Rabu, 15 Maret 2017

Tragedi Koper Hilang


TRAGEDI KOPER HILANG  - Koper dan isinya adalah segalanya, saat kita travelling. Gimana rasanya, bila koper kamu tertukar atau bahkan hilang saat travelling. Resah? Marah? Kesel? campur aduk deh semua. 


Saya pernah mengalami koper yang tertukar ( bukan judul sinetron ) yang membuat saya cukup panik. Tak disangka di trip terakhir, saya merasakan koper hilang!! 

Si koper hilang saat di bandara, karena sopir tur yang mengantarkan kami ke hotel, mungkin lupa memasukkannya ke dalam mobil. 

Runtutan peristiwa yang sampai sekarang masih bikin kesel, kok bisa koper saya ditinggal. 

I'm just a bit lucky karena koper beserta isinya berhasil ditemukan.

Beruntung saat itu, bandara sudah hampir tutup saat pesawat terakhir tiba, jadi tak banyak orang di bandara. Beruntung juga, karna saya pakai nomor kode password, jadi pencuri sulit membukanya.

Beruntung lagi, karena masih ada tour guide yang masih berada di bandara, jadi dia bisa bantu carikan. I'm just a lucky bastard! Tapi tak selamanya, saya seberuntung ini bila berurusan dengan koper yang tertukar atau hilang.



Sebelumnya sekitar tiga tahun lalu koper saya pernah hilang dalam perjalanan dari Jakarta ke Amsterdam. Kesalahan berada di pihak maskapai penerbangan, karena saat pindah bagasi koper saya tertinggal. 

Saya harus menunggu sekitar satu jam di tempat tunggu bagasi, kaki sampai pegal,baru deh saya sadar ' kok koper gue ngak keluar dari loading barang ya?'

Langsung lah, saya ke bagian Lost and Found di bandara Schipol dan diarahkan ke pihak maskapai penerbangannya. 

Akhirnya, saya pun sukses menghabiskan waktu setengah hari di Belanda dengan baju yang sudah saya pakai selama di pesawat..lumayan sukses bikin badan gatel-gatel. 

Selain permintaan maaf, pihak maskapai penerbangan juga membekali saya dengan perlengkapan mandi dan sejumlah uang. 

Jumlah nominal uang kalau di rupiahkan ( di tahun itu ) sekitar satu juta rupiah. Lumayan sih buat beli baju, tapi sayang duit mending saya pakai buat beli oleh- oleh. Lima jam kemudian koper pun tiba di hotel saya menginap yay!

Koper hilang,tertinggal atau tertukar adalah yang sulit kita hindari. Tapi, kamu bisa melakukan beberapa hal yang mungkin akan banyak membantu kamu saat kopermu hilang. At least, koper akan lebih cepat ditemukan. 

1. Jangan Lupa Pakai Name Tag


Saat saya pertamakali traveling, kyknya belum ngetrend pakai name tag di koper. 


Seingat saya dulu saya tulis nama di selembar kertas HVS, ditempel lakban di depan koper. Aduh..sumpah deh norak banget keliatannya. 

Sekarang, kita mengenal name tag khusus koper yang modelnya lucu dan unik banget. 

Name tag, biasa juga ada di toko buku, tinggal selipin kartu nama. Kadang, ada juga koper yang sudah ada nama tag atau slot kosong di bagian luar koper untuk meletakkan kartu identitas. 

Meletakkan identitas pribadi yang melekat pada koper sangat penting. Saat koper hilang atau tertukar, petugas lost and found akan lebih mudah dan cepat menemukannya. 

Kamu juga tak perlu terlalu panik saat menanti kabar dimana dan kapan koper mu berada. 

2.  Gunakan Kunci Keamanan Ganda


Beberapa koper punya dua metode kunci. Pertama, dengan kunci biasa dan kedua, dengan kode pin.



Menurut saya koper yang memiliki  dua sistem keamanan seperti ini layak untuk kamu beli. Sistem ini, paling efektif untuk memastikan koper dalam keadaan benar-benar terkunci dengan sempurna. 

Tapi, pastikan kamu tidak lupa nomor password. kunci kecilnya jangan sampai keselip juga ya :)

3. Ingat Ciri Penting Barang di dalam Koper.


Saat koper kamu akhirnya ditemukan, pertanyaan pertama yang diajukan petugas bandara biasanya adalah nomor kode atau meminta kunci untuk membuka koper. 

Petugas juga biasanya, meminta kamu menjelaskan detail barang yang kamu punya. kebiasaan saya adalah membawa sepatu olahraga, yang pasti akan diletakkan di bagian paling atas koper. 

Pastikan kamu tidak lupa barang spesifik yang kamu bawa di dalam koper. Kalau bawa sepatu misalnya, kamu pasti ingat warna, merk hingga ukuran sepatu yang kamu punya. 

4. Berikan Tanda Unik Pada Koper


Bukan tak mungkin dari ratusan penumpang, kamu punya koper yang mirip atau bahkan sama dengan penumpang lain.



Berikan sticker atau ciri khusus pada kopermu. Bisa dengan name tag, tapi kalau pakai name tag terlihat terlalu ' Girly' buat kamu, coba deh tempel sticker. Stickernya bisa apa aja kok. 

Bila koper sudah agak lecet, ingatlah dimana letak cacat itu berada yang mungkin bisa menjadi pertanda atau mencirikan koper milikmu. 

4.  Jangan Menyimpan Barang Berharga Dalam Koper.


Banyak orang berpikir, koper mereka tak dibuka. Tapi dalam banyak kasus, barang penting bisa hilang entah karena kesalahan siapa. 

Saya pernah terbang dari Berlin ke Jakarta, saat sampai di rumah, saya mendapatkan secarik kertas dari pihak keamanan bandara yang secara garis besar menekankan, bahwa mereka telah membuka koper saya. 

Memang saya membawa dua korek api dan pisau lipat ala McGyver yang saya beli sebagai oleh-oleh. Barang tidak diambil, tapi mereka membuka koper untuk memastikan apa barang yang saya bawa.

Aduh malu..karena baju saya belum sempat dibereskan dengan celana dalam bertebaran dimana-mana aouuchhh!! 

Hal yang paling bikin heran adalah dari luar koper terlihat tidak dibongkar paksa, gembong saya masih terlihat seperti sediakala. Artinya mereka pasti punya alat khusus membuka gembok.


Jangan letakkan perhiasan berharga atau uang di dalam koper, baik di bagasi atau cabin.

Saran saya pakai lah body bag atau tas pinggang untuk menyimpan uang atau barang berhargamu.

Saya berharap, kamu yang sudah membaca tips diatas tidak pernah mengalami koper hilang atau tertukar. 

Bila bawaanmu banyak, hitung jumlahnya dan pastikan saat transit tujuan hitung lagi jumlahnya. Segera laporkan ke bagian Lost And Found atau petugas bandara secepatnya.

Dalam banyak kasus koper tertukar, ketinggalan atau hilang jarang kembali alias lenyap gitu ajah. Saya masih sangat beruntung koper saya kembali beserta isinya. 

Selamat jalan-jalan, jaga baik-baik koper dan tas mu!

Liebe,
Turis Cantik 




Keep In Touch With Turis Cantik!



38 komentar:

  1. Keki banget ya, nungguin si koper yang ga muncul-muncul. Aku pribadi belum pernah punya pengalaman hilang koper (mudah2an jangan deh). Tapi adikku yang pernah. Dalam penerbangan transit. Dan tu koper asli ga ketemu alias raib selamanya! Diganti duit siy sama maskapainya, tapi tetap aja barang kesayangan ilang ga tergantikan :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh berattt dah kl sampe ngak ketemu hiks :(

      Hapus
  2. Memang sih kalau koper gitu mendingan isi perlengkapan aja ya. Barang berharga mending dibawa ke mana2 aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul kyk duit, perhiasan jangan taro bagasi deh. bahaya

      Hapus
  3. Semoga gak kejadian deh. bisa panik kalau kopernya hilang dan gak balik

    BalasHapus
    Balasan
    1. duhh..amit2 deh sampai kejadian gitu mbak

      Hapus
  4. belum pernah ngalamin koper hilang atau ketinggalan, tapi pernah ke bali sama temen, cek in dan masukin koper bareng tapi kopernya dia msh ketinggalan di jakarta, yg nyebelin maskapai gak mau anterin ke hotel tempat kita nginep jd malam2 teman saya harus kebandara untuk ambil kopernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh ngak tanggung jawab bngt maskapainya

      Hapus
  5. Waduh, kalo aku pasti udah panik dan stress banget tuh kalo ada koper hilang. Mungkin barang bawaannya bukan yang amat sangat penting yang ditaruh di koper tapi tetep aja kalo beli lagi semua kan males yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kdnh ada barang yg kenangannya tak terbeli dg uang

      Hapus
  6. Belum pernah sih Mbak ngalamin kejadian koper hilang. Soalnya sekarang jarang traveling. Hehe. Doakan ya semoga bisa nyusul Mbak traveling ke mana-mana. Tapi kalau suatu saat sudah mulai traveling lagi, semoga gak akan mengalami kejadian koper hilang. Thanks tipsnya Mbak :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah msh blm pernah ngalamin sih mba. Tp aku prnh box isi oleh2 yg aku bawa dr jogja, sampe jkt posisinya berubah :D. Kalo tdnya dlm posisi tiduran, pas aku buka jd berdiri semua dan berantakan. Aku sampe ngitungin jumlah bakpia dlm kotaknya msh utuh ato ga, wkwkwkwk.. Untungnya semua utuh sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahaya makanan juga kena inspeksi hehehhe

      Hapus
  8. Makasih tipsnya, mbak! Bermanfaat!
    Meskipun setiap kali travel saia gak pernah pake koper, tapi pake ransel segede gaban ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ransel juga lebih baik pakai name tag or idetitas selipin di dalem. kl ke luar negeri saya jg jarang bawa koper heheheh

      Hapus
  9. Bagus banget dikasih perlengkapan mandi dan uang hampir satu juta ketika di Belanda ya mba. Aku kejadian ke SUrabaya koper nggak ke bawa. Aku nyampe Surabaya, koper masih di Jakarta. Padahal banyak baju anak. Untung aja ada baju anak bberapa yang aku taruh di tas. Tapi ngak ada kompensasi apapun. Sudah ketebak kan pesawat apa (yang sering delay)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau maskapai yg itu mah wassalaam mbaaakk pilotnya kyk pilot pesawat herkules serasa bawa barang logistik bukan manusia

      Hapus
  10. kalo aku jadi mba aku udah mewek di tempat ><; tipsnya harus dicatet nih! walaupun aku jarang jalan dengan pesawat tapi paling ngga bisa antisipasi. Thx Mba!

    Suika-Lovers.com

    BalasHapus
  11. aku pernah beberapa kali kopernya ketinggalan saat transit karena kesalahan maskapai :)...enaknya ada uang ganti rugi selama koper belum tiba dan koperpun sampai dengan selamat et komplit! Tapi kalau hilang belum pernah...amit-amit jangan sampai kejadiaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuh ngeri kalau sampai ngak balik tuh koper mbk, bisa nangis bombay

      Hapus
  12. Kalau temanku pernah kopernya salah masuk pesawat. Harusnya masuk pesawat kami, tujuan Busan. Eh malah ikut ke bagasi pesawat yang ke Manila. Untungnya ketemu dan sehari setelahnya diantarkan sampai hotel kami di Busan. Ternyata penyebabnya adalah, dia pakai koper bekas dipakai kakaknya yang habis ke Manila. Jadi masih pakai name tag kakaknya, dan bag tag yang tujuan ke Manila. T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa ampuun..iya bener tuh tag name dr flight jangan lupa di copot. makasih tips tambahannya ya

      Hapus
  13. Saya jadi kepikiran untuk pasang name tag, terutama di koper ya karena takutnya samaan sama koper orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. modelnya kdng mirip2 kemungkinan tertukar tinggi banget.

      Hapus
  14. Sampai sekarang sih blm pernah ketinggalan koper. Tp tips diatas udh aku terapkan, misalnya ngasih tanda *tali rafia, norak ya wkwk*, kunci double dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak apa2 tali rafia malah lebih identik kan heheheh

      Hapus
  15. Waduh, pst langsung panic at disco kalo kejadian sm saya. hahaha tp tips nya memang penting bgt itu mba :)

    BalasHapus
  16. aduh, untung deh selama ini kl traveling (yg emang udah jarang bgt) gak mengalami koper ilang. Aku setuju bikin tanda unik ke barang bawaan. Apalagi kl pas pulang dr daerah mana yg beli oleh2nya samaaaaa persis tuh kemasan. Sampai aku gambar2in dus-nya :))))) jd dari jauh udah keliatan dan langsung samber

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benerrr oleh2 pasti bungkus atau dus namanya sama..

      Hapus
  17. Teman saya malah pernah kecurian isi koper nya... Kopernya utuh, tapi isinya ada yg hilang.

    BalasHapus
  18. alhamdulilah jangan sampe kejadian *ketok2 meja* jadi inget pas pulang dari Bangka, ada ibu2 sosialita yg pasrah bgt semua brangnya taro dikoper masuk bagasi pas sampe ternyata kopernya raib dy sampe marah2 keknya smeua brangnya dikoper smua. kasian jg makanya bener kata mba brg berharga baiknya ikut di tas pinggan y mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul jangan taro barang berharga. baju jg berharga sih kl hilang repot heeheh

      Hapus
  19. Terimakasih tipsnya mbak, belum pernah sih ketinggalan atau tertukar koper Kalo jalan jalan. Cuma kemarin pas jalan pake bus ke KL dari Penang ranselku dibawa bus jalan dan aku ditinggalin#hiks nggak ada yang berharga sih. Hanya oleh2, baju ganti dan sedikit uang cash. Gilaknya aku ditinggal di hutan (lebay),sepi,cuma tempat sholat sama kedai satu2nya juga cuma Nerima cash, no mesin atm. ga ada transportasi umum. yg ada bengong bin nangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhhh sedih pisan euy, Ngak apa kadang kita perlu lebih hati-hati, mudah2an ngak kejadian lagi ya

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 · TURIS CANTIK | THEME BY RUMAH ES