5 Kegiatan Asik Saat Tidak Mudik

13.01.00 turiscantik.com 23 Comments




5 KEGIATAN ASIK SAAT TIDAK MUDIK Lebaran telah datang, tradisi mudik pun kembali dijalani sebagian masyarakat yang tinggal di kota besar untuk kembali ke kampung halaman. 

Saya kebetulan tidak mudik karena tak punya kampung halaman,  meskipun orang tua saya asli Medan tapi tradisi mudik pun tak pernah kami lewati.  Alasannya masuk akal,  kami tak lagi punya keluarga untuk bersilatuhrahmi.  Mereka telah berkelana ke daerah dan negara lain.  Saat lebaran mereka lah yang datang ke rumah saya karena ayah saya anak pertama dari 13 bersaudara. Dulu sih waktu kecil, saya dan keluarga rutin mudik setiap Lebaran dengan menggunakan kapal laut. 

Jadi saat orang bertanya 'Mbak Turis ngak mudik?'  jawabannya cuma satu 'Pengen sih tapi ngak punya keluarga di kampung halaman'  kasian juga Mbak Turis ini :)

Aktivitas saya dalam delapan tahun terakhir adalah memantau pergerakan arus mudik dari semua moda transportasi di balik layar televisi.  Ya!  Wajar saja saya bekerja di stasiun televisi nasional yang saat lebaran pun tetap harus bekerja. 


Saya sengaja menulis postingan ini buat kamu yang juga tidak mudik lebaran tahun ini.  Terlepas dari apapun alasanmu tidak mudik,  saya rasa buat kita moment saat orang mudik pun harus dinikmati.Sebenarnya pasti sedih saat tak bisa berkumpul bersama keluarga di hari raya, tapi kadang ada pekerjaan, ada kendala keuangan, atau kamu terbaring sakit yang membuat tahun ini niat mudik pun harus tertunda.  

Nah buat yang mudik these are what we do when you were gone!

1. Menikmati Sepinya Jalanan Ibukota.


sumber


Buat kamu yang tinggal di Jakarta,  pasti tahu 'neraka' nya jalanan saat jam sibuk.  Saat lebaran lah momen langka terjadi,  jalanan yang biasanya penuh kini sepi bak kota mati.  Seneng banget saat jalanan serasa milik pribadi.  Tanpa asap kendaraan,  tanpa stress karena macet, enaknya poll!

Wisata saat lebaran pun lebih menyenangkan, meskipun tetap padat tapi 80 persen orang yang bisa juga ke tempat wisata sudah pulang kampung hahahha.


2. Menikmati Sepinya Transportasi Publik 


Mau naik apa? commuter line? bus? bajaj? semua  bangkunya sepi kok jadi ngak perlu khawatir harus menggunakan trasportasi publik saat lebaran. Sebagai pengguna moda transportasi commuter line,  saat lebaran ini pula lah saya bisa 'selonjoran'  karena gerbong keretanya sepi.

Naik bus pun tak perlu lagi berebutan kursi. Naik ojek online pun tak lagi menunggu lama karena jalanan lancar, driver juga cepat datangnya. Yippiee!!


3.  Asiknya Masak Sendiri.


sumber
Warteg tutup, warung makan pinggir jalan juga tutup.  Kadang saya suka bingung mau makan dimakan kalau makan di Mal terus dompet saya bisa menipis.

Belajar masak sendiri di rumah menjadi pilihan saya, hidangannya sih biasanya sisa masakan lebaran tapi kalau sudah habis terpaksa masak yang sederhana aja asal enak dimakan. Maklum Mbak Turis tidak bisa masak ;) 

4. Bertahan Tanpa ART


sumber

Mbak yang biasa membantu di rumah pulang kampung, jadi sudah menjadi hal yang lumrah saat kita harus bahu-membahu mengerjakan semua pekerjaan rumah. Masak, mencuci baju, strika baju, anggaplah sebagai bagian dari program pengurusan badan pasca badan melar akibat ketupat lebaran.

5. Nonton Tv



sumber


Biasanya ada film keren yang diputar di televisi  nasional saat perayaan Idul fitri. Film Warkop Dono Kasino Indro jadi langganan hadir di layar kaca setiap lebaran tiba. Film drama seperti AADC yang jilid satu pun pernah di putar di saat Lebaran. 

Kalau masih punya orang tua dan keluarga dekat di kampung halaman, pulang kampung memang suatu keharusan. Tapi kadang ada satu dua hal yang membuat kamu tak bisa menghirup sejuknya udara di kampung lebaran tahun ini. Tak usah bersedih karena mudah- mudahan tahun depan bisa berlebaran bersama keluarga lagi.

Semoga kegiatan di atas bisa menjadi bahan inspirasi kamu yang tidak mudik saat lebaran.

Anyway hari ini kita mendapatkan kabar duka tentang Ledakan  bom bunuh diri di Polresta Surakarta, Jawa Tengah. Tetap jaga diri dan keluarga kita dari ancaman Teror apapun, termasuk buat kamu yang saat ini sedang mudik di kampung halaman. Semoga kita semua dalam lindungan Tuhan YME .  

Selamat hari raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir dan Bathin!


Liebe,
Turis Cantik


Keep In Touch With Turis Cantik!



You Might Also Like

23 komentar:

  1. Saya juga gak mudik.Pernah merantau, tp skrg tinggal di kampung halaman.
    Bikin kesibukan bersama anak2 saja.
    Selamat hari raya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat idul fitri mbak :)

      Hapus
  2. thn ini aku jg ga mudik mbak :D.. si baby msh 4 bulan soalnya.. jd kita putusin ngerayain lebaran di jakarta aja ^o^.. tp planning ku ntr mw nginep di hotel aja sih selama libur dan si mbak art pulkam.. jd ga repot mikirin masak, nyuci ama beres2 rumah :D.. sekalian liburanlah.. jdnya budget yg hrsnya utk mudik, ya dialihin utk libur bbrp hari model gini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener tuh mending nginep di hotel beres deh rmh tetep bersih :)

      Hapus
  3. Aku juga nggak pernah mudik mbak, nggak punya kampung halaman soalnya kampung halamannya udah didatengin tiap hari :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa asik dong mbak jadi ngak keluar duit buat mudik

      Hapus
  4. Sayangnya, mbak, Jakarta hanya satu dua hari saja sepi setelah mudik. Kemudian tetap ramai karena semua orang keluar ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya lumayan satu dua hari

      Hapus
  5. Khususnya di Jakarta pasti lengah banget, cocok buat jalan2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa guling-gulingan di jalan ya mbak hehhehe

      Hapus
  6. selamat idul fitri mbaak, aku juga nggak mudik, jadi dirumah aja :p Jalanan jakarta ga sepi sepi amat sih mbaaak, kalau daerah tengah kota kayak kuningan, sudirman, gitu2 emang sepi, tapi kalau daerah pemukiman seperti jaksel, bsd, gitu2 tetep rame :(

    XOXO, Cilla
    http://mkartikandini.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pinggiran jakarta malah rame ya mbak

      Hapus
  7. Setuju sama semua deskripsi Mba Turis tulis
    Hanya sedikit menjengkelkan transportasi umum/ angkot ngetemnya jadi lebih lama dan lebih sedikit yg wara-wiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya ya mbak angkot atau bus kalu sepi ngetem lama bikin emosi jiwa.. Naek ojek atau mobil online mbakk langsung cusss hehhehe

      Hapus
  8. Menikmati Sepinya Jalanan Ibukota. Yg ini sih Surga banget yah. Mendadak lega aja gitu klo jalanan pada sepi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayknya seneneeeeng bngy saya kl jalanan lancar hehehe

      Hapus
  9. Jangan lupa memamabiak ngendutin badan juga kegiatan lho hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan curhat mas cumii hahhahah

      Hapus
  10. bisa gelar tiker di jalanan yaa mbaaa >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil bawa cemilan yak hehehhe

      Hapus
  11. Hahahaaa warkop masih ya. Meskipun norak tapi aku suka & masih ketawa meski udah nonton berulang-ulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha sama saya juga suka banget sama warkop dki

      Hapus
  12. Yang nomer satu tuh, yang paling top!

    BalasHapus