kehangatan Dalam Semangkuk Mie Udon

08.33.00 turiscantik.com 35 Comments


MIE UDON DI BINTARO Saya adalah pecinta Mie. Hampir semua sajian mie saya suka, mulai dari Mie Goreng, Mie Jawa,  Mie Godok, Ifu Mie sampai Mie Keling.

Saat sebuah restoran bernama Chikugo Udon mengundang sejumlah blogger untuk menghadiri launching cabang ke empat mereka di kawasan Bintaro Tangerang selatan, saya tak mau melewatkan makan Mie asal Jepang itu.



Saya kebetulan belum pernah mencoba Udon sebelumnya, so it will be my first time ;). Saya bahkan tak tahu Udon itu rasanya gimana? kuahnya apa? tapi sepertinya rasanya enak, karena setiap ke pusat perbelanjaan,  restoran Udon berjejer di mana - mana, artinya Udon pasti enak dan masyarakat Indonesia juga suka makan Udon. Padahal saya pernah ke Jepang,  tapi yang saya makan sushi, sayang tak makan Udon di negara asal.  

Udon sebenarnya merupakan salah satu jenis mie jepang yang terbuat dari tepung terigu. Mienya tebal dengan diameter 1,5  meter dengan tekstur yang kenyal dan berwarna putih. Biasanya Udon diolah dengan kuang bening dari kaldu Dashi atau Shoyu atau Miso.

Udon sudah menjadi sajian makanan, yang mungkin selalu ada di meja makan orang Jepang di semua musim.  Dikenal sebagai makanan rakyat yang berharga murah dan banyak dimakan sebagai pengganti Nasi.

Ada  beberapa jenis Udon ( berdasarkan bentuk dan cara pembuatan )  tapi yang paling populer bernama Inaniwa Udon yang berasal dari kota Akita jepang. Di negara asalnya, Udon jenis ini adalah mie tebal yang biasa disajikan dengan miso sup dan rumput laut kering.

Udon kini bukan hanya sajian yang hanya bisa didapatkan di Jepang, tapi sudah merambah  ke seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Kebetulan, Chikugo Udon cabang ke empat ini lokasinya tak jauh dari rumah saya, jadi pas untuk menikmati hangatnya semangkuk Mie Udon di tengah dinginnya angin malam. 





Restoran yang berada di kawasan senayan sektor 9 Bintaro ini memang baru buka dua minggu saat saya berkunjung ke sini. Jadi belum di pasang spanduk nama, mejanya pun hanya ada tiga, tapi tak menggentarkan semangat saya makan Udon untuk pertama kalinya. 

Aroma kuah daging sapi menyeruak saat saya memasuki restoran ini. Sang chef yang didatangkan langsung dari jepang tengah menguleni adonan Udon,saat saya tiba di restoran ini. 

Dapur yang terbuka memang menjadi pemandangan menarik di restoran atau warung makan khas Jepang, termasuk di tempat ini.



Sambil menunggu Udonnya matang dan siap disantap. Saya mencoba Shabu Set yang juga di sediakan di restoran ini, bedanya ada tambahan Mie Udon. Shabu set di Chikugo Udon memiliki banyak varian tapi yang menjadi pilihan saya addalah Gyu Shabu. Isinya daging sapi, daging ayam, sayuran, tahu sutra dan tentu saja Udon. Pas banget kalau buka puasa sambil makan shabu-shabu bersama teman di sini, kuah kaldu sapinya pas, daging dan sayurannya juga segar.


Kenyang makan Shabu, tak lama Udon yang telah dinantikan pun datang. Pilihan saya adalah Chicken Curry Udon. Karena saya pertama kali makan udon, jadi memilih yang rasanya udah pasti saya tahu dan pilihan saya jatuh pada Udon dengan tambahan ayam katsu dan kuah kental kari. 

Kuahnya enak sekali dengan perpaduan Mie Udon yang ketebalannya pas. Chicken Katsunya juga garing di luar, lembut di dalam. Padahal, saya sudah kenyang tapi karena tak mau melewatkan makanan satu ini saya makan perlahan agar habis semua hahahah #mbakturislapar



Menurut saya sebagai pecinta Mie, Udon memang memiliki tekstur yang pas dengan lidah saya. Ketebalannya juga sempurna sehingga tidak terlalu sulit saat dikunyah. Udon juga asik dimakan dengan kuah apapun, intinya pas di lidah saya. 

Harganya gimana? 

Menurut saya masih sangat terjangkau. 
Shabu Shabu selection harganya Rp 110.000 - Rp 140.000 
Donburri selection harganya Rp 32.000 - Rp 45.000

Sementara minumannya seperti biasa,  ada teh hijau atau ocha panas dan dingin yang bisa di isi ulang sesuka hati.  Chikugo Udon juga menyediakan menu tambahan seperi Kashwa Onigiri sejenis nasi kepal, Inari Sushi hingga ice cream sebagai penutup mulut. Kalau hanya mau ngemil, kamu bisa pilih Topping Selections yang terdiri berbagai Tempura atau gorengan mulai dari Kakiage hingga Maru Ten. 

Saya yakin akan ada kunjungan kedua ke tempat ini, mungkin saya akan ajak suami saya yang juga pecinta Mie ;) Thank you Chikugo Udon yang telah membuat saya akhirnya mencoba makan Udon untuk pertamakalinya  yang ternyata memang enak! 



Chikugo Udon 

Jl Senayan utama Blok HI- 2 no 1B Bintaro sektor 9 Bintaro Jaya. Tangerang Selatan  ( persis di sebelah mie kocok bandung ) 

021- 7486- 8225 

Buka setiap hari pukul 11.00 siang - 22.00 malam 
Semua makanan yang tersaji di jamin Halal!  

Instagram: chikugoudoncorp



Keep In Touch With Turis Cantik!


Sumber tulisan : Udon/wikipedia 

You Might Also Like

35 komentar:

  1. aku juga suka udon, kalau di Jepang gak bisa makan ramen, jadi pilihannya ya udon :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga suka Ramen karena biasanya kuahnya lebih pedas hehehe

      Hapus
  2. di Chikugo Udon halal kan mba? suka banget nih sama udon biasanya makan udon di merugame kapan-kapan mau cobain juga yg di chikugo, harganya juga lumayan terjangkau yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah halal mbak :)

      Hapus
  3. Penasran dari dulu pengen makan udon blm kesampaian. Kalau di Jepang, warung udon ini kelelern ya mbak, banyak dimana2 (kebanyakan nonton waku2japan :) )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga demen nonton waku waku jepang hahhaa

      Hapus
  4. Enak nih buat buka puasa...

    BalasHapus
  5. Yuuum... mau banget makan udoon!
    Kapan yah bisa melipir ke bintaro lagi :D

    BalasHapus
  6. Saya suka shabu-shabu, tapi belum terlalu menyukai udon :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh sesekali mungkin jd suka hehehe

      Hapus
  7. Wah sepertinya boleh di coba ini mbak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk kapan-kapan cobain mas Rudi :)

      Hapus
  8. Duh, salah nih kayaknya ngeliat postingan makanan jam segini. *ngelirik jam*
    Kayanya kalau ke daerah Bintaro saya musti mampir ke sini deh.

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Halah mbak ada tulisannya di kaca depan resto

      Hapus
  10. saya sudah 2x ke marugame udon
    masih lumayan cocok di lidah saya yg ndeso hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya marugame juga kyknya enak ya mbak kapan2 mau makan di situ juga

      Hapus
  11. Pada saat cuaca lagi dingin dinginnya dan di sajikan Mie udon, kayax pas banget ya mbak. sayang makanan seperti ini dikotaku masih beluma da, adanya Ramen.. hehe

    salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an ada resto udon yg buka di daerah mu mbak Susan

      Hapus
  12. di sini belum ada chikugo udon, jadi nyobain udon-nya di marugame udon
    betewe tadi sempet agak salah baca ... chikugo sepintas kebaca chicago
    itu uap kuah yg mengepul di kitchen bener2 menggoda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi aromanya memang menggoda banget mbak

      Hapus
  13. Aku suka banget udon, trus kenyangnya maksimal :))

    BalasHapus
  14. Duh untung ngeliat ini pas udah buka puasa, jadi langsung pengen buat ramen. Huhuhuuu. Enak bener ya Mak sepertinya udonnya, tapi kayanya tempatnya nggak terlalu luas dan masih simpel banget ya dekornya.Ntar mampir ah kapan-kapan. Makasi infonya maaaaak

    BalasHapus
  15. aku trmasuk suka bgt makanan jepang..tp yg paling fav ttp sushi :D.. trs ramen, lalu baru udon :D.. cuma lebih seneng udon yg kuahnya curry mba ;).. kalo yg kuah shoyu itu fav suamiku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jd pengen makan ramen abis baca komen mu mbak hehhe

      Hapus
  16. Kayak enak ya.. belum pernah nyoba, selama ini nemunya yg halalnya masih dipertanyakan. dicatet deh lokasinya :)

    BalasHapus
  17. SEDAAAAAAAAAAAAAAAAAP. Aduh baca ini pas lagi laper-lapernya nunggu buka puasa. Kayanya jadi menu buka puasa nanti enak juga nih~

    BalasHapus