3 Cara Dukung Kampanye Sustainable Fashion

August 19, 2019

Tahukah kamu, bila kini industri Fashion mulai menggalakkan Kampanye Sustainable Fashion.  Gerakan yang di mulai di pusat industri mode, Paris dan menyebar ke seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Kampanye ini berisikan imbauan  pada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengembangkan kreativitas melalui inovasi fashion yang berkelanjutan.


dukung sustainable fashion
Kampanye Sustainable Fashion


Coba saya tanya, berapa banyak baju atau celana kamu di lemari yang sebenarnya 80 % tak pernah kamu gunakan. Alasannya sih beragam, mulai dari designya yang tak up to date hingga warnanya yang mulai pudar. 


Alhasil, kamu terus membeli baju baru yang punya andil atas kian bertumpuknya limbah industri Fashion. 



Limbah Industri Fashion


Menurut data dari Ellen MacArthur Foundation, badan yang fokus mempelajari polusi industri mode, limbah bisnis busana di dunia dapat mencapai US$500 miliar per tahun. 

dukung sustainable fashion
Kain Perca sumbang Limbah Fashion paling tinggi 

dukung sustainable fashion
Belajar kreasikan baju lama terlihat baru 


Hal ini kemudian memunculkan beberapa usulan kebijakan ramah lingkungan, salah satunya dengan mengolah kembali kain perca menjadi komponen yang bermanfaat.

 Di Indonesia, sudah banyak desainer yang menerapkan konsep sustainable fashion yakni dengan melakukan prinsip zero waste pattern dimana mengurangi pembuangan kain sisa. 

Misalnya, bahan yang tadinya harus dipotong, dikemas dengan cara yang lebih sederhana dan tidak perlu ada proses pemotongan. Selain mengemas kembali kain perca menjadi produk baru, perlu adanya perhatian untuk menjaga keawetan warna agar tetap cemerlang.


 BACA JUGA



Dukung Kampanye Sustainable Fashion


Sebagai bagian dari sosialiasi kampanye ini, So Klin, deterjen terkemuka andalan Wings, menggandeng sekolah mode ESMOD Jakarta dan komunitas sosial Sadari Sedari menggelar talk show “Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin”.



Indy Barens Brand Ambassador So Klin 


Acara ini sekaligus menjadi rangkaian kegiatan Jakarta Fashion & Food Festival 2019 di Mall Kelapa Gading 3. Kegiatan ini merupakan langkah peduli So Klin untuk menghimbau masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengembangkan kreativitas melalui inovasi fashion yang berkelanjutan.


Talk Show dihadiri Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama (Wings Group). Patrice Desilles, Academic Program Head ESMOD Jakarta dan Presenter sekaligus brand ambassador So Klin, Indy Barends.


Dari Talk Show ini saya belajar banyak tentang bagaimana kita bisa turut ambil bagian dalam kampanye Sustainable Fashion. 


1. Donasikan Pakaian

Bila koleksi pakaia. kita sudah terlihat penuh di lemari, hal yang kita bisa lakukan adalah menyumbangkan pakaian layak pakai untuk mereka yang lebih membutuhkan. 


2. Mix and Match Pakaian

Patrice Desilles, Academic Program Head ESMOD Jakarta menyebut saat membeli pakaian, pastikan kita memilih design atau warna yang cocok untuk dikombinasikan dg koleksi lama kita. 

dukung+sustainable+fashion
Kreasi Baju lama terlihat baru ala Esmod 

dukung sustainable fashion


Cara ini efektif untuk membuat tampilan gaya berbusana kita selalu terlihat up to date, padahal sih kita hanya rajin mix and match pakaian aja. 


3. Pilih Deterjen yang tepat

Salah satu faktor baju mungkin terlihat tak menarik adalah warnanya yang terlihat pudar. Sering dicuci apalagi menggunakan mesin tentunya akan mempengaruhi kualitas serat kain hingga warna.

Mencuci Pakaian dengan So Klin White & Bright



Sejak lama, saya mencuci pakaian dengan So Klin. Apalagi kini ada So Klim White and Bright.  So Klin White & Bright dilengkapi dengan teknologi OPTICAL BRIGHTENER yang menggabungkan deterjen dengan formula khusus. 

Formulasi ini  tidak hanya  ampuh menghilangkan noda berat, namun juga sekaligus mempertahankan keaslian warna sehingga tidak cepat pudar, bahkan membuat pakaian terlihat lebih cerah setelah pencucian berulang kali.


So Klin White & Bright menjaga warna agar tetap cemerlang seperti baru walaupun sudah dicuci berulang kali. Selain itu, So Klin White & Bright juga membantu meningkatkan efisiensi waktu para Ibu di rumah agar tidak perlu repot dalam memilah warna baju ketika mencuci.


Seneng deh bisa ambil bagian dalam kampanye ini, terlebih saya juga belajar langsung memanfaatkan kain perca sisa untuk membuat kreasi baju terlihat lebih baru. Ternyata mudah loh. Yuk dukung kampanye Sustainble Fashion !. 


Liebe,

Turis Cantik

6 comments:

  1. 3 tipsnya bener banget mbak turis, kalo gak dipakai lebih baik di donasikan, kalau gak yah kita harus kreatif buat mitch and match dan terakhir yah kalao masih mau pakai harus di cuci dengan benar, contohnya paka soklin ini. aq mendukung nih sustainable fashion ini semoga temen2 yang seneng belanja baju gak lagi mikirya "beli aja dulu, pakainya nggak tau kapan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhha bahaya dompet yak kl beli terus pakainya entah kapan.

      Delete
  2. Bagus juga nih Mbak baju yang sebenarnya baju bekas jadi seperti baru lagi nih hihi

    ReplyDelete
  3. Aku paling suka mix n match baju. Kalau beli pilih yg atasan & bawahan jadi gampang mix & match. Hemat juga jadi jarang beli baju sih hihihii

    ReplyDelete

Powered by Blogger.