Jadi Putri Sehari Di Kastil Kronborg Denmark

13.38.00 turiscantik.com 18 Comments


KASTIL KRONBORG - Semua perempuan sejak kecil mungkin pernah memimpikan menjadi seorang Putri yang tinggal di istana nan megah, ditemani Pangeran tampan. Kisah Cinderella tentunya menjadi dongeng pengantar tidur yang terdoktrinasi di alam bawah sadar kita sejak kecil.  Anak kecil jaman sekarang pun, kebanyakan pencinta Sofia The Fist, bahkan ada anak teman saya yang kalau tidur harus pakai baju ala Princess dari film Frozen.

BAGIAN UTAMA KASTIL / foto dok pribadi


Itu hal normal menurut saya, kadang impian yang dibangun sejak kecil akan terwujud suatu hari nanti. Memang saat dewasa saya ngak jadi Putri beneran kayak Kate Middleton tapi setiap traveling saya terobsesi untuk mengujungi istana atau kastil,  sambil membayangkan bagaimana rasanya menjadi seorang putri di istana yang megah. #ImpianLebay

Salah satu istana yang indah mungkin ada di Jerman kisahnya bisa kamu baca DISINI

Tapi saingan istana di Jerman ada di Denmark!  Namanya kastil Kronborg Menurut saya kastil yang satu ini indah banget,  memanjakan mata dan sarat sejarah tak heran dalam  William Shakespeare memasukan kastil ini dalam salah satu karya sastranya yang melegenda HAMLET ! Kisah Hamlet yang mendunia pun kerap membuat orang menyebut kronbrog sebagai kastil Hamlet. 

JEMBATAN MENUJU KASTIL / foto dok pribadi 

Perjalanan menuju kastil yang terletak di Helsingor, Denmark ini cukup memakan tenaga dan emosi jiwa. Bayangkan saja,  saya jalan dari Kopenhagen jam 6 pagi sampai lokasi jam 3 sore akibat drama kereta anjlok. 

Nahh di denmark pun ada kok kereta anjlok hahahha,  kereta tiba-tiba berhenti di tengah permukiman warga. Nunggu hampir 30 menit bersama belasan orang lain,  karena stasiun kereta tujuan kami memang paling akhir jadi ngak banyak orang yang masih di dalam kereta.

LORONG UTAMA MENUJU KASTILL/ foto dok pribadi 



Sampai stasiun kereta ternyata masih jalan kaki makk.. Untung saya (dulu)  rajin ke gym jadi kaki kuat hahahha #PadahalLemes.

Ilalang berwarna coklat muda bergoyang dari kejauhan pertanda kami sudah sampai di Kronborg. Rintik gerimis menyambut langkah saya memasuki gerbang kastil megah ini. 

Kastil Kronborg memang indah banget, tak heran Shakespear pun sampai jatuh cinta dengan tempat ini. Kronbrog merupakan kastil masa Renaisans penting di Eropa Utara, bahkan kastil ini masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh Unesco tahun 2000.



Lokasinya memang terletak di ujung timur laut pulau Zealand di titik terdangkal Øresund, selat antara Denmark dan Swedia yang hanya berjarak 48 km. Tadinya saya memang sengaja ke tempat ini untuk sekalian ke Swedia, tapi akibat insiden kereta anjlok, saya jadi kesorean ;(

Kronborg sebetulnya dibangun untuk mengumpulkan pembayaran pajak dari kapal-kapal yang keluar masuk Laut Baltik. Tak heran dibagian di bagian terluar kastil ini terdapat perlengkapan perang. 


Awalnya, kastil dibangun sebagai sebuah benteng bernama Krogen oleh Raja Eric VII pada tahun 1420. Bersama dengan benteng Kärnan di Helsingborg, Swedia yang berada di seberang Øresund, kastil ini mengatur kapal yang akan masuk dan meninggalkan Laut Baltik.




Dari tahun 1574 hingga 1585, Raja Frederick II mengubah benteng menjadi sebuah kastil Renaisans yang megah. Arsitek utamanya adalah dua orang dari Belgia, Hans Hendrik van Paesschen dan Anthonis van Obbergen.

Kebakaran pernah melalap habis sebagian istana di tahun 1629 , namun setelah itu Raja Christian IV membangun kembali kastil ini.

Pada tahun 1658, Kronborg dikepung dan direbut oleh bangsa Swedia yang mengambil banyak harta karun seni yang berharga sebagai rampasan perang. Pada tahun 1785, kastil tidak lagi digunakan sebagai tempat tinggal kerajaan dan diubah menjadi barak untuk tentara. 

Para tentara meninggalkan kastil pada tahun 1923 dan setelah renovasi menyeluruh kastil pun dibuka untuk umum.




Kastil Kronbrog  pernah ditutup selama 100 tahun dan dibuka kembali April tahun 2016. Jadi saat saya ke sana bagian dalam kastil  yang merupakan tempat tinggal Raja Eric VII tidak bisa saya lihat. Saya hanya melihat bagian kastil yang berisikan peralatan perang dan sebuah bagian istana ( yang paling luar ) yang dijadikan toko souvenir.

BAGIAN DALAM ISTANA / sumber

BAGIAN DALAM ISTANA / sumber

Untuk merayakan 400 tahun berdiri nya kastil ini, bulan april 2016 lalu bagian utama kastil kronbrog dibuka untuk umum. Duhh beruntung banget yang bisa ke sana ;)


KASTIL KRONBROG menurut saya indah banget dengan ilalangnya yang tinggi dan suara hembusan angin yang cukup kencang...mhhh Subhanalloh indahnya! 

Jadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi tujuan utama mu bila ke Denmark!

Jangan lupa follow saya di  TWITTER atau INSTAGRAM  FACEBOOK FANS PAGE 

Liebe,

Turis Cantik


Sumber tulisan : Kronborg castle/ wikipedia

You Might Also Like

18 komentar:

  1. duh mak...jalan-jalan mu itu loh keren bangett, jadi pengeeen :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha amin mbak lagi rezeki waktu itu

      Hapus
  2. Duh.. Suasana ilalangnya bikin bersemangat sekali. Dari dulu, iya, dari dulu, saya tuh penasaran bgt sana yg namanya kastil. Lihat di film-film Amerika, duh, makin mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilalang nya tinggi bngt lebih tinggi dr badan saya apa krn saya aja rada pendek ya hehehhe

      Hapus
  3. Asik ya tempatnya, macam Negeri Dongeng saja. Beruntungnya bisa ke sana ya Turis Cantik. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah mas or mbak :)

      Hapus
  4. Saya malah ngebayangin zaman dulu itu kehidupan raja ratu atau putri2 dan pangeran2 gimana yak. Serasa kembali dibawa ke masa lampau yak Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin membosankan krn ngak ada kerjaan hehhe

      Hapus
  5. Saya juga sukaa bgt kastil, mbaa...ini keren bgt. jadi pengen liat langsung huhu

    BalasHapus
  6. Mmh terkesima ama kastilnya, mba. Dan baru tahu ya kalau kereta anjlok juga terjadi di Denmark ya mbaa ... HIhii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa hahahha ada juga yak

      Hapus
  7. kastil2 di eropa itu memang cantik2 yaaa.. kliatan megahnya... pas di jerman punaku datang ke kastil (lupa nama tapi, cuma lokasinya di spandau), itu juga nemu krn kita nyasar.. naik ke menaranya yg tinggi bener, tapi lgs kagum ama pemandangan dr atas :). sejak itu aku jd suka visit kastil/istana saat traveling.. sayangnya yg kastil kronborg ini blm pernah :).. catet dulu mbak, moga2 nanti bisa kesana

    BalasHapus
  8. Trus pangeran nya siapa kak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rejah pakpahan doongg hahahha

      Hapus
  9. Kapan eikeh bisa kemariii

    BalasHapus