Traveling Review Tips Traveling

Pengalaman Naik Asiana Airlines ke Korea Selatan

Sesuai Budget, kalau bisa paling murah!. Begitu motto saya dalam mencari tiket pesawat terbang. Tapi kalau murah, makanannya ngak enak, ruang kabinnya sempit sementara harus berjam-jam di atas pesawat…wahh tak usah ye!. Dalam trip terakhir ke Korea Selatan, Mbak Turis kebetulan menggunakan Asiana Airlines yang terbilang harganya  cukup ekonomis dengan pelayanan yang maksimal.
Saya pernah dengar dari teman, kalau Asiana Airlines makanannya enak, cocoklah dengan lidah orang indonesia. Abis saya kan makannya banyak, kalau sampe perut bunyi kriuk..kriuk karena lapar, kasian Babang tamVan yang duduk di sebelah dong ah.
Kabarnya lagi, Kabinnya pun lega karena menggunakan Airbus 330 dan harganya cukup terjangkau. Yuk mari, simak pengalaman saya naik pesawat Asiana  Airlines ke Korea Selatan.
Sebenarnya sih, maskapai penerbangan paling hitz di Korea Selatan adalah Korean Air. Lah iya, namanya aja pakai embel-embel negara asal, udah pasti maskapai andalan. Cuma, harganya ngak andalan buat saya karena mahal. Tipe traveller kayak saya, ngak mampu kalau naik Korean Air. Bisa aja sih, kalau untung lagi ada promo, tapi  saat saya butuh tiket ke korea, lagi ngak ada promo. Sementara, saya udah ngak tahan mau ketemu Oppa ganteng di Korea. Pokoknya, Maskapai mana aja deh diambil yang penting angkat koper.

Setelah cari-cari referensi, pilihan saya pun jatuh pada Asiana Airlines. Sebelum saya jabarkan kenapaaaa sihh, saya pilih naik Asiana?. Kenalan dulu deh dengan maskapai penerbangan asal Korea selatan yang sudah hampir 30 tahun mengudara.

Tentang Asiana Airlines

asianaairlines/instagram
asianaairlines/instagram
Asiana Air merupakan maskapai penerbangan asal Korea Selatan yang merupakan anggota Star Alliance. Biasanya hanya penerbangan dengan fasilitas, jam terbang dan kualitas baik yang menjadi anggota.
Untuk penerbangan domestik Asiana terhubung dengan Gimpo International Airport. Artinya kamu bisa naik Asiana kalau mau ke kota lain di Korea misalnya ke Jeju atau ke Busan.

Sementara untuk jalur internasional terhubung dengan Incheon International Airport.

Fasilitas Dalam Kabin

Akupuntur yuk! 
Saya menggunakan Airbus 330 dari Jakarta menuju Seoul menempuh sekitar 7 jam dari Jakarta.  Sesuai dengan kapasitas jenis pesawat, kabinnya terdiri dari 3 baris. Biasa lah lega dan Acnya kenceng.
Kamu akan mendapatkan bantal kecil, ear piece dan selimut. Please yang jangan dibawa pulang :).
Layanan tv dan musik tersedia tapi ngak ada colokan USB kayak di Emirates atau Qatar. Lumayan kan buat charging hand phone kalau ada colokan kabel data USB. Filmnya, lumayan banyak terutama film box office Korsel. Lagunya lumayan banyak, Alhamdulillah play list sepanjang masa saya ada. Backstreet Boys! 🙂
Sesaat setelah pesawat siap landing, kamu akan dipandu untuk mengikuti akupuntur ala Korsel melalui layar tv di depan mu. Titik akupuntur agar tidak lelah atau mengalami Jet Lag akibat penerbangan. Lumayan lah, biar rileks dikit.
Toiletnya bersih karena dibersihkan di tengah penerbangan. Tersedia sikat gigi, odol hingga lotion alias pelembap ala Korea.

 

Makanannya di Asiana Airlines

Menu sarapan Omelette
Menu sarapan Bubur jamur ala Korea
Bimbap nasi campur ala Korea 
Saat menuju Seoul, saya dapat satu kali makan besar dan satu snack atau kudapan. Snack berupa sandwich diberikan 30 menit setelah pesawat lepas landas.
Kebetulan saya tiba di Seoul pagi hari, jadi makanan yang diberikan adalah menu sarapan. Pilihannya Omelet atau sejenis bubur. Saya pilih Omelet, tapi saya perhatikan hampir semua Oppa dan Onnie di pesawat pesannya bubur jamur.
Saat kembali ke Jakarta, saya juga mendapatkan sandwich dan pilihan menu makan malam berupa Bimbimbap, sejenis nasi campur Korea. Saya kebetulan udah makan Bimbap di pinggir jalan Seoul and i love it,  jadi pilihan saya itu. Oh ya, pilihan lainnya adalah ayam..duh bosen amat makan ayam mulu.
Bimbapnya enaaaaak banget. Tak perlu khawatir bingung campur aduk nasinya, ada kertas panduannya. Duhh enak bangeet deh.

Kisaran Harga Pesawat Asiana ke Korea 

Lalu, berapa sih tiket pesawat naik Asiana Airlines dari Jakarta ke Seoul. Kalau kamu beli jauh-jauh hari atau lagi promo akan jauh lebih murah. Saya beli kisaran harga 5jutaan.
Bagasi 32 kg  maksimal untuk penumpang kelas ekonomi. 32 kg bagi dua ya, tidak bisa dalam satu koper. Triknya, kamu bawa dua koper! Satu koper 23 kg, satu koper lainnya 9 kg sisanya masuk ke kabin.
Maksimal produk liquid 60ml. Aerosol hingga power bank tak boleh masuk bagasi or cabin ya. Tentang Power bank aturan baru di awal tahun 2018 nih.
Kalau kamu ada rencana ke Korea Selatan Asiana Airlines bisa jadi pilihan maskapai penerbangan dengan harga terjangkau dan pelayanan prima.
Selamat jalan-jalan!
Liebe,
Turis Cantik

 
 
DISCLAIMER: Tulisan merupakan pengalaman penulis. Bukan sponsored post dengan pihak maskapai. Review merupakan bentuk kepuasan pelanggan atas fasilitas yang diberikan maskapai penerbanyan ybs.
 

Leave a Reply

Instagram