Tukang Jalan yang Hoby Dandan

Perawatan Kulit Jerawat dan Berminyak di Pagi Hari


PERAWATAN TEPAT UNTUK KULIT BERJERAWAT DAN BERMINYAK - Kulit wajah berjerawat adalah masalah kulit yang disertai dengan kondisi kulit yang berbintik, biasanya disertai dengan permukaan kulit wajah yang berminyak dan cenderung sensitif. Jerawat juga kerap kali muncul di punggung hingga kulit kepala.  Tak mengenal usia dan jenis kelamin, jerawat bisa diderita siapa saja, muncul kapan saja dan tak mudah dihilangkan begitu saja. Tapi ternyata, setelah belasan tahun harus rendah diri akibat jerawat, saya mulai menemukan cara ampuh merawat kulit wajah saya yang berjerawat dan berminyak.



Produk tepat untuk merawat kulit jerawat dan berminyak 


Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak 


Merawat kulit berjerawat dan berminyak terutama perawatan di pagi hari memang butuh kesabaran lebih. Bagaimana tidak, kadang saya bangun kesiangan atau bahkan harus buru-buru akibat ada rapat pagi.

Tapi ternyata, kalau kamu telaten dan sabar mengerjakan setiap tahapannya dengan benar, kondisi kulitmu akan jauh lebih baik. Bisa jadi, jerawat benar- benar minggat dari wajahmu.

Hal penting lainnya adalah pemilihan produk yang tepat. Kulit saya berjerawat, berminyak dan cenderung sensitif sehingga produk dengan kandungan alkohol dan SLS tidak akan menjadi pilihan saya.






perawatan paling tepat untuk kulit wajah berjerawat dan berminyak
Rangkaian perawatan kulit jerawat dan berminyak 

Tahapan Perawatan Kulit Berjerawat di Pagi Hari 


Merawat kulit berjerawat dan berminyak juga memiliki tahapan seperti jenis kulit lainnya. 

1. Sabun Pembersih Wajah


Untuk kulit berjerawat biasanya saya memilih yang bebas alkohol, tanpa parfume dan tidak mengandung SLS. 

2. Toner 


Pilihan toner biasanya hydrating toner yang lebih ringan.

3. Pelembab


Banyak yang menyebut kulit berminyak tak perlu menggunakan pelembap. Kalau saya sih tidak setuju ya. Menurut saya, jenis kulit apapun perlu pelembab. Khusus untuk kulit berjerawat dan berminyak pilihlah pelembap yang berbentuk gel. 

4. Tabir Surya


Sebelum keluar rumah, pastikan kamu mengaplikasiakn tabir surya minimal SPF 15. Untuk kulit berjerawat dan berminyak pilihlah tabir surya yang water base atau mengandung banyak air. 

5. Alas bedak


Saya tidak sarankan setiap hari menggunakan alas bedak untuk kamu yang berkulit wajah jerawat dan berminyak. Kalaupun mau pakai alas bedak, gunakan BB Cream, CC Cream atau DD Cream yang formulasinya lebih ringan. Biasanya tahapan ini saya hilangkan, karena menggunakan alas bedak hanya akan membuat wajah berjerawat.

6. Bedak Tabur


Pastikan, bedak tabur pilihanmu adalah bedak tabur bebas foundation. Beberapa bedak tabur ada tambahan bahan lain sejenis foundation dalam bentuk tabur. Jadi untuk kamu yang berjenis kulit jerawat dan berminyak harus memilih bedak tabur yang tepat. 


7. Bedak Compact 


Saya jarang pakai bedak padat kalau pun pakai tidak setiap hari. Pastikan kandungan bedak padat yanh digunakan ringan.





Produk Perawatan Kulit Berjerawat dan Berminyak 




Untuk perawatan di pagi hari, saya menggunakan beberapa produk yang sudah saya coba beberapa bulan dan ternyata cocok dengan kulit jerawat dan berminyak saya.

Memang butuh waktu untuk menemukan produk yang benar-benar tepat, setelah coba berbagai produk, beberapa produk yang saya jabarkan ini cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak yang saya gunakan di pagi hari sebelum beraktivitas di luar rumah.

Produk pilihan Turis Cantik untuk kulit berjerawat dan berminyak 



Rawat kulit berjerawat dan berminyak dengan baik 

1. St Ives Green Tea Facial Wash


Sabun pembersih wajah beraroma teh hijau ini sekarang jadi favorit saya banget. Bebas paraben dan kadungannya dari bahan alami. Wanginya enak dan bikin kemerahan di wajah akibat jerawat berkurang.





2. Haple Rose Water


Produk lokal favorit saya yang digunakan sebagai pengganti toner. Wanginya enak, bikin wajah lembut dan segar.


3. Votre Peu  Eye Cream 


Sudah lama mencari krim mata yang bagus, ternyata malah jatuh cinta dengan produk lokal ini. Meskipun ukurannya kecil dan harganya agak sedikit mahal tapi hasilnya beneran bagus deh. Kantong mata mulai agak memudar dan tidak membuat areal kulit di sekitar mata berminyak.


 

4.  Haple Greepseed Oil 


Kok wajah berminyak malah pakai Oil sih? Oil yang ini beda ibu-ibu, memang digunakan sebagai pelembab wajah yang nyerep banget ke permukaan kulit tanpa membuat kulit jadi berminyak.

Saya sudah pernah bahas beberapa facial oil yang saya pakai mulai dari  Tamanu Oil , Argan Oil ,
Maracuja Oil  hingga Rosehip Oil dan kini saya mencoba Greepseed yang ternyata hasilnya bikin kulit saya lembut banget.


5. Klaris Mid-day Blue Sun Lotion


Tabir surya jadi salah satu produk perawatan kulit yang harus ada. Hidup di negara tropis seperti Indonesia kita harus punya amunisi kuat menangkal bahaya sinar matahari.

Meskipun tidak diformulasikan khusus untuk kulit berminyak, tapi produk ini punya teksture krim yang meresap sempurna ke kulit. Tidak meninggalkan jejak di tangan dan tidak membuat wajah berminyak. 


6. Bare Mineral Matte Powder Foundation 


Saya jarang pakai foundation berbentuk krim, kadang kalau mau kulit lebih keliatan 'Matte' saya aplikasikan foundation dalam bentuk powder. Sepanjang saya tahu, tak banyak produk foundation powder. Bare Minerals salah satu pionir dalam foundation berbentuk powder. Finishingnya Matte jadi tak membuat kulit wajah berminyak.


Kulit berjerawat dan berminyak memang butuh perawatan maksimal dengan kesabaran dan pemilihan produk yang tepat. Jangan khawatir deh, asal kamu telaten dan memahami kondisi kulitmu, kamu mampu meredakan masalah untuk kulit berjerawat dan berminyakmu. Semoga bermanfaat!


Liebe,
Turis Cantik


DISCLAIMER: Tulisan berdasarkan pengalaman pribadi, hasil dapat berbeda pada setiap orang. Produk yang ditampilkan merupakan koleksi pribadi penulis. 




Keep In Touch With Turis Cantik!

 



15 komentar:

  1. Setujuuuu! Semua jenis kulit tetap harus pakai pelembap.

    BalasHapus
  2. Wahh aku udah lama banget penasaran sama Votre Peu Eye Cream mbak turis, wish list yg belum terbeli ini, hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti aku bikin ulasan lengkapnya ya.

      Hapus
  3. Apapun jenis kulitnya, pelembab adalah kebutuhan pokok ya kak! Aku setuju

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kyk iklan teh ya tag linenya

      Hapus
  4. Omg omg pas banget nih saya baru beli grapeseed oil, katanya juga bisa jadi moisturizer ya? Saya belum nemu pelembab yang cocok nih soalnya, sementara ya pakai nature republic aloe vera itu mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kalau nature aloe vera dipake malem sebagai masker bilas, kalau buat pelembab pagi malem pakai oil ini.

      Hapus
  5. mba muthi, aku penasaran banget jadinya sama produk haple, patut dicoba <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nanti aku review satu-satu.

      Hapus
  6. Udah lama penasaran dengan Haple, ternyata review-nya cucok. Btw, aku baru sadar bahwa face oil itu bisa sebagai pengganti pelembap. Ngga pernah punya karena ya itu, wajah udah berminyak kenapa masih dikasih minyak? Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aihh aku jadi semangat mau segera review haple

      Hapus
  7. Saya juga cenderung berminyak, dan biasanya jerawat muncul di daerah dahi 😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh samaaa saya juga di dahi tuh paling banyak

      Hapus
  8. aku combination kak, tapi aku lebih suka pake pore-tightening toner gitu hehe biar pori-porinya ketutup. Setuju sih aku juga selalu pake mosturizer, tapi cari yang ringan dan cocok buat kulit berminyak. Andalanku Hada Labo Whitening Lotion :D

    XOXO, Cilla
    www.mkartikandini.com

    BalasHapus

My Instagram