Selasa, 26 Desember 2017

Jalan-jalan di Korea Selatan Part-2




Jalan-jalan di Korsel Part 2 - Awal musim dingin yang hampir membuat kaki membeku, tak menyurutkan semangat saya untuk kembali menjelajah sejumlah spot wisata di Korea Selatan.  Tulisan ini sengaja saya sebut Part-2, agar semua terangkum dalam satu tulisan. Isinya tentang trip hari 2, 3 dan 4 yang digabung menjadi satu. Tiga hari menyenangkan jalan-jalan di Korea Selatan karena saya banyak mengunjungi tempat wisata menarik. 


Diary Hari ke 2


Keselumit Kisah Winter Sonata di Pulau Nami



Kapal wisata menuju Nami Island

Pintu utama menuju Nami Island 

Musim dingin di Nami

Jejeran foto ikon drama Winter Sonata


Hari ini, saya akan bergabung dengan sebuah trip kecil untuk menuju Nami Island atau Pulau Nami, salah satu tujuan wisata paling populer di Korea Selatan. Sebuah bus membawa saya dan rombongan dalam dua jam perjalanan, melalui jalur darat menuju Pulau Nami. 

Sepanjang jalan, atap pemukiman warga hingga jalan setapak hampir seluruhnya tertutup salju. Mungkin tadi malam, salju turun    cukup deras di wilayah ini. Saya sengaja tak tertidur, perjalanan dua jam dengan pemandangan kece  rasanya sayang bila diilewatkan.

Menuju Nami Island, ternyata harus ditempuh lewat jalur sungai dengan menggunakan kapal wisata. Hanya 10 menit, saya pun sampai di Nami Island.

Pulau Nami, merupakan kawasan hutan dengan aneka macam pepohonan yang dikenal setelah drama Winter Sonata booming di seluruh dunia. Dari sebuah tempat biasa, kini Nami menjadi salah satu destinasi wisata paling populer.






                                       BACA JUGA: 5 TEMPAT MENARIK DI RUSIA


Istana Gyongbokgung


Bagian utama Istana

Foto di bagian depan istana

Pintu keluar menuju ke pusat kota Seoul



Sore menjelang, saat saya tiba di Istana Gyeongbokgung. Sayang istana itu tutup pukul 5 sore, saya hanya punya dua jam untuk keliling istana yang berada di pusat kota Seoul itu. 

Istana Gyeongbokgung merupakan tempat tinggal Raja dan keluarganya di masa Joseon. Istana ini, memang megah dengan rancang bangun yang indah. Setiap sudut istana, punya guratan indah yang layak menjadi spot foto yang cantik.

Sebenarnya, ada tempat penyewaan pakaian tradisional Hanbok, kita bisa swa foto dengan suasana istana dan pakaian yang dikenakan di masanya. 

Tapi sayang, suhunya dingin sekali, jangankan memakai Hanbok, membuka sarung tangan pun saya harus mengigil kedinginan. Saya harus ke istana lagi dengan musim yang berbeda, tentunya dengan membawa peralatan motret yang mendukung agar hasil foto lebih maksimal. Tempat ini sayang banget dilewatkan bila kamu suka swa foto.






Diary Hari ke -3


Tak terasa, sudah hari ketiga di Seoul. Suhu mulai menghangat, saatnya kembali menjelajah kota tempat tinggal Oppa Gong Yoo ini.  Hari ini saya ke tiga tempat yang semuanya gratis alias tidak perlu bayar untuk masuk ke spot wisatanya.

Namsam Hanok Pedesaan Tradisional Korea



Perkampungan tradisional korea

Bukchon Hanok Village adalah kawasan kampung rumah tradisional Korea yang terletak di area Bukchon . Tempat ini dulunya adalah tempat tinggal para bangsawan dan pejabat tinggi dinasti Joseon. Layaknya permukiman penduduk, isi tempat ini lengkap sekali. Mulai dari saluran irigasi,dapur umum, aula atau tempat berkumpul hingga sumur di tengah desa yang masih terpelihara dengan baik. . Sebenarnya masuk pedesaan ini paling pas menggunakan Hanbok atau pakaian tradisional korea agar lebih menghayati. Penyewaan Hanbok ada di depan pintu masuk, penjualnya bisa bahasa Indonesia loh :) . #turiscantikekorea #turiscantikdotcom #turiscantik #bukchonvillage #bukhonhanokvillage #seoul #visitseoul #southkorea #visitsouthkorea #tradisionalvillage #koreantradisionalvillage #koreantourismboard #wanderlust #wanderer #aroundtheworld #traveltheworld #travelaroundtheworld #travelblogger #travelgram #instago #instatravel #bloggerlife #wheninseoul #likeforlike #like4like
A post shared by Turis Cantik (@turiscantikdotcom) on





Memasuki gerbang utama Namsangol Hanok Village, seakan masuk ke mesin waktu ratusan tahun lalu. Terletak di bagian utara pegunungan Namsan, tempat ini merupakan kawasan pedesaan tradisional korea. 

Kamu bisa melihat langsung lima rumah tradisional korea, aula  pertemuan, taman tradisional, hingga tempat pertunjukan yang digunakan di masa lampau. 

Di masa dinasti Joseon, pedesaan ini merupakan tempat tinggal kaum ninggrat dan bangsawan.




National  Palace Museum Seoul


Butuh setengah hari keliling museum ini

Naskah puisi salah satu koleksi museum



Mahkota raja di masa Joseon

A post shared by Turis Cantik (@turiscantikdotcom) on




Berbeda dengan museum lain, National Palace Museum hanya memuat replika istana dan semua perangkat di dalamnya. Sejak dibuka tahun 1992, museum ini menjadi salah satu tempat favorit karena memuat replika 20.000 empat istana di masa dinasti Joseon.  Masuknya gratis jadi pastikan kamu datang ke sini ya.



Menyongsong malam di Seoul Tower


Salah satu landmark kota Seoul adalah Seoul Tower. Dulunya tempat ini adalah pemancar siaran televisi dan radio di Korea Selatan, itu lah sebabnya lokasinya berada di wilayah  paling tinggi di Seoul. 

Kini pemancar siaran tv atau radio ditempat ink sudah tak digunakan, namun justru dijadikan lokasi wisata di Seoul.

Menuju tempat ini, kita harus jalan menanjak dari parkiran mobil atau bus. Di kanan dan kiri jalan, banyak orang Korea baik tua dan muda berolahraga dengan menanjak jalan berbukit menuju Tower.

Malam kian menjelang, saat saya sampai di puncak Tower dengan pemandangan Seoul di malam hari. Sayang blitz kamera saya rusak, jadi susah deh mau motret karena gelap. Kaki pegal sekaligus hati happy karena sudah datang ke sejumlah tempat yang telah lama diimpikan.




Diary Hari ke -4


Sensasi Menggunakan Hanbok



Hanbok pakaian tradisional Korea


Gangnam yang sibuk
Pakai Hanbok adalah hal yang harus kamu coba saat datang ke Korea Selatan. Biasanya di sejumlah spot wisata seperti Istana kerajaan akan ada tempat penyewaan hanbok . Kalau mau gratisan kamu bisa coba foto pakai hanbok di #koreantourismboard  atau Tourist Information Office di sejumlah tempat misalnya di Seoul atau Hongdae. Kalau mau print langsung foto bayaranya 1000 won, kalau mau gratis bisa foto studio dengan latar ala korea yang hasilnya bisa dikirim ke email pribadimu . Dua kali hampir jatuh saat pakai Hanbok karena roknya lebar dan menjuntai ke bawah. Mungkin karena saya agak semampai ya ( semeter tak sampai ) hahhaha. . #turiscantikekorea #turiscantikdotcom #turiscantik #hanbok #koreanhanbok #seoul #visitseoul #southkorea #travellinginseoul #travelling #travel #instatravel #instago #trip #wanderlust #wanderer #traveltheworld #aroundtheworld #backpacker #solotraveller #likeforlike #like4like
A post shared by Turis Cantik (@turiscantikdotcom) on




Pagi menjelang, saat saya naik kereta api commuter menuju kawasan paling elit di Seoul bernama Gangnam.

Tak sempat menggunakan Hanbok di areal terbuka karena kedinginan, saya pun memilih lokasi indoor atau studio untuk melakukan sesi foto menggunakan Hanbok.

Ternyata pakai Hanbok agak sulit karena bagian rok bawahnya amat sangat lebar. Saya yang tak terbiasa mengenakan rok, harus berhati-hati karen beberapa kali hampir terjatuh.

Hanbok adalah pakaian tradisional paling simple yang pernah saya gunakan, karena hanya ikat beberapakali kali (tergantung  model), bentuk kainnya juga mengembang jadi tidak membuat sesak saat digunakan. Terasa menjadi putri raja dinasti Joseon.

Tak terasa, besok adalah hari terakhir di Korea Selatan...Ahhh rasanya tak ingin pulang karena mulai kerasan di sini hehhehe. Hari terakhir di Seoul akan ada ditulisan selanjutnya ya. Video lengkap Nami bisa dilihat di video youtube saya ya. Senangnya bisa melewatkan hari-hari menyenangkan di Korea Selatan.


Liebe,
Turis Cantik 







Keep In Touch With Turis Cantik!

 





30 komentar:

  1. Boleh nih, jadi referensi untuk pergi ke Korea. Tapi nabung dulu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk nabung, tahun depan pun aku mau ke sini.

      Hapus
  2. Kalau berkesempatan ke Korea Selatan, mau banget foto pake pakaian tradisionalnya kayak kasim-kasim di serial Jang Geum itu hahaha. Kayaknya unik dan jadi pengalaman yang seru ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah kyknya semua orang ingetnya Jang Geum ya

      Hapus
  3. Gara-gara drama Winter Sonata pulau nami ini jadi terkenal seantero dunia. Dan orang Korea memang jago banget mempromosikan objek wisata lewat drama mereka yang memang bagus. Oh ya aku pengen banget di foto pakai baju Hanbok itu terus di sebelahnya ditaruh foto Jang Geun Suk hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dinas pariwisatanya pinter banget menggaet wisatawan.

      Hapus
  4. I wanna go there. Someday. Maybe. Hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sedih kak, ayo nabung hehehhe.

      Hapus
  5. Menarik sekali, sudah lama pengen kesana, semoga kesampaian aamiin

    BalasHapus
  6. Wah seru... Btw, kalau ke korea pasti ingat drama2 nya dech. Pingin makai hanbok. Kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo kapan mbak hehehe. Semoga one day bisa ke sini juga ya.

      Hapus
  7. Terus terang saya bukan pecinta drakor atau musik K-pop, tapi Korea Selatan memang menggoda ya. Bookmarked dulu tulisan ini. Buat bahan contekan ke Korea ntar. Amiin.

    BalasHapus
  8. wow.. asyik banget kak bisa jalan2 ke korea, korea ini salah satu negara impian aku banget, tapi budget nya gede.. kapan ya aku bisa ke sana, aku jadi iri nih sama kakak... heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak gede kok kak, dicicil dan tabung aja pasti bisa.

      Hapus
  9. Bisa2 saya jadi baper nih kalau ke Korea..
    Mesti nabung nih..ke luar masak malay,singa mulu..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk nabung kak hehehhe, aku juga nabung setahun.

      Hapus
  10. suka gaya penulisan artikelnya.sederhana dan informatif. Salam kenal

    BalasHapus
  11. Mba, aku masih maju-mundur mau ke Korea. Dulu sih pas masih ngikutin Running Man dan K-pop boyband generasi Big Bang, Suju, DBSK dll pengen banget mau ke sana. Tapi kok ya sekarang jadi ragu, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha jangan ragu2, tapi better ke jeju aja atau ke Jepang sekalian.

      Hapus
  12. Koreaaaa makin heits banget yah.
    Denger - denger banyak banget wisatawan Indonesia yang kesana, jadi kalau lagi ngantri di imigrasi atau lagi ke destinasi wisata bekas lokasi film, pasti banyak orang kita disana. Akuuu mau ke Korea buat beli skincarenya *eeeeh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya skrng malah jadi spot wisata mbak, tapi berhubung saya ngak suka2 banget jd dteng ke yang umum aja hehhehe

      Hapus
  13. Nami island nya cakeeeep, hope someday I'll be there too....

    BalasHapus
  14. Korea itu, negara impian para perinta drakor, wkwk :D seru sekali ya kak jalan-jalannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suka kdrama memang harus ke sini terutama ke nami hheheh

      Hapus
  15. cakepppp pake hanbok :) gak bawa pulang satu set? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaha mau satu set sama oppa

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 · TURIS CANTIK | THEME BY RUMAH ES