Pulau Margarita Pesona Pantai Venezuela

17.01.00 turiscantik.com 32 Comments



"Buenos  Diaz! .. Welcome to Margarita, Senorita! "

Pria berkulit kecoklatan itu menyapa saya dengan senyum simpulnya sesaat setelah pesawat tiba di Bandara Santiago Marino, Pulau Margarita .

Mentari siang itu cukup terik hingga saya dapat melihat dengan lekat betapa eksotisnya warna kulit pria latin itu. Dalam hati saya berkata " Senangnya bisa menjejakan kaki di Venezuela, kesempatan melihat pria tampan khas Telenovela! "

Rasanya, perjalanan selama 48 jam dari Indonesia terasa terbayar saat melihat indahnya hamparan pantai di pulau ini dan hamparan pria yang tengah berjemur di pantai. Husss.. Mbaknya ganjen amat sih :)

Pulau Margarita berjarak satu jam perjalanan menggunakan pesawat terbang dari Caracas ibukota Venezuela. Layaknya Pulau Bali di Indonesia, Pulau ini menawarkan sensasi liburan tepi pantai yang indah ala Amerika Selatan.


Sebagai pulau dengan tingkat kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara yang cukup banyak,  Margarita memang telah membekali diri dengan beragam fasilitas.  Mulai dari penginapan dengan beragam harga mulai dari yang murah (berjarak jauh dari pantai) atau yang mahal ( dengan pemandangan langsung ke pantai). Kamu bisa pilih dimana kamu menginap sesuai dengan budget.

Saya menginap di sebuah hotel berbintang empat bernama Margarita Dynasty. Tak jauh dari pantai memang, tapi design hotel ini mengingatkan saya pada salah satu hotel di Anyer berinisal "M " yang sering jadi langganan tempat shooting film warkop DKI di era tahun 90an.

Hotel Dynasty Margarita jadul banget suasananya 



Catnya berwarna biru pupus yang suram,  bentuk bangunannya sedikit jadul dan tak satu pun pegawai hotel yang bisa bahasa Inggris.

Mereka hanya bisa bahasa Spanyol dan hanya mengangguk sambil berujar 'Si' yang artinya 'Iya'  tapi ngak pernah nyambung juga kalau di ajak komunikasi.

Seharusnya memang, suasana di sekitar hotel ramai dengan wisatawan.  Tapi berhubung saat itu tengah digelar KTT Non Blok,  sebagian hotel dan restoran ditutup, akses jalan pun sebagian digunakan untuk perhelatan internasional itu.

Venezuela, saat ini  memang tengah mengalami krisis ekonomi akibat harga minyak dunia yang terus turun dalam dua tahun terakhir.  Hal ini pun berimbas pada mata uang Boliviar Fuerte yang terus terpuruk dan tentunya mempengaruhi detak nadi kehidupan warganya.

Pulau margarita yang biasanya ramai saat musim liburan pun ikut merasakan imbas dengan merosotnya tingkat kunjungan wisatawan.

Pisang goreng selalu ada dalam hidangan santap pagi di Venezuela 

Jangan harap kamu dapat sabun,  shampo atau sikat gigi gratis di dalam hotel yang bukan bintang 5.  Harga kebutuhan pokok yang melonjak tinggi membuat warga, kabarnya bahkan tak mampu membeli bahan kebutuhan pokok di negerinya sendiri. Kalau pun ada uang, bahan pokoknya tak tersedia. Banyak warga yang terpaksa berbelanja bahan kebutuhan sehari-hari dari negara tetangga Colombia.

Terlepas dari krisis ekonomi yang tengah menghimpir negara ini, namun keindahan pantai Margarita tak boleh dilewatkan. Ini merupakan kali pertama saya ke Amerika Selatan, menurut saya orang latin (laki-laki) sangat ramah dengan senyum yang mhhh bikin tak bisa tidur semalaman.

Saat terbang dari Pulau Margarita ke Caracaz saya serasa ratu minyak di pesawat. Satu pesawat isinya orang guanteng dan cuakep #lebay :)

Beruntung saya mendapat kursi tiga dan duduk ditengah. Kebayang doong sebelah kiri cowok (mirip) pemain bola asa Portugal Ronaldo,  sebelah kanan (mirip)  Enrique Iqlesias. Saya ngak bisa tidur selama satu jam perjalanan, padahal ngantuk tapi mhhhh gimana ya hehehehhe #duhMbakGenitAmat

Bandara Santiago Marino Pulau Margarita 


Nah,  kalau kamu juga tertarik berlibur ( atau cari jodoh :)  di Pulau Margarita,  berikut beberapa tips yang bisa menjadi bahan referensi atau persiapanmu.

Tips liburan di Pulau Margarita


1. Bekali diri dengan kamus bahasa spanyol-indonesia

Seperti sudah saya ulas sedikit di atas, 80 persen penduduk pulau ini tidak mampu berbahasa inggris termasuk pegawai hotel.  Kalau pun mereka mengerti apa maksud kita,  mereka sulit merangkai kata. Sehingga hanya satu kata yang keluar 'Si!'  yang artinya 'Iya'.  Tapi seringnya udh jawab 'iya'  tapi seolah mereka tak paham apa maksud kita.  

Pernah suatu saat toilet di kamar hotel saya bocor,  saya kemudian telpon ke front office. Saya paham mereka tak mengerti Bahasa Inggris, jadi saya cuma bilang 'TOILET!  DIE! ". Lucunya, sampai saya check out tak satu pun petugas datang untuk memperbaiki toilet.  Bahkan saya sudah datang ke Front Desk menjelaskan dengan bahasa isyarat tak satu pun yang paham. Mhh.. Cabe deh!

2. Bawa lotion anti nyamuk


Saat saya berkunjung ke Venezuela, Virus Zika yang berasal dari gigitan nyamuk kembali merebak. Venezuela merupakan salah satu negara di Amerika selatan dengan korban Zika terbanyak hingga saat ini.

Selama kita tidak atau tidak berencana hamil sih ngak masalah,  tapi ngeri juga kalau sampai terkena nyamuk penyebab Zika. Virus Zika, dapat mengancam kapan pun jadi pastikan kamu membawa lotion anti nyamuk sepanjang hari terutama di sore hari, saat kamu berlibur ke  negara-negara Amerika Selatan salah satunya Venezuela.

3. Lindungi kulit dengan tabir surya dosis tinggi.


Matahari di Pulau Margarita tuh kayak ada sepuluh!  Panas banget!  Hampir mirip dengan panasnya Tanjung Priok di Jakarta. Penting banget tabir surya yang punya SPF tinggi dan water resistant alias tak luntur saat terkena keringat atau air.

4. Bawa perlengkapan mandi


Kalau kamu menginap di hotel yang berbintang 5 sih tak perlu bawa perlengkapan mandi.  Tapi kalau low budget, lebih baik bawa dari tanah air. Jangan sampai kamu harus beli,  karena harganya mahal kan lagi krisis ekonomi semua barang kebutuhan mahal.

Bila tertarik ke Pulau Margarita kamu bisa terbang dengan menggunakan pesawat komersil dari Caracas dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.  Tiket pesawat bisa langsung di beli di bandara tanpa harus melakukan reservasi sebelumnya,  karena banyak pesawat dengan rute tujuan Margarita .

Selamat Berlibur!

Liebe,
Turis Cantik 


Keep In Touch With Turis Cantik!







You Might Also Like

32 komentar:

  1. duuuuhhh.. mupeng

    BalasHapus
  2. Suasana laut dengan banyak kapalnya itu cantik banget mbak ^_^ Sukaaaa

    BalasHapus
  3. Pantainya keren banget:)

    BalasHapus
  4. duh 48jam penerbangan jauh juga ya venezuela.. semoga bisa kesana juga suatu hari nanti



    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  5. Mbaa maennya jauh bangeet. Hahhahaa
    Aduh nggak kebayang 48 jam naek pesawat, mbaa . Hieheheie

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan bikin pegel mbak perjalannnya hehehe

      Hapus
  6. Diluar krisis juga ya baru tahu sampe segitunya... tapi mainnya jauh ya kaka ke venezuela hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini perjalanan paling jauh memang mbak buat saya

      Hapus
  7. Wah asyiknya... jalan-jalannya jauuuuh bener... mupeng bo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an suatu hari bisa ke sini ya

      Hapus
  8. Nyengir sendiri.. bayangin diapit dua cowok em a ce a O... Oo... hahhaha... Bertuntungnyaaaaa... punya banyak kesempatan halan halan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegenitan banget yaaa saya mbaak

      Hapus
  9. Aduh puyeng juga ya kalau public place kayak hotel gitu nggak bisa bahasa Inggris. Mesti bawa odol sendiri lagi ya, haha... Mba btw di pesawat senderan ke kiri atau kanan? hahah dua2nya ganteng yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngak nyender kursi sendiri aja mbak hahhaha

      Hapus
  10. pisang goreng mbak?
    kayak disini dong.
    Saya gulir-gulir, kirain bakal ada ratu minyak didampingi Ronaldo dan Enrique, aih ternyata... (ngarap apa sih :D ) Lagian napa disebut ratu minyak sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau laki dikelilingi dayang perempuan biasa di sebut raja minyak hehhee

      Hapus
  11. Pisang gorengnya gak pake tepung ya mba #apasih :D
    Tapi bagus ya pantainya, masih asri bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak itu juga ada yg dibakar doang

      Hapus
  12. Kamu jauh2 ke venezuela makan pisang goreng doang ??? #HorangKayah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya laen mas cum lebih lengit hhehhe

      Hapus
  13. wkwkwk aku jadai ngakak liat komen kak cumi, kapan-kapan ajak aku kesana maaak *doyangratisan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum mas cumi orangnya iri hati hahahahha

      Hapus
  14. kalo dgr venezuela, jd inget miss venezuela (monica spear) dan suaminya yg dibunuh di jalanan venezuela.. aku baca tingkat kriminal di sana memang tinggi ya mba.. bisa jd krn krisis ekonominya itu.. tapi bukan berarti aku ga mau kesna, justru pengen banget :D .. semoga suatu saat bisaaa ^o^..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang rada bahaya bnyak penjarahan kl di caracas

      Hapus
  15. aku jadi penasaran sama penumpang2 yang di pesawat mba :p duh nyampe kesana ga ya kalo aku, udah jauh bangeett hehehe

    BalasHapus
  16. duh keren banget mbaaak, masih cita2 banget nih ke negara2 amrik latin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an bisa ke negara lain juga ya mbak :)

      Hapus