Tips Aman dan Nyaman Tidur Di Bandara

April 25, 2018

Demi menghemat uang dan waktu, kadang bandara menjadi tempat favorit saya untuk numpang tidur. Tapi ternyata, tak semua negara punya bandara yang fasilitas lengkap hingga keamanan yang baik untuk menjadi tempat menginap sementara bagi pejalan seperti kita. Buat kamu yang tengah berpikir untuk numpang tidur di bandara, berikut adalah tips tidur di bandara ala Turis Cantik yang ditulis berdasarkan pengalaman di beberapa bandara di dunia. 

Aman dan nyaman tidur di bandara


Bandar udara, pernah menjadi rumah kedua saya kadang tempat saya numpang tidur hingga mandi. Tapi tak semua bandara di dunia punya fasilitas yang lengkap untuk pejalan. Bandara Changi di Singapura mungkin adalah salah satu bandara terbaik dengan fasilitas super lengkap, terburuk ada di Kolombia, paling aman ada di Jerman dan paling sibuk dengan pengamanan lebay ada di Amerika Serikat. 

Ada banyak alasan mengapa kita numpang tidur di bandara. Kemungkinan besar akibat menunggu pesawat datang agar tidak telat datang. Buat saya, paling sering adalah menunggu jam check in hotel akibat pesawat datang dinihari. Buat saya, paling penting adalah menyiapkan diri dengan sejumlah pengetahuan tentang bandara tersebut, kemungkinan bisa tidur atau tidak dan paling penting adalah membawa beberapa barang yang menunjang tidur kita saat di bandara.

BACA JUGA:

MEWAHNYA CHANGI AIRPORT SINGAPORE




3 HAL PENTING SAAT TIDUR DI BANDARA


Tidur depan Toilet, kenapa ngak?


1. Negara Tujuan 


Tidak semua negara aman untuk tidur di bandara, terutama bila kamu telah melewati bagian imigrasi. Artinya kamu harus paham dan pelajari kondisi di negara tujuan. Kolombia misalnya dengan tingkat kriminalitas yang tinggi, saya tidak berani tidur di bandara. Kalau pun harus melewatkan malam di bandara, saya tidak tertidur tapi memilih tetap terjaga sepanjang malam. 

Hampir semua bandara internasional, sebenarnya tidak mengijinkan kamu tidur di dalam terminal kedatangan saat pesawat terakhir telah tiba. 

Ada beberapa bandara yang punya tempat untuk tidur yang ada di luar terminal. Kalau saya biasanya tidur dulu di terminal, kalau tidak ditegur petugas ya berarti saya lagi beruntung aja. Istilahnya, pura-pura ngak tau aja hahaha. 

Intinya cari spot yang agak mojok, biasanya areal dekat smoking area atau toilet paling ujung terminal.

2. Fasilitas di Bandara Tujuan


Saya tipe orang yang sangat detail saat trip, termasuk mencari tahu semua hal tentang negara tujuan. Bila ada rencana tidur di bandara akibat transit atau akibat menunggu jam check in hotel tujuan, saya akan mencari informasi detail tentang bandara dan terminal tujuan dengan detail. 

Hampir semua bandara internasional memiliki official website yang bisa kita cek, mulai dari fasilitas, alternatif kendaraan dari dan ke bandara hingga akses atm center. Dari informasi inilah kamu bisa mengambil keputusan untuk tidur dimana dan strategi agar tak tertangkap petugas karena tidur di Terminal bandara. 

3. Tipe Tidurmu 


Hal lain yang sebenarnya remeh-temeh tapi penting menurut saya adalah mengetahui kamu tuh tipe orang yang tidurnya gimana?. Ada orang yang tidurnya tidak bisa lelap banget kecuali capek, ada orang yang tipe tidurnya kayak orang pingsan alias kena bantal langsung pules. Pahami jenis tidurmu, bila kamu tipe kena bantal langsung pules kamu perlu gantian tidur dengan teman seperjalanan. 

Tipe 'ketemu bantal langsung pules' agak berat kalau harus tidur di bandara, kadang barang bawaan kita perlu diperhatikan, bukan hanya kemungkinan dicuri tapi kemungkinan lain seperti diletakkan barang tertentu misalnya narkotika.



BACA JUGA: 

MAKAN DI KANTIN KARYAWAN CHANGI AIRPORT SINGAPORE





APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN SAAT TIDUR DI BANDARA


Tidur di Changi bareng Angie dan Nesya


1. Bentuk dan Ukuran Tas


Saya selalu membawa dua tas kalau solo traveling, jarang bawa koper kecuali trip bareng Anak. Biasanya tas yang dibawa adalah backpack dan shoulder bag. 

Gunakan tas bentuk apapun yang bisa diikatkan atau dililit di badan, jadi tas akan melekat ke tubuhmu. Kadang saya juga letakkan tas diatas kepala sebagai bantal, ini kalau saya tidurnya di dalam terminal yang lebih aman. 

Letakkan tas dalam posisi memeluk dan tidur duduk bukan berbaring. Saya perhatikan banyak backpacker yang tidur dengan cara ini bila solo traveling dan harus tidur di tempat umum. 

2. Syal Panjang


Saat tidur kadang posisi tubuh bisa berubah, terlebih bila kamu adalah perempuan kenakan pakaian panjang yang menutupi lekuk tubuhmu. Bila tidak ada, gunakan sarung bali atau syal panjang yang dapat digunakan juga sebagai selimut. 

Buat saya syal panjang sangat bermanfaat, selain untuk selimut tidur, bisa juga digunakan untuk menahan dingin, penutup kepala hingga menambah cantik penampilan OOTD mu saat traveling.

3. Kaos Kaki Tambahan


Saya selalu membawa kaos kaki agak tebal untuk digunakan tidur. Biasanya sih, di maskapai penerbangan dikasih Travel Kit dan boleh dibawa pulang. Tapi kadang kaos kakinya agak tipis. AC di bandara biasanya sangat dingin, untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat bungkus kaki dengan kaos kaki.

4. Gembok Kecil 


Saya selalu membekali diri dengan gembok kecil, kadang bila kita tertidur mudah saja perampok mengambil isi tas dengan membuka resleting. Jadi menggembok resleting tas sebelum tidur is a must. Tapi jangan lupa dimana kamu simpan kuncinya ya heheheh. 

5. Masker tutup mulut dan tidur 


Pernah lihat ngak orang tidur saking pulesnya mulutnya terbuka? hehehhehe. Jangan lupa bekali diri dengan masker tutup hidung dan mulut ya. Kadang takutnya ada orang iseng motret dan foto kita jadi bahan tertawaan, karena pernah kejadian dengan teman saya.

Mbak Turis Mikirin..kamu tuh


Paling penting menurut saya adalah banyak membekali diri dengan berbagai referensi tentang bandara tujuan dan ikuti insting kamu. Kalau merasa ragu tidur di bandara karena faktor keamanan, ya jangan ambil resiko. Bila kamu punya tips lain, silahkan tambahkan ya di kolom komentar agar kita bisa saling berbagi pengalaman. Selamat jalan-jalan!



Liebe,
Turis Cantik




Keep In Touch With Turis Cantik!

 



38 komentar:

  1. Mari kita bobok bandara lagi wkwkwkwwkk, next mau coba bobo deket BK T1 Changi kak, sofanya enak kayaknya wkwkwkwkk.

    BalasHapus
  2. harus lihat sikon juga ya, mbak kalau mau nginap di bandara. kadang suka kepikiran kenapa di bandara nggak ada tempat buat menginap gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sebenarnya kek sofa khusus di dalam terminal, tp ngak semua negara ada.

      Hapus
  3. belum pernah ngerasain tidur dibandara manapun, tp bener deh mbak turis persiapan2 yang diatas penting kl tiba2 kejadian kan.. tfs mbak

    BalasHapus
  4. Saya dulu tidur di Bandara Changi. Tapi apesnya, pas di sebelah ada orang yang ngorok keras banget.. Jadi nggak nyaman :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha capek bngt kl tuh orang

      Hapus
  5. Sekarang sebagian besar bandara udah lebih bersih daripada dulu ya mbak. Fasilitas pun skrg lebih lengkap dan modern

    BalasHapus
  6. Sering sih liat orang tidur di bandara Djuanda, mereka tidurnya di musholla. Tapi saya sendiri gak mau ambil resiko cz klo uda tidur kayak orang mati, lelap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di mushola biasanya ada larangan tidur kesian juga yang mau sholat kl tidur di situ. Tapi kesian juga capek kali orangnya.

      Hapus
  7. Saya sih tergolong tipe pelor, nempel molor. Hehhehe..
    Sebenarnya sih kalau udah capek banget atau bosan banget sih saya bisa langsung tertidur tuh.
    Andalan saya kalau buat tidur dimana saja sih buff dan syal panjang atau sarung pantai yang agak tebal, ama kaos kaki deh biar gak kedinginan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh keknya udh tau triknya nih mbak hehehe

      Hapus
  8. Ada untungnya tiap hari bawa masker muka. Kalo tidur dibandara kayak kemarin kan jadi agak enak diliat gitu kalo pake masker.
    Eh itu untung cuma bagian kaki aku yang kefoto bukan mukanya, secara indah banget nih muka kalo lagi tidur hahaha 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, ada sik yang foto bagian muka hahaha

      Hapus
  9. wah enak bgt kl gampang bs tidur ya mba,dimana mana aja bs tdr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak hehheeh dingin lagi.

      Hapus
  10. Aku juga pernah sampai tidur sih tapi cuma beberapa jam saja akibat delay, abis itu masuk angin �� hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha lupa bawa selendang buat selimut ya

      Hapus
  11. Selain backpackeran ria di negara orang, hal yang paling greget dan menyenangkan adalah tidur di Bandaraaaa.... XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas lumayan enak di beberapa bandara

      Hapus
  12. asik ya kalau bandaranya senyaman itu....tidurnya nyaman he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyaman mbak enak juga tidur di bandara

      Hapus
  13. selama ini belum pernah, enggak berani tidur di bandara .kuatir kebablasan..kwkwkw
    Tapi memang. harus detil lihat tujuan, jangan sampai asal pules, bangun-bangun ada yang hilang...

    BalasHapus
  14. Belum pernah ngrasain sampe tdr di bandara, tp sering denger tmnku tidur dibandara. Thks tipsnya ya mbak turis, nanti kalau travelling jauh aku tau apa yg hrs dipersiapkan heheh

    BalasHapus
  15. hahaha sampe jadi artikel.
    Gw seumur umur baru 1 kali tidur karna telat. Dan asli susah banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya soalnya kadang aku butuh info ini tapi jarang ada yang nulis.

      Hapus
  16. Paling penting jangan lupa pasang alarm mbak biar nggak telat terbang :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhahah pentingggg bangeeet

      Hapus
  17. Menarik bgt tipsnya mbakk.. aku pernah jg tidur di beberapa bandara juga tp krn ga ada persiapan jadinya perutku kembung kedinginan hhu.. tp emg wkt itu krn dadakan nginep dibandaranya, emg ga niat hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh perut kembung krn kedinginan ya.

      Hapus
  18. Aku sudah beberapa kali tidur dibandara kak... tetap aja tak nyenyak..karena asal ada orang lewat langsung kaget gitu..sekali di changi dan sekali di kuala namu..tapi seru juga kalo ingat tidur dibandara ini, efek menghemat pengeluaran hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa hemat uang banyak ya

      Hapus
  19. Aku penasaran juga mba pingin ngerasain tidur di bandara.. Kalo tipe tidur, aku yang ketemu bantal langsung pules.. haha.. Mesti bareng temen ya kalo gitu.. Tipsnya oke banget nih berdasarkan pengalaman pribadi.. Tas dipeluk, dipasang ke badan salah satu cara biar aman juga ya.. Ternyata gak semua bandara ngebolehin orang nginep ya? Aku pikir bisa semuanya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di terminal alias di bagian dalem ngak semua boleh. Tapi kalau di luar bisa , asal ada tempatnya hehehhehe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.