Setangkup semangat untukmu Ibu Hamil dan Pejuang ASI

20.53.00 turiscantik.com 24 Comments


" Kadang saya maunya di masakin Ibu, maunya di urut suami. Kayanya ngak pernah ngebayangin kalau hamil, melahirkan hingga menyusui ternyata TIDAKLAH MUDAH!"


Rina, Ibu muda berusia tanggung itu membuat mata saya berkaca-kaca, saat video berdurasi tiga menit mulai diputar.

Rina adalah gambaran diri saya tiga tahun lalu. Saat saya harus melewati fase 'Luar  biasa' saat mengandung dan melahirkan anak , jauh dari Orang Tua dan punya suami yang menurut saya ngak ada bantuannya sama sekali.

Belum lagi perjuangan untuk memerah ASI, terbangun setiap dua jam sekali untuk pompa ASI, tidur dua jam sehari, mengurus bayi sendiri.  Bahkan ,pergulatan lebih berat terasa saat tiga bulan terlewati dan saya harus kembali bekerja.

Sounds familiar? Mungkin kamu  juga pernah mengalami fase itu.

Let's Celebrate  The Extra Ordinary!

Ibu hamil dan menyusui memang perlu saling bergandengan tangan. Itulah sebabnya saya happy banget, saat Anmum mengundang saya dan Ibu pejuang ASI lainnya dalam kampanye #CelebrateTheExtraOrdinary!




Bertempat di Hotel Raffles yang di sulap berwana Lilac, saya pun kembali menimbun ilmu tentang apa sih pentingnya nutrisi ibu hamil dan menyusui? Bagaimana juga cara memproduksi ASI yang produktif yang ternyata juga dipengaruhi asupan gizi dan kadar stress.

Perjuangan Demi Setetes ASI

Salah satu narasumber yang menyita perhatian saya adalah Cynthia Lamusu. Siapa yang tak tahu tentang perjuangan Cynthia memperoleh buah hati. Setelah dinyatakan hamil dengan anak kembar, perjuangan pun tak berhenti disitu.



Tatjana dan Bima lahir prematur sehingga Cynthia harus berupaya mengejar ketertinggalan bobot bayi dengan asupan ASI. Pentolan kelompok penyanyi Be Theree ini pun mengaku berjuang keras demi mampu memberikan ASI pada kedua buah hatinya.

Perjuangan Cynthia Lamusu pun tak mudah loh, bahkan ia pernah naik ojek saat hujan demi memberikan botol ASI perah untuk kedua anaknya yang masih dalam inkubator.

Beruntung Cynthia punya Surya Saputra si Suami SIAGA alias Siap Antar Jaga. Surya yang juga pemain film dan penyanyi ini pun, selalu memastikan bahwa Sang istri tidak kelelahan dan tak kekurangan asupan gizi dan nutrisi selama menyusui.

Peran Suami penting banget loh Moms, untuk membantu Ibu pasca melahirkan.

Tantangan Fisik dan Psikologis Ibu Hamil dan Menyusui Indonesia

Hasil studi yang diterbitkan Pt Fonterra Brands Indonesia dan Anmum menyebutkan ada tantangan fisik dan psikologis yang dihadapi ibu hamil dan menyusui di indonesia.


Tantangan fisik dan psikologis yang umum terjadi meliputi:

- Ibu hamil mengalami perubahan fisik seperti morning sickness dan kelelahan.

- Masalah kesehatan mental seperti kecemasan, stres, baby blues hingga perubahaan mood terutama pascapersalinan ( selama menyusui ) juga terjadi.




Hasil studi yang dirilis tahun 2017 itu juga menyebutkan, para ibu Indonesia ternyata enggan mengungkapkan harapan mereka atas dukungan yang mereka butuhkan dari sistem pendukung seperti dari suami dan keluarga hingga teman. Pernah kan merasa capek, letih hingga lelah tapi sulit mengungkapkannya.

Tantangan fisik dan psikologis inilah yang membuat Ibu Hamil dan menyusui lupa akan pentingnya asupan gizi dan nutrisi yang harus di konsumsi.

Mengapa Ibu Hamil dan Menyusui Perlu Asupan Gizi dan Nutrisi yang baik?!

Dr. dr. Ali Sungkar SPOG ( K ) ketua perkumpulan Perinatologi Indonesia menyebutkan, selama kehamilan dan menyusui, para Ibu mengalami perubahan dan tantangan fisik dan psikologi. Itulah sebabnya, mereka  membutuhkan dukungan dari lingkungan sosialnya dan nutrisi yang tepat.






Ternyata Moms, 1.000 hari pertama kehamilan merupakan fondasi penting bagi masa depan anak. Kandungan paling penting yang harus dikonsumsi Ibu Hamil adalah Folat!

Mengapa Folat penting?

Folat biasa juga disebut vitamin B9 yang dapat menurunkan resiko atau mencegah cacat tabung saraf ( NTD ). Folat juga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dan anemia untuk ibu hamil.

Apa Asupan Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui?

Seorang Ibu pejuang ASI Maria Sastra Wijaya menyebutkan, asupan makanan bergizi dengan nutrisi seimbang sangat diperlukan, baik saat hamil maupun selama menyusui. Asupan susu sebagai sumber kalsium juga penting banget loh.


Senior Nutrition Manager Fonterra Brands Indonesia Ines Yumahana Gulardi MSc menyebutkan untuk menunjang nutrisi dan gizi ibu hamil dan menyusui bisa didapatkan dari Anmum Materna dan Lacta.







Anmum Materna menyediakan nutrisi mikro dan makro dengan Ganglioside ( GA ) dan DHA. Rasa baru Anmum Materna Chocolate juga memikiki rasa yang lebih disukai. Rasanya beneran enak banget loh.


Waktu saya hamil jarang minum susu karena rasanya agak 'berbau besi' tapi kalau ada susu hamil dan menyusui seenak Anmum, ngak ragu untuk minum Glek..Glek..Glek!


Buat saya hamil dan menyusui adalah proses Extraordinary yang patut nikmati dan penuh rasa 'Kekeuh'. Bila ada hal yang mungkin saya banggakan selain faktor akademis mungkin adalah berhasil memenuhi Hak Anak untuk mendapatkan ASI.


Just Remember Mom, You are stronger than you know! Let's celebrate your extraordinary journey!

Semangat yaaaa!!

Liebe,
Turis Cantik 






You Might Also Like

24 komentar:

  1. Semoga ibu2 hamil makin terbuka pikirannya untuk selalu memerhatikan kesehatan dirinya juga si kecilnya sebab hak si kecil ada di tangan si ibu yang sehat :)
    Anmum rasa es krim enak banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rasanya enak ya mbak :)

      Hapus
  2. Yes, I am strong! :)

    BalasHapus
  3. Kita harus kuat ya mba jadi orang tua... Perjuangan orang tua itu tiada batas.. Smngt!!!

    BalasHapus
  4. Rata-rata susu hamil emang nggak ramah karena bau besi ya, tapi Anmum ini beda. Aku yang nggak suka susu aja seneng karena rasanya kayak minuman coklat.

    BalasHapus
  5. Positive vibes dan support orang terdekat penting juga buat Ibu hamil dan menyusui. Thanks for sharing, mbak.

    BalasHapus
  6. iyess.. aku pun bangga bisa menyusui si abang samai 2 tahun. smoga adiknya juga bisa sampai 2 thn. jd ibu itu memang seru yaaa

    BalasHapus
  7. Yuuups asam folat penting banget nih buat baby. apalagi asupan pas hamil, cuma kadangan kenapa ya kalau aku minum susu suka mules perut nya pas hamil..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kadang ada yg begitu mbak, tapi anmum aku baru coba minum ngak bkn mules

      Hapus
  8. wah mbak ternyata datang ya, kita gak sempat jumpa. Aku juga kendala minum susu khusus bumil dan bumil krn eneg bau besi, tapi kemarin Anmum enak banget kaya es krim mencair hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saat hamil saya jarang minum susu krn rasanya nhak enak, tapi anmum rasa cokelat ini beneran enak.

      Hapus
  9. I feel you mak mengurus semuanya sendiri..ibu hebat.

    BalasHapus
  10. Ahhhh terharu sekali baca tulisan ini. Selamat untuk para Ibu dan Pejuang ASI di manapun berada, kalian memang Juara.

    BalasHapus
  11. Sama Mba, ketika lihat video Ibu rina aku pun seperti melihat diri sendiri. Memberikan asi itu butuh perjuangan memang.

    Jadi Mba Turis mau hamil lagi kan?

    BalasHapus
  12. Thanks banget informasinya mbak, persiapan untuk menjadi ibu nantinya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga disegerakan ya mbak :)

      Hapus