3 Browser Internet Aman Untuk Anak

12.47.00 turiscantik.com 14 Comments


BROWSER INTERNET AMAN UNTUK ANAK - Anak era jaman sekarang, hidup dengan penuh fasilitas yang harusnya membantu mereka hidup lebih baik dari generasi era ibu dan ayahnya dahulu. Jaman kita dulu kecil,  ngak ada tuh yang namanya telpon genggam pintar macam sekarang,  atau layar laptop yang lebih tipis dari potongan kripik kentang.

Pemandangan bocah tanggung yang menenteng laptop tipis sambil tertawa simpul pun menjadi pemandangan biasa. Kadang saya bertanya " Lagi baca apa sih mereka?!,  Browsing apa sih?!"

Aihh kepo banget sih? Lah iya, sebagai Emak-emak saya sekarang jadi kepo, kalau lihat anak pegang gadget tanpa pengawasan orang tuanya.

Internet, memang bisa bermanfaat untuk anak tapi juga bisa menjadi mimpi buruk buat orang tua, bila tidak digunakan dengan arif.  Bukan sengaja atau bisa juga sengaja (karena penasaran)  anak mengkases tayangan yang belum pantas mereka akses.

Dalam tulisan terbaru  dalam ajang  collaborative blogger yang ditulis  oleh  Mutia Elisa Karamoy disebutkan pentingnya menghapus jejak digital yang pernah kita tinggalkan di laman internet. 

Senafas dengan artikel itu, saya akan memberikan alternatif browser internet yang ramah anak, yang bisa kamu unduh di telpon pintar atau laptop anakmu.

Search engine atau browser khusus ini, nantinya akan menjadi laman pencari pertama yang keluar saat anak terhubung denga koneksitas internet.

3 browser 'ramah'  anak yang akan saya referensikan ini telah dirancang khusus untuk menyaring situs, gambar atau teks yang tidak layak di terima anak.  Dilengkapi dengan tombol khusus pengawasan orang tua dan design warna templet yang khas anak-anak.


1. Zoodles  - www.zoodles.com 


Salah satu web browser yang saya rekomendasikan adalah Zoodles. Browser internet ini khusus didesign bukan hanya sebagai mesin pencari, tapi juga dapat menjadi sarana anak untuk bermain games edukasi.


Zoodles juga mempunyai materi video edukasi yang bisa dipilih sesuai dengan topik misalnya sejarah punahnya dinosaurus, cara belajar menghitung serta berbagai buku-buku anak yang bisa menjadi dongeng penghantar tidur. 


2. Kidoz - www.kidoz.net 


Saya kebetulan tidak pernah 'main' gadget saat bersama anak. Tapi kadang ada keperluan kantor mendadak yang terpaksa membuat saya harus online, kelupaan eh malah meletakkan telpon genggam yang mudah dijangkau anak. Pernahkan berada dalam posisi saat anak tiba-tiba sudah pegang telpon genggam kita? Nah, agar anak tidak melihat kontent yang macem-macem, saat telpon genggam masih dalam posisi 'online' kamu bisa menggunakan web browser kidoz.net ini.


Penggunaan web browser ini,  memudahkan kita sebagai orang tua untuk membatasai akses internet anak. Anak dapat bermain games, menonton video edukasi, mewarnai hingga belajar dengan menggunakan kamera child- friendly.  Kidoz juga dilengkapi dengan fitur parental control sehingga kita bisa membatasi waktu anak mengakses konten di internet. 


3. Zilladog - www.zilladog.com


Selain browser, kamu juga perlu untuk memperkenalkan penggunaan email untuk anak. Kadang saat masa sekolah kan perlu tuh punya alamat email. Zilladog memang layanan email yang dirancang untuk anak-anak. 

Orangtua bisa menyalin semua pesan yang masuk dan keluar. Anak hanya akan menerima email dari daftar temannya yang telah kamu approve saja. Anak juga bisa bermain game online, dari berbagai website seperti Club Penguin, Disney, Neopets, Cartoon Network, Pokemon, dan Nickelodeon.

Selain ketiga browser di atas, browser anak lain yang bisa dicoba adalah BuddyBrowser, KidRocket, KidZui, atau Kiddle -- mesin pencari khusus anak-anak yang dikembangkan oleh Google. 

Menurut saya, selain membekali gadget anak dengan web browser yang telah dibatasi, kamu juga perlu memberikan aturan baku tentang penggunaan internet pada anak. Misalnya jangan terlalu lama, kapan mereka boleh pegang laptop atau handphone dan aturan lainnya yang tentunya perlu dibicarakan untuk kebaikan bersama. Selamat mencoba!


Liebe,
Turis Cantik

Sumber tulisan : detiknews.com/ techno 

Keep In Touch With Turis Cantik!




You Might Also Like

14 komentar:

  1. Aku baru tau nama nama website di atas, Mbak. Boleh jugak nih buat referensi adek adek sepupu ku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ya mbak ;)

      Hapus
  2. terima kasih telah sharing, memang anak-anak sekarang tidak dapat dihindarkan dari gadget, kadang was-was juga kalo mereka tak sengaja membuka portal dan konten yang belum sepantasnya mereka lihat.

    BalasHapus
  3. Triims bgt infonya, nih, mba. Bisa dipakai buat anakku yang mulai pegang gadget.. :)

    BalasHapus
  4. Nuhun infonya tantee,, catet nih buat anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga berguna ya mbak amel ;)

      Hapus
  5. Baru tahu nih website yang bagus untuk anak, thanks infonya...

    BalasHapus
  6. Wah, info yg bagus mbak. Bisa buat jaga-jaga kalau anak saya sudah lebih besar nanti. Nice post!

    Fia ~ www.fiarevenian.com

    BalasHapus
  7. Sangat diperlukan ini untuk para orang tua yang telah mengenalkan gadget kepada anaknya yang perlu akan arahan dalam penggunaan Internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, semoga bermanfaat ;)

      Hapus