Gurihnya Olahan Ikan Sepat di Sumbawa Barat

April 17, 2014
 




Ikan sepat konon merupakan makanan kebanggaan masyarakat Sumbawa barat. Berbagai varian ikan sepat ( digoreng, balado hingga kuah kari ) mudah bangetdan hampir sering ada di menu berbagai restoran atau pun warung pinggir jalan di Sumbawa barat. Ibadat primadona mungkin ikan sepat asal Maluk sama pamornya dengan ikan cakalang asal Manado.

Saat menyambangi desa Tongo di sumbawa barat saya sempat mampir di  Lesehan Bu Diah, sebuah rumah makan nan asri dengan pemandangan indah pantai tongo. 
Udara panas siang itu pas banget menyeruput kuah ikan sepat segar dan mengunyah lembutnya daging sepat racikan Bu Dia, yang dikenal sangat gurih dan empuk. 

Rasanya seger banget!

Ikan sepat racikan bu diah sebernya merupakan pindang ikan sepat dengan kuah yang berisi belimbing wuluh, cabai rawit dan potongan jeruk. Rasa kuahnya segar dan kecut, daging ikan sepat juga lembut saat dikunyah mhhh..nikmat dengan nasi panas dan sambal terasi ;)
Indra pengecap rasanya terasa ada di surga, sementara indra penglihatan alias mata saya asik menikmati pemandangan pantai Tongo yang indah.

Pantai Tongo yang indah 

Mirip gaya resto di Bali ya ? ;)

Pasirnya halus banget 



Selain ikan Sepat saya jatuh cinta dengan pelencing kangkung khas Lombok yang enak banget, pedas sambalnya pun sangat pas. Pisang keremes dan pisang madu di resto yang satu ini juga tiada tandingannya. Pisang digoreng tepung dan ditabur keremes, tak lupa di lumuri madu Sumbawa yang manis mhhhh..enaknya dinikmati selagi panas lengkap dengan teh manis.
Selain ikan sepat berbagai hidangan lain ditawarkan resto yang satu ini seperti ikan Rajang, Balungan, Sate Pusut, ikan bakar dan Ayam Taliwang.

Kelapa muda dengan gula jawa 

Siap disantap!

Cumi Goreng Tepung


Pisang Crispy and Pisang Madu 


Agak sulit memang menemukan Restoran bu Diah karena letaknya yang berada di jalan akses sejorong – tonggo yang rada masuk ke pelosok.  Perjalanan menuju restoran ini pun hanya hamparan sawah dan permukiman warga yang sangat sederhana.

Semoga ngak nyasar ya hehehe

Lesehan Bu Diah di desa Tonggo ini ternyata merupakan salah satu cabang resto milik bu diah. Si empu ternyata punya lesehan lain di kecamatan Maluk yang berada di perkotaan dan lebih mudah dijangkau dengan kendaraan. Lesehan ini memang terpencil karena memang target pasarnya adalah pekerja tambang newmont dan turis asing yang mengunjungi beberapa pantai indah di wilayah sumbawa barat. 

WHERE TO FIND IT:

Lesehan Bu Diah Jalan Raya Tongo - KSB Sumbawa Barat

Lesehan Bu Diah di Maluk terletak tak jauh dari Pantai Maluk.  


Kalau anda berkunjung ke sini jangan lupa salam tempel ya buat Bu Diah ;)

Liebe, 
Turis Cantik 



Keep In Touch With Turis Cantik!



32 comments:

  1. Ikan sepat memang enak mba.. Harga ikan asin sepat saja mahal bisa sampai 100rb/kg.. biasanya disantap dengan sambal mentah terasi dan nasi hangat sangat lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh saya juga demen tuh ikan asin sepat jd lapar ya ngebayanginnya ;)

      Delete
  2. pas banget tuh siang2 minum es kelapa plus gula merah.. makanan sama pemandangannya sama2 enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemandangnya memang keren banget mas ;)

      Delete
  3. Ah sumpah jadi kangen sama pisang goreng madu nya trus leyeh2 di temanin angin yg semilir2

    ReplyDelete
  4. Pisang gorengnya emang enak bangetzzzz..sukses bikin berat badan naek ya hehheh

    ReplyDelete
  5. Anonymous6:13 PM

    aihhh bikin laparrrrrr hheheheheh

    ReplyDelete
  6. olahan ikan sepatnya menggoda selera, lokasinya nyaman bnget ya, sambil lesehan memandang alam terbuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin lengkap bila datang bersama keluarga atau pasangan :)

      Delete
  7. Bikin ngiler aja gan.

    ReplyDelete
  8. mantepp bgt ya kuah ikan sepatnya. mungkin sama kayak masakan aceh yaitu kuah Asam Pedas yg juga yang pakai belimbing wuluh... jadi pengen.. nyum nyum

    ReplyDelete
  9. Ok. catet nih info penting, klo kesana pst disambangi hihiii

    ReplyDelete
  10. Jadi laper banget liatnyaa.. aduuhh...*drooling*

    ---
    Iya, sayang ya spanya cukup jauh kalo dari cibubur. Semoga buka cabang-cabang nantinya (:

    Cheers,
    Dreamy Princess

    Cheers,

    ReplyDelete
  11. Broer9:58 PM

    duhh malem malem pas lagi lapar liat beginian heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh saya juga pengen banget mencicipi lagi

      Delete
  12. Regina1:37 PM

    aku pernah liat kayaknya resto ini waktu jalan-jalan dimaluk sayang ngak dicicipin hiks ;(

    ReplyDelete
  13. Anonymous10:11 PM

    ngiler liat ikan sepatnya mhhh..yum!

    ReplyDelete
  14. Keindahan sumbawa memang sudah diketahui tapi kuliner daerah sumbawa baru saya ketahui...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk ada yg bisa nambah informasi hehehe

      Delete
  15. Kalau aku dulu makan Ikan Sepat yang udah diasinin gitu mbak, jadi semacam ikan asin deh :)

    ReplyDelete
  16. waah enak bgt nie saya sering klo plg ke rmh mertua saya maen maen kesini ama anak anak rasanya mantab xiixix :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.