Kunjungi Pulau Derawan, Surga Kecil di Kalimantan Timur

10.53.00 turiscantik.com 9 Comments



Saya cinta dengan kekayaan alam Indonesia yang merupakan  aset wisata yang harus kita gencar promosikan. Salah satunya yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan wisata nasional adalah dengan sering jalan - jalan hehehe.

Sumber: jelajahinegeri.com


Nah, tujuan wisata kita kali ini adalah pulau indah yang berlokasi di Kalimantan Timur, Derawan! 
Meskipun jarak tempuh untuk menuju tempat wisata. Pulau Derawan cukup jauh, namun rasa lelah dalam perjalanan akan dibayar tuntas oleh keindahan alamnya. Sashlah satu cara untuk menuju ke sana, kamu  bisa menggunakan jasa maskapai penerbangan Kalstar.

Sebagai informasi, maskapai penerbangan yang bermarkas di Serpong tersebut membuka rute Jakarta menuju Berau pada tahun 2015. Nantinya, akan membuka rute baru lagi rute lainnya yakni dari Surabaya menuju Berau. Kembali ke tujuan wisata kita. Nah, dengan menggunakan maskapai Kalstar, kalian akan diantar menuju Kota Berau. Di kota inilah awal dari liburan kalian yang menyenangkan segera dimulai.

Dari bandara Kota Berau, kalian bisa langsung menuju ke pelabuhan Tanjung Batu untuk segera berkeliling menikmati keindahan kepulauan Derawan dengan menyewa sebuah perahu atau speedboat.

Sumber: mokemana.com


Derawan sendiri merupakan kepulauan dengan gugusan pulau-pulau kecil yang mengitarinya. Dari puluhan pulau tersebut, ada beberapa pulau yang bisa kalian singgahi, seperti pulau Maratua, Sangalaki, Daerawan, Biduk, Nabuko, kakaban, dan juga pulau panjang, yang kesemuanya memiliki keindahan dan keistimewaan masing-masing.

Seperti di pulau Kakaban, kalian bisa berenang ditemani ribuan ubur-ubur tanpa harus takut tersengat. Ada juga Pulau Maratua yang terkenal akan suasan romantisnya, di pulau ini pula terdapat deretan resort dengan pemandangan alam yang mempesona.

Untuk keindahahan bawah lautnya, Kepulauan Derawan tak perlu diragukan lagi. Tidak hanya ubur-ubur, jika kalian beruntung, kalian bisa punya kesempatan untuk berenang bersama puluhan penyu hijau. Tidak hanya itu, ratusan terumbu karang yang menawan siap menyambut kalian.

Kepulauan Derawan memiliki kurang lebih 460 spesies terumbu karang, hal tersebut menjadikan Kepulauan Derawan berada di posisi ke dua setelah Raja Ampat dalam hal kekayaan terumbu karang

Sumber: derawandivelodge.com


Keindahan bawah laut Kepulauan Derawan juga didukung oleh banyaknya spesies ikan karang, kurang lebih terdapat sekitar 832 spesies yang hidup di dalamnya. Tidak hanya tentang keindahan bawah lautnya, kalian juga bisa menyewa sepeda dari penduduk setempat untuk berkeliling pulau. 

Bersepeda santai di sore hari dengan pemandangan indah disekeliling tanpa bising suara mesin. Siapa yang tidak menginginkan pengalaman seperti itu?


Ada pula destinasi wisata selain laut dan pantai , destinasi wisata tersebut bernama Gua Haji Mangku. Gua yang berokasi di Maratua ini memiliki keunikan tersendiri.  Di dalam gua terdapat sebuah air biru jernih seperti layaknya kaca. Untuk sampai ke Gua ini, kalian diharuskan berjalan cukup jauh dan melelahkan.


Satu lagi destinasi wisata yang sayang bila kamu lewatkan. Labuan Cermin namanya! Seperti namanya, air di Labuan Cermin memang sangat jernih seperti cermin. Untuk menuju ke Labuan Cermin kalian wajib melewati sungai yang dipenuhi dengan tumbuhan bakau. Tapi tenang saja, selama perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan yang indah.

Sumber: anekawisataseru.net



Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Pulau Derawan, yaitu tahe-tahe. Tahe-tahe adalah makanan yang terbuat dari beras ketan putih dengan cangkang bulu babi sebagai wadahnya. Menikmati tahe-tahe akan lebih enak jika disajikan bersama olahan ikan dan juga sambal.

Oh iya, ada sedikit tips sebelum kalian berkunjung ke Kepulauan  Derawan, yaitu kalian harus menyiapkan uang tunai, karena di sana kalian tidak akan menjumpai mesin ATM.

Sudah siap untuk berkunjung ke salah satu surga tersembunyi di Indonseia? Cek dulu untuk info lebih rinci tentang tiket Kalstar, dan segera pesan untuk liburan kamu long weekend depan.


Yuk jalan- jalan ke Derawan!


Liebe,

Turis Cantik  

You Might Also Like

9 komentar:

  1. Wah indah sekali Derawan ini.
    Btw aku baru tau tentang tahe-tahe ini. Langsung googling tahe-tahe karena penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakep banget mbak ngak sangka di indonesia ada tempat ke kece itu

      Hapus
  2. Saya sudah lama mendengar indahnya Derawab dari saudara yang sudah pernah ke sana. Pergi ke derawan ini beneran trip yang menantang, karena perjalanan menuju ke sana tidak semudah seperti piknik ke losari atau ancol. Tapi worthy banget kayaknya ya, jadi pengen ke Derawan 😁.

    BalasHapus
  3. pastinya ke tempat begini juga mesti nyiapin power bank ya mbak :))))) Susah nyari colokan... temenku jg cerita tempat ini bagus banget dan masuk di wishlist...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha iya bener biar tetep bisa update di medsos ya

      Hapus
  4. Kepengen liat sendiri ubur-ubur nih.

    BalasHapus
  5. Biru hijau biru lagi hijau lagu, aku meleleh liatnyaaa....

    BalasHapus