Nostalgia Dalam Sepiring Mie Keling Medan

09.00.00 turiscantik.com 28 Comments


MIE KELING MEDAN  - Saya jarang pulang ke kampung halaman ayah saya Medan, tapi dulu waktu masih remaja setahun sekali setiap lebaran datang kami sekeluarga melewatkan waktu lebaran di sana. Tak banyak yang saya ingat tentang kota ini kecuali makanannya yang enak dan kerap membuat timbangan saya naik drastis.



Medan memang dikenal sebagai kota dengan makanan enak untuk kamu yang punya lidah pencinta kari, hidangan berkuah pekat dan pedas.

Percampuran berbagai etnis di Medan membuat hidangan khas di sini penuh cita rasa. Salah satu yang menjadi favourite saya adalah Mie Keling!


Bukan bermaksud rasis mie ini, di daerah asalnya memang kebanyakan di jual orang keturunan india yang biasanya berkulit sedikit lebih hitam biasa di sebut Keling.

Di Jakarta saya belum pernah mencicip rasa Mie Keling yang otentik selezat di Medan. Tapi akhirnya saya menemukannya di sebuah tempat makan di kawasan Jakarta barat bernama Kedai Kampong Medan.

MIE KELING KAMPONG MEDAN

Kedai yang baru dibuka awal bulan April 2016 ini memang menawarkan berbagai makanan dan minuman Melayu khas Medan. Mulai dari kepala kakap, lontong Medan, nasi gurih hingga yang jadi favourite saya Mie Keling.


Add caption

Saat mie rebus ala orang India Medan  tersaji di depan meja, aroma nya menyeruak membuat saya bernostalgia masa kecil di kampung halaman.

Setiap suapan kuah kental dari udang dalam mie Keling sangat saya nikmati hingga tak terasa isi piring ludes tak bersisa.

 MIE KELING MEDAN di kedai kampong Medan memang enak, 80 persen mirip dengan mie Keling di Medan.

Mie Keling sebenarnya merupakan mie rebus dengan kuah yang terbuat dari udang giling dan ebi. Sausnya kental dengan warna kecoklatan pekat yang terasa gurih dan pedas. Isinya terdiri dari mie basah, tauge dan potongan tahu.

Kalau kamu kurang suka hidangan Mei, Kedai kampong Medan juga menyediakan berbagai varian lagi misalnya kepala ikan kakap merah.

Duhh yang satu ini memang hidangan enak tiada Tara, kuah nya mantab apalagi bila disajikan dengan nasi putih panas dan sambal hijau.
KEPALA KAKAP

 Nasi gurih alias nasi uduk khas Medan juga bisa menjadi pilihan. Lontong medannya jangan sampai ngak dicoba, cocol kuah lontong dengan bakwan khas Medan yang telah di lumuri saos kacang..mhh gurih.


NASI GURIH KHAS MEDAN

LONTONG MEDAN

Minuman yang tersaji juga banyak pilihan, percampuran dengan minuman khas Aceh mulai dari es timun, teh tarik hingga kopi Gayo.

ANEKA MINUMAN KEDAI KAMPONG MEDAN

Untuk menjaga rasa yang harus medan banget, pemilik kedai khusus mendatangkan langsung chef alias juru masak langsung dari Medan. Berbagai bumbu dan rempah juga didatangkan langsung. Itu lah sebabnya rasanya cukup otentik.




Harganya menurut saya relatif terjangkau dengan hidangan yang enak. Kamu juga bisa menggunakan jasa Go Food dari aplikasi online,tinggal klik Kedai Kampong Medan. Cek juga menu makanan terbaru di Instagram @kedaikampongmedan.



Selamat mencoba!

Kedai kampong Medan
Jl lapangan bola no 30 kebon jeruk Jakarta barat

Buka Setiap hari 07.00 - 21.00 WIB




You Might Also Like

28 komentar:

  1. miranti11:11 AM

    sedappppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake bangeeet alias sedap banget :)

      Hapus
  2. Di tempatku makanan khas Medan juga terkenal mbak

    BalasHapus
  3. Wiihh cemilannya kayaknya asik-asik, ada lupis kesukaan aku tuh. Boleh nih kapan-kapan dicobain kesini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya lupa foto krn udh habis dimakan semua hihihi

      Hapus
  4. Juice terong belanda khas y Mba pas qu ke Medan juga pesen ini hehehe

    BalasHapus
  5. Pernah nyoba makan Nasi Gurih, saya pikir nasi uduk, rasanya bener2 gurih. Kebetulan penjual di Bekasi dia juga jual lontong medan. Tinggal nyari Mie keling nih.

    BalasHapus
  6. Kalau ngomongin medan, selalu kebayangnya adalah mie titi hihihi .. Mbak itu yg kepala ikan kok rasanya spicy banget ya .. Sama nasi pasti nambah2 tuh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie aceh titi ya itu emang legenda banget ya

      Hapus
  7. penasaran dengan mie kelingnya

    BalasHapus
  8. haiyaaa aku kangen medan... baru bisa mudik lg kesana 2018 -__-.. ga bisa bilang deh kalo kuliner medan :D.. tipenya cuma 2, enak bangeetttt, dan enak doang ;p .. kampung keling ato kampung madras juga pusatnya tempat mkn enak tuh.. fav ku kalo ksana sate ayamnya mbak, ada kulit2nya gitu :D

    boleh dicoba nih yg di jakarta barat.. moga beneran bisa ngobatin kgn ama medan.. sebenernya kalo kgn lontong medan aku ke rest area toll jakarta-bandung km72 mbak :D.. mendekati deh tuh nasi gurih ama lontong medannya, juga roti jala nya.. tapi ga bisa sering2, krn males aja ke rest area cuma makan itu ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sate ayam kulit juga enak banget yaa

      Hapus
  9. gulai kepala kakapnya benar-benar menggugah selera Mba :)
    jadi semakin lapar melihat fotonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga jd lapar tiap lihat foto kepala kakap hehhehe

      Hapus
  10. Wah memang sangat menggugah selera sekali ya mbak hidangannya.

    BalasHapus
  11. Makanan medan itu emang enak2, ah jadi rindu plesiran ke sanaa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling enak langsung makan di medan ya hehehe

      Hapus
  12. Ulalaaaaa
    Disana 6thn tapi kelewatan sama yang ini. Hikss. Malah udah nyobain mie Gomak di Sidikalang yang jauhnya 4jam dr Medan.

    Langsung cussss ke TKP kl ke Medan lg. hohoho..

    thanks for sharing mbak Cantik! ;)

    BalasHapus
  13. Enaknya kebangetan yaa...

    BalasHapus
  14. Makanan medan sepertinya enak-enak nih, belum pernah ke medan.
    Oya kapan hari aku liat ada yg jual mie medan di kotaku, tapi aku belum pernah nyoba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enak terutama pencinta pedas

      Hapus