Jejak Soekarno di Masjid 'Biru' Rusia

09.22.00 turiscantik.com 60 Comments




MASJID 'BIRU' RUSIA - Kota St Petersburg menjadi persinggahan pertama saat saya menjejakkan kaki di Rusia. Saat itu musim dingin tahun 2006, meskipun belum turun salju, namun saya masih ingat rasa dingin yang mengigit hingga ke tulang. Saya beruntung bisa singgah di mantan ibukota Rusia ini. Setiap sudut kota ini memanjakan mata dengan kanal, jembatan dan bangunan bergaya Rennaisance, tak heran kota ini disebut The Venice of the North! 

Tempat yang saya kunjungi justru bukan situs sejarah atau pertunjukan opera tapi sebuah masjid!

pic credit Wikipedia.com

Masjid ini bernama Jamul Muslimin, tapi lebih banyak di kenal dengan sebutan Blue Mosque atau Masjid Biru. Masjid ini memang didominasi ornamen warna biru sehingga banyak wisatawan menyebutnya demikian. 

Masjid yang terletak di pusat kota St Petersburg ini ternyata memiliki ikatan historis yang kuat dengan Indonesia. Presiden pertama RI Soekarno memiliki andil besar dalam alih fungsi kembali masjid ini. 

Kisahnya berawal di tahun 1956, Soekarno saat itu melakukan kunjungan kenegaraan di Moskow Rusia. Di tengah lawatan itu beliau singgah di kota St Petersburg. Dalam perjalannya menuju tengah kota, soekarno melihat sebuah bangunan berkubah biru dengan menara yang tinggi. Beliau menduga bagunan tersebut adalah masjid. 


pic credit Wikipedia.com

Awalnya Soekarno meminta diantar ke lokasi tersebut, tapi tak diijinkan tentara Rusia, karena penasaran beliau pun diam-diam mengunjungi gedung berkubah biru itu. Ternyata bagunan tersebut memang benar merupakan Masjid yang saat itu telah dialih fungsikan menjadi sebuah gudang.

Soekarno memang dikenal sebagai pelobi ulung, dengan kekuatannya sebagai kepala negara dan kemampuannya berdiplomasi, beliau pun meminta langsung pemimpin Rusia untuk mengalih fungsikan kembali masjid tersebut. Tak lama setelah kunjungan kerja itu berakhir, walikota setempat membuka kembali Masjid sebagai tempat ibadah hingga saat ini. 

Masjid ini dibangun tahun 1913 di pusat kota St Petersbrugh yang saat itu menjadi ibukota kekaisaran Rusia. Masjid ini dibangun atas gagasan komunitas muslim di kota itu sejak tahun 1880. Awalnya pembangunan masjid ini mendapatkan ditentang banyak pihak, namun protes mereda setelah Tsar Rusia Nicholas II mengijinkan masjid itu berdiri.

pic credit Wikipedia.com

Saat Era Komunis berjaya, Masjid itu pun menjadi gudang amunisi. Thank GOD datanglah sosok Soekarno bapak bangsa kita, yang berperan besar dalam alih fungsi masjid ini kembali menjadi tempat ibadah umat muslim Rusia. 

Wajar memang bila saat itu Soekarno melihat menaranya yang tinggi dari kejauhan dan berpikir ada masjid. Mungkin perjalanan beliau dari bandara menuju pusat kota, persis seperti perjalanan saya waktu itu.  Lokasinya memang berada tepat di pusat kota, dari kejauhan menaranya terlihat menjulang, dan sebagai umat muslim tentu akan langsung berpikir itu merupakan menara Masjid.

SELFIE DEPAN PINTU MASJID / foto dok pribadi

Design Masjid ini memang unik, bahkan kekaisaran Rusia saat itu menyelenggarakan kontes untuk menemukan arsitek yang pas. Masjid ini dibangun terinspirasi dari arsitektur Masjid Tamerlan's di Asia Tengah, dengan keramik berwarna biru yang menempel di setiap tembok luar dan sebagian di dalam masjid.

Bagian paling menarik dari design masjid ini menurut saya adalah lubang pada kubah di bagian pintu utama masjid. Lubang ini dibentuk secara vertikal sehingga terlihat jelas detail ukiran kaligrafi Al Quran dari celah lubang. Kalau terpapar sinar matahari mungkin akan terlihat sangat indah, subhanallah!

LUBANG KUBAH DI PINTU UTAMA MASJID

Kini Masjid Biru masih berdiri kokoh dan menjadi tempat ibadah bagi masyarakat muslim di St Petersbrugh. Bahkan kabarnya setiap sholat jumat ribuan umat muslim berdesakan untuk masuk ke dalam masjid.

BAGIAN DALAM MASJID/ foto dok pribadi

Beberapa Presiden Indonesia di era reformasi juga pernah mengunjungi masjid ini, antara lain Megawati pada tahun 2003 dan Soesilo Bambang Yudhoyono pada 2006 ( Nah kalau yang ini bareng saya ;)

MASJID BIRU pun kini menjadi salah satu tujuan wisata utama wisatawan asal Indonesia kalau berkunjung ke St Petersbrugh, bahkan banyak juga warga Rusia yang menyebut Masjid ini sebagai Masjid Soekarno. 

Love,
Turis Cantik

Sumber Tulisan: wikipedia.com / antaranews.com


Keep In Touch With Turis Cantik!

You Might Also Like

60 komentar:

  1. Masyaallah masjidnya bagus banget, beruntung pernah kesana ya mbak. Semoga bisa kesana juga menikmati indah dan syahdunya si masjid biru ini.

    BalasHapus
  2. Masjidnya indah sekali ya, saya suka warna biru, teduh dan hangat, untuk warna masjid jadi terlihat megah dan hangat y,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Birunya memang bagus banget mbak perpaduannya pas

      Hapus
  3. Subahanallah cantik bangeeeet, emang iya ya sekilas seperti masjib Biru di Turki. Dan itu mba ke sana bareng rombongan SBY kah? Wuahhhh senengnyaaa ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah mbak lg rezeki

      Hapus
  4. Subhanallah, masjid biru dilihat dari kejauhan tetap cantik. Senang ya mba bisa mengunjunginya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menaranya memang paling tinggi di wilayah itu, jarang gedung gedung tinggi.

      Hapus
  5. Mbak, masih bingung peran sukarno di sini, apa setelah Sukarno sampai di masjid ternyata jadi udang amunisi lalu terjadi debat dan masjid difungsikan sebagaimana mestinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perannya masjid yg td nya gudang dialih fungsikan kembali jd tempat ibadah lagi

      Hapus
  6. Wow... masjid biru ada di Rusia ya. Saya setengah membayangkan masjid biru di Turki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang lebih terkenal yg di turki ya

      Hapus
  7. Semoga mesjid biru membawa kedamaian di Rusia ya mbak. Yah seoga semua mesjid membawa kedamaian :)

    BalasHapus
  8. Waaah mesjidnya bagus..Pak Karno hebat sekali ya.. Mudah-mudahan suatu saat bisa kesana deh.. Aaaamiiinn

    BalasHapus
  9. Wah subhanallah hebat mbak bisa kesana semoga saja saya bisa kesampaian kesana dan ingin menjalan sholat berjamaah disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas bu bukan mbak, ahi hi hi.

      Hapus
  10. Cantik ya Mesjid-nya...jadiin "on my list" ah semoga kesampaian bisa ke sana. Thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya secantik saya #lahkok hehehe

      Hapus
  11. Kapan ya, saya sampai kesini...? keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya jg kl Nabung bertahun tahun blom tentu ke sini lagi mbak, visa nya pun ngurusnya rada sulit euy

      Hapus
  12. gila mesjidnya lbh cantik lagi dr blue mosque yg di istanbul :).. suamiku yg udh kesana mbak.. aku sndiri blm.. hrus lah dimasukin ke bucket list ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah blom prnh ke turki mbak hehhe

      Hapus
  13. indahnya, kalau lihat langsung mata pasti ga mau ngedip deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kl ngak berkedip mah bisa pengsaaan hahhaH

      Hapus
  14. Weh,,, keren ya Pak Karno,
    setuju mbak, Pak Karno memang kemampuan diplomasinya sangatlah pintar,,,bahkan Indonesia di masa beliau pun berani keluar dari PBB,,,, ini masalah masjid, eh akhirnya bisa juga ya? keren, keren,,,, masjidnya juga kelihatan besar dan arsitekturnya juga indah, :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Karno memng luar biasa!

      Hapus
  15. Wah, unik masijdnya. Kapan2 pengen melancong juga sampai ke Rusia, amiin... :).
    Malah ada jejak Soekarno juga ya di sana. Keren bapak kita!

    BalasHapus
  16. Indahnya, jadi pengen lihat langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya doain mbak biar bisa ke sini juga :)

      Hapus
  17. Masya Allah, luar biasa ya Presiden pertama kita itu. Kharismanya memang tak pernah luntur. Semoga menjadi catatan amal jariyah untuk beliau. aamiin...

    BalasHapus
  18. Bung Karno emang luar biasa hebatnya, yaa! Kagum banget deh dengan kepiawaian beliau, bahkan bisa meloby pemimpin Rusia utk kembali memfungsikan mesjid sbg mesjid. Keren deh bapak bangsa kita. :)

    Mesjidnya cantik banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakepp banget mbak memang masjid ini :)

      Hapus
  19. warnanya saya suka, cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perpaduan warnanya emang cakep banget

      Hapus
  20. Subhanallah,, sunggug megah masjidnya

    BalasHapus
  21. waw, indahnya..di Mesir malah ada jalan soekarno (kalo ga salah). presiden RI pertama ini memang melegenda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak memang ada jalan soekarno di mesif

      Hapus
  22. MasyaAllah... keren sekali arsitektur masjidnya. indah dan megah!

    terharu sama perjuangannya Pak Karno :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pengen juga ke sini lagi mbak :)

      Hapus
  23. Semoga jejak ku juga sampai disana yaaa

    BalasHapus
  24. wah, ternyata ada cerita tersendiri yang berkaitan dengan Indonesia (Ir. Soekarno) di balik berdirinya masjid biru ini ya mbak. Semoga suatu saat bisa menginjakkan kaki disana. aamiin.

    BalasHapus
  25. subhanallah luar biasa ya mak..terharu liat mesjid biru, kapan-kapan ajak aku kesana ya mak ^eh

    BalasHapus
  26. betul mbak. meski kubahnya kurang 'ngubah' tapi masih kelihatan masjid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dr jauh kalau kita lihat pasti mikir itu bangunna masjid

      Hapus
  27. Subhanallah, bagus banget, masjidnya..
    Namanya sama kayak yang di Turki nggak sih, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya namanya tapi bagusan di turki kyknya saya sih blom prnh ke turki heheheh

      Hapus
  28. Turki ini enak banget, satu negara tapi ada di dua benua hehehe. Jadi bisa piknik ke Eropa sekaligus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan yaa saya bisa ke turki hehhhehe

      Hapus
  29. subhanallah, masjidnya indah banget

    BalasHapus