5 Buku Wajib dibawa Saat Traveling

Juli 30, 2018

Sebelum datang inovasi bernama telpon genggam, buku telah lama menjadi teman utama saat traveling. Lalu, apa buku wajib yang dibawa saat traveling? Nah, berikut ini adalah 5 buku wajib yang saya bawa saat traveling.

Buku Tepat untuk Traveling/ pic: pixabay


5 Tipe Buku yang Cocok untuk Traveling


Jenis buku apa yang harus dibawa saat traveling, tentu berbeda untuk setiap orang. Ada orang yang suka baca komik dengan gambar, tapi ada juga yang suka baca buku detektif seperti saya. 

1. Buku Panduan Perjalanan


Tak lengkap saat traveling, tanpa membawa buku panduan tentang lokasi yang akan dituju. Kadang, ada aja yang terlupa. Biasanya, saya memang rajin browsing sebelum trip dimulai. Lebih sering lagi panduan saya adalah buku panduan lengkap tentang destinasi wisata yang akan didatangi. Natgeo tentu jadi favorit karena super lengkap, tapi harganya kadang agak mahal, alhasil saya membeli buku traveling terbitan lokal dengn penulis lokal dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA:



2. Buku Panduan Photography


Saya lagi belajar banget tentang photo travelling, kalau lagi senggang saya lebih banyak membaca buku yang membahas teknik komposisi hingga mencari sudut foto yang baik. Nah, saat traveling apa yang dibaca langsung bis dipraktikan itulah sebabnya buku tentang photography selalu ada dalam tas hingga saya bawa saat traveling. 

3. Novel Detektif


Novel detektif selalu menyita perhatian saya, alur ceritnya yang bikin penasaran selalu bikin saya ingin segera menyelesaikan membaca buku. Saat menunggu bus datang atau di antrian loket karcis kereta, membaca novel detektif selalu menjadi pilihan saya. 

4. ChikLit atau TeenLit


Entah mengapa, membaca buku Chiklit yang bertema kehidupan perempuan modern atau TeenLit yang mengupas kehidupan remaja, selalu menghibur saya. Biasanya, dua jenis buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas, lucu hingga bikin ngakak. Terasa kembali ke masa muda, jadi jenis buku ini juga kadang saya bawa untuk mengisi waktu senggang. 



5. Buku Pengembangan Diri


Duhh Mbak Turis, berat amat sih bacaannya?. Kebetulan, saya kalau traveling lebih banyak sendiri, tahu sendiri kan kalau lagi sendiri masukan soal pengembangan diri atau motivasi tuh kadang malah lebih cepet nyampenya ke otak.


BACA JUGA:


Baca Buku saat traveling, kenapa tidak?!/ pic: pixabay



Tipe Buku yang Harus dibawa Saat Traveling


1. Ukuran dan ketebalan buku standart


Jangan bawa buku kelewat tebal, apalagi kalau kamu merasa belum tentu akan membacanya. Bikin berat koper, lebih enak koper berat karena bawa oleh-oleh kan. 

Saya biasanya bawa buku yang mungil atau lebar tapi tipis jadi bisa di gulung saat masuk tas. 

2. Manfaatkan ebook


Baca eBook saat traveling/ pic: pixabay


Kalau membawa buku terlalu sulit buatmu, kamu bisa membawa kindle atau tablet. Saya kebetulan punya tablet yang memang diperuntukkan khusus untuk membaca buku. Ukurannya yang kecil dan ramping membuat kindle atau tablet menjadi pilihan lebih baik ketimbang membawa buku yang tebal. 


Pastikan juga kamu membawa buku yang memang akan kamu baca di perjalanan, kalau dibawa tapi ngak dibaca sama aja bohong dong :). Selamat jalan-jalan dan bekali dirimu dengan buku wajib untuk dibaca saat traveling.


Liebe,
Turis Cantik


Keep In Touch With Turis Cantik!






39 komentar:

  1. Bawa buku fisik lebih seru sebenernya cuma ya itu ketebalan kadang juga ga praktis. Lebih asik lagi bawa buku buat nemenin perjalanan naik kereta yang durasinya lama, ga bakalan berasa tuh perjalanan. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau buku fiksi agak berat biasanya

      Hapus
  2. sekaarng lbh praktis ya bisa dari tablet bacanya, cuma aku ya tetep suak yg konvnesional buku

    BalasHapus
  3. Saya juga selalu usahakan bawa 1 buku. Lumayan buat menghilangkan kebosenan. Sekaligus irit battere hp juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya paling bener memang hp jadi ngak boros baterainya ya mbak

      Hapus
  4. aku suka buku yang agak bergambar jadi kalau lagi pusing lihat tulisan ada gambarnya deh jadi menghibur. tapi dari list di atas sering bawa juga buku panduan perjalanan. biar di google udah ada kalau sinyal lagi apes, buku panduan perjalanan bisa berarti banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca komik memang bikin mata rileks banget ya

      Hapus
  5. Kalau saya sih, bawa buku novel buat mengisi waktu luang di bandara. Paling khawatir itu kalau yang terbawa komik. Soalnya, nggak semua gambar di sebuah komik bisa diterima oleh semua orang. Salah² malah diinterpertasikan secara buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca novel memang paling asik

      Hapus
  6. saya mau membiasakan baca pake ebook biar lebih praktis eh tapi malah ngantuk tiap baca :( kembali ke konvesional deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iya kadang kalau pakai ebook memag agak bikin mata lelah

      Hapus
  7. Aku lbh suka bawa novel ato buku fiksi lainnya sih. Tp utk size, aku jg pilih yg ga terlalu tebel dan berat2in tas :p. Kalo e book sampe skr aku blm bisa suka mba hahahaha. . Pasti ga betah bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalau ketebelan pusing bawanya hehehhe

      Hapus
  8. Aku nggak bisa baca buku baik printed maupun ebook selama travelling karena kepalaku pusing kalau baca di perjalanan. Yang suka bawa buku itu anakku yg sulung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang memanga ada yang kalau pas traveling ngak bisa bawa buku mbak, suka pusing.

      Hapus
  9. Waaahh kalau saya lebih suka e-book mba, selain ringkas, pun juga ga bikin ngantuk dan ribet direbut anak2 ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih ringan juga ya mbak

      Hapus
  10. Kalo saya biasanya bawa novel, dibaca sebagai pengantar tidur, hehehe...

    BalasHapus
  11. Blas aku gak pernah bawa buku kalo jalan-jalan mba.. Apalagi kalo traveling-nya sama anak.. Buat oanduan perjalanan dan destinasi udah cukup dari smartphone.. Tapi kapan-kapan pingin sih kalo pqs bisa me time buat solo traveling dan rada lama bawa novel juga.. Baca buku di tempat baru, suasana baru, rasanya pasti beda, ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kadang kalau bawa buku bikin berat kalau trip bareng anak

      Hapus
  12. suka bawa no 1 kak, bahkan dlu pernah jadi panduan pas ke suatu tempat

    BalasHapus
  13. Samaan nih. Aku juga suka bawa buku kalo bepergian. Walaupun bisa akses scribd or such tapi buku konvensional is unbeatable.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang bikin waktu nunggu jadi lebih enak

      Hapus
  14. Aku juga lagi belajar banget tentang photography nih mbak turis, sering baca2 teknik2nya tp tetap aja belum bisa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha sama saya juga lagi belajar neh

      Hapus
  15. kalau lagi dinas luar kota biasana bawa buku yang tebal malahan aku sih mba alasannya bisa selesai dibaca dalam perjalanan secara kalau dirumah udin susah baca karena punya bayik :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak kadang memang di rumah ngak bisa baca buku neh

      Hapus
  16. Saya sering memanfaatkan e-book saat travelling, apalagi solo travelling. Mayoritas novel, sih. Pernah juga bawa buku tentang Islam saat travelling (baca: mudik) tapi gak kebaca. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas, kalau lagi solo trip saya juga lebih suka baca novel

      Hapus
  17. Buku emang teman setia kalau traveling. Rasanya, wajib ada buku kalau traveling selain gadget. Biar nggak cengo2 amat selama dalam perjalanan. Ya kan mba.. Hehe

    BalasHapus
  18. Waktu belum musim e-book, biasanya beli buku di periplus bandara, kadang suka nemu buku diskonan di situ. Kalo ngga sempet beli, buka web fanfiction terus buka langsung beberapa chapternya, supaya di pesawat masih bisa baca meski flight mode. Ini juga dilakukan waktu masih suka pake wattpad. Sekarang sih, udah pake e book aja. Lumayan buat pengantar sebelum bobo, di pesawat juga udah jarang banget baca..mending dipake tidur heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di pesawat saya memang juga lebih suka tidur hehehehe

      Hapus
  19. Dulu aku selalu bawa buku panduan perjalanan, sekarang nggak pernah lagi. Paling beli simcard lokal aja buat googling atau google maps, hehe. Tapi tetep bawa buku travel size yang ringan biasanya dari Periplus gitu yang pas ukurannya, buat dibaca di pesawat karena sering gabisa tidur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya kalau di pesawat memang lebih enak tidur dan istirahat

      Hapus
  20. Jaman belum ada e-book dan belum ngeh soal blog plus hape jadul selalu bawa novel baik chicklit, teenlit atau apa kek wkwkwkkwkw....Majalah dan koran wajib hukumnya, kalau sekarang lebih suka baca blog orang alias BW.


    rela lho bawa Harry Potter selama perjalanan (kereta/bus) soalnya bikin nggak ngeh waktu wkwkwkwk, berat gpp dah asal happy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. harry potter memang bikin penasaran paling enak tuh kalau baca novel tipe kyk gini

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.