Hari Pertama Jalan- jalan di Seoul

December 22, 2017

HARI PERTAMA DI SEOUL - Seoul adalah kota yang sibuk. Dengan kaum muda yang dinamis dan generasi tua yang sangat ulet bekerja. Jalan-jalan di jantung kota Korea Selatan, menawarkan banyak pengalaman menarik, bukan sekedar menikmati makan Bimbimbap tapi juga surga belanja untuk pecinta make up seperti saya. Ini adalah High light cerita saya selama seminggu di Korea selatan. Lembaran hari pertama jalan-jalan di seoul.





Annyonghaseyo Welcome in Seoul!

Seoul tengah mencapai suhu dingin paling tinggi, saat saya tiba satu minggu lalu. Saat itu memang sudah masuk awal musim dingin. 

Syaraf di wajah saya membeku saat hembusan angin dan salju tipis turun di Bandara Internasional Incheon. Maklum saja, hari itu suhu memang mencapai minus 13. Perjalanan dari Jakarta menuju Seoul memakan waktu enam jam. Tiba di Seoul sudah jam 10 pagi.

Bandara Incheon yang sibuk di Seoul


Suasana natal di bandara Incheon










Tak mau berlama-lama, saya pun bergegas menuju Paju, sebuah distrik tak jauh dari Seoul untuk melihat wilayah Korea Utara.


Mengintip Korea Utara di Paju

Korea Utara hingga kini adalah destinasi sulit untuk wisata. Tapi kamu bisa mengintip sedikit bagian dari Korut dari wilayah Paju yang berjarak satu jam perjalanan dengan jalur darat dari Seoul.

Dora Observatory terletak di puncak Gunung Dora. Dengan suhu dingin hampir membuat jari kaki dan tangan saya membeku, saya bisa melihat bagunan hingga lahan pertanian di Korea Utara dari teropong. 

Banyak yang menyebut apa yang dilihat adalah bagin dari propganda Korut. Bagian ini sangat menarik, saya akan membuat tulisan terpisah dari pengalaman mengintip kehidupan di Korea Utara ini.

Menikmati Semangkuk Ayam Gingseng




Suhu makin dingin, meskipun matahari sudah tinggi. Jelang waktu makan siang, saya pun berhenti di rumah makan ayam Gingseng di pinggir jalan menuju Seoul. Setiap musim dingin ada menu makanan favorit orang Korea yaitu Ayam Gingseng.

Ayam yang digunakan adalah separuh bagian badan ayam yang direbus dalam kuah kaldu ayam dan gingseng yang disajikan panas. Di bagian dalam ayam, ada nasi yang telah diberi bumbu.  Nasinya mempunyai teksture ketan, agak lengket tapi gampang dikunyah. 

Disajikan bersama side dish lobak potong dan kimchi. Berhati-hatilah saat makan di restoran yang menyajikan Ayam Gingseng karena di meja selalu ada Soju alias minuman beralkohol yang disajikan walaupun kamu tidak pesan. Biasanya diletakkan dalam kelas kecil diatas meja.

Harga satu porsi Ayam Gingseng sekitar 12.000 Won atau sekitar Rp 130.000/perporsi. A must try kalau kamu datang ke Korea ya.


Cuaca Dingin di Seoul 


Anak muda Seoul yang sadar fashion

Hari yang sibuk di Seoul 


Kendala utama saya di hari pertama di Seoul adalah cuaca yang mencapai maksimal minus 13. Rasanya baju berlapis 6 tak mampu menghalau dingin. 

Menurut prakiraan cuaca yang saya lihat, memang satu minggu saat saya tiba di Seoul adalah saat paling dingin. Salju tipis kadang turun membuat suasana makin syahdu.

Tapi, biasanya di hari selanjutnya tubuh sudah mulai dapat menyesuaikan dengan suhu dingin.

Malam kian menjelang saatnya saya menuju kamar sewaan di kawasan Hongdae. Besok saya mau ke Nami Island, Yay!!!. Ceritanya jalan-jalan di Seoul akan berlanjut di postingan selanjutnya ya.

Tonton videonya singkatnya ya di Channel Youtube Mbak turis




Liebe,
Turis Cantik 


Keep In Touch With Turis Cantik!




40 comments:

  1. ayam ginseng itu samgyetang yaa mba? aduuh...jadi pengen ke korsel lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak, tapi katanya kalau musim dingin ada ginseng khusus yang dimasukkan dalam sup.

      Delete
  2. Aku belum pernah ke Seoul dan pengen euy penen ke sana. Mau nabung dlu :)
    Pengen menikmati dinginya Korea, mbaa

    ReplyDelete
  3. belum pernah kesana apalagi ke luar kota lainnya hehehe masih punya baby, Tapi itu ayam ginsengnya gimana rasanya kaya soup kah atau lainnya. Jadi pengen deh kesana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya kayak sup ayam mbak, kalau suka ayam pasti suka.

      Delete
  4. Weeiss... minus 13. Pasti orang di sana gak mandi-mandi sampe 3 hari :D, di tunggu ulasan tentang Nami Island dan tentang Korut nya juga mbak.

    ReplyDelete
  5. Pengen banget ke korsel. Karena keseringan liat suasananya di dalam drama2nya,kayaknya romantis gitu hahaha korban drama korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa korban drakor ya mbak, harus ke korea berarti nihhh.

      Delete
  6. Wah menarik sekali, ditunggu kisah selanjutnya ya

    ReplyDelete
  7. Wah bunda nami island ? ditunggu bunda story selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bun, besok udh bisa di upload. Ditunggu ya :)

      Delete
  8. Mbak rekomendasi pakai travel atau self backpacker aja kalo ke Korea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sendiri aja, ini spot wisatanya deket2 kok dan sebenarnya kl hanya di Seoul aja seharian juga udah bisa semua didatengin.

      Delete
  9. Lagi neropongin kim jong un mungkin ya mba hehehe.. asik nya jalan jalan terus,, aku juga tertarik ke seoul, semoga bisa kesana Amin

    ReplyDelete
  10. Ya ampun Mak mainnya jauh amat. Itu gak susah ya cari makanan halal di Korea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak sulit mak,tidak banyak tapi ada.

      Delete
  11. Mungkin kalau aku yang meneropong, sedang melihat jodoh dimasa depan, siapa tahu kan oppa min ho jadi jodoh aku setelah putus dari suzy

    ReplyDelete
  12. Sumpah, bikin mupeng nih. Pengen ke Seoul....

    ReplyDelete
  13. Aku kok liat ayam ginsengnya jadi ngiler banget nih mba. Apalagi pas nonton videonya nba. :(
    Semoga bisa ke Korea. Pengen bangeeeet kesanaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe semoga bisa ke korea juga ya mbak.

      Delete
  14. itu samgyetang emang endes banget. cuma di sana ayamnya jumbo banget, seporsi bisa buat bestiga kilo perutnya imut. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak terlalu suka rasanya, terlalu kaldu ayam plain banget.

      Delete
  15. Dari dulu kepengin banget ngeliat salju. Tapi kalau suhunya sampai minus 13, duh, enggak bisa bayanginnya huhuhuhuuu... Pilih musim panas aja kali ya? Thanks for sharing, saya suka foto-fotonya especially yang breakfast buffet :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bagus musim gugur mas, udara hangat dan viewnya bagus kalau menurutku sih hehhehe.

      Delete
  16. Impian banget deh pas musim dingin bisa ke negara 4 musim biar bisa ngerasain hehe.. :D Korut tuh bikin penasaran ya mba Mut.. Ditunggu lho postingan tentang ngintip Korut.. hehe.. Itu seporsi aja mba ayam ginsengnya? Lumayan juga harganya yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mahal juga tapi porsinya mungkin bisa buat dua orang.

      Delete
  17. Waa minus 13 derajat. Kalau saya mungkin udah mimisan, haha... Makan pun enaknya memang yang berkuah macam ayam gingseng itu ya, Mba. Kalau soju minuman alkoholnya disediakan selalu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di beberapa restoran memang disediakan, tapi kdng tidak alias harus pesan.

      Delete
  18. ketjeeeh badaaaai.... dan kamu ke sana pas lg dingin2nyaaaa.... Brrrr....

    ReplyDelete
  19. Mbak kalau bole tau itu ke seoul nya tgl brapa bulan apa bisa suhunya minus 13? Thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengah november, sory kl soal cuaca atau suhu ngk bisa diprediksi.

      Delete

Powered by Blogger.