Kamis, 23 November 2017

Jelajahi Romantisme di Kota Minyak Balikpapan


sumber: sindonews 


Kendati namanya mengusung unsur ‘papan’, Balikpapan tidak lantas terkenal karena hasil papan kayunya. Kota ini justru sangat terkenal dengan hasil bumi berupa minyak. 

Sejak sumur minyak bernama Mathilda yang berada di kaki Gunung Komendur mulai digarap pada tahun 1897, pengeboran minyak lainnya bermunculan. Kini jika mengunjungi Balikpapan, kamu bisa menemukan beragam pertambangan.

Eits, tenang dulu. Kendati Balikpapan kini dikenal sebagai surga pertambangan, bukan berarti kota ini tidak memiliki daya tarik lainnya. Selain kawasan pertambangan yang identik dengan pekerjaan keras dan melelahkan, Balikpapan juga memiliki kawasan yang romantis seperti berikut ini.

Pantai Kemala


Sebagai kota pelabuhan terbesar di pesisir timur Borneo, Balikpapan dikelilingi oleh banyak pantai. Salah satunya yang menjadi favorit terutama di kalangan anak muda adalah Pantai Kemala. 

Keindahan pantai ini memang sangat menggoda: hamparan laut biru yang luas dipadu dengan pasirnya yang berwarna putih. 

Memang, pantai ini bukanlah pantai privat yang akan lebih cocok jika dinikmati hanya berdua dengan pasangan. Kamu harus rela berbagi kecantikan pantai, terutama ketika menjelang matahari terbenam. 

Namun, duduk bersama di atas hamparan pasir putih atau sekadar menikmati sajian di berbagai tempat makan di pinggir pantai sepertinya bukan ide yang terlalu buruk.

Pantai Lamaru


Nah, jika Kamu ingin mencari pantai dengan suasana yang lebih tenang, datanglah ke Pantai Lamaru. Namun, hindari mengunjunginya saat akhir pekan. Di hari-hari biasa, Kamu bisa lebih relaks menikmati paparan sinar matahari di atas pasir putih dengan latar suara ombak yang khas. 

Cantiknya lagi, putihnya pasir di Pantai Lamuru menyerupai pasir di Danau Kaolin, Bangka.  Kamu yang sudah pernah ke sana tentu kira-kira bisa membayangkan bagaimana eloknya Pantai Lamaru, bukan?

Hutan Bakau Margomulyo


Selayaknya hutan bakau pada umumnya, Hutan Bakau Margomulyo juga kurang lebih sama. Jembatan kayu yang tidak terlalu lebar diapit oleh hutan bakau yang hijau di sisi kanan dan kiri. 

Ada pula gazebo yang disediakan untuk mengistirahatkan kaki dan bersantai, serta menara intai untuk menikmati pemandangan hutan bakau dari atas.

Jembatan kayu Hutan Bakau Margomulyo dibuat sepanjang 800 meter. Kamu dapat menyusurinya bersama pasangan sembari bercakap santai. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan dua hal sekaligus: olahraga dan romantisme. Menarik, bukan?.

Open House


Tidak hanya wisata alamnya saja yang dapat menjadikan Balikpapan romantis. Salah satu tempat romantis di Balikpapan lainnya adalah Open House. Sejenak, Kamu akan merasakan nuansa Bali di tempat ini. 

Kafe ini berada di atas bukit, menawarkan suasana yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama pasangan: tenang, asri, dan sejuk. Musik-musik santai yang dimainkan akan turut membuat waktu makan Kamu lebih santai.


sumber: tripadvisory

Sky Bar


Kamu tidak harus berkutat di Jakarta dan Surabaya saja untuk menikmati keindahan kota dengan gemerlapnya dari rooftop bar. Di Balikpapan, Kamu juga bisa mengajak pasangan untuk menikmati makan malam dengan pemandangan malam yang menakjubkan. 

Dari balik kaca floor to ceiling ruangan tempat kamu menikmati sajian, suguhan kerlip lampu kota akan mengantarkan efek romantis.

Rooftop bar yang satu ini bernama Sky Bar. Lokasinya berada di lantai delapan Gran Senyiur Hotel, Balikpapan. Di ketinggian sekitar 40 meter ini, kamu bisa menemukan romantisme ditemani sajian western, kopi, atau dengan segelas wine.

Menarik, bukan? Setiap daerah tentu menyimpan sisi romantismenya masing-masing, termasuk Balikpapan si kota minyak. 

Nah, jika kamu berencana mengunjungi Balikpapan, Airy siap membantu kamu dalam mendapatkan tiket pesawat garuda ke balikpapan. Selain lebih murah, lengkap, fasilitas pembelian tiket juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. 

Untuk memesan tiketnya, kamu dapat menggunakan website dan aplikasi Airy. Mudah dan praktis, kan? 

Yuk jalan-jalan lagi! 


Liebe, 
Turis Cantik

Keep In Touch With Turis Cantik!








15 komentar:

  1. Wahh kirain Balikpapan cuma ada perminyakan aja sama kebun2 sawit mba..
    Leh uga jadi pilihan wisata yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ternyata potensi wisatanya banyak.

      Hapus
  2. Ternyata di Balikpapan bnyak tmpat wisata yg keren, pantainya pasti masih asri. Penasaran sm daerah disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi tujuan wisata keren nih Mbak.

      Hapus
  3. Kampung ku di Pangkalan Berandan juga disebut kota minyak mak, duh jadi kangen kampung halaman nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya, aku juga pernah dengar tentang Pangkalan Berandan.

      Hapus
  4. Kakakku sempat lama tinggal di Balikpapan. Suaminya kerja di Pertamina. Tapi aku belum pernah nengokin kesana krn dia sering mudik ke Jawa. Hehehee. Sekarang sudah pindah semua ke Jakarta. Moga2 ada alasan lain buat jalan2 ke Balikpapan, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk jalan-jalan ke balikpapan

      Hapus
  5. Aku yang tinggal di Samarinda, malah belum sempat main-main lagi ke Balikpapan. hahaha. Open house itu keren juga tempatnya. Mudah-mudahan bisa mampir ke sana, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnnn semoga bisa ke open house ya

      Hapus
  6. Ya ampun aku pernah ke Sky Bar nih... waktu itu sama mantan sih.. wkwkwk..

    BalasHapus
  7. yg di foto paling bawah itu Open House apa Sky Bar mbak? (halah, nanya2... mang mau ke situ dlm waktu deket... heheheheh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajak aku mbak....ajak :D

      Hapus
    2. hahahaha banyak yang minta diajakin ;)

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 · TURIS CANTIK | THEME BY RUMAH ES