Traveling Bersama Orang Tua? Ini Aturannya!

17.19.00 turiscantik.com 25 Comments



" We never know the love of a parent till we become parents ourselves" Henry Beecher 

Buat kamu yang sudah bekerja dan berpenghasilan, pasti punya cita-cita membahagikan orang tuamu. Ingatlah, selama Orang Tuamu   masih hidup maka kesempatanmu mendapatkan surga masih terbuka lebar. 

Bukan berarti juga kalau sudah wafat surganya sudah lewat, tapi saya yakin semua orang pasti ingin membahagiakan Orang Tuanya. Iya kan ?!



Terlepas dari betapa sayangnya saya dengan orang tua saya, tapi awalnya saya agak segan traveling dengan orang tua saya, terutama Ibu saya karena beliau tipe Pengeluh hehehe. 

Panas dikit ngeluh, haus ngeluh, macet ngeluh, makan ngak enak marah...ya mau gimana lagi sih ya, namanya juga orang tua maklumin aja.

Trus apakah saya pernah traveling bersama orang tua saya?! Pernah dong, naik kapal laut berhari-hari saat mudik ke Sumatera. Pernah juga ke beberapa negara di Asia Tenggara. 

Awalnya saya ragu mengajak mereka berlibur, tapi seperti halnya kita kepada anak kita, berlibur bersama orang tua akan merekatkan 'Bonding' Orang Tua dan Anak. 

Walaupun kita sudah dewasa saya rasa penting juga membagi kebahagian bersama Orang Tua yang melahirkan dan membesarkan kita, and let them see the world yang mungkin tak pernah dilakukan karena sibuk mengasuh kita ( Aduh jadi mau mewek :(

Saya juga beberapa kali trip bersama teman yang membawa serta orang tuanya. Mhhh..saya sebenarnya ngak masalah, tapi ternyata bila kamu traveling bersama orang tua yang sudah berumur, ada triknya juga loh. 

Agar kamu nyaman, orang tua happy dan trip kalian akan menjadi kenangan yang asik bukan yang asem :)



1.  Gunakan Transportasi yang Nyaman


Saya sangat memperhatikan moda transportasi yang digunakan saat trip bersama orang tua. Hindari jalan kaki yang berlebihan, karena usia mereka yang sudah tua membuat mereka mudah sekali lelah. 

Bila rute bisa ditempuh dengan baik Bus atau kereta, pilihlah moda transportasi yang lebih cepat dan nyaman dibandingan jalan kaki.


2.  Perhatikan Jam Makan dengan Baik


Melewatkan waktu makan akan membuat mereka semakin letih. Pastikan bawa cemilan atau buah di tas, saat kepepet bisa makan makanan ringan. Mood tentunya akan terjaga saat perut kenyang kan :)

3.  Buat Ittenary yang Detail


Biasanya sebelum trip saya akan menjelaskan ke mereka kemana kami akan pergi, rutenya mana aja, naik apa ke sana, menginap di mana termasuk tips penting selama perjalanan. 

Menjelaskan ittenary akan membuat mereka siap jadi bagian dalam tim hore kita. Males juga kan kalau ditanya mulu " Habis ini kemana ya?! "



4. Siapkan Emergency Kit


Pastikan Orang Tua mu membawa perlengkapan pribadi termasuk obat-obatan. Bila trip ke negara yang agak jauh, pastikan kamu membeli asuransi perjalanan ya.

5. Jangan ke Tempat Aneh


Dilarang mengajak orang tua ke tempat hiburan malam! Itu aturan pribadi saya saat trip bersama orang tua. 

Jadi, saya pernah trip bersama teman yang mengajak orang tuanya. Kami menyusuri jalan cafe remang-remang di Phuket Thailand yang menampilkan penari telanjang. Saya sih biasa aja ( wong di lihat cewek ) cuma kok kayaknya tak etis aja bawa orang tua yang kebingungan ke tempat kayak gitu.



Traveling bersama Orang Tua akan menjadi slow traveling yang justru membuat kita lebih menikmati setiap langkah perjalanan.

So let's pack your bag and go!
Selamat jalan-jalan!


Liebe,
Turis Cantik

PS: Tulisan berdasarkan pengalaman penulis, dilarang mengcopy paste hasil tulisan. Bila ingin menyadur pastikan tampilan sumber link blog saya. 



You Might Also Like

25 komentar:

  1. Balasan
    1. semoga bermanfaat ya mbak

      Hapus
  2. Intinya kalau bareng keluarga cukup cari tempat yang nyaman dan bisa berkumpul lama. Di sana beliau akan merasakan bagaimana nikmatnya berkumpul dengan anak&keluarga :-)

    BalasHapus
  3. aduh, if only my mom masih kuat jalan. skrg jalan di mall aja dia udah nanya...mana ya tempat duduk? :)))) dan pastinya dia gak kuat kl cuaca puanasss

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi berarti yg deket2 aja mbak kalau mau traveling

      Hapus
  4. makasih tipsnay , dulu ibuku paling suka diajak sekarang krn usianya sdh 85 tahun dia gak mau yg jauh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang kalau faktor usia lebih baik yang dekat dengan sarana transportasi yg baik

      Hapus
  5. Hihi alhamdulillah ibuku termasuk pribadi yang orangnya easy going mbak, diajak ke mana aja hayuk.. bahkan ke pegunungan tinggi sekalipun, tapi berbeda dengan kakaknya.. hahaha.. that is a long story, wkwkwkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh ibumu tangguh mbak ran

      Hapus
  6. cukup sering jalan - jalan atau staycation sama ortu, tapi seringnya sih, ortu nunggu dimana gitu, akunya hunting motret2 cantik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaa koleksi fotonya pasti banyak ya mbak

      Hapus
  7. Tip traveling bersama orang tua yang suda berumur sama dengan mengajak anak-anak jalan-jalan. Intinya sih kita yang menyesuaikan dengan kemampuan dan kenyamanan mereka ya, Mbak :)

    BalasHapus
  8. Kalau sama orang tuaku sih biasanya naek kereta. Lebih santai dan bisa sambil piknik di kereta. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang ada kereta wisata pasti lebih enak ya

      Hapus
  9. jadi ingat waktu kemarin ngajak ibu saya ke jakarta. beliau mau pingsan waktu diajak naik bus pulang dari tanah abang ke tangerang. akhirnya ganti naik uber deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh kalau tanah abang memanh penuhhh keretanya ya

      Hapus
  10. aku liburan bareng orangtua dan adik terakhir Januari 2015 naik kereta api ke surabaya, sangat berkesan. sekarang udah pada sibuk jadi bingung ngejadwalinnya .... beda kota dan daerah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. aihh berkesan banget kan mas

      Hapus
  11. dan jangan maksa hehehe...Mamaku bakal dateng ke sini minggu depan. harus bener-bener di atur nih itinerarynya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu di service abis-abisan

      Hapus
  12. Hahha ngakak yang bagian jangan mengajak ke tempat aneh, tapi ya mba biasanya kalau aku, bikin list tujuan wisata suka gaaa sikron sama ortu ortu mau kemana saya mau kemana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha tapi jangan di ajak ke tempat remang remang deh kesiaan

      Hapus
  13. aku kepengen bisa ajak mertua sama orang tua jalan bareng mba :) tapi sifatnya ga sama, yang satu suka jalan, yang satu sudah gampang capek hehe... kayaknya mending jalan sendiri sendiri aja biar nyaman ya.

    BalasHapus