Kenali Gejala Penyakit Jantung Sejak Dini

11.30.00 turiscantik.com 6 Comments


Kamu pasti belum lama ini mendengar kabar meninggalnya Mike Mohede. Kematian Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesia Idol ini, cukup mengejutkan banyak penggemarnya. Terlebih, Mike dikenal tengah menanjaki karir yang cemerlang dan usianya pun masih terbilang muda. 

Saya pertamakali tahu dari Twitter tentang kematian Mike Mohede, awalnya saya pikir  berita bohong atau Hoax. Tapi setelah ramai pemberitaan di media online, diikuti dengan pernyataan keluarga yang membenarkan kematian Mike, rasanya kok ya sulit dipercaya. 
Mengutip pemberitaan di kompas.com, Mike Mohede menurut dokter meninggal dunia akibat serangan Jantung. Menurut keluarganya Mike memang terakhir kali terlihat pamit untuk tidur siang. Tanpa keluhan apa pun Mike menghembuskan nafas terakhir dalam tidurnya. 

Sedih banget ya rasanya mendengarkan kabar duka ini, terlebih Mike meninggal dunia akibat Serangan Jantung. Jaman dulu sih, kalau mendengar ada orang menderita Penyakit Jantung atau terkena serangan Jantung, pasti mikirnya sudah usia lanjut alias tua. Tapi kini, serangan Jantung pun bisa menyerang siapapun termasuk orang yang masih berusia muda. Istilahnya tidak pandang usia deh. 

Bukan hanya Mike Mohede, kematian tiba-tiba akibat serangan jantung juga pernah dialami Paman saya. Padahal sebelumnya Beliau terlihat sehat dan tak mengeluh sakit apapun. Di keluarga kami pun, tak pernah ada yang memiliki riwayat penyakit Jantung. Sehingga menurut saya, penting  buat kita mengetahui apa sih gejala penyakit jantung dan cara mencegahnya 

Penyebab penyakit Jantung sebenarnya cukup banyak mulai dari tidak mengontrol berat badan hingga gaya hidup yang beresiko terhadap kesehatan, misalnya perokok berat dan kerap minum minuman beralkohol.




Berdasarkan  berbagai referensi tulisan, saya rangkum apa aja sih gejala penyakit jantung yang bisa kita ketahui sejak dini. 


1. Terasa nyeri pada dada

Bila kamu sering merasakan nyeri di dada dan terkadang disertai dengan rasa panas, waspadalah bisa jadi itu adalah gejala awal penyakit jantung. Tapi untuk  memastikannya kamu bsa cek ke dokter ya. 

2. Sering pusing 

Pusing sebenarnya bisa  menjadi gejala penyakit apapun, atau bisa juga pertanda kalau kau kurang tidur atau kelelahan. Tapi dalam banyak kasus, dijumpai orang yang menderita Jantung diawali dengan gejala sering pusing berkepanjangan sepanjang hari. 


3. Merasa mudah lelah
 

Mudah lelah biasanya terjadi, akibat sirkulasi darah yang kurang lancar. Pada penderita penyakit Jantung biasanya disebabkan oleh kurang optimalnya kinerja organ Jantung 


Lalu, apa yang harus dilakukan agar kita dapat mencegah penyakit jantung?

Sebenarnya sih menurut saya yang paling penting adalah menjaga pola makan sehat, menjauhi rokok dan alkohol, banyak berolahraga, istirahat yang cukup dan banyak bersyukur atas apapun yang kita punya.

Segala penyakit juga banyak disebabkan oleh Stres. Baik Stres di pekerjaan, di rumah atau di lingkungan sekitar.

Hindarilah Stres dengan cara terbaik menurut mu. Kadang ada yang suka ke salon untuk meredakan Stres, kalau saya sih tidur sudah membuat Stres saya hilang. Alhamdulilah juga saya jarang Stres, kecuali kalau lagi tanggal tua hahahha. 

Setelah mengetahui gejala penyakit jantung dan cara mencegahnya ada baiknya juga kalau segera berkonsultasi dengan dokter bila punya keluhan kesehatan.  Ingat kata pepatah Mencegahkan lebih baik daripada mengobati! 


Liebe,
Turis Cantik 

Keep In Touch With Turis Cantik!








You Might Also Like

6 komentar:

  1. Ternyata penting untuk mengenali gejala penyakit jantung seja dini, hanya karena kita merasa sehat bukan berarti kenyataannya juga demikian. Perlu waspada juga nih, terimakasih info nya ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak semoga berguna

      Hapus
  2. Saya beberapa kali sering merasakan sakit di dada, tapi belum memeriksakan diri ke dokter. Sejak saya aktif lari dan berenang, Alhamdulillah sudah tidak pernah merasakan nyeri di dada lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat gaya hidup sehat yaa

      Hapus
  3. akhir2 ini aku jg srg ngerasain agak nyut2 dikit di dada kiri.. nth itu gejala ato memang hanya sekedar nyeri biasa.. tp memang udh niat tgl 30 ini mw medical checkup keseluruhan mbak.. jujurnya sih rada takuuut, krn ga kebayang kalo ntr hasilnya jelek :(.. tp memang hrs siap sih ya, justru kalo ketahuan dari dini mungkin bisa lgs diobati.. tp moga2 sih hasilku nanti bgs..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik tahu dr sekaranh mbak jd bisa segera diantisipasi. Semoga semua sehat2 aja ya.

      Hapus