Cara Kreatif Memanfaatkan Makanan Sisa

19.50.00 turiscantik.com 22 Comments




KREATIF MANFAATKAN MAKANAN SISA - Saya tidak bisa masak! mungkin semua orang juga sudah tahu itu. Bukannya tidak mau belajar, tapi sepertinya saya hanya malas untuk masuk ke dapur dan meracik bumbu. Kadang bumbu sama, tehnik sama, tapi rasa masakan saya kok ngak enak ya heheheh. 

Mungkin semakin banyak belajar dan berlatih akan bisa juga, tapi karena saya sudah mencap diri saya 'Si tidak bisa masak' alhasil saya jarang masak-memasak di dapur. 

Saat paling krusial mungkin saat Si Mbak di rumah,  pulang kampung saat lebaran. Saya benar-benar harus mengerahkan seluruh pikiran dan tenaga untuk menghidangkan masakan di meja makan ( Duh.. Mbak Turis  bahasanya lebay banget deh hehehe) 

Di saat itulah,  saya harus kreatif memanfaatkan logistik yang ada di lemari es, apalagi suami saya tipe orang tidak mau makan masakan sisa kemarin. 

Emak Maya Siswadi  belum lama ini menulis tentang memanfaatkan makanan sisa menjadi makanan 'yang seolah-olah" baru, padahal stock lama. Tulisan ini memang sengaja di buat Maya Siswadi untuk periode dua Collaborative Blogging . Sesi pertamanya bisa kamu baca DISINI  

Sebenarnya,  hanya butuh kreatifitas melihat apa yang telah kita masak aja sih

Misalnya saja, kamu punya sisa CAP CAY di meja makan, tinggal tambah Mie jadi Mie Goreng, atau tambah telur dan tepung jadi Bakwan, bisa juga di tambah telur dan mie rebus,lettakkan di loyang, kukus atau panggang..simsalabim jadi schootel mie..seee it so easy.

Nah Mbak Maya punya beberapa daftar kreasi makanan yang saya tambahkan dengan ide saya sendiri, ini dia kreasinya:

1. Kuah gulai ayam sisa? 


Kalau Mbak Maya biasanya menambahkan rebusan telur tambahkan tahu dan tempe jadi deh gulai telur.

Kalau saya biasanya membuat steamboat  sayuran dan siomay, tuang kuah gulainya jadi deh steamboat dengan kuah gulai. Isi gulai yang lama seperti telur atau tahu bisa dicampurkan kok ke dalam steamboat gulai ini. 

2. Bumbu Balado sisa? 


Kalau Mbak Maya menyarankan jadikan balado tempe goreng kering. Caranya goreng teri, sisihkan, biarkan agak dingin. 

Panaskan balado sebentar saja, sisihkan, biarkan agak dingin. Setelah hilang panasnya, campurkan tempe dan teri goreng ke dalam balado, jadi lah balado tempe-teri.

Nah, kalau saya biasanya hampir sama sih suka dibikin kering tempe atau teri. Tapi lebih sering baladonya dijadikan sambal cocol aja, lebih simple dan tinggal goreng lagi aja. 

3. Ayam goreng sisa? 


Sisa ayam goreng paling banyak kreasinya mulai dari suwiran ayam untuk soto atau bubur ayam hingga nasi goreng ayam.

Kalau saya biasanya mengolah ayam goreng dengan mencampurnya menjadi ayam goreng balado. 

Ternyata mudah kan tidak membuang makanan, asal kita kreatif. Selama makanan yang ada tidak basi, berkreasilah di dapur lumayan kan menghemat uang belanja.

Selamat mencoba! 

Liebe,
Turis Cantik 


Keep In Touch With Turis Cantik!







You Might Also Like

22 komentar:

  1. Aku akhir-akhir ini sudah mulai malas masuk dapur, hahaha, sudah jarang pula berkreasi dg makanan sisa karena seringny sih udah abis. Kalau terpaksa, tetap aja harus pintar2 mengolah, kalau ga ya gitu, akan dapat pertanyaan "yg ini lagi?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, suami saya jg suka tanya 'yang ini lagi?' hehehhehe

      Hapus
  2. Emang ya harus kreatif biar makanan sisa itu enak lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak harus bnyak ide ya

      Hapus
  3. Boleh juga idenya. Kalo saya makanan sisa paling cuma diangetin aja hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lagi malas saya juga begitu heheheh

      Hapus
  4. Daur ulang biar ngga bosen yaa mba,aku sering yg kasus sambal.. klo mamak2 kan suka ngabisin apa aj, klo yg laen minta ganti menu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya paling enak memang bikin balado, ada yg sisa dikit langsung bikin baladonya

      Hapus
  5. memanfaatkan makanan sisa ini saya bangeeett.. rasanya sayang aja beli masakan, bumbunya masih ada, tapi dibuang. Krn mau bikin sendiri, hasilnya gak bakal seenak ini. heuheu...

    BalasHapus
  6. wah bagus juga ya, tapi aku mah kebanyakan habis ludes karna aku masaknya juga gak banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti enak mbak jd tak bersisa hehehe

      Hapus
  7. iya nih sering banget ngebuang-buang makanan :(
    aplg tinggal di desa yang sering banget dapet hantaran ayam dari kondangan2. suka upa akhirnya cuma dibuang hiksss. makasih udah ngingetin bisa dicoba diolah2 nih

    BalasHapus
  8. Ok Mbak tipsnya, meski saya masih sukanya ambil praktis, kasihin ke hewan peliharaan, terutama ayam. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak kasih hewan aja kalau nasi aja sih mereka suka

      Hapus
  9. hehe aku sering melakukan hal ini, lumayan bikin variasi menu baru dgn bahan sisa

    BalasHapus
  10. Nasi goreng itu juaranya ... ayam, telur, mi, tempe goreng bisa masuk semua hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling gampang memang bkn nasi gorrng ya, dr olahan apa pun langsung jadi :)

      Hapus
  11. dipilah pilah ya mak sebelum diolah lagi makanannya hehe

    BalasHapus