Nyamannya Gowes sepeda di Jerman

November 22, 2015





Sepeda mungkin salah satu moda transportasi paling digembari di Eropa. Jumlah pesepeda mungkin sama banyaknya dengan jumlah pengguna sepeda motor di Jakarta. Moda transportasi yang satu ini selalu menjadi favorit saya saat tinggal di Jerman dulu. Kebetulan saya tinggal tak jauh dari sungai Rhine di sebuah kota bernama Bonn. Tadinya saya jalan kaki dari flat sewaan saya ke kantor, jaraknya memang  lumayan jauh satu jam jalan kaki tapi pemandanganya menurut saya sangat mempesona. Menunggu lelah saya kadang selfie atau ngobrol dengan warga setempat yang  tengah piknik atau lari pagi.  Tapi kadang capek juga jalan akhirnya memutuskan meminjam sepeda juga deh.




Ternyata naik sepeda lebih asik! Semilir terpaan angin sungai Rhine sejuk banget bahkan saat siang hari sekalipun. Kebetulan saat saya di Jerman hanya di sepanjang musim panas, entah lah kalau di musim dingin mungkin ngak ada juga orang yang mau lewat jalur dekat sungai ini.
Sepeda punya jalur sendiri sehingga bebas hambatan. Tempat penitipan atau parkir sepeda pun ada di berbagai tempat, ada juga yang menggunakan mesin sejenis mesin parkir. Yang penting bawa saja rantai kunci sepeda di parkir di tiang atau pohon pun ngak masalah.



Ada beberapa aturan yang wajib ditaati bila anda ingin mengendarai sepeda di jerman.
  • Sepeda yang digunakan harus memenuhi standart keamanan misalnya lampu harus menyala baik bila digunakan malam hari, rem dan rantai sepeda harus bekerja baik. pastikan ada menggunakan helm sepeda. 
  • Pesepeda harus menaati aturan. Ada beberapa rambu yang harus dipatuhi misalnya ada rambu yang juga ditujukkan bagi pejalan kaki. Artinya saat melintas di jalur tersebut dilarang ngebut.
  • jangan ngobrol di jalur sepeda baik dengan pejalan kaki dan pesepeda lainnya. saya pernah diteriaki orang saat menyapa teman yang kebetulan jalan kaki di jalur yang sama ;(
  • Di jerman ada beberapa jalur sepeda misalnya jalur perkotaan, atau rute masuk hutan nah kalau yang ini asik buat wisata. 
  • Anda diperbolehkan membawa sepeda saat menggunakan kendaraan umum seperti trem, kereta api dan bus kota yang penting sepeda harus bayar juga. Biasanya sepeda di jerman lebih tipis besinya jarang sih saya lihat yang bawa sepeda lipat.



Naik sepeda memang nyaman, di Jakarta pun saya kadang naik sepeda tapi baru di jerman aja saya lihat cewek naik sepeda sambil pakai rok mini ;)
Gaya berbusana pesepeda di eropa memang keren banget, bahkan ada sebuah blog khusus mengulik street style pesepeda. Mhh..kira-kira kalau bersepeda di Jakarta pakai rok mini bakal di stop polisi ngak ya ? ;)

Yuk gowes bareng ...

 Love,
TurisCantik


More about Turis Cantik

FACEBOOK FAN PAGE

TWITTER

INSTAGRAM

PINTEREST


55 comments:

  1. wah kayaknya kok seru mbak hehehe

    ReplyDelete
  2. Pingin sekali-kali gowes ke ana. :D Nunggu ada duit. :D

    ReplyDelete
  3. Hihi seru... kalau musim dingin naik sepeda jadi perjuangan pastinya. Eh yg menarik, kalau d Jerman harus pake helm ya? Disini nggak mbak. Terus ngbrol sambil bersepeda juga banyak saya lihat disini. Yg saya paling seneng memang lihat org naik sepeda dgn fashionnya masing masing, pake jas rapi/gaya Bob Marley/pake rok mini dll. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di jalur perkotaan dan kota2 besar pake helm kdng ngak juga ngak apa2 sih hehehe

      Delete
  4. Mungkin kalau bersepeda pakai rok mini, bakal diliatin orang Mbak..hihihi. Tapi asik ya bersepeda, asal kondusif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah kl di jakarta sih ndak bisa kali pake rok mini pakai celana pendek aja udh kyk artis bnyk yg liat

      Delete
  5. Asik bgd ya mb tp kalo dkt Winter gini pikir2 lagi takut beku malah hahahah:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kaalu musim dingin mah ya salaaaamm kagak ada yg maen sepeda

      Delete
  6. Pake rok mini sambil bersepeda, keren jg yak bisa gt ya ngayuhnya hihihi, btw kalo sepedaan enakan sambil ngobrol ya emg. Tp krn peraturannya gt yaaa mau nggak mau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener cuma suka bnyak pengendara di belakang yg protes heheheh

      Delete
  7. di Indonesia malah banyaknya sepeda motor ya mbak, kita jadi gudangnya barang elektronik, jadi polusi dimana2, ingin sekali Indonesia juga menerapkan sepeda kaya jerman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya faktor polusi juga bkn jakarta ngak asik buat sepeda santai kecuali bike to work ya itu pun musti mandi abis sepedahan.

      Delete
  8. Bukan polisi deh yg nyetop, mba... Tp para lelaki viktor :D

    ReplyDelete
  9. Haaaa, dan ini cerita yang aku suka. Kalo di Indonesia yang bike to work aja cuma sedikit, mungkin karena fasilitasnya yang belum mumpuni :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hebat juga ya yang bisa bike to work ;)

      Delete
  10. di jakarta sepedaan pake rok mini keknya yang nyetop ef-pe-i deh :P

    ReplyDelete
  11. Anonymous9:47 PM

    asyikk banget sepedaan disini .. udara sejuk .. ada bicycle lane, tidak sehiruk pikuk jakarta ... apalagi banyak pesepeda pakai rok mini ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Palinga manteb emang yg pakai rok mini ;)

      Delete
  12. Hahaaa...
    Kalau pakai rok mini naik sepeda bisa bikin macet jakarta, mba.

    Jerman bersih ya udaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kota tempat saya tinggal krn dkt sungai jadi bersih kalau diperkotaaan kyk berlin ya nhak sebersih ini udaranya walaupun ngak ada polusi

      Delete
  13. kalo di sini naik sepeda pake rok mini bukan di stop polisi, mungkin lebih kepada digodain cowok2 nakal :s

    ReplyDelete
  14. enak banget ya kalau semua pakai sepeda kayak disitu, ... sepeda pake rok mini hmmm cowok-cowoknya yang suka ngliatin ntar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah saya sih nhak prnh pake rok mini juga mas

      Delete
  15. Pengen banget dari dulu naik sepeda ke kantor, tapi masih bingung lewat jalan mana karena di jalan yang dilewatin menuju kantor banyak banget motornya, apalagi sekarang lagi ada proyek pembangunan jalan layang..makin parah, makin ngeri mau naik sepeda hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. naek sepeda memang butuh effort yang gede kalau di jakarta mil hehehe

      Delete
  16. Pengen punya sepeda lagi. Udah rusak. Sekarang sisa sepeda statis dirumah, nggak gerak kamana mana. Aaah..ingat dulu punya sepeda, punya anak saya. Kalo punya, eh malah nggak dipakai, begitu saya, banyak maunya....baca ini, jadi pengen punya sepeda lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah beli sepeda lagi dong mbak :)

      Delete
    2. Sepeda statisnya buat saya aja :p

      Delete
  17. tempatnya oke banget untuk naek sepeda.. Andai Indonesia khususnya di Jakarta nggak berpolusi paraah.. >o<

    ReplyDelete
  18. kalau di Indonesia kayaknya males banget pake rok mini... puanaaaassss bowww

    ReplyDelete
  19. Hayuk kak gowes bareng,,,, Wah asik bener kelihatannya,,, di sana ada jalur buat sepeda bebas hambatan, kalau di Jakarta jalur sepeda bisa di sulap jadi jalur kendaraan bermotor,,,, dan itu mbak kalau di sana cewek pakai rok mini kayaknya udah biasa yaw,,, kalau di Jakarta, malah bisa - bisa membuat konsentrasi pengendara yang lain buyar kak,,,, hahahaha,,,, pizzzz a

    ReplyDelete
  20. penginnya jalan-jalan sampai ke Jerman ehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau jalan mah capek enak naek pesawat heheheh

      Delete
  21. asyik banget..udaranya juga pasti adem ya mbak. kalo di gowesnya di semarang langsung nyerah deh, ga tahan panasnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi semarang menurt saya kalau sore asik buat sepedahan mbak terutama yg deket2 taman

      Delete
  22. Klo di jakarta pake rok mini naik sepeda... wawkwaw banget dehhh. Ihhh kebayang ya indahnya sungai rhine.

    ReplyDelete
  23. Klo di jakarta pake rok mini naik sepeda... wawkwaw banget dehhh. Ihhh kebayang ya indahnya sungai rhine.

    ReplyDelete
  24. Enak bener sepedaan disana ya mba, adem. Coba di Medan.... huuft... palingan kena senggol sama angkot yang sembrono :(.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha angkot di medan ngeri juga ya

      Delete
  25. Enak bener sepedaan disana ya mba, adem. Coba di Medan.... huuft... palingan kena senggol sama angkot yang sembrono :(.

    ReplyDelete
  26. Klo di indonesia khususnya kota jakarta mana bisa nyaman naik sepeda lah wong jalanan berdebu blm lg asap knalpot angkot motor 2 tak yg ngebul n klo hujan becek duh!!!

    ReplyDelete
  27. Asyiknya sepedaan di sana ya :)

    ReplyDelete
  28. enak banget ya bersepeda dijerman, nyaman karena ada jalan khusus buat pesepeda.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.