Perlukah Memiliki Asuransi Perjalanan?

14.24.00 turiscantik.com 15 Comments



Saat harus travelling ke luar negeri, biasanya yang kita pikirkan adalah tempat wisata yang harus dikunjungi, restoran dengan enak yang harus dicicipi, atau daftar panjang oleh-oleh yang harus dibawa, tapi banyak yang lupa akan pentingnya mempunyai asuransi untuk travelling


Saat saya pertamakali menyiapkan rencana perjalanan panjang ke Eropa, saya agak penuh keterpaksaan membeli asuransi perjalanan. Menurut saya ngak pending  dan kalau tidak dipakai uang akan hangus. Sementara peraturan kalau ke luar negeri adalah menyertakan asuransi untuk travelling , mau ngak mau ya harus beli juga. Saya pun membeli asuransi yang paling rendah dan murah, sambil berharap saya tidak sampai sakit dan harus mengeluarkan uang lebih untuk berobat.

Siapa sih yang mau sakit? itu biasanya jargon asuransi saat menawarkan polisnya pada kita. Lah iya lah, apalagi sakit saat tengah jalan-jalan waduhh repot deh. 

Seorang teman mengingatkan betapa pentingnya membeli asuransi perjalanan, setelah dalam travelling terakhirnya ia harus bermalam di rumah sakit di amerika serikat dan lupa membeli asuransi.

Bayangkan berapa uang yang harus dibayar untuk biaya rumah sakit? berapa waktu yang harus terbuang karena harus terbaring di rumah sakit? beruntung akhirnya bisa sehat dan kembali ke tanah air dengan selamat. 


Lalu seberapa penting sebetulnya kita memiliki asuransi perjalanan? 


Menurut saya sangat penting! Bila kamu travelling bersama teman akan ada temanmu yang akan membantu bila kamu tiba-tiba sakit, tapi bila kamu adalah solo traveler alias jalan sendiri seperti yang sering saya lakukan. Punya asuransi perjalanan is totally a must! 

Polis asuransi ini biasanya berjangka pendek yang hanya berlaku selama masa perjalanan antara beberapa hari hingga enam bulan. 

Apa yang harus diperhatikan saat memilih asuransi perjalanan?


1.  Cermat sebelum  membeli polis asuransi perjalanan


Pastikan kamu membaca dengan detail cakupan perlindungan dalam asuransi perjalanan yang kamu beli.
Carilah perbandingan harga dan fasilitas premi asuransi perjalanan dari setiap perusahaan asuransi yang ada, sehingga kamu dapat memperoleh manfaat yang maksimal dengan membayar premi asuransi perjalanan dengan harga yang terjangkau.


2. Perhatikan dokumen pendukung klaim asuransi 


Saat klaim asuransi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti dokumen pendukung klaim. Misalnya jika kamu kehilangan barang akibat tindak kriminal pastikan kamu segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang yaitu polisi. Jika kamu ketinggalan pesawat, mintalah surat keterangan dari pihak maskapai penerbangan yang bersangkutan untuk mempermudah proses pengajuan klaim ke asuransi.

3. Cermat dalam memilih paket asuransi 


Pada umumnya, ada dua paket yang biasanya ditawarkan. Pertama adalah program single trip yang dapat menjamin untuk satu kali perjalanan yang kamu  lakukan (biasanya akan menjamin kamu hingga maksimum 180 hari per perjalanan).

Ada pula produk tahunan, yaitu program asuransi yang dapat menanggung atau menjamin setiap perjalanan kamu maksimum 90 (sembilan puluh) hari per perjalanan.Premi asuransi perjalanan yang diberlakukan tergantung pada paket yang akan diambil.

Umumnya, asuransi perjalanan juga menawarkan perlindungan terhadap beberapa kasus seperti penundaan perjalanan (biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang terjadi di luar kekuasaan pemegang polis, hingga biaya akomodasi, makanan dan minuman yang timbul akibat penerbangan yang tidak sinambung.

Sekarang pun  kamu membeli asuransi perjalanan menjadi lebih mudah, karena bisa dilakukan secara online. Nah, untuk mempermudah proses membeli asuransi perjalanan yang kamu inginkan. Kamu kini bisa melakukanya sendiri melalui Futuready.com

Futuready akan memberikan rekomendasi kepada kamu saat memilih pelindungan perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan mu. Kamu bahkan juga bisa berkonsultasi gratis bila membutuhkan bantuan untuk mengurus proses klaim.





Kembali lagi, tentunya apa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang satu dengan lainnya bisa sangat berbeda. Intinya, kamu harus aktif bertanya sebanyak-banyaknya dan sejelas-jelasnya sebelum membeli produk asuransi perjalanan. Pilih dan bandingkan mana saja produk asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan kamu.


Jangan lupa miliki asuransi perjalanan agar tetap merasa aman dan nyaman saat travelling, jaga kesehatan ya!

Liebe,
Turis Cantik




Keep In Touch With Turis Cantik!




You Might Also Like

15 komentar:

  1. ternyata traveling pun butuh asuransi yah Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh mbak krn menjadi salah satu persyaratan pengurusan visa juga

      Hapus
  2. ternayata gak kepikiran ya ounya surnasi saat traveling, karena kiat mikir pakai kendaraan umum kan sudah ada asuransinya ya

    BalasHapus
  3. Perlu banget lho mbaknya, takut nya terjadi apa2 di jalan.Kan kita akhirnya aman gitu

    BalasHapus
  4. Asuransi perjalanan emang penting sih, apalagi kalau ngayapnya lama2. Untung ada rekomendasinya karena saya kurang paham juga ngurus asuransi gini.

    BalasHapus
  5. aku selalu beli tiap traveling ke LN .. tp pengecualian utk malaysia dan singapur ;p... sisanya aku beli.. kalo yg sing ama malay mungkin mikirnya krn deket yaa ;p.. jd males aja belinya.. walo memang slama ini asuransi perjalanan yg aku beli ga pernah kepake, tapi dipikir2 mending kebuang uang segitu drpd kalo benran kena musibah di negara org :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang kawasan asi tenggara alias deket deket indonesia saya juga ngak pernah beli mbak,sayang duitnya eheheh

      Hapus
  6. Jadi harus banget yaa mba untuk gunain asuransi klo travelling, moga selalu selamat :) mba turis mah halan2 teyus ya hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biar merasa aman saat jalan-jalan ;)

      Hapus
  7. Ini tuh, tricky, ya, mbak. Giliran udah dibeli, dan ternyata gak kepake, malah ngomong sayang uang. Hehehe...

    BalasHapus
  8. Menurut saya sih perlu. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama perjalan kita.

    BalasHapus