Dilarang 'BAPER' saat Pilkada!

14.18.00 turiscantik.com 8 Comments




 Baper: Bawa perasaan, mudah emosian, mudah terbawa perasaan

"Udahlah Elo kagak usah BAPER!" Begitu mungkin saran yang akhir-akhir ini saya bilang ke teman pasca 'Ribut' di media social tentang kandidat calon pilihan mereka.

Saya kadang suka merasa heran.. Aneh.. Sampai kini pada tahap Males,  kalau baca status orang ributtt aja masalah pilkada terutama pilkada  DKI.  Menurut saya ngak mutu,  apalagi ndak tahunya yang ribut juga golput atau bahkan bukan pemilih di daerah tersebut.

Media social yang kian banyak diminati masyarakat indonesia memang kini sudah menjadi mesin 'doktrinasi' yang paling pas untuk semua tujuan termasuk juga mengaet massa pemilih dalam pilkada.

Selain Blogger saya juga wartawan,  jadi saya paham banget apa yang kamu liat di media social atau bahkan pemberitaan di media massa kadang memang "by setting".

foto: pixabay

Menurut saya,  kita bebas menyuarakan pendapat pribadi tapi tetap terkontrol di ranah publik.  Saya setuju banget sama tulisan Dian adriana yang menulis di artikel terbaru  di  Collaborative Blogger KEB

Sebagai pemilih yang cerdas ada beberapa Big No No dalam pilkada menurut  Dian

1. Membully cagub dan cawagub yang nggak kita pilih


Saya setuju dengan pendapat Dian,  semua orang pasti punya pilihan masing- masing. Kalau misalnya kamu suka kandidat A ngak apa juga posting hal yang kamu suka tentang pasangan itu di wall facebook mu.

Tapi tak perlu menjelekkan kandidat lain. Kalau pun ngak suka dengan kandidat tertentu tidak perlu terlalu kentara.

Apalagi kalau menjelekkannya berbau sara atau fisik,  lebih baik perang visi  dan misi antar kandidat kan.


2. Membagikan berita buruk tentang suatu calon tanpa mengecek kebenarannya


Salah satu yang paling saya benci adalah saat seseorang share link yang ngak mutu di media sosial.  Kadang sumber ngak jelas, cuma lihat judul tanpa baca uhh hanya menambah timeline orang aja.

Hati-hati saat mengungah video atau status di social media yang bisa menjurus pada kasus hukum misalnya hate speech, fitnah atau dugaan pencemaran nama baik. Bukan tak mungkin kamu akan masuk penjara hanya karena status facebookmu.

3. Menjadi Golput


Nah ini yang paling ngak mutu.  Udah nyolot,  baper, ngak punya KTP ehh ujung-ujungnya Golput alias ngak bisa memberikan hak suara.

foto: pixabay

Saran saya,  kalau memang kamu tipe orang yang risih lihat status rada alay dari pendukung yg fanatic paling gampang UNFOLLOW ajah.

Tehnik ini bisa digunakan di facebook dengan logo 'berhenti mengikuti'.  Kamu tetap berteman tapi tidak akan melihat update statusnya lagi kecuali melihat ke profile yang bersangkutan.

Tehnik ini juga berlaku di social media lain, kalau berlebihan dan mengganggu ademnya timeline mu yaaa unfollow aja. Gampang kan :)


Liebe,  
Turis Cantik 

Keep In Touch With Turis Cantik!






You Might Also Like

8 komentar:

  1. ohh ini udh sering bgt aku lakuin mbak.. unfriend org2 yg suka nulis hal2 jelek ttg pasangan kandidat tertentu, suka share link2 yg menjurus ke fitnah, yg suka ngomong kasar dan berbau sara, ga peduli adek sendiri, aku delete dr medsos ku.. mending begitu, drpd aku eneg baca tulisannya kan -__-.. sebel deh ih, selaluuuu aja pas mendekati pilkada gubernur lah, presiden lah, bakal selalu ada org2 yg begini.. jd rutin banget bersih2 Fb dan medsos lainnya kalo udh begitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang rada nyolot gitu ya jd bingung kok sampe segitunya

      Hapus
  2. Biasanya pas pilkada gini ketauan banget orientasi dan 'aslinya', apalagi yg suka rasis2 itu. Duh, pengen bejek2. Padahal juga gak ngevote di daerah itu, malah ikut2an. Kalo gini aku langsung unfollow deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bnyak yg kelewatan heboh hehehe

      Hapus
  3. Aku memutuskan ngak memilih




    Karena KTP ku bekasi #EhGimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kak Bekasi itu dimana ya? #kabur aaahhh

      Hapus
  4. bener. kl udah pilkada dan pemilu, jd ajang yg pas buat belajar nahan esmosi pas baca yg menjengkelkan... Dan tangan langsung pencet unfollow, unfriend sama block :))))

    BalasHapus