3 Sunblock Andalan Saat Traveling

Januari 16, 2018




SUNBLOCK ANDALAN SAAT TRAVELING  - Sunblock sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan pengaruh buruk sinar matahari pada kulit. Pernahkah kamu merasa kulit menjadi kusam, belang hingga hitam pasca traveling? Tak harus trip ke pantai, traveling di dalam ruangan pun kulit  tetap harus terlindungi. Untuk itulah Sunblock harus menjadi andalanmu dalam melindungi kulit saat traveling.


" Mbak Turis habis ke pantai sih jadi kulitnya agak gelap dikit!" Begitu biasanya komentar teman setelah saya pulang kembali ke rumah pasca melanglang buana. Kulit gosong karena terbakar sinar matahari pasti sulit kita hindari saat liburan ke pantai, salahnya lagi dulu saya jarang pakai tabir surya. Rasanya risih, lengket dan males kalau harus dioles berulang kali di kulit.

Dulu sih, saya belum paham jenis sunblock yang cocok untuk traveling. Ternyata tak semua sunblock cocok untuk dibawa ke pantai atau perlu ngak sih pakai sunblock saat musim dingin? Sebelum kita bahas lengkap, kamu perlu tahu dulu dong apa sih alasan kulitmu harus menggunakan tabir surya.

pic:pixabay


Mengapa kamu harus pakai tabir surya?


Sinar matahari punya sinar UVA dan UVB yang punya pengaruh buruk pada kulit. Efeknya mulai dark penuaan dini hingga kanker kulit.  Hal paling mudah untuk mengingat bedanya dua sinar ini adalah melihat kepanjangan dari huruf inisial di belakngnya. UV- A ( Aging ) dan UV- B ( Burning ).

Efek UV A pada sinar matahari akan membuat kulit kita mengalami penuaan dini dengan cepetnya timbul keriput. Meskipun banyak faktor lain yang membuat penuaan dini terjadi, namun dalam banyak penelitian paparan sinar matahari langsung punya andil paling besar atas hal ini. 

Selain keriput, kulit bernoda hitam  atau kecoklatan juga pertanda kalau kamu mengalami efek buruk sinar UVA. Sinar inilah yang mampu menempus ke kain atau kaca dalam ruangan. Jadi bukan berarti saat di dalam rumah kamu tidak membutuhkan sunblock.

Sementara sinar UVB biasanya akan memberikan efek kulit terbakar atau burning pada kulit. Kulit akan terlihat belang atau lebih gelap setelah terkena paparan sinar matahari.

Jadi pastikan kamu memiliki sunblock yang punya perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB dengan label ' Broad Spectrum'  pada kemasan sunblock. Artinya produk tersebut sudah memiliki perlindungan ganda atas efek buruk sinar matahari baik sinar UVA atau UVB.

Apa Bedanya sunblock dan suncreen?


Banyak yang bingung penggunaan sunblock dan suncreen, namanya saja beda fungsinya pun berbeda.

pic: pixabay


Sunscreen


Merupakan lotion cair kimiawi yang merupakan penyaring sinar matahari sebelum masuk ke epidermis kulit kita. Biasanya tekturnya agak ringan dan transparan.

Sunblock


Mengandung Zinc Oxide atau Titanium Dioxide yang berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari. Tekturenya biasanya lebih kental dan berwarna putih susu. Bila kamu berjam-jam ada di luar ruangan atau beraktivitas di pantai pastikan menggunakan snblock bukan sunscreen.

Berapa SPF yang harus digunakan?


SPF  atau Sun Protection Factor merupakan indikator seberapa kuat produk tersebut melindungi kulit dari paparan sinar UVB dan UVA.  Kalau menurut saya, untuk traveling minimal SPF 25.

pic:pixabay


Jangan lupa gunakan 15 sebelum keluar rumah dan ulang kembali pemakaian setiap 4 atau 6 jam.
Lalu, sunblock apa yang cocok untuk dibawa traveling? Ternyata tidak semua cocok loh.




 

4 kriteria Sunblock untuk Traveling


1. Tekture


Meskipun sunblock pada umumnya memiliki tekture yang kental namun banyak merk yang punya formulasi gampang menyerap ke kulit.

2. Kandungan


Saya anti paraben dan parfume jadi buat saya dua kandungan ini harus hilang dari produk yang saya gunakan.  Saya juga selalu mencari produk yang water resistant alias tahan air dan keringat. Meskipun tidak sepenuhnya tahan air jug sih hahahha.

3. Kemasan


Untuk travelling biasanya saya memang mencari sunblock yang ukurannya kecil atau travel size. Tapi kalau tidak ada, biasanya saya masukkan lagi ke tempat khusus seperti jars atau bekas tempat lensa kontak. Saya juga sangat suka sunblock yang berbentuk spray. Tapi berhubung kini ada peraturan tidak ada bentuk spray atau aerosol yang masuk cabin dan bagasi pesawat, sunblock berbentuk spray agak jarang saya bawa.

4. Harus Multifungsi


Semua hal baik kosmetik dan skincare saat traveling lebih baik multifungsi. Carilah sunblock yang dapat digunakan untuk wajah dan tubuh, jadi kamu cukup bawa satu produk untuk semua kebutuhan.

Dari sekian banyak sunblock yang pernah saya bawa traveling, saya pilihkan 3 produk yang selalu menjadi andalan.

3 Sunblock Andalan Turis Cantik





1. Neutrogena 



Sudah sekitar 5 tahun saya pakai produk ini. Punya kadar SPF paling tinggi 45, diantara koleksi sunblock saya yang lain. Produk ini memang jarang bisa dibeli di Indonesia, beli online pun jarang ada yang tahu. Saya beli di toko farmasi di Singapura, selalu pesan lewat teman atau khusus meminta online shopper membelikannya langsung. Harganya kisaran Rp 120.000

2. Skin Aqua




Produk asal Jepang ini kini memang jadi primadona. Produk ini mudah kini dapat ditemukan di Indonesia. Paling saya suka dari produk ini adalah tekturenya yang sangat mudah menyerap ke kulit. Dapat digunakan untuk seluruh tubuh dan kemasannya mungil jadi travel friendly banget.


 

3. Erhalogy




Saya baru pakai produk ini satu tahun terakhir. Sunblock ini diformulasikan khusus untuk jenis kulit acne prone. SPFnya hanya 30 jadi saya harus oleskan lagi setiap 6 jam sekali. Sayangnya, produk ini hanya dapat digunakan untuk wajah. Produk ini bisa dijual bebas tanpa harus perawatan dokter di klinik Erha 21.



Sunblock penting sekali untuk merawat kesehatan kulitmu selama traveling. Bukan sekedar menghindari kulit gosong pasca terkena sinar matahari, tapi juga menjaga kesehatan kulitmu untuk jangka panjang. Pastikan selalu membawa sunblock andalanmu saat traveling

Yuk jalan-jalan tanpa kwatir kulit menjadi hitam :)


Liebe,
Turis Cantik




Keep In Touch With Turis Cantik!

 






51 komentar:

  1. Di pasaran Kudus baik itu di pasar, toko kosmetik ataupun mall jarang sih ya Mbak yang jual sunblock yang SPF nya tinggi-tinggi, paling tinggi juga cuma 30. Tapi aku belum pernah nyari lewat OLshop sih, ada kali ya Mbak kalo di OLShop?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua ada di online shop mbak, tapi yang erha aku agak ragu. Tapi kalau dicari sih ada.

      Hapus
  2. Aq sering kelupaan yang namanya pakai sunblock saat keluar rumah. Harus selalu di ingat2 ini untuk pakai sunblock

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaahhh jangan lupa pakai ya mbak hehehe

      Hapus
  3. Makasih infonya mba Turis 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya Sandra ;)

      Hapus
  4. Aku suka banget SM sunblock mba . Saking sukanya didalam rumah aja dipake hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau di rumah memang tetep harus pake mbak Amalia

      Hapus
  5. Wah saya baru tahu Erha ada produk khusus sunblock-nya. Saya kira harus konsultasi dulu di kliniknya hehe :D

    Oiya untuk sunscreen biasanya penggunaannya di saat apa aja mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sunscreen untuk keluar rumah sebentar mbak Chacha, kalau agak lama lebih baik pakai sunblock

      Hapus
  6. wahh baru tahu kalo sunscreen beda ya sama sunblock..ehmm beklahh

    BalasHapus
  7. Wahh mbak turis meracuni aku dengan sunblock nih, hahahaha. aku jadi mupeng sama erha nya mbak hihihi.

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha coba ya mbak Meta ;)

      Hapus
  8. Aku kepo sama pengen coba Neutrogena.. Kalo skin aqua ada kandungan yang kurang sreg karena lagi menyusui..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat ibu hamil dan menyusui tiga produk diatas kayaknya tidak aku rekomendasikan. Kamu bisa coba produk Lush atau body shop mbak

      Hapus
  9. bener banget... duluuuu (ketika masih mudaaaaaaa dan pelit... hahahaha) saya meremehkan membawa sunblock jika jalan2. Buat apa? Ntar juga kulit balik lagi. Ealah, semakin tua... kulit yg udah gosong kena matahari lamaaaa baru balik.... Plus perih pulak kena sinar matahari.... Jadilah skrg kapok dan bela2 in bawa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, selalu bawa sunblock ya mbak Ria.

      Hapus
  10. Jadi tahu deh bedanya sunblock sama sunscreen. Hmm, padahal selama ini malah cuma pakai body lotion yang ber-spf saja xD Harus beli sunblock nih biar gak gosong, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPF ngak harus tinggi banget mbak, tergantung kebutuhan aja.

      Hapus
  11. Dulu kulit mukanya suka ada kutil kecil-kecil, waktu dicauter di sebuah klinik, dokternya bilang salah satu penyebab munculnya kutil itu karena sinar matahari. Jadi biar nggak muncul lagi harus pake sunblock/sunscreen. Sejak itu jadi rajin pake sunscreen meski cuma di rumah. Jadi pengen nyobain neutrogena ah, kebetulan di sini gampang nyarinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *kulit muka saya, maksudnya ��

      Hapus
    2. Sekarang harus pakai terus mbak Alfa.

      Hapus
  12. Iya Mbak, saya baru tahu juga merk neutrogena.... :) Makasi insightnya, kalau dilihat dari lamanya pemakaian kayanya prosuk ini paling favorit ya Mbak Mut?

    BalasHapus
  13. Terima kasih sharingnya, Mbak..kebetulan saya butuh banget informasi ini.

    BalasHapus
  14. penasaran mau cova yang neutrogena... waktu itu Uni pakai yang skin aqua tapi udah beralih ke biore :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah pakai biore Uni

      Hapus
  15. Aku baru tahu sunblock Neutrogena harganya ngga jauh beda dari Biore UV Watery Essence. Jadi pengen coba meskipun saat ini Biore masih andalanku. Thanks for sharing, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dulu win, udah dua tahun belum habis. kalau pun naik palingan 150an ya

      Hapus
  16. iya menggunakan tabir surya penting banget ka agar kulit tetap terjaga, apalagi yg sering main ke laut.. aduh gak mau dong kulitnya jadi gak cantik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke pantai tidak pakai sunblock kulit pasti periiiihh

      Hapus
  17. saya pakai sunblock dari erha dan aku kira spfnya udah tinggi ternyata ada yang lebih tinggi lagi toh..
    harganya juga pasti mehong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Erha memang agak mahal mbak, sayang ya hiks :(

      Hapus
  18. aku sih sayang banget sama skinqua hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Favorit banyak orang ya mbak

      Hapus
  19. Kalo kata temen sih wardah bagus mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi ada kandungan parabennya mas

      Hapus
  20. jadi pengen nyoba skin aqua. biasanya pakai innisfree.

    BalasHapus
  21. Kalau untuk pria kayak daku rekomennya yg mana kaka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana aja bisa, tidak tergantung gender kok

      Hapus
  22. Nah, ini. Saya masih suka kelupaan. Padahal penting pakai sunblock

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting mbak sebagai bagian dari pencegahan penuaan dini pd kulit.

      Hapus
  23. aq baru tahu bedanya sunblock sm sunscreen, hihihi pakenya selama ini merk nivea sama vaseline,, pengen nyoba yang aqua skin,, tfs mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg punya dua merk itu mbak, untuk digunakan sehari-hari atau tidak saat keluar rumah.

      Hapus
  24. Anonim11:03 AM

    penting nih infonya buat saya yang suka sesepedaan ... saya sih pakainya sunblock .. harusnya pakai juga sunscreen ya.. biar lebih oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas keren bngt masih perduli kesehatan kulit, makin semangat dong sepedahannya.

      Hapus
  25. Aku dulu juga paling males pake sunblock. Tapi akibatnya kalo udah keenakan main matahari di pantai kulit jadi gatal terus perih. Nggak lagi-lagi deh. Sekarang tiap main ke pantai dan ketemu matahari pasti rajin pake sunblock. Sunblock jaman sekarang juga lebih enak, wangi nya nggak menusuk dan cenderung sejuk saat dipakai di kulit. Kalo aku sih pake yang warna oranye itu.
    Aku pengen nyobain sunblock rekomendasi nya mbak Turis yang no.3. Kebetulan kulitku gampang jerawatan dan cenderung muncul jerawatnya setelah pulang liburan. Moga-moga pake produk itu bisa cocok.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.