Tips Belanja Buku Tanpa Antre Panjang di Big Bad Wolf Book Sale Jakarta

10.27.00 turiscantik.com 30 Comments


Berburu Buku Di Big Bad Wolf Book Sale  - Kamu pecinta buku? pasti tahu kalau pameran buku Big Bad Wolf Book Sale kembali di gelar di Jakarta. Sebenarnya sih lokasi perhelatan acara ini  di Jakarta coret alias di BSD, yang di peta masuk Tangerang Selatan heheheh.





Lupakanlah soal lokasi tempat, paling penting adalah kamu tahu apa yang menarik di BBW tahun ini. Saya lumayan beruntung bisa datang langsung ke Big Bad Wolf, satu hari sebelum dibuka untuk umum. Yay! 

Belum dibuka untuk umum aja udh rada penuh,  antre kasirnya udh lamaaaa banget. Tapi, saya berhasil sukses tak menunggu lama saat antre, karena berhasil belajar banyak dari datang ke tempat yang sama tahun lalu. 


Sebelum saya ceritain ke kamu, gimana caranya agar tak harus antre panjang, saya kasih tau dulu gimana sih serunya tempat berkumpulnya pecinta buku ini.







Big Bad Wolf tahun ini, di gelar di ICE BSD ( letaknya tak jauh dari Aeon Mall BSD ). Ada lima juta buku yang siap kamu perbutkan. Tak perlu khawatir tak kebagian buku, karena event ini dibuka 24 jam. Dimulai dari 21 April - 2 Mei 2017

Biasanya, yang menjadi keluhan banyak orang setiap penyelenggaraan BBW adalah antrenya bayar di kasir  yang super panjang. 

Wajar saja, karena pembeli bukan hanya pencinta buku tapi juga penjual buku yang mungkin punya toko buku. Mungkin juga, orang yang menjual buku online, penjual jasa titip beli buku dan tukang baca buku seperti kita ini. 

Bayangkan saja, ada orang yang beli buku sampai muat satu mobil. Mungkin buat jual lagi. Jadi wajar, antre bayar kasirnya panjang, wong ada yang beli buku sampai muat satu mobil. 

Lalu, bagaimana kamu bisa ngakalin ,agar kamu tak perlu antre terlalu lama. Ini adalah trik yang saya biasa lakukan.

1. Datanglah Di pagi Hari




Ada teman saya yang bingung saat datang ke BBW dinihari bahkan menjelang subuh, kok masih antre juga. Ternyata banyak orang yang rumahnya jauh dari ICE BSD, sengaja datang dari subuh. Sehingga, setelah selesai belanja buku, dia bisa langsung berangkat kerja. 

Waktu terbaik menurut saya adalah pukul 7 - 11 pagi di hari kerja.  Rentang waktu ini disebut sebagai ' waktu tak ada saingan'. Jam segitu orang lagi kerja atau sekolah. Mereka akan datang pasca makan siang, terutama Ibu-Ibu yang habis antar anak sekolah. 

Jangan juga datang di saat Sore dan jam pulang kantor, karena itu adalah waktu orang keluar dari ' kandang' alias ramai padat merayap.


2. Gunakan Fasilitas Titip Buku



Di Big Bad Wolf tahun lalu juga ada jasa titip buku, tapi tempatnya kecil banget dan sosialisasi kurang jadi banyak yang ngak tahu. 

Tahun ini, penitipan barang menjadi fasilitas yang harus kamu coba. Buku yang dititip adalah buku yang belum dibayar. Kamu akan didata, kemudian diberi nomor sesuai kantong belanja yang menyimpan bukumu. 

Barang yang dititip, harus kamu ambil dalam waktu 24 jam alias hanya punya waktu titip sehari. 

Caranya begini: kamu datang di jam 6 - 11 pagi, pilih buku kemudian titipkan. Besok datang lagi jam sama, kamu tinggal bayar bukumu. 

Insya Allah, ngak bakal antre lama saat bayar di kasir karena kamu melawan arah aktivitas orang. Wong orang baru belanja, baru pilih buku, kamu tinggal bayar aja :) 

Memang kamu harus dua kali balik, tapi dari pada tunggu 4 jam bayar di kasir? Pilih mana hayoo?!?

Kalau rumah kamu jauh, kamu bisa gunakan jasa pengiriman barang J** yang berada di bagian kiri pojok saat pintu keluar kasir. 


3.  Pastikan Buku yang Mau Dibeli



Buku di Big Bad Wolf ada lima juta lebih, dijamin bakal kalap berat buat belanja. Pastikan kamu pantau social media BBW, untuk melihat buku apa saja yang mereka jual.

Biasanya yang dipromosikan dalam Flyer ada di bagian paling depan, tepat di pintu masuk menuju arena Book Sale. 

Kalau mau lebih mudah, cari buku menggunakan hastag ( # ) di Instagram misalnya #bigbadwolf.
Akan ada banyak penjual buku atau jasa titip buku yang sudah memfoto buku yang mereka akan jual. Tinggal pilih buku, berdasarkan foto yang telah kamu simpan, cara ini memperhemat waktu kamu dalam mencari buku, saat sudah tiba di lokasi.

4.  Bawa Partner dan Bagi Tugas



Kalau belanjanya sendiri akan lebih sulit memang, karena kamu mengerjakan semua sendiri. Bawalah suami atau teman, untuk bisa bagi tugas. Pertama kamu lihat antrean kasir, kalau sudah mengular alias panjang banget langsung antre aja.

Jangan lupa hidupkan handphone masing-masing, jadi bisa saling pantau antre sudah sampai mana. Berbeda dengan antre kasir pembayaran di tempat lain, antre di BBW memang memakan waktu berjam- jam.

Alasannya, karena orang beli buku buanyaaak banget. Walaupun kasirnya puluhan tetap saja, dengan jumlah pengunjung yang tak dibatasi akan sulit untuk menghindari antre panjang, terutama saat pembayaran di kasir.

Memang trik ini tak selalu berhasil tapi at least ada usaha untuk bisa bebas antre di kasir. Kamu punya ide lain? Share ya di komen di bawah.


How to Get There??


Menggunakan Commuter Line

Turun di Stasiun Rawa buntu. Kemudian gunakan ojek atau mobil online biaya kisaran Rp. 4000 ( motor ) atau Rp. 20.000 ( mobil ) 

Kalau kamu dari Bogor, Tangerang atau Bekasi, kamu harus naik Commuter Line ke arah Tanah Abang. Menuju jalur 5 atau 6 kemudian turun di Rawabuntu. 

Menggunakan Mobil Pribadi 

Keluar di tol BSD lurus aja dengan patokan Mall Aeon. Tak jauh dari lampu merah ( ada bagunan kyk istana ) lurus aja. BBW ada di bagian ujung atau Hall 7 - 9 ICE BSD.

Berikut ada peta menuju lokasi BWW dan denah buku di dalam event, sebagai panduanmu mencari buku favorit.





Selamat berburu buku di  Big Bad Wolf Book Sale 2017

Liebe,

Turis Cantik 

Disclaimer:  Thank you untuk Bank Mandiri dan KEB yang sudah mengundang saya datang ke Big Bad Wolf Book Sale  2017

You Might Also Like

30 komentar:

  1. Waaa surga banget bagi pencinta buku <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dateng deh, nyesel kalau ngak dateng.

      Hapus
  2. waw..luas bgt...surga nih

    BalasHapus
  3. Aku juga awalnya nggak ngeh soal fasilitas nitip buku, mba. Tapi buat aku kalau harus bolak balik kayaknya nggak. Soalnya jauh kalau dari naek kereta Pondok Cina. Hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumahmu di depok mbak? iya memang harus niat banget kl ke sini mbak. sediakan waktu, sediakan fasilitas yng bisa bawa buku, tapi bagus2 bukunya hehehe

      Hapus
  4. wkwkwk bawa partner dan bagi tugass ini mbaaak manjur bingits hehehe. Kan kalau sendiri gtu lama pilihnya, apalagi banyak maunyaa. bisa sehariaan berdesakan dan pulang" tepar. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sendiri berat mbaaakk..cape jiwa ragaaaa hahhahaha

      Hapus
  5. Kirain kalo subuh2 bakal ga ngantri, sama aja ya... klo di wiken jam terbaiknya jam brp kira-kira mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau weekend pas subuh hingga pagi jam 10. kalu weekend siang sore hingga malam justru puenuuhhhnya amit2

      Hapus
  6. Wiiih buku dimana2 tempatnya luas yak. Di Semarang pentas sejuta buku aja udah rame banget, apalagi kalo ini menyambangi Semarang yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa ada juga di semarang mbak :)

      Hapus
  7. Jadi nggak sabar nunggu yang di Surabaya ><

    BalasHapus
  8. Aku sendirian harusnya bawa suamu nih bs gantian

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicoba bawa partner mbak kalau mau ke sana lagi :)

      Hapus
  9. Apa cuma aku yang lemes liat tumpukan buku begini? Ya Alloh... Hayang kesono tapi masih punya bayi mungil, rumah di Bekasi pulak 😭😭😭😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masih punya anak apalagi bayi mendingan jangan mbak..kasian capek

      Hapus
  10. Hahaha saya juga tidak tahu ada fasilitas titip buku. Setelah baca postingan ini sedikit nyesal juga. Kenapa saya mau antri panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe mangkanya saya ngak prnh antre lama mas.

      Hapus
  11. Udah 2x digelar, saya masih menikmati keramaiannya di socmed aja hehehe. Penasara sih pengen ke sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabarnya antre bayar kasirnya ngak parah kok mbak. euforia sudah lewat heheheh

      Hapus
  12. antrian panjang adalah suatu ujian kesabaran bagi buku holic mba :p. Tapi boleh juga tips nya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tapi emosi jiwa kl liat antreannya

      Hapus
  13. Boleh dicoba nih tips nya. Terkadang setiap beli buku selalu antri dan sabar hmm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang antrenya ngak parah kok :)

      Hapus
  14. Informatif banget, mbak. Sayangnya saya masih maju-mundur ke BBW, males ngantri. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang udh ngak parah kok antrenya win

      Hapus
  15. Aku salah strategi kemarin hahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun depan deh coba lagi strateginya

      Hapus