Manfaat Senam Hamil Untuk Ibu Hamil

11.15.00 turiscantik.com 27 Comments




Wanita hamil, biasanya cepat lelah secara fisik. Anehnya sewaktu hamil, saya hoby banget berolahraga bahkan hingga delapan bulan, dengan perut yang membesar saya masih berenang.

Tadinya, saya juga berniat melakukan Yoga khusus ibu hamil tapi studionya sedikit jauh dari rumah saya. Kalaupun harus memanggil guru Yoga ke rumah, tarifnya sedikit mahal. 

Kebetulan, dekat rumah ada kolam renang gratis milik kompleks rumah saya, kalau ada yang gratis kenapa harus bayar iya kan hehehe. Jadilah tiap sore, hampir setiap hari saya berenang di sana. 

Selain berenang, selama masa kehamilan saya juga rutin melakukan Senam Hamil. Banyak sekali manfaat yang saya rasakan saat persalinan, setelah rutin melakukan gerakan dalam Senam Hamil. 

Awalnya saya bersama Suami, rutin mengikuti Senam Hamil di sebuah rumah sakit di kawasan Cibubur, Jakarta. Tapi, setelah hafal gerakannya di luar kepala,  kami pun melakukannya sendiri di rumah. 

Nah, apa aja sih sebenarnya manfaat senam hamil untuk  Ibu Hamil?

1. Latihan Pernapasan

Buat yang belum pernah melahirkan, pasti sering melihat adegan dalam film saat seorang Ibu melahirkan secara normal. Nah kira-kira begitu tuh..jadi pernapasan dan kondisi Ibu yang prima penting banget. 

Dalam senam hamil, kamu akan dilatih teknik pernapasan. Napas yang panjang untuk mendapatkan oksigen yang maksimal penting banget untuk membantu ibu menjalani proses persalinan. 

2. Melatih Otot

Saat masa kehamilan, kerap Ibu Hamil akan merasakan nyeri di sekujur tubuh teruma di bagian perut dan bokong.

Gerakan senam hamil akan membantu Ibu, untuk meredakan otot yang tegang atau kaku. Otot yang kaku dan tegang bahkan sakit, memang hal yang biasa bagi Ibu Hamil. 

Apalagi, buat saya yang bobot tubuh bertambah hingga 15 kilo, rasanya otot tegang semua. Dalam Senam Hamil, nantinya kamu akan diajarkan cara meregangkan otot-otot, bisa dibantu Suami atau bisa juga dilakukan sendiri.


3. Relaksasi 

Biasanya Senam Hamil akan menggunakan audio yang menenangkan seperti suara instrumental yang membuat kita nyaman dan relaks. Bagian relaksasi inilah,  bagian paling saya suka karena menenangkan pikiran. Perasaan relaks juga penting karena selama kehamilan kita sering merasa takut atau kwatir dengan proses persalinan yang akan dihadapi. 


4. Memperlancar Persalinan 

Sebenarnya, salah satu alasan saya mengikuti Senam Hamil adalah berharap persalinan akan lancar. sugesti itu yang terus saya bawa selama persalinan yang membuat semuanya alhamdulillah berjalan dengan lancar. 

Sebenarnya selain Senam Hamil, kamu bisa melakukan jenis olahraga apapun yang kamu sukai tentunya dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Olaharaga ringan memang dianjurkan untuk wanita hamil seperti jalan kaki, berenang atau pun yoga. 

Belum lama ini Alfamart dan Lactamil menggelar event Senam Ibu Hamil Alfamart di hotel Le Dian Serang Banten. 



Acara ini, dihadiri 400 Ibu Hamil yang antusias mengikuti Senam Hamil. Bukan sekedar Senam Hamil karena ada juga Talkshow bersama model dan presenter Nadia Mulya. 

Untuk Mekanisme pendaftaran event Senam Ibu Hamil Alfamart  ini , peserta cukup membayar uang tiket pendaftaran Rp.35.000 free produk lactamil, kaos, goody bag, lunch, dan kupon doorprize di toko Alfamart area Serang. 

Seru banget acaranya, karena selain membuat bugar, peserta juga dapat pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kehamilan dari narasumber yang hadir dalam Talkshow. 

Nah kalau kamu terutama yang sedang menjalani kehamilan, sudahkah melakukan Senam Hamil atau jenis olahraga ringan apa yang menjadi favourite mu?

Sumber tulisan: wikipedia/senamhamil

Liebe, 
Turis Cantik  


Keep In Touch With Turis Cantik!





You Might Also Like

27 komentar:

  1. Kamu hamil lagi kah ????
    Kapan manja2 ngobrol di ambas lagi ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rencananya taon depan..duh jadi inget pas lagi puyeng krn hamil jalan ama lo di ambas. Jangan2 pusing krn abis liat muka loh hahahaha

      Hapus
  2. Pas kehamilan pertama saya juga ikut senam hamil. Meski akhirnya nggak bisa lahiran per vaginam tapi bagi saya senam hamilnya bermanfaat terutama saat operasi. Biar nggak tegang saya praktekkan teknik pernafasan yang diajarkan instruktur senam hamilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang tehnik nafasnya masih suka saya pakai hehehhe

      Hapus
  3. aku dulu pas anak pertama ikutan, alhamdulillah ngebantu banget pas lahiran proses normal hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama tarikan napas tuh ngaruh banget ya mbak

      Hapus
  4. Nanti klo udh Hamil mau ikutan senam Hamil aah biar Sehat bugar dan lancar persalinannya, thanks for sharingnya mbaa 😊

    BalasHapus
  5. bisa dijadiin referensi kalo dah hamil besok :D
    sekarang mah nikah aja belom XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha cari dulu calon suaminya

      Hapus
  6. Aku hamil yg kdua ini ga senam.. olahraganya cuma jalan doang.. hoho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan kaki juga asik kok mudah dan murah :)

      Hapus
  7. Aku dulu lelah mbak senam hamil, olahraga jalan aja udah males, haha itu mah emang ibunya ya yang malas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada sih yg bawaannya males saya jg gitu hahahba

      Hapus
  8. hamil dulu ama yg terakhir ini, aku ga ngelakuin senam hamil samasekali mbak -__-.. dulu sih mikirnya krn memang dr awal tau hamil aku udh mutusin harus cesar, makanya mikir ngapain senam hamil.. ga ada niat juga mw latihan kontraksi dll kan... padahl senam hamil juga berguna utk relaksasi td yaaa :).. rugi juga sih dipikir ga ikutan... tp sayangnya udh g ada niat mau hamil lagi :D.. jd kyknya memang g bakal ngerasain ini sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti mungkin bisa dicoba kalau hamil anak selanjutnya mbak :)

      Hapus
  9. Jadi pengin senam hamil nih.Soalnya anak pertama dan kedua jg gak pernah senam hamil dan lahir normal.Anak ketiga ini karena sudah berumur jadinya cepet ngos-ngosan.Pengin ikutan juga ah di RS terdekat.Thanks infonya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak semoga bermanfaat

      Hapus
  10. Jadi pengin senam hamil nih.Soalnya anak pertama dan kedua jg gak pernah senam hamil dan lahir normal.Anak ketiga ini karena sudah berumur jadinya cepet ngos-ngosan.Pengin ikutan juga ah di RS terdekat.Thanks infonya mbak.

    BalasHapus
  11. eh jadi pengen hamil lagi #eaaaaaa...

    iya aku dulu pas jaman hamil rutin ikut senam hamil, bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo program hamil lagi heheheh

      Hapus
  12. wah seru saya mau coba next klo hamil, wktu itu sy olahraganya nari sampai usia 8 bulan masih centil diatas panggug dgn kostum haha

    BalasHapus
  13. Nanti klo udh Hamil mau ikutan senam Hamil aah biar Sehat bugar dan lancar persalinannya, thanks for sharingnya mbaa ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat mbak :)

      Hapus
  14. saya kebetulan lagi hamil masuk usia 7 bulan, saat ini lebih sering jalan-jalan aja siih mba, kayaknya dalam waktu dekat juga saya akan nyoba senam, thanks for sharing

    BalasHapus