Tips Atasi Phobia Air Ala Elisa Karamoy

11.41.00 turiscantik.com 47 Comments





TIPS ATASI PHOBIA AIR - Phobia ibarat teror menakutkan yang terus menghantui. Jujur saya saya phobia air. Awalnya saya menyadari rasa takut berlebih ini setelah mulai suka snorkeling di laut. Melihat lautan lepas membuat saya bergidik,seolah raga ini akan di telan lautan. Phobia menurut wikipedia berarti ketakutan yang berlebihan pada suatu hal atau fenomena. Dalam kadar tertentu phobia dapat menganggu secara mental dan fisik.

Inilah yang membuat saya tak pernah lulus ujian diving, padahal saya sudah dua kali mencobanya. Pertama kali gagal karena saya mengalami panic attack di bawah laut. Kedua ternyata saya punya sinusitis yang buat telinga saya berdengung kencang hingga mengeluarkan darah segar. Saya ngak tahu mengapa saya mengalami gejala ketakutan berlebihan pada air. Tapi kadang phobia ini menganggu, bayangkan saja berenang di kolam renang pun saya ngak berani sendirian. Takut..kadang seolah dengar suara suara aneh di dalam air. Memang hanya sugesti, tapi sukses bikin saya jarang berenang apalagi kalau sendirian.


Ternyata teman blogger saya Mbak Elisa Karamoy juga mempunyai phobia yang sama. Mbak Elisa hampir sama dengan saya, rada takut melihat lautan. Dalam salah satu artikel di blognya, mbak Elisa memaparkan trik jitu menghadapi phobia air.


1. Hypnotheraphy, merupakan cara penyembuhan phobia dengan memberikan sugesti yang dilakukan seorang ahli di bidangnya yang kerap di sebut terapis. Biasanya akan diberikan semacam sugesti pada alam bawah sadar tentang yang ditakuti atau phobia.

2. Flooding, ini merupakan cara penyembuhan dengan mendekatkan penderita dengan obyek yang ditakutinya. Biasanya untuk memulai cara ini dibutuhkan rasa percaya diri, kesabaran dan keinginan untuk sembuh yang besar.


3. Reframing, merupakan cara penyembuhan dengan memutar kembali kenangan awal mula penyebab dari permasalah atau phobia. biasanya terapis akan menggali kenangan masa lalu. menggali kenangan masa lalu tersebut juga menjadi salah satu cara bagi penderita untuk mulai memahami dirinya sendiri dan mengapa gangguan tersebut menimbulkan efek trauma yang mendalam.


Saya sekarang mencoba salah satu di atas dengan hipnoterapi. Ngak pakai therapist professional sih, tapi hanya mensugesti diri aja kalau ngak ada yang perlu ditakutkan. Awalnya saya masih takut berenang di laut lepas, tapi dengan affirmasi positive akhirnya lambat laun kadar ketakutan pada laut mulai sedikit pudar. Memang butuh proses sih, tapi saya yakin phobia ini bisa dihilangkan.

Eh, iya sebagai sesama phobia air yang tengah berjuang menyebuhkan ketakutan akan air, saya mau kenalin kamu ke Mbak Elisa Karamoy .  Mbak yang bernama lengkap Meutia Erlisa Sevelina Karamoy ini ternyata merupakan ibu dan tiga orang putra dan putri yang masih aktif ngeblog walaupun harus disibukkan dengan kegiatannya yang banyak sebagai ibu rumah tangga. 



Saya pertama kali mengenalnnya saat blogwalking, dan kini makin kenal akrab setelah tergabung dalam arisan di kumpulan Blogger Perempuan. Senang deh, bisa nambah ilmu dan temen sejak gabung di komunitas ;) 

Mbak Elisa suka banget menulis bahkan ia juga kerap menjadi penulis lepas alias freelancer writer di beberapa situs atau website dengan beragam niche. Beberapa kali saya diberikan kepercayaan untuk menjadi Ghost Writer project buku dan e book. Keren kan ;)

TAMPILAN BLOG ELISA KARAMOY
Blog Mbak Elisa juga tanpa Niche alias gado-gado seperti blog saya ini ;) tapi kalau kamu membutuhkan informasi tentang tumbuh kembang anak, review tehknologi terbaru bisa langsung klik ke blognya ya ;)

Love,

Turis Cantik

You Might Also Like

47 komentar:

  1. Penyembuhannya kembali ke diri sendiri ya mbak. Butuh tekat sangat kuat agar berhasil. semoga berhasil Mbak. Pasti bisa. Apalagi jika hadiahnya adalah lulus tes diving. Layak banget diperjuangkan dengan segala daya, nih. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn! Jadi semangat lagi neh biar lulus tes diving :)

      Hapus
  2. Phobia air..cuma di kolam renang Ama di lautan aja kan ya? kalau sehari hari fobiabair wah ga mandi dong haha..piss mba eee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia untung pas mandi ngak ya hahahah

      Hapus
  3. Aku juga punya phobia, Mbak. Dan lagi usaha untuk menyembuhkannya Juga. Kalau Mbak sama air, aku sama lipas. Ehehehe itu serangga yang kuyakin tak berfaedah. Tapi, mana mungkin Tuhan menciptakan yang tak berfaedah kan. Maka itu kujuga sedang mencoba sugesti diri sendiri untuk menerima keberadaan mereka. Semangat terus ya, Mbak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lipas memang rada bikin geli liatnya ya mbak

      Hapus
  4. Sebelum baca keseluruhan isinya saya pikir phobia air itu jd males mandi atau apa gitu..hihi..
    Tp kalo takut tenggelam, saya juga sih. Apalagi saya ga bisa berenang. Cuma kalo main-main ke pantai aja sih gapapa.
    Tante saya ada yg seperti ini juga. Beliau takut banget waktu kami lewat di pinggir sungai Serayu, Banyumas. Beliau milih merem dan minta Oom saya untuk cari jalan lain. Katanya, air sungai itu seolah-olah mau naik dan menjatuhinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya terasa mau di telan laut atau air yg banyaakk juga bkn ngeri kayk di danau atau kolam

      Hapus
  5. aku uga takut air tapi hanya kalau berada di laut atau sungai yang dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips di atas mungkin bisa dicoba mbak :)

      Hapus
  6. Kalau aku suka berenang, mba. Walau nggak jago-jago banget. Senang main air pokoknya. Tapi kalau berenang di lautan dalam waduh, angkat tangan deh, mba :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling ngeri kl di laut keseret ombak ngerrii banget rasanya

      Hapus
  7. Temen ku phobia air laut mak,jadi pas jalan2 ke lau dia puyeng trus mabok gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngak sampai pusing sih mbak amel, cuma jd suka gemeteraaan

      Hapus
  8. Waaah, phobia air, aku baru mengetahuinya Mbak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Phobia memang macem macem ya mbak salah satunya kayk saya ini hehhehe

      Hapus
  9. phobia air, susah mandi dong tar, hehe, untungnya ga smape segitu ya..

    tapi emang kdg ada aja phobia phobia yg ga kita sangka ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau air di bak mandi penuh juga ngeri mak, mangkanya sekarang kamar mandi hanya ada shower aja hehhe

      Hapus
  10. Wah serem juga ya Mak kalo phobia air.. Tapi kalo berenang di laut emang serem sih mak x(

    BalasHapus
  11. Semangat menyembuhkan phobia-nya Mbak....

    BalasHapus
  12. Aku kok jadi pingin bilang.."Jaga kesehatan ya mbak" sangat disayangkan, padahal air itu menyenangkan mbak, apalagi bisa mandi ujan,ciprat2an, trus berteduh di bawah daun pisang. Romantis, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya padahal enak berenang di laut ya hehehe

      Hapus
  13. Aku phobia nya cuman kalo ngak punya duit aja hahaha

    BalasHapus
  14. apakah sinusitis ini akan tetap jadi pengganggu misalnya mbak memberanikan diri utk berenang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau berenang masih bisa tapi dalam kedalaman tertentu saya musti konsultasi dokter dulu tapi sekarang saya pakai metode tradisional gurah udah sembuh sinusnya

      Hapus
  15. phobia ini macamnya hampir gk bisa terhitung ya mba, dan penyembuhannya pun kalo ditilik lebih dalam tergantung niat dari orang yg terkena phobia tsb. Hypnotherapy mungkin cara yang aman dibanding lainnya ya *cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kdng malah ada yg phobia terhadap hal yang sebenarnya ngak menakutkan

      Hapus
  16. Teknik flooding itu kayanya yang paling ekstrim ya dan sepertinya pelaksanaannya harus didampingi terapis. Semoga phobia airnya cepet sembuh ya, mbak. Btw, saya juga punya sinusitis, bisa disembuhkan lewat gurah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak saya udh empat kali coba sekarang udh jauh lebih enak.

      Hapus
  17. Balasan
    1. Saya jug geli kalau sama yg satu itu ihhh

      Hapus
  18. Wah..tips yang ok mbak Retno. Bisa saya share ke teman saya yg phobia air. Kebetulan ada teman yg ingin ikut klub renang yang saya ikuti, tapi dia punya truma dg air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bisa di sharing tipsnya mbak :)

      Hapus
  19. Wah tambah ilmu lagi saya. Semoga bisa bantu teman saya yg phobia air. Di pengin banget bisa gabung dg klub renang yg saya ikuti tapi dia phobia air
    .Thanks a lot mbak..

    BalasHapus
  20. boleh juga nih tipsnya, sodara saya phobia air

    BalasHapus
  21. Wah...makasih mbak udah di ulas, ternyata selain saya masih banyak yang...hiks phobia air juga tapi mudah-mudahan tidak banyak karena rasanya rugi banget tinggal di negara kepulauan Indonesia tapi phobia air dan ngak bisa traveling ke tempat yang banyak airnya...hehehhe.

    BalasHapus
  22. Tips yang bermanfaat untuk yang phobia air.

    BalasHapus
  23. wah info bagus nih, makasih mba buat tambahan ilmunya...
    salam kenal

    BalasHapus
  24. aku juga takut berenang di laut, takut snorkeling, takut diving, tapi sepertinya blm masuk ka tahap phobia.. krn sbnrnya yg aku takutin itu makhluk2 di bawah airnya :D.. kyk hiu, paus, ular laut :D..lebih krn itu sih mbak.. makanya ampe skr juga ga pengen bljr diving ato snorkeling ato berenang :D..

    BalasHapus