Kuliner Traveling

Nostalgia Dalam Sepiring Mie Keling Medan

MIE KELING MEDAN  Saya jarang pulang ke kampung halaman ayah saya Medan, tapi dulu waktu masih remaja setahun sekali setiap lebaran datang kami sekeluarga melewatkan waktu lebaran di sana. Tak banyak yang saya ingat tentang kota ini kecuali makanannya yang enak dan kerap membuat timbangan saya naik drastis.
Medan memang dikenal sebagai kota dengan makanan enak untuk kamu yang punya lidah pencinta kari, hidangan berkuah pekat dan pedas.

Percampuran berbagai etnis di Medan membuat hidangan khas di sini penuh cita rasa. Salah satu yang menjadi favourite saya adalah Mie Keling!

Bukan bermaksud rasis mie ini, di daerah asalnya memang kebanyakan di jual orang keturunan india yang biasanya berkulit sedikit lebih hitam biasa di sebut Keling.

Di Jakarta saya belum pernah mencicip rasa Mie Keling yang otentik selezat di Medan. Tapi akhirnya saya menemukannya di sebuah tempat makan di kawasan Jakarta barat bernama Kedai Kampong Medan.

MIE KELING KAMPONG MEDAN

Kedai yang baru dibuka awal bulan April 2016 ini memang menawarkan berbagai makanan dan minuman Melayu khas Medan. Mulai dari kepala kakap, lontong Medan, nasi gurih hingga yang jadi favourite saya Mie Keling.
Add caption

Saat mie rebus ala orang India Medan  tersaji di depan meja, aroma nya menyeruak membuat saya bernostalgia masa kecil di kampung halaman.

Setiap suapan kuah kental dari udang dalam mie Keling sangat saya nikmati hingga tak terasa isi piring ludes tak bersisa.

 MIE KELING MEDAN di kedai kampong Medan memang enak, 80 persen mirip dengan mie Keling di Medan.
Mie Keling sebenarnya merupakan mie rebus dengan kuah yang terbuat dari udang giling dan ebi. Sausnya kental dengan warna kecoklatan pekat yang terasa gurih dan pedas. Isinya terdiri dari mie basah, tauge dan potongan tahu.
Kalau kamu kurang suka hidangan Mei, Kedai kampong Medan juga menyediakan berbagai varian lagi misalnya kepala ikan kakap merah.
Duhh
yang satu ini memang hidangan enak tiada Tara, kuah nya mantab apalagi
bila disajikan dengan nasi putih panas dan sambal hijau.
KEPALA KAKAP

 Nasi gurih alias nasi uduk khas Medan juga bisa menjadi pilihan. Lontong
medannya jangan sampai ngak dicoba, cocol kuah lontong dengan bakwan
khas Medan yang telah di lumuri saos kacang..mhh gurih.

NASI GURIH KHAS MEDAN

LONTONG MEDAN

Minuman yang tersaji juga banyak pilihan, percampuran dengan minuman khas Aceh mulai dari es timun, teh tarik hingga kopi Gayo.

ANEKA MINUMAN KEDAI KAMPONG MEDAN

Untuk menjaga rasa yang harus medan banget, pemilik kedai khusus
mendatangkan langsung chef alias juru masak langsung dari Medan.
Berbagai bumbu dan rempah juga didatangkan langsung. Itu lah sebabnya
rasanya cukup otentik.

Harganya menurut saya relatif terjangkau dengan hidangan yang enak. Kamu juga bisa menggunakan jasa Go Food dari aplikasi online,tinggal klik Kedai Kampong Medan. Cek juga menu makanan terbaru di Instagram @kedaikampongmedan.

Selamat mencoba!
Kedai kampong Medan
Jl lapangan bola no 30 kebon jeruk Jakarta barat
Buka Setiap hari 07.00 – 21.00 WIB

Leave a Reply

Instagram