5 Tips Ampuh Atasi Jerawat!

00.36.00 turiscantik.com 23 Comments






TIPS AMPUH ATASI JERAWAT!  Kisah saya 'melawan''  JERAWAT adalah perjuangan tanpa akhir.  Di masa pubertas,  satu persatu jerawat muncul.  Awalnya hanya membuat sebel lama-lama saya jadi jarang mau keluar rumah, setelah jerawat memenangkan pertarungan dengan merontokkan percaya diri saya.  Bayangkan saja,  di masa remaja yang harusnya di isi dengan hal yang menyenangkan,  saya malah asik membaca di dalam kamar.  

Sebenarnya bukan kebiasaan buruk juga  membaca buku di kamar,  tapi alasan ini yang mungkin juga membuat jerawat saya kian parah.  Karena saat ngak ada kerjaan itu lah,  jari-jari kotor saya suka pegang atau pencet jerawat yang membuat masa pubertas itu terasa berat dilewati.  

Semua orang pasti punya ACNE STORIES. Jaman sekarang mungkin sudah banyak dokter kulit anak SMP pun kalau sudah merasa butuh pertolongan akan datang ke klinik spesialis kulit.  Tapi di awal tahun 90an, belum banyak klinik spesialis kulit,  hanya ada dokter kulit di rumah sakit yang antreannya lama ,karena bareng sama orang sakit. Alhasil saya merasa tak ada satu pun dokter kulit yang ngak saya datangi. Bahkan pernah saking stressnya beli produk iklan di tv yang kabarnya sukses bikin jerawat BRITNEY SPEARS hilang dalam sekejap.  Dalam sekejap juga produknya saya buang ke tempat sampah,  karena malah bikin muka panas dan jerawat makin meradang.  

Sebenarnya pencetus jerawat pada setiap orang penyebabnya macam-macam, ada yang karena tidak mencuci wajah dengan maksimal,  faktor hormon,  makanan atau gaya hidup.  Pastikan kamu mencari penyebab mengapa kamu berjerawat.  Mengetahui faktor pencetus jerawat akan membantu kamu dalam melakukan perawatan dan pencegahan.  

Jerawat berhenti datang, saat saya sudah paham betul kulit saya dan melakukan hal kecil tapi penting yang sangat membantu menjauhkan jerawat.  Terlepas apapun perawatan kulit yang kamu lakukan saat ini,  tips ala saya dibawah ini mungkin akan membantu mengurangi jerawat.

1. PILIH PASTA GIGI YANG TEPAT


sumber

Pasta gigi ternyata menjadi salah satu pemicu saya punya banyak sekali jerawat di bagian dagu. Awalnya saya ngak percaya, saat salah satu dokter kulit yang saya datangi menyarankan untuk mengganti pasta gigi. 

" Menurut sebuah studi di Universitas California Amerika Serikat menyebutkan, pasta gigi menjadi salah satu penyebab jerawat dibagian sekitar mulut karena bahan Sodium Laurel Sulfat ( SLS ) atau Flouride yang terkandung di dalamnya".


Pada pasta gigi, senyawa kimia ini memang berfungsi untuk melindungi gigi, serta sebagai bahan yang membuat pasta gigi berbusa. Padahal SLS ini lah yang dapat menyebabkan jerawat dan memperburuk area kulit di sekitar  bagian mulut. Kandungan kimia ini juga dapat menyebabkan benjoan merah kecil di sekitar bagian mulut bahkan dapat membuat iritasi kulit untuk kamu yang memang memiliki kulit sangan sensitif. Selain SLS, kandungan lain yang juga dapat membuat alergi kulit adalah Aldehida Sinamat dan perasa Peppermint yang ada di beberapa merk pasta gigi. 

Saya menggunakan merk pasta gigi yang di bagian belakang produk ada logo tanda hijau. Tanda ini merupakan salah satu indikasi bahwa pasta gigi dibuat dari bahan alami atau herbal. Atau kamu bisa cari beberapa merk pasta gigi yang memang dalam kemasannya tertulis tanpa SLS.  Senyawa kimia ini juga ada dalam Shampo, bila kamu juga punya jerawat di kulit kepala gantilah shampo yang tidak memiliki kandungan SLS 



2. GANTI SARUNG BANTAL SECARA BERKALA 


sumber

Saya tipe orang yang mudah berkeringat, bahkan saat tidur. Itulah sebabnya sarung bantal kadang terasa agak basah karena keringat, padahal saya udah pakai AC loh. Posisi paling enak kalau tidur adalah menempelkan pipi di bantal yang empuk, iya kan? nah kebayang dong berapa banyak kotoran,minyak dan kuman yang kamu ' tempel' tiap hari di sarung bantal. Jadi,Cucilah sarung  bantal setiap dua minggu sekali.   Paling enak sebenarnya menggunakan sarung bantal yang berwarna putih, jadi saat kotoran sudah menumpuk kamu tahu bahwa ini lah saat yang tepat mengganti sarung bantal. 


3. LAP WAJAH DENGAN TISU ATAU HANDUK KHUSUS 



Jangan gunakan handuk bekas lap badan dan rambut, untuk wajah.  Biasanya memang hanya ada satu handuk buat semua keperluan,  buat mandi, cuci muka,  cuci kaki etc.  Tapi tahu kah kamu handuk bekas melap bagian tubuh lain akan menumpuk kuman.  Kalau handuk tidak dipisah bayangkan saja berapa banyak kuman yang kamu tanam di wajah mu.  Kedengarannya memang agak lebay,  pakai handuk kok sampai dua.  Tapi coba deh,  dan rasakan sendiri bahwa jerawat ngak akan mau nempel di wajahmu.  Saya biasanya menggunakan tisu kering,  agar lebih hemat saya membatasi diri dengan maksimal hanya menggunakan dua lembar tisu.  Kadang saya juga pakai handuk kecil khusus untuk wajah yang saya ganti tiap hari.  

4. JANGAN PERNAH SENTUH WAJAH DENGAN TANGAN KOTOR  


sumber

Nah ini yang paling sulit buat saya, karena saya suka iseng pegang wajah apalagi kalau ada jerawat rasanya ' geregetan' buat mencet heheheh. 
Pasti kamu lupa abis makan apa? atau abis pegang apa sebelum menyentuh wajah mu. Saya sama sekali ngak pernah menyentuh wajah sepanjang hari bila tak diperlukan, apalagi menyetuh jerawat  it's such a big NO NO.


5. BERSIHKAN WAJAH DENGAN MAKSMAL 


Saya tahu orang sibuk seperti kamu pasti punya waktu yang sedikit untuk membersihkan wajah. Suami saya tipe cowok yang wajahnya 'bandel', dia ngak pernah cuci wajah pakai sabun pembersih wajah padahal tiap hari kerjanya di lapangan. Memang ada tipe orang yang kulitnya begitu, selain pria memang punya jaringan epidermis kulit yang lebih tebal dari perempuan. 

Tapi buat kamu yang kulitnya gampang jerawatan atau sensitif, jangan pernah tidur dalam keadaan kulit wajah masih penuh kotoran, minyak, debu apalagi make up yang belum dihapus. Secapek- capeknya usahakan membersihkan wajah dengan sempurna, dalam pengertian benar-benar bersih ngak asal kena air.

Saya menggunakan tiga tahap membersihkan wajah, pertama pakai make up remover, cleansing oil baru deh pakai facial wash. Kadang kalau masih merasa kurang bersih sebelum pakai night organic oil saya pulaskan lagi mineral water agara yakin bahwa kulit dalam keadaan bersih. Step cara membersih kulit ala saya akan di share di postingan selanjutnya ya. Apappun metode membersihkan kulit wajah yang kamu lakukan, pastikan benar-benar bersih ya.


Buat saya 5 TIPS AMPUH ATASI JERAWAT diatas ampuh membantu saya melawan jerawat muncul lagi. Sejauh ini tak pernah ada satu pun jerawat yang muncul, kecuali saat 'datang bulan' ;) itu pun ngak sebanyak dulu. Buat kamu yang sekarang merasa kurang percaya diri atau stress karena jerawat, just don't give up! 

Hal kecil yang terkesan remeh-temeh di atas pun mungkin menjadi salah satu pencetus utama munculnya jerawat di wajah mu. 

Selamat mencoba ;) 

Love, 
Turiscantik




You Might Also Like

23 komentar:

  1. makasih tipsnya mbak,,baru tahu yang pasta gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ternyata ngaruh banget :)

      Hapus
  2. Eh busyet, pasta gigi pengaruh juga tho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mas cumi coba diganti merk pasta giginya kl bnyak jerawat di sekitar dagu atau rahang

      Hapus
  3. ternyata pasta gigi bisa menyebabkan jerawat, duh baru tahu nih

    BalasHapus
  4. nah ini, kadang suami suka bandel kalau dikasih tau jangan pegang2 muka kalau tangan kotor hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kadang memang suka lupa kalau tangan kotor ya

      Hapus
  5. terima kasih mbak tipsnya mbak langsung dicoba nih,,,,iya deh nanti tak ganti sarung bantal secara berkala

    BalasHapus
  6. emang sih, salah pilih pasta gigi bisa saja menimbulkan jerawt.. Ini karena kulit sangat sensitif terhadap bahan aktif yang ada pada pastagigi tersebut.. Btw, nice sharring mbak..

    BalasHapus
  7. em sarung bantal aku juga sering cerewet nich, pinginnya malah ganti saban hari, tapi apa daya...seminggu sekali kalau rajin, kalau malas bisa dua minggu. Makasih tipsnya ya, akus edang jerawatan nich

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat mbak :)

      Hapus
  8. baru tau kalo pasta gigi pengaruh jerawat di dagu, abis taunya kalo dagu jerawatan karna faktor hormonal. nice info kak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga tahu dr dokter kulit :)

      Hapus
  9. biasanya jelang mens langsung munjul di dahi 1 2 3 biji hhuu
    makasi mb tipsnya

    BalasHapus
  10. saya udah pernah coba mbak, lumayan work sih :)

    BalasHapus
  11. makasih tipsnya, apa lagi ada yang baru dari penyebab jerawat yang belum banyak tau yaitu pasta gigi itu ......

    BalasHapus
  12. Anonim11:06 PM

    Menarik infonya , kunjungi balik idolasosmed.com

    BalasHapus