. 

Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan 
keluarga. 

Dibekali pengalaman panjang dan kompetensi di industri asuransi dan finansial, Sun Life memahami literasi keuangan masyarakat dan pengelolaan keuangan bagi setiap keluarga Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa. 

Selain itu, sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki fungsi untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai baik pada individu, salah satunya terkait perencanaan keuangan. 


Tentang Sun Life Financial Indonesia 



Sun life Financial Indonesia, merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan dan rencana pensiun.

Sun Life bermitra dengan institusi keuangan termuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani stategi multi distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi. 

Pastikan kamu merencanakan dan mengalokasikam dana THR dengan baik, hal yang perlu diingat adalah kamu memanfaatkannya sesuai kebutuhan terutama untuk alokasi dana prioritas, selebihnya boleh ditabung boleh juga kok dihabiskan. 

Tonton Episode Perdana web series Keluarga Surya dalam video di bawah ini ya.






Liebe,
Turis Cantik



Keep In Touch With Turis Cantik!



48 comments:

  1. Aku THR aku fokusin buat bayar hutang mbak, huhu duh sedihnya hidupku kok banyak utang begini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa terlunasi ya Mbak Ran semuanya.

      Delete
    2. senasib mbak, buat byr hutang... semoga masih bisa disisihkan utk nabung krn lbh baik mulai dr skrg, betul?

      Delete
  2. THR ku buat percantik rumah mba hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mau cat rumah neh mbak hehehheeh

      Delete
  3. suka banget webseriesnya, mengedukasi dan menghibur. Apalagi ada Karina Nadila yang main tambah kocak. Kalau saya THR sudah dibikin list mau dibelikan apa saja. Memang agak boros mengingat ini agenda besar tahunan. Tapi sisanya ditabung.

    ReplyDelete
  4. aq thr di habisin mbak buat keperluan hari raya

    ReplyDelete
  5. THR tahun ini nampaknya dipake untuk yang lain, banyak keperluan. Ga bisa dipake jajan jajan hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ngak apa mbak, paling penting prioritas udh ditunaikan.

      Delete
  6. Aku suka banget Keluarga Surya, isinya menyentil tapi jadi ngena banget dan jadi inget sebaiknya THR itu harus diapakan agar ga menyesal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku paling suka Pak Surya si bijaksana

      Delete
  7. Sebagian ditabung buat biaya liburan berikutnya, hehehe.

    ReplyDelete
  8. Berhubung ada rencana merit akhir thn jadi THR wajib masuk ke tabungan buat merit hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lancar ya menuju pelaminan mbak

      Delete
  9. Sebagian d tabung sebagian buat dibagi2 heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget pas kalau buat sedekah

      Delete
  10. THR habis juga buat persiapan lebaran dan juga bagi bagi ke orang tua, mertua dan sanak saudara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang aku juga gitu sih mbak hheheh

      Delete
  11. Kalau saya pilih di tabung dulu waktu masih dapat THR. Sekarang udah gak dpt THR. Hixxx

    ReplyDelete
  12. Sudah 7 kali lebaran nggak punya THR, Mbak ��
    Cerita keluarga Surya seru juga ya. Mengedukasi dengan cara yang ringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga berkali-kali nonton ngak bosen ngakak.

      Delete
  13. Prioritas utama cicil hutang, semoga segera lunas jd bebas deh ga ada hutang *yeay* lanjut dana mudik dan tentunya bayar insurance wkwkwkwk nggak lupa amplop THR buat bocah2 dan pastinya jangan lupa Zakat dan Sedekah ya 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihh mbak angie calon istri ideal banget deh.

      Delete
  14. Kalo aq biasanya THR udah buat jatah pulang kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asik aku malah ngak ada dana mudik mbak, nah sisa dana ini yg ditabung.

      Delete
  15. Kalau saya dulu pas dpt THR dibagi 2. Setengah buat pelengkap kebutuhan sisanya ditabung. Sebisa mungkin di manage utk ga labgsung ludes :)

    ReplyDelete
  16. Wis nggak punya THR mbak... Ha ha. Kalau menurutku, uang THR emang untuk dijual habiskan sih, tapi dihabiskan dengan terencana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dihabiskan di jalan yg benae ya mbak hehhehe

      Delete
  17. Pengennua diabisin tapi belum diabisin abis sendiri mba xd keluarg surya lucuu istrinya blogger ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener menambah pemasukan jd blogger kek kita-kita ini hehhehe

      Delete
  18. Aku tim thr wajib dihabiskan krn cmn pas ada thr bisa berbagi ke semua hehe

    ReplyDelete
  19. Mbak Mut, kalau aku akan melihat situasinya terlebih dahuli. Kalau kebutuhannya banyak tapi thr sedikit, yah pastilah dihabiskan swmua. Tapi aku pasti stress, jadi mending sebagian ditabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaha memang kalau duit tinggal recehan suka pusing juga sih ya.

      Delete
  20. Pas masih kerja dulu, THR selalunya abis. Tapi Alhamdulillah yg prioritas tetap diutamakan.
    Btw kalo gk pny kampung halaman brarti lebaran di Jakarta ya mbak Muthz, wuahhh menikmati jalanan Jkt yg lowong ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dr dulu di Jakarta aja jadi satpam buat yg mudik hahahah

      Delete
  21. THR ku abis buat jalan-jalan.... begitu dapet rasanya kayak menang undian jadi hura-hura deh :(

    ReplyDelete
  22. ditabung buat liburan ujung2nya hehehe

    ReplyDelete
  23. berhubung belum punya rumah, ditabung untuk beli rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga rumah impian segera terwujud ya mbak

      Delete

Powered by Blogger.